Ratusan Siswa SMP Negeri 10 Surabaya Jalani Vaksinasi Covid di Sekolah

Sebanyak 273 siswa SMP Negeri 10 Surabaya mengikuti program vaksinasi Covid-19 hari ini. Kegiatan ini merupakan vaksinasi dosis pertama dan gelombang pertama. Untuk tahap selanjutnya, masih menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Dr. Soetomo Surabaya.

Siswa yang divaksin tidak serta-merta datang ke sekolah begitu saja. Sebelumnya, bagian kesiswaan SMP Negeri 10 Surabaya, Agung Adriyanto, S.Pd., telah membuat form persetujuan atau ketidaksetujuan orangtua/ wali murid terhadap anaknya yang akan dilakukan vaksin. Instruksi dari Puskesmas untuk pelaksanaan vaksin siswa SMPN 10 Surabaya memang mendadak, yakni Rabu (14/7/2021) sore. Namun, dengan sigap para wali kelas segera memberitahukan informasi pelaksanaan vaksin di grup-grup whatsapp siswa dan wali murid.

Baca juga:

Songsong Tahun Ajaran Baru, Guru dan Karyawan SPENLUSA Dapatkan Vaksinasi Tahap 2

Kepala Sekolah, Drs. M. Masykur HS, M.Si, mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Surabaya telah memberitahukan akan ada vaksinasi untuk siswa minggu lalu. Semula akan ditempatkan di Stadion 10 November Tambaksari. Tetapi akhirnya berubah dan ditempatkan di sekolah.

“Kemudian kemarin siang dapat arahan bahwa sekarang dikembalikan ke sekolah lagi. Makanya kemudian kita sudah bergerak, karena sudah ada data dari grup wali kelas,” terangnya.

Siswa yang datang juga tidak sendiri. Mereka harus diantar oleh orangtua masing-masing, walaupun orangtua tidak diperkenankan masuk. Dan kepulangan siswa juga harus dijemput. Siswa, guru dan petugas vaksin menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di wastafel, pengecekan suhu tubuh dengan face termal, serta petugas yang bersentuhan langsung dengan siswa memakai baju APD (Alat Pelindung Diri) lengkap.

Petugas vaksinasi dan kepala sekolah bersiap dalam pelaksanaan vaksin siswa. (Foto: Wahyuni)

Berdasarkan informasi awal, kuota vaksin hari ini sejumlah 300 siswa. Namun kemudian kuota bertambah menjadi 500 siswa sehingga diperkirakan paling lambat akan selesai dalam 3 hari. Abah Masykur berharap vaksinasi ini bisa menimbulkan herd immunity sehingga dapat menunjang pembelajaran tatap muka di kemudian hari. Beliau juga berharap sekolah bisa kembali menggelar tatap muka sesuai harapan kebanyakan orangtua, guru, dan juga siswa tentunya.

“Jadi kalau diharapkan nanti siswa sudah punya, sudah pernah divaksin kemudian herd immunity sudah terbentuk kan. “Harapannya ya sebenarnya kami terutama di SMPN 10 ini kami kan mendengar aspirasi orang tua, orang tua mengharapkan tatap muka. Jadi ini kan salah satu usaha ikhtiar agar ketika terjadi tatap muka itu anak setidaknya sudah dibentengi dengan kekebalan tubuh melalui vaksinasi,” jelasnya.

Baca juga:

Inessa Amelia Nova, S.Pd. dan Pilihan Menjadi Guru Full Time Keluarga

Tanggapan juga datang dari pihak siswa dan orangtua. Agil Abdillah Putra misalnya. Siswa yang sekarang duduk di kelas VIII-D ini mengungkapkan kekhawatiran sebelum mengikuti vaksin. Namun setelahnya ia tampak senang karena ini sebagai langkah pencegahan.

“Sebelum di vaksin aku takut karena kata orang saat di vaksin sakit. Tapi ternyata nggak sakit kok, malah aku sangat senang karena dengan vaksin merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah virus Covid 19. Dengan begitu pandemik ini akan segera berlalu”, ungkapnya.

Kepala Sekolah memantau jalannya vaksinasi. (Foto: Suara Surabaya)

Sedangkan Siti Mahmudah, orangtua dari Muhammad Anazwa memberikan ijin anaknya untuk ikut vaksin karena untuk meningkatkan antibodi sehingga kecemasan terhadap penularan virus menjadi berkurang. Beliau juga mengungkapkan harapan kepada sekolah dan pemerintah setelah siswa diberikan vaksinasi.

“Karena dengan adanya pemberian vaksin pada anak saya, berarti sudah mengurangi salah satu kecemasan saya. Selain sudah menjaga imun dengan baik, berarti anak saya juga sudah mendapat antibodi untuk kekebalan tubuhnya. Sehingga hal ini bisa memutus penularan Covid-19. Semoga untuk kedepannya semua siswa dalam keadaan lebih baik dan tentunya lebih sehat, karena sudah mempunyai antibodi yang kebal. Sehingga pembelajaran tatap muka bisa segera terlaksana”, pungkasnya.

Vaksinasi untuk siswa ini juga dihadiri oleh satgas Covid dari kelurahan Dr. Soetomo. Vaksinasi berlangsung pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Vaksinasi ini akan berlanjut keesokan harinya sampai kuota 500 siswa terpenuhi.

(Humas)

106 thoughts on “Ratusan Siswa SMP Negeri 10 Surabaya Jalani Vaksinasi Covid di Sekolah

  1. Sehat itu mahal harganya mari kita jaga kesehatan untuk itu mari kita vaksin. *Salam sehat untuk semua*

  2. Buat teman teman yang belum vaksin jangan lupa untuk vaksin ya, karena vaksin juga untuk kesehatan kalian, jadi tidak perlu takut, semangat!!!

    Nama : Theresia Fransischa Sinaga
    Kelas : 9F
    Absen : 36

  3. Vaksin kemungkinan besar bisa menghindarkan diri kita dari virus corona, jadi tunggu apalagi “ayo vaksin”

  4. Vaksin memang lah penting tetapi yang penting adalah kegiatan kita yang lebih baik di isi dengan olah raga

  5. Vaksin gpp tidak ush takut cuman di suntik kok. Biar bisa sekolah offline sekolah online Ndak enak wkwk

  6. Nama:Fany Aprilia dewanti
    Kelas: 7
    Nomer absen:13
    Jaga kesehatan mu dengan mengikuti vaksin covid 19

  7. Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan agar tidak tertular atau sakit berat akibat COVID. Dan jangan lupa menerapkan perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) agar terhindar dari penyakit COVID-19. Semangat dan sehat selalu spenlusa!

  8. Yuk Vaksin supaya terbentuk kekebalan tubuh kita

    Nama: Hessel Dwi Arta Anugrah
    Kelas: 9F
    No. Absen: 14

  9. Nama Achilles Bintang Hutama Winarno
    Kelas 7
    No absensi no1
    Dengan vaksin ini kita tidak perlu takut dengan covid 19 karena anti bodi kita terbentuk shg kalau terpapar covid resikonya kecil

  10. yuk vaksin dan tetap stay safe, stay healthy

    Nama : Reyna indyra listyon
    Kelas : 9D
    Absen : 36

  11. Nama : Dhirga Hazam Arsyad
    Kelas : 7
    Absen : 8
    Saya berterima kasih untuk pihak sekolah SMPN 10 Surabaya, yang sudah menyediakan fasilitas vaksinasi, dengan begitu diharap dapat membentuk imun kita lebih kuat dalam menghadapi situasi pandemi saat ini, dan kedepannya diharapkan PTM bisa diselenggarakan kembali.

  12. Marilah kita semuanya malaksanakan Vaksinasi agar tidak tertular dari Covid-19 ini, Karena dengan adanya pemberian vaksin kita juga mendapatkan antibodi untuk kekebalan tubuh.
    Nama: Revirra Berlinda Rdasya
    Kelas: 8H
    No absen: 33

  13. Saya siap ikut vaksin untuk menjaga kesehatan. Terima kasih
    Nama: Lutfian Hanif Ainur Rasyid
    Kelas: 7
    No. Absen : 12

  14. Untuk teman-teman yang takut/belum vaksin, ayo vaksin-! Gak perlu takut, karena itu juga buat kesehatan kalian, gak usah kemakan sama berita hoax diluar sana. Walaupun saya juga belum bisa ikut vaksin karena masih sakit, setelah sembuh saya akan vaksin! Jdi tunggu apalagi? Kuy divaksin

  15. Nama: Vina fairusiana putri
    Kelas : 7
    Absen: 27

    Ayo ikut vaksin. Supaya terhindar dari virus covid 19 dan menjaga kekebalan tubuh

  16. Ayo ikut vaksin.supaya terhindar dari virus covid 19 dan menjaga kekebalan tubuh

    Nama : Vina fairusiana putri
    Kelas : 7
    Absen : 27

  17. Ayo Vaksin teman teman karena kesehatan itu mahal dan juga untuk kebaikan diri kita sendiri

  18. Ayo teman teman, ikut vaksin. Jangan takut di vaksin, karena sehat itu mahal. Tetap stay safe and stay healthy

  19. Nama : Nurir Aditya Ramadhan
    Kelas : 7
    No absen : 20
    Ayo vaksin untuk herd immunity dalam mencegah covid – 19

  20. Nama : Putri Naifa Ramadhani
    Kelas : 9A

    Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa untuk ikut vaksin.

  21. Ayo semua kita taati protokol kesahatan dan juga ikuti kegiatan vaksin agar ketahanan tubuh meningkat dan tidak gampang terserang covid-19

    Nama:Felix Prayoga
    Kelas:8G
    No.absen:14

  22. Setelah divaksin mudah-mudahan kekebalan tubuh kita meningkat untuk menangkal virus. Serta mudah-mudahan kita dapat sekolah tatap muka lagi.

  23. Dengan adanya vaksin di sekolah banyak teman-teman yang antusias datang untuk vaksin di sekolah. Mudah-mudahan setelah divaksin kekebalan tubuh kita meningkat dan dapat mencegah virus.

  24. Mari kita vaksin!
    Mari vaksin agar jangka untuk terhindar lebih sedikit tetapi kalau sudah vaksin tetap taati protokol kesehatan karena vaksin tidak menjamin tidak terkena covid-19
    Kevino Fadhilah
    8D/18

  25. Melalui vaksin, tubuh akan terlindungi dengan cara membentuk respons antibodi tanpa harus sakit terlebih dahulu. Artinya, vaksin COVID-19 mampu melindungi tubuh seseorang dari infeksi virus corona. Jadi yang belum vaksin gausa takut yaa! Ayo vaksin kawand
    Nama: Varsya Ananda Tifanie
    Kelas : 9D
    Absen : 40

  26. Nama: Erlinda Wanda Sasmita
    Kelas: 8i
    No absen: 12

    Dengan adanya vaksin di sekolah banyak teman-teman yang antusias datang untuk vaksin di sekolah. Mudah-mudahan setelah divaksin kekebalan tubuh kita meningkat dan dapat mencegah virus.
    Semoga dengan kita diVaksin semua penyakit/Virus tidak menyerang kita lagi.

  27. Dengan di ada kan ya vaksin di sekolah teman” semua sangat antusias untuk mengikutinya,dan di sekolah punn saat di ada kan ya vaksin juga tidak menimbulkan kerumunan,sangat menaati dan mematuhi protokol kesehatan.

    Nama :REGITA PUTRI VERONIKA
    Kelas: 7/ Gugus Apsari
    Absen : 24

  28. Ayo kita melaksanakan vaksinasi teman², kita tidak perlu takut dengan suntik. Dengan vaksin ini kekebalan tubuh kita meningkat. Jika sudah vaksin, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan. Bukan berarti kita sudah vaksin trus boleh bebas dan tidak mematuhi prokes ya teman².
    Nama: Zeetira Jasmine Azzakya
    kelas: 8H
    absen: 39

  29. Dengan vaksin kekebalan tubuh terhadap virus covid19 semakin meningkat sehingga tidak mudah tertular tapi tetap melakukan protokol kesehatan
    Rvino Rizky Kartiko
    8i /28

  30. Dengan adanya vaksin di sekolah banyak teman-teman yang antusias datang untuk vaksin di sekolah. Mudah-mudahan setelah divaksin kekebalan tubuh kita meningkat dan dapat mencegah virus.

    Sheila Indra Naing Soe 8i/34

  31. Mari vaksin untuk memberikan herd immunity pada tubuh kita
    Nama: Vino Dwi Irgiansyah
    Kelas: 7
    No. Absen: 28

  32. Nama : Cinta Aurella Nayzaldi
    Kelas : 7
    Ayo kita laksanakan Vaksin agar sehat selalu, semoga Indonesia lekas pulih
    Aamiin

  33. nama: selly aliya beryl ratantry
    absen: 27
    kelas: 7 APSARI

    ayo ikut vaksin untuk terlindung dari virus covid-19

  34. ayo teman-teman segera vaksin agar kita dapat membentuk antibodi yang kuat dan kita dapat memutus rantai penyebaran covid-19 !!
    Salam sehat untuk kita semua.

    Cantik Ammara Nisa
    Absen : 7
    Kelas : 7

  35. yang belum vaksin ayoo vaksin ga sakit kok serius demi kesehatan jg

    nama: claresta shirleen senara
    kelas: 8i
    absen: 10

  36. Nama : Dravien Fikri Priono Putra
    Kelas : 7 / APSARI
    Tidak perlu takut ikut vaksin,aman,juga tidak sakit,
    Tapi jangan lupa,setelah vaksin tetap jaga protokol kesehatannya ya
    Salam sehat

  37. ayo kita lawan corona dengan vaksin biar tubuh sehat imun kuat semangat indonesia
    Nama:ilma assyifa khadafi
    Gugus:paliatif

  38. jangan lupa vaksin yaa teman-teman!
    Nama: Shafira Arimbi Dwi Arifianti
    Kelas: 8I
    Nomer absen: 33

  39. Vaksinasi ini merupakan proses kebersamaan. Tujuan vaksinasi ini bukan kekebalan individu tapi kekebalan kelompok.
    Mengapa vaksin itu penting?
    1. Vaksinasi menjadi salah satu upaya melindungi diri dari penyakit
    2. Dengan vaksinasi bisa meningkatkan kekebalan tubuh
    3. Tak hanya memproteksi diri, vaksinasi juga memberikan perlindungan bagi orang sekitar
    4. Mencegah resiko infeksi penyakit berbahaya dan mematikan
    5. Memberikan perlindungan bagi orang orang yang tidak bisa divaksinasi seperti orang dengan imunitas rendah atau memiliki penyakit kronis.
    Buat teman teman yang belum mengikuti vaksinasi, yuk segera ikuti vaksinasi‼️
    Tidak usah takut untuk disuntik ya teman teman, karena vaksin ini juga melindungi diri dan sekitar kita dari penyakit, virus atau bakteri. Dan jangan lupa mengikuti protokol kesehatan dengan 4M, yaitu:
    1. Memakai masker dengan benar
    2. Mencuci tangan dengan sabun
    3. Menjaga jarak minimal 1 meter
    4. Manjahui kerumunan

    Nama : Jeconia Gavrilla Zelda Cantika
    Kelas : 8I
    Absen : 15

  40. Nama : RASYA ADITYA SANJAYA
    Kelas : 7 Paliatif
    SMPN 10 mengadakan vaksin untuk murid – muridnya sangat bagus tapi dengan ada nya vaksin tadi juga terjadi kerumunan orang tua wali murid atau pengantar yang mengabaikan prokes jaga jarak

  41. NAMA :NADIYA KAMIL
    KELAS : 9J
    NO. ABSEN : 34

    Jangan takut untuk mengikuti vaksin. Jika ingin terhindar dari Virus Corona, mari ikuti vaksin untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jangan lupa juga selalu pakai masker jika keluar rumah, dan jaga jarang denvan orang lain.

  42. Nama : alifah putri agung
    Kelas : 8B
    Nomer : 4
    Vaksin yuk,agar kita semua terhindar dari virus yg berbahaya ini.

  43. Nama: Ananda Keisha Zahra
    Kelas: 7
    Ayo kita laksanakan vaksin agar sehat selalu, Dan terhindar dari Covid-19

  44. ELVINA NADYA NOZA
    KELAS 7
    ABSENSI 11
    YUK VAKSIN YUK BIAR BADAN KITA SEHAT TERHINDAR DARI VIRUS COVID-19

  45. Saya sangat setuju diadakannya vaksin untuk menghambat penyebaran virus disaat pandemi seperti ini.

    Nama : Afla Zakkia Musfira
    Kelas/No. absen : VII/01

  46. Nama : Qinanti angelia
    Kelas : 7/apsari
    Absen: 21

    Selain penerapan 5m jangan lupa vaksin, karna “MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI”

  47. Selain penerapan 5m jangan lupa vaksin, karna “MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI,yuk kita vaksin supaya terhindar dari covid 19

  48. Saya harap dengan adanya vaksin ini bisa menambah kekebalan imun tubuh kita

    Nama: Nayna Nur Ramadhani
    Kelas: 8B
    No absen: 28

  49. Saya harap dengan adanya vaksin ini bisa menambah kekebalan imun tubuh kita
    Nama: Nayna Nur Ramadhani
    Kelas: 8B
    No absen: 28

  50. Nama : Reva adelia
    Kelas : 8i
    No Absen :30

    “Yok kita vaksin agar terhindar dari virus Corona, Selain itu kita juga mentaati aturan 3 M , •Memakai masker
    •Menjaga jarak
    •Mencuci tangan dengan sabun dan
    air mengalir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *