Surat Kepada Menteri Pendidikan: Sambut Kemenangan Kreativitas Pembelajaran Teknologi di Idul Fitri Menuju Merdeka Belajar

Peserta Lomba Menulis Surat untuk Mas Menteri Nadiem Makarim
“Hikmah Kemenangan di Masa Pandemi”

                  Surabaya, 16 Mei 2020

Yth. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nadiem Anwar Makarim
di – Jakarta

Mas Menteri yang saya hormati,

Menjadi sebuah keniscayaan di jaman revolusi 4.0, teknologi berperan sangat vital dalam hela nafas kehidupan manusia. Akselerasi revolusioner pendidikan dengan teknologi mendapat angin segar dengan terpilihnya Mas Menteri. Merdeka Belajar menghembuskan optimisme dalam mendaki tebing terjal sistem konvensional pendidikan.

Namun, makhluk Allah bernama Covid-19 lebih dahulu bertamu. Mas Menteri dengan sigap merespon, pembelajaran kelas sementara berpindah ke rumah dengan moda daring. Beberapa hikmahnya adalah, aplikasi teknologi pembelajaran harus dijalankan dan komunikasi menjadi sangat intensif diantara 3 pelaku utama pendidikan, yaitu siswa, guru dan orangtua.

Kita semua, mau tidak mau harus mendalami aplikasi pembelajaran daring. Walaupun ada kendala di sana-sini, namun menjadi hal yang wajar karena keadaan sedang dalam kondisi tidak ideal. Optimisme kami tidak surut dalam menyongsong pendidikan masa depan Indonesia yang maju dalam teknologi, untuk mendukung pemerataan pendidikan antar daerah yang Mas Menteri ucapkan dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju.

Ramadhan di saat pandemi semakin kontemplatif. Pondok Ramadhan tetap berlangsung melalui TV lokal berbasis agama, lengkap dengan materi syariah dan dikaitkan dengan mutiara hikmah Covid-19. Rasa gotong-royong  juga tergambar dalam Ramadhan ini. Tampak beberapa siswa saya sigap untuk memberikan tambatan hotspot kepada temannya yang tidak mempunyai paket data internet agar tetap bisa mengikuti pembelajaran daring, dengan tetap mematuhi physical distancing. Sederhana, tetapi sangat bermakna.

Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir. Rindu yang membuncah antara guru dengan siswa semoga segera terobati dengan pertemuan kembali di sekolah yang menjadi altar suci pendidikan. Mari sambut hari kemenangan Idul Fitri 1441 Hijriyah. Menang dengan kreatifitas teknologi menuju Merdeka Belajar.

Salam hangat,

                                                                                                      Dian Eko Restino, S.Pd, Gr.
                                                                                                      Guru  SMPN 10 Surabaya


Penulis
: Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino 
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

13+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *