Purna Siswa Virtual Kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya 2019-2020: “Melangkah Pasti dan Berprestasi”

Angkatan Corona. Ya, itulah kata yang tepat disematkan pada siswa yang lulus di tahun 2020, sebab pandemi ini sangat berdampak pada  kelulusan dan perayaan seremonial purna siswa. Berbeda dari kegiatan  wisuda purna siswa sebelumnya, pada wisuda kali ini siswa tidak datang ke sekolah namun di rumah masing-masing. Namun hal ini tidak mengurangi semangat sekolah untuk menggelar Purna Siswa Virtual yang bertepatan pada hari Rabu (02/07/2020). Acara ini sebagai altenatif  karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk digelar secara langsung dalam sebuah gedung.

Acara purna  siswa ini berjalan lancar, menggunakan aplikasi Google Meet dan live streaming YouTube yang diikuti oleh siswa kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya, beserta orang tua siswa. Diawali dengan suguhan Tari Remo yang memukau persembahan dari Pramita Kustiani Febrianti, siswa kelas VII-I yang naik ke kelas VIII.

Pramita penampil pra-acara dengan Tari Remo. (Foto: Dian)

Selanjutnya masuk ke susunan acara  inti yang dibawakan oleh Host SMP Negeri 10 Surabaya, May Yustina, S.Pd. Diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia raya, sambutan-sambutan, pembacaan SK kelulusan, pembacaan doa, penghargaan 10 besar siswa berprestasi akademis terbaik, pesan-pesan dari masing-masing wali kelas IX, seremonial pengembalian siswa dari sekolah kepada orang tua, kesan dan pesan perwakilan dari  siswa, dan penutup.

Agung Adrianto S.Pd selaku ketua panitia menyampaikan jumlah yang  mengikuti purna siswa ini yaitu 377 dari siswa reguler  IX kelas, dan kelas terbuka 1 kelas berjumlah 25 siswa dan semua  lulus 100%.  “Ada beberapa hal yang harus tetap dipegang, harus tetap semangat, disiplin tetap bekerja keras dan jangan lupa di dalam setiap langkah dan cita-cita kita selalu ingat Allah”, Ujar Agung Adriyanto,S.Pd.

Baca juga:

“New Normal Bidang Pendidikan, Perlu Peran Besar Orangtua”

Ketua Komite Drs. H. Ilyas, M.Pd, dalam hal ini juga memberikan sambutannya. Beliau mengucapkan selamat pada anak-anak  dan orang  tua karena sudah bekerjasama dengan baik di tengah pandemi ini tak lupa juga ucapan terima kasih pada semua civitas SMP Negeri 10 Surabaya atas dedikasi Bapak/Ibu guru yang mengajar dengan penuh keikhlasan. Diakhiri dengan pesan dari Bapak Ilyas sebelum menutup sambutannya. “Lulus bukanlah akhir  dari perjalanan yang menentang  masih dilanjutkan di SMA/SMK, kejarlah mimpimu menuju SMK/SMA yang kalian cita-citakan” ,Ucap Bapak Ilyas.

Dan sambutan selanjutnya dari Drs. Masykur HS, M.Si  selaku Kepala SMP  Negeri 10 Surabaya. Proses belajar di sekolah itu penerimaan amanah orangtua kepada sekolah, karena keterbatasan tidak mungkin orangtua memberi pelajaran maka seluruh kebutuhan yg diperlukan anak dialihkan pada sekolah. Maka setelah proses amanah itu berakhir 3 tahun dilalui bersama maka akan mengemblikan amanah dan  tanggung jawab keberlanjutan pendidikan  sepenuhnya kepada orangtua  . Selalu mendoakan  melanjutkan sekolah yang lebih tinggi sesuai yang diidam-idamkan.

Kepala sekolah beserta para wakil dan staff. (Foto: Farhan)

 “Semoga Allah mencatat usaha kita sebagai kategori yang telah disabdakan Rasulullah.  Ketika sudah wafat ada 3 hal yang sertifikat depositonya masih mengalir terus pahalanya. Shodaqotun jariyah, ‘ilmu yuntafa’u bih, waladin sholikhin yad’uulah. Sebagai penutup jangan pernah berhenti untuk belajar, jangan pernah puas apa yang sudah kalian raih terus berusaha untuk cita-cita yang diinginkan semoga Allah mengabulkananya dan dikehidupan kalian nanti menjadi ilmu-ilmu yg bermanfaat  kepada orang lain. Khairunnas anfa’uhum lin-naas”, Tegas Abah Masykur.

Dilanjutkan pembacaan SK kelulusan dibacakan oleh Sarwiyanto, S.Pd., M.Si, serta  Pembacaan doa oleh Mursidi, S.Pd yang berlangsung dengan khusyu’. Setelah itu tibalah saat yang ditunggu-tunggu yaitu pembacaan penghargaan 10 besar lulusan dengan nilai terbaik. Berikut daftar peringkat tersebut:
1. Azizah Ramadhani Effendi (IX-A)
2. Tripasya Oktavia (IX-A)
3. Anggraeni Sukmawati (IX-A)
4. Fadilatul Azzahra (IX-B)
5. Alifvia Kurnia Rahmadani (IX-A)
6. Kartika Ratna Suminar (IX-A)
7. Octa Paramita (IX-E)
8. Febrian Galuh Falentino (IX-B)
9. Syahirah Virna Khairunnisa (IX-D)
10. Grecy Ayunda (IX-B)

Para wali kelas IX memberikan pesan-pesan. (Foto: DIan)

Berlanjut dengan pesan-pesan yang sangat reflektif, kontemplatif dan inspiratif dari semua wali kelas IX kepada para anak didiknya. Dan kemudian seremonial pengembalian siswa kepada orang tua yang dibacakan bergantian oleh Niken Gratiana S.Pd, Dra. Maria Yohana M., Drs. Adi Iswanto. Yang terakhir pesan yang sangat menyentuh hati dari perwakilan lulusan kelas IX, Syahirah Virna Khairunnisa (IX-D).

“Tahun 2020 adalah tahun kelulusan bagi siswa angkatan saya, angkatan yang sering disebut angkatan corona, angkatan yang berpisah sebelum waktunya, dan angkatan yang tidak menjalankan Ujian Nasional karena harus dirumah saja untuk memutus penyebaran virus Corona. Saya ucapkan terimakasih untuk seluruh guru-guru hebat SMP Negeri 10 Surabaya yang telah mendidik angkatan Corona dengan baik”. Ungkap Syahirah.

Baca juga:

“Pameran Virtual Seni Rupa Jawa Timur ”Guru Berkarya”, SMPN 10 Surabaya Kirimkan Dua Karya”

Dan berikut video lengkap Purna Siswa Virtual Kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya 2019-2020: “Melangkah Pasti dan Berprestasi”:

Purna Siswa Virtual Kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya 2019-2020: “Melangkah Pasti dan Berprestasi” (Video: YouTube – SMP NEGERI 10 SURABAYA)

Jurnalis: Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Editor: Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino 

17+

4 thoughts on “Purna Siswa Virtual Kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya 2019-2020: “Melangkah Pasti dan Berprestasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *