Puskesmas Dr.Soetomo sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS di SPENLUSA

Selasa (9/8/2022) Puskesmas Dr.Soetomo mengadakan acara sosialisasi pencegahan Penyakit HIV AIDS di SMP Negeri 10 Surabaya (SPENLUSA). Acara ini dihadiri oleh penanggung jawab program HIV di Puskesmas Dr.Soetomo, Endang Fitria, A.Md. Kep dengan kedua asistennya. Sosialisasi ini didampingi oleh Bu Nazilatul Maghfirah,S.Pd,Gr., Pak Ganang dan salah satu mahasiswa yang sedang magang di Puskesmas.

Baca juga:

SPENLUSA Raih  Harapan 2 Parade Kolintang 2022 Se-Jawa Timur

Siswa siswi perwakilan dari setiap kelas dikumpulkan di depan musholla yang telah disiapkan. Sosialisasi dimulai saat jam menujukkan pukul 09.30 WIB. Sosialisasi dibuka dengan sambutan dari Bu Endang. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan pengertian dari HIV dan perbedaan antara HIV dengan AIDS.

“Penyakit HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi dan rentan tertular penyakit apapun. Sedangkan AIDS adalah orang yang sudah terpapar penyakit HIV didalam tubuhnya dan sudah menimbulkan berbagai macam gejala seperti demam, diare, flu, batuk dan lain lain. Orang yang sudah terpapar HIV tetapi belum menimbulkan gejala maka orang tersebut belum bisa disebut sebagai AIDS”, jelas Bu Endang.

Lebih lanjut Bu Endang Fitria juga menerangkan secara detail bagaimana penyakit HIV ini bisa menyerang tubuh manusia. Beliau merinci dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga peserta sosialisasi mendapatkan pengetahuan yang baik mengenai penyakit HIV ini.

“Penyakit HIV selalu menyerang sel darah putih yang mengakibatkan kekebalan tubuh menurun dan mudah terkena penyakit. Penyakit HIV bisa menular melalui sel darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu selain itu tidak bisa, karena hanya itu cara penularan penyakit HIV. Sampai sekarang belum ada obat dari penyakit HIV dan belum bisa disembuhkan tetapi ada obat yang dapat menghambat perkembangan sebuah virus, yaitu obat antiretroviral (ART)”, pungkasnya.

Terakhir, beliau berpesan untuk siswa-siswi SPENLUSA untuk menjaga kebersihan, dan tetap melakukan edukasi untuk menjaga kesehatan bersama.

Baca juga:

Puskesmas Dr. Soetomo Sosialisasikan Pencegahan Hepatitis di SPENLUSA

Jurnalis : Bella Oktavia Putri Chahyono (8-F) / @oktviabella_
Editor dan Publisher: Humas SPENLUSA

2 thoughts on “Puskesmas Dr.Soetomo sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS di SPENLUSA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.