Raditya Putra Refiansyah: Kenali Aplikasi Daring, Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

Peserta Lomba Artikel Pendek Dispendik Surabaya 2020

Mengapa daring dilaksanakan? Akhir-akhir ini banyak fakta yang  mendunia dan telah mengambil banyak perhatian publik. Mulai dari informasi yang di share dan di forward tentang mewabahnya virus Covid-19 yang mungkin membuat kita panik. Tidak hanya menjadi desas-desus, virus Covid-19 ini sangat membahayakan karena mengancam nyawa manusia. Covid 19 yang saat ini sudah menjangkau dan menyebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia

Pemerintah sudah mengantisipasi dan mengambil pilihan tepat agar virus ini tidak menyebar. Himbauan belajar di rumah pun juga diserukan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim, dengan mengadakan kegiatan belajar mengajar di rumah berbasis daring (dalam jaringan).

Baca juga:

Teknologi Adalah Penunjang, Bukan Pengganti Guru (Refleksi Hari Pendidikan Nasional 2020)

Memang pembelajaran daring ini menjadi tantangan besar di tengah penanganan Covid-19, namun kita bisa menemukan berbagai aplikasi yang menarik dan menyenangkan yang bisa di akses kapan saja dan dimana saja. Aplikasi yang sudah menjadi wadah pembelajaran di sekolah saya yaitu:

1. Microsoft Office 365
Sebelum diberlakukan pembelajaran daring di rumah , sekolah saya sudah menjadi salah satu sekolah yang paling pertama mengoperasikan aplikasi ini di Kota Surabaya. Dilengkapi fitur-fitur yang membuat belajar menjadi asyik, seperti Microsoft Forms, Ruang Kolaborasi, Pustaka konten, juga dilengkapi dengan One Drive untuk menyimpan  tugas-tugas atau video dengan kapasitas 1 TeraByte. Kita juga bisa melihat hasil yang sudah dikerjakan.

Vlog Belajar di Rumah. (Video: Tv Pendidikan – YouTube)

2. Rumah Belajar Kemendikbud
Rumah Belajar Kemendikbud hadir sebagai inovasi di dunia pendidikan, apalagi di tengah mewabahnya virus Covid-19 ini. Rumah Belajar  menyediakan bahan ajar dan fasilitas komunikasi yang sangat mendukung seperti video pembelajaran, bank soal semua jenjang dari SD,SMP, serta SMA, dan kelas maya. Pembelajaran melalui aplikasi ini sangat mengasyikkan dan kalian bisa mendonloawd gratis tanpa berbayar.

3. Webex Video Conference
Webex ini juga mengasyikkan. Kita bisa berkolaborasi lewat, gambar, maupun audio. Memberikan lingkungan belajar yang komunikatif. Dengan aplikasi ini kita dapat mengakses pertemuan pembelajaran daring dengan mudah.

Baca juga:

Tisya Novalita: Serunya Belajar di Rumah Dengan Aplikasi Daring

4. Quizizz
Quizizz adalah aplikasi Kuis yang paling menyenangkan,  karena kita bisa bermain game cepat tangkas untuk mencari jawaban yang benar. Game ini mengasah otak kita, namun tidak melenceng dari materi. Dan banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa kita gunakan untuk pembelajaran daring.

Dengan kegiatan daring di rumah ini juga ada hikmahnya teman-teman. Yaitu bisa menjalin komunikasi antara orangtua dan guru dengan sangat intens, karena dalam penugasan guru berinteraksi langsung dalam aplikasi dan orang tua juga menemani kita mengerjakan tugas. Bagaimana teman-teman mengasyikkan bukan belajar daring dengan aplikasi- aplikasi tersebut.

Tetap semangat belajar yaa…!!

Baca juga:

Nabila Rasty Rahayu: Mengulik Pembelajaran Daring yang Asyik

Penulis : Raditya Putra Refiansyah (7-H)
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

10+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *