Program Sinau Nang Omah Bersama JTV, Yuniarto, S.Pd Paparkan Kelas Virtual Microsoft 365

 Kelas virtual menjadi salah satu opsi terbaik dalam menyelenggarakan pembelajaran New Normal di tengah wabah Covid-19 ini. Bersamaan dengan itu, salah satu TV yang bermarkas di Surabaya, JTV, meluncurkan program “Sinau Nang Omah”. Program yang tayang setiap Selasa pukul 10.30 – 11.30 WIB ini menyajikan berbagai materi pelajaran dari berbagai jenjang sekolah sebagai upaya menunjang pembelajaran daring yang dilaksanakan sekolah.

Selasa (14/07/2020) kali ini, Sinau Nang Omah JTV menghadirkan narasumber dari guru SMP Negeri 10 Surabaya. Beliau adalah Yuniarto, S.Pd. Guru yang pernah merebut juara 1 Lomba Guru Inovatif Surabaya ini memaparkan sistem kelas virtual yang dijalankan melalui aplikasi Microsoft Office 365, khususnya Microsoft Teams, dimana program ini sudah berjalan di SMP Negeri 10 Surabaya.

Baca juga:

“Yuniarto, S.Pd., Raih Juara di Lomba Apresiasi Guru”

Dipandu oleh Pinky Darya, Pak Yuniarto mengawali dengan menyapa pemirsa JTV dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan kelas virtual. Koneksi internet dan gawai menjadi hal yang harus tersedia dalam mengikuti kelas virtual ini.

“Sekarang semuanya belajar di rumah, menggunakan perangkat IT seperti Komputer, HP, terutama internet. Kalau tidak ada internet, tentunya tidak bisa connect. Itulah kenapa ada kelas virtual, karena tidak ketemu tapi masih bisa bertatap muka dengan anak-anak tanpa batas waktu dan ruang”, jelas Yuniarto.

Yuniarto bersama Host Sinau Nang Omah, Pinky Darya. (Foto: Dian)

Pelaksanaan kelas virtual menggunakan Teams ini dimiliki oleh Microsoft, maka sekolah harus mendaftarkan dulu ke Microsoft untuk memperoleh akses penuh Microsoft Office 365 secara gratis. Hal ini juga disampaikan oleh Yuniarto, dimana SMP Negeri 10 Surabaya sudah mendapatkan akses tersebut sejak Desember 2019.

“Jadi ketika mau ulangan, Bapak Ibu Guru umpamanya tidak disekolah, itu sudah bisa menggunakan aplikasi Teams ini tadi di Office 365. Ulangan, PAS, PAT, atau absensi siswa semuanya dilakukan secara virtual, jadi tidak akan bingung. Nah inilah beberapa kelebihan dari Office 365”, lanjutnya.

Baca juga:

“Sambut New Norma(l) Pendidikan, SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Microsoft Teams Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Ketika ditanya oleh Host mengenai penggunaan Teams dan Office 365, Yuniarto menjawab akses tersebut sangat mudah. Ketika sekolah sudah berhasil mendaftar di Microsoft, kelas dan jam belajar siswa beserta mapel bisa diadwalkan dan akan muncul pemberitahuan di gawai siswa ketika jam pelajaran sudah mulai.

“Ketika kita ingin memulai kelas dengan anak-anak, video conference bisa diaktifkan dan bisa langsung muncul. Anak-anak tinggal connect gabung sudah bisa dimulai pembelajaran tatap muka virtual. Bahkan Kepala Sekolah juga bisa bergabung untuk melakukan supevisi secara langsung”, tutur guru yang sekarang juga menjabat sebagai ketua MGMP Prakarya SMP Surabaya ini

Berikut video selengkapnya:

Sinau Nang Omah JTV bersama Pak Yuniarto. (Video: Youtube – JTV)

Jurnalis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

56+

48 thoughts on “Program Sinau Nang Omah Bersama JTV, Yuniarto, S.Pd Paparkan Kelas Virtual Microsoft 365

    1. Spenlusa…..Mantap…. Kawan-kawan……Hebat…… Korona……..Minggat……. Tetap Semangat ya..Teman-teman,meskipun qta hanya belajar dr rumah

      0
  1. Spenlusa…mantap…. Kawan-kawan….hebat…… Korona……Ming gat…… Tetap Semangat Teman,meskipun qta hanya Belajar dr Rumah…

    1+
  2. Spenlusa…mantap…. Kawan-kawan….hebat…… Korona……Minggat…… Tetap Semangat yaa…Teman,meskipun qta hanya Belajar dr Rumah…

    1+
  3. Dengan adanya sekolah setengah pandemi para guru SMPN 10 menggunakan sekolah digital/virtual menggunakan office 365 dengan menggunakan Microsoft teams para guru dengan mudahnya memberi soal dan belajar daring melalui team

    2+
  4. Spenlusa…..Mantap…. Kawan-kawan……Hebat…… Korona……..Minggat……. Tetap Semangat ya..Teman-teman,meskipun qta hanya belajar dr rumah….

    1+
  5. Spenlusa…..Mantap…. Kawan-kawan……Hebat…… Korona……..Minggat……. Tetap Semangat ya..Teman-teman,meskipun qta hanya belajar dr rumah….

    1+
  6. Spenlusa…..Mantap…… Kawan-kawan……Hebat….. Korona……Minggat……… Tetap Semangat ya…. Teman-teman,meskipun qta hanya belajar dr rumah.

    1+
  7. Spenlusa….. hebat…. Kawan-kawan……mantap……insyaalah…Korona…cepat …..Minggat……. Tetap Semangat,

    0
  8. Spenlusa….. hebat…. Kawan-kawan……mantap……insyaalah…Korona…cepat …..Minggat……. Tetap Semangat

    0
  9. Saya salut dengan smpn 10 surabaya.Semoga smpn 10 surabaya bertambah hebat dan semoga tambah lebih maju dan baik.Terus jaya spenlusa (Smpn 10 surabaya)

    1+
  10. Belajar dari rumah menggunakan sistem virtual memang lebih baik saat ini karena pandemi covid19 yang masih berkepanjangan kita tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran normal atau tatap muka dengan belajar dari rumah kita dibantu menggunakan aplikasi Microsoft 365 khususnya Microsoft Teams yang membantu proses pembelajaran dengan metode online

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *