Sambut New Norma(l) Pendidikan, SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Microsoft Teams Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi opsi untuk melanjutkan Tahun Ajaran Baru 2020 – 2021. Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mewacanakan Pembelajaran Jarak Jauh tersebut akan permanen setelah pandemi Covid-19 berlalu.

Dikutip dari kompas.com, wacana dari Mas Menteri tersebut disampaikannya dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (2/7/2020). “Pembelajaran jarak jauh, ini akan menjadi permanen. Bukan pembelajaran jarak jauh pure saja, tapi hybrid model. Adaptasi teknologi itu pasti tidak akan kembali lagi,” tuturnya.

Guru Spenlusa mempersiapkan aplikasi Microsoft Teams. (Foto: Maria)

Setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya berakhir pada 9 Juni lalu, SMP Negeri 10 Surabaya bergegeas untuk menyiapkan segala kemungkinan skema pembelajaran, utamanya Pembelajaran Jarak Jauh atau daring. Dalam hal ini, SMPN 10 Surabaya akan mengoptimalkan aplikasi Microsoft Teams, salah satu platform aplikasi dalam Microsoft Office 365 for Education untuk komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan, video conference, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi pada berkas), dan integrasi aplikasi.

SMP Negeri 10 Surabaya memang telah menerapkan Microsoft Office 365 for Education sejak Desember 2019, dan rapat-rapat virtual selama pandemi ini menggunakan Microsoft Teams. Hal ini diungkapkan oleh Yuniarto, S.Pd. Teams for Education memungkinkan admin dan guru untuk membentuk sejumlah tim, seperti tim siswa sesuai kelasnya, tim guru, tim staf, maupun gabungan dari seluruh anggota tim tersebut.

Baca juga:

“SMP Negeri 10 Surabaya Siap Menuju Teknologi “Atas Awan”

Teams bisa terkoneksi dengan berbagai menu di Microsoft 365. Maka kami akan menggunakan Teams sebagai aplikasi video conference. Ulangan dan kuis juga bisa dikelola didalamnya, siswa juga langsung masuk dalam kelas-kelas yang dikoordinir oleh wali kelas. Teams bisa menampung hingga 250 audience,” ungkap Yuniarto yang juga selaku staff kurikulum ini.

Lebih lanjut, Yuniarto menambahkan sosialisasi teknis mengenai Pembelajaran Jarak Jauh kepada siswa akan dilakukan melalui grup-grup WhatsApp kelas, video tutorial di YouTube dan di website resmi Spenlusa. Juga pada MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) siswa baru sekaligus akun-akun Microsoft untuk kelas VII.

Wali kelas mengelola aplikasi Microsoft Teams. (Foto: Dian)

“Masih kami siapkan tutorialnya. Sedangkan dari tim kesiswaan juga masih menyempurnakan materi-materi untuk MPLS. Semuanya nanti akan kami sosialisasikan semaksimal dan seoptimal mungkin agar Pembelajaran Jarak Jauh ini juga berjalan lancar. Jadi untuk para siswa, orangtua dan siswa baru, harap menunggu informasi dari sekolah,” tambahnya.

Pembelajaran Jarak Jauh dengan sistem daring dalam New Norma(l) ini tentunya juga membutuhkan peran yang bertambah besar dari para guru, wali kelas, siswa dan utamanya para orangtua. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Alfian Yanis Candra Kirana, S.Pd., Gr. Wali Kelas IX-A dan juga guru Bimbingan dan Konseling (BK) ini mengatakan bahwa dengan diterapkan pembelajaran daring yang extraordinary atau tidak biasa seperti pembelajaran konvensional kelas ini membutuhkan kerja keras, kemauan untuk belajar, dan peran orangtua yang lebih.

Baca juga:

“New Normal Bidang Pendidikan, Perlu Peran Besar Orangtua”

“Di pihak sekolah, selain guru matapelajaran, wali kelas nanti juga akan berperan lebih dari biasanya. Karena dengan program pembelajaran daring, segala lalu lintas pembelajaran dan akun-akun Microsoft siswa akan lebih banyak melewati wali kelas terlebih dahulu. Dan juga, para orangtua, karena siswa berada di rumah secara penuh selama daring, dan otomatis yang disampingnya adalah keluarga, yaitu orangtua. Kami harap kerjasama antara sekolah atau wali kelas dan orangtua berjalan dengan lebih komunikatif”, tuturnya.

Aplikasi Microsoft Teams bisa diunduh melalui PlayStore untuk gawai android. Sedangkan untuk akses melalui desktop komputer atau laptop, bisa melalui portal.office.com dan login menggunakan akun Microsoft yang dibagikan oleh sekolah.

Baca juga:

“Purna Siswa Virtual Kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya 2019-2020: “Melangkah Pasti dan Berprestasi”

Jurnalis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

30+

11 thoughts on “Sambut New Norma(l) Pendidikan, SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Microsoft Teams Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

  1. Menuju new normal kita semua menjaga protokol kesehatan : cuci tangan pakai sabun dan selalu pakai masker dan jaga jarak

    2+
  2. Tetap jaga kesehatan dan untuk bapak ibu guru tetap semangat saat bertugas dengan situasi pandemi covid 19.

    1+
  3. Semangat untuk kita semua, semoga pembelajaran secara online dapat terlaksana dengan baik dan kondisi dapat segera kembali normal.

    2+
  4. Semagat untuk kita semua,
    Semoga pembelajaran online dapat terlaksana
    Dengan baik dan kondisi dapat
    Segera kembali normal.

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *