Tisya Novalita: Serunya Belajar di Rumah Dengan Aplikasi Daring

Juara 3 Lomba Artikel Pendek Dispendik Surabaya

Hai sahabat semua, perkenalkan nama saya Tisya Novalita. Saya duduk di kelas 7 SMP Negeri 10 Surabaya. Adanya virus Corona (Covid-19) yang mewabah di dunia dan Indonesia saat ini membuat masyarakat resah. Untuk itu, pemerintah Indonesia berupaya meminimalisasi penyebaran virus tersebut diantaranya dengan anjuran #DirumahSaja dan Work From Home.

Di era Revolusi 4.0 ini, teknologi berkembang pesat dan memiliki peranan penting dalam kehidupan, dan juga pendidikan. Sesuai arahan Menteri Pendidikan yang diturunkan ke Dinas Pendidikan, seluruh sekolah dan siswa belajar di rumah secara daring (online) selama masa darurat Covid-19 ini. Sekolah kami, SMP Negeri 10 Surabaya telah melaksanaan pembelajaran daring ini.

Baca juga

SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Pembelajaran Daring

Dengan memanfaatkan program e-Learning milik SMP Negeri 10 Surabaya sendiri, sekolah kami melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang 100% paperless (tanpa kertas). Sekolah kami juga sudah membiasakan pembelajaran dengan memanfaatkan Microsoft Office 365 sejak Januari 2020. Jadi sedikit banyak saya sudah terbiasa dengan pembelajaran yang beralih ke sistem daring.

Disamping itu, saya juga menggunakan aplikasi Ruang Guru sebagai pendamping pembelajaran. Namun tak jarang saya mengalami kendala seperti data yang tidak terbaca karena jaringan lemah. Ada juga aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Rumah Belajar yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Siswa Mengerjakan Soal yang Seru di Quizizz. (Foto: Dian)

Guru kami juga memberikan soal-soal melalui Quizizz, yaitu aplikasi kuis yang seru, sehingga saya dan teman-teman bisa mengerjakan soal dengan semangat dan menyenangkan. Ada avatar yang bisa kami pilih sebagai identitas dan hasilnya dapat dilihat secara langsung. Kami juga bisa melihat peringkat nilai yang dihasilkan.

emudian, Dinas Pendidikan Surabaya menyelenggarakan Lomba Kreativitas Siswa untuk mengembangkan kreativitas selama belajar di rumah. Pelajar Surabaya bisa mengikuti kegiatan ini dengan 3 cabang lomba, yaitu vlog, fotografi dan artikel. Ini merupakan contoh liburan produktif dari Kota Surabaya tercinta.

Saya berharap wabah Covid-19 ini segera berakhir agar semua aktivitas berjalan seperti sedia kala. Bisa belajar kembali di sekolah, berkumpul bersama teman-teman dan bertemu dengan Bapak Ibu Guru.

Baca juga:

Lomba Pengisi Liburan Dispendik Surabaya, SPENLUSA Raih Prestasi Ditengah Pandemi

Penulis : Tisya Novalita (7-D)
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

6+

3 thoughts on “Tisya Novalita: Serunya Belajar di Rumah Dengan Aplikasi Daring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *