Selamat Bertugas, Pengurus Koperasi Syari’ah SMPN 10 Surabaya

Surabaya (17/12/19). Hari Selasa tepat pukul 08.00 hingga 10.00 WIB telah dilaksanakan pemilihan pengurus Koperasi Simpan Pinjam SMP Negeri 10 Surabaya. Pemilihan kali ini cukup unik dan berbeda dengan sebelum-sebelumnya yang biasanya menggunakan kertas dalam voting. Namun kali ini lebih memanfaatkan aplikasi Microsoft Office 365, yaitu Microsoft Form.

Dalam pemilihan ini, yang menjadi kandidat adalah Hj. Putri Hayuningtyas, M.Pd., Hartati Handajani, S.Pd., Yuniarto, S.Pd., Linda Windarti, S.Ag., dan Endang Djuariyah, S.Pd. Hasil dari voting online kepengurusan koperasi mendapat jumlah 41 tanggapan.

Suara tertinggi didapat oleh Bapak Yuniarto dengan 30 suara, disusul Ibu Linda dengan 5 suara dan Ibu Putri 2 suara. Dengan demikian, maka yang terpilih menjadi ketua koperasi adalah Yuniarto, S.Pd., sebagai bendahara adalah Linda Windarti, S.Ag., dan sebagai sekertaris adalah Hj. Putri Hayuningtyas, M.Pd.

Hasil Voting Pengurus Koperasi. (Foto: Dian)

Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan sesuai dengan prinsip warga SMPN 10 Surabaya yang lebih mengedepankan guyub rukun.

Kegiatan simpan pinjam yang ada di SMPN 10 Surabaya banyak membantu anggota yang sedang membutuhkan dana untuk biaya yang mendesak dan tidak terduga sebelumnya. Anggota koperasi banyak mendapat keuntungan mulai dari SHU (Sisa Hasil Usaha) yang dibagikan tiap akhir tahun.

Bertepatan dengan pergantian kepengurusan koperasi pada akhir tahun 2019 ini, maka pada tahun 2020 mendatang akan dilakukan tugas kepengurusan koperasi oleh pengurus baru dengan mengedepankan sistem syari’ah.

Para Anggota Koperasi Mengikuti pemilihan Pengurus yang Baru. (Foto: Dian)

Koperasi syari’ah adalah bentuk koperasi yang memiliki prinsip, tujuan, dan kegiatan yang usahanya berdasarkan syar’iah Islam, yaitu Al-quran dan Assunah. Di mana pada tahun 2020 dalam operasional koperasi ini tidak akan ditemukan unsur-unsur riba, masyir, dan ghara yang akan memberatkan setiap anggota koperasi.

Salah satu sistem yang diubah yaitu mengenai bunga. Dalam koperasi syari’ah SMPN 10 Surabaya nanti sistem bunga akan dihapuskan, diganti dengan kesukarelaan anggota untuk memberikan wujud syukur berupa shodaqoh seikhlasnya.

Diharapkan dengan menjalankan koperasi syariah dapat membangun dan mengembangkan segala potensi yang ada pada setiap anggotanya secara khusus, serta dapat meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat secara umum.

Abah Masykur Memberikan Sambutan dan Ucapan Selamat. (Foto: Dian)

Saat ini, koperasi di SMPN 10 Surabaya beranggotakan 51 orang guru dan karyawan. Dan nantinya bisa dipastikan akan bertambah anggota seiring dengan bertambahnya guru baru yang bertugas di sekolah ini. Turut hadir kepala SMPN10 Surabaya Bapak Drs. Muhammad Masykur Hasan, M.Si. Beliau memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada pengurus koperasi SMPN 10 Surabaya masa bakti 2020-2025  yang berbasis syari’ah.

“Saya berpesan kepada pengurus koperasi untuk mengantisipasi kesalahan dalam penghitungan modal seluruhnya. Kepengurusan periode kemarin terlihat sudah baik, semoga pengurus baru nanti bisa bekerja dengan lebih baik. Selamat dan sukses”, Pungkas Abah Masykur mentutup sambutannya.

Jurnalis: Rahayu/ @rahayupinter

Editor: Alfian Yanis C.K/ @fian_voorhees

Publisher: Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira

11+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *