Persiapan Sekolah Tatap Muka, Siswa Kelas IX Jalani Tes Swab

Sebanyak 343 siswa kelas IX menjalankan tes swab hari ini. Tes swab ini dilaksanakan sebagai persiapan sekolah tatap muka yang akan segera dibuka. Hal ini sesuai dengan surat dari Dinas Pendidikan Surabaya nomor 420/20146/436.7.1/2020 tentang persiapan swab bagi peserta didik. Rencana sekolah tatap muka akan dibuka pada Januari 2021 mendatang. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Walikota Tri Rismaharini seperti pada detik.com.

Tes swab dilakukan Rabu, (25/11/2020) di halaman tengah SMPN 10 Surabaya bekerjasama dengan Puskesmas Dr. Soetomo Surabaya. Untuk hari ini, belum semua siswa kelas IX ikut tes swab. Rencananya, siswa yang belum mengikuti swab wajib hadir keesokan harinya di SMP Santa Maria Surabaya atau tes mandiri.

Petugas dari Puskesmas sedang melaksanakan Swab. (Foto: Dian)

Pelaksanaan tes swab untuk kelas IX ini dilaksanakan dengan protokol ketat. Mulai dari siswa dan orangtua yang mengantar wajib memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk halaman sekolah, dan dilakukan cek suhu badan di alat sensor wajah dan suhu yang dimiliki oleh SPENLUSA. Jalur masuk dan keluar juga sudah disiapkan dengan rapi. Dipandu oleh Bapak Ibu guru yang siap di pos-posnya masing – masing.

Agung Adriyanto, S.Pd. selaku kepala tim gugus tugas Covid di SMPN 10 Surabaya mengatakan, untuk dapat mengikuti pembelajaran tatap muka nantinya, siswa wajib menyertakan hasil tes swab. Sebelum tes, siswa wajib menyerahkan lembar persetujuan dari orangtua.

“Hasil tes swab diperlukan untuk prasyarat siswa mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah di kemudian hari apabila pemerintah telah membuka kembali sekolah. Belum tahu kapan pastinya, kita menunggu instruksi dari pemerintah. Ini hanya sebagai persiapan. Jika ada siswa yang belum mengikuti swab, bisa tes secara mandiri di luar atau ikut susulan besok di SMP Santa Maria”, ungkapnya.

Para siswa antre menjalankan tes Swab. (Foto: Dian)

Sementara itu, Kepala SMPN 10 Surabaya, Drs. M. Masykur HS., M.Si dalam rapat evaluasi pelaksanaan tes swab hari ini mengatakan bahwa SMPN 10 Surabaya telah siap menyelenggarakan sekolah tatap muka. Semua sarana dan prasarana telah disiapkan. Lengkap dengan fasilitas protokol kesehatan dan pembelajaran berbasis blended learning.

“Kita telah melengkapi fasilitas kesehatan dan kebersihan yang disyaratkan pemerintah dalam menyelenggarakan sekolah tatap muka di masa New Normal ini. Sekolah kita juga telah melaksanakan gladi bersih dan simulasi pembelajaran tatap muka yang dihadiri oleh dinas pendidikan dan pengawas. Mungkin nanti belum diijinkan siswa masuk 100%. Untuk itu, kita harus menyiapkan pembelajaran berbasis blended learning. Separuh daring separuh luring, agar semua siswa bisa kita layani dengan baik”, tuturnya.

Baca juga:

“SMP Negeri 10 Surabaya Laksanakan Simulasi Belajar Tatap Muka*”

SMPN 10 Surabaya telah melengkapi Persiapan Pembelajaran Tatap Muka yang tertuang dalam surat Dinas Pendidikan Surabaya nomor 420/9980/436.7.1/2020. Yaitu berisi pengisian data comorbid guru dan siswa, indikator kesiapan satuan pendidikan, kesiapan sarana prasarana dan daftar periksa di DAPODIK.

Sebelumnya, masa Work From Home (WFH) bagi guru di lingkungan Dinas Pendidikan Surabaya telah berakhir dengan terbitnya surat edaran Walikota Surabaya Nomor 800/10317/436.7.1/2020 tentang Pengaturan Kerja di Kantor. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa penyebaran Covid-19 di Surabaya sudah mulai menurun. Untuk itu seluruh pegawai harus kembali bekerja normal mulai Senin (23/11/2020) sesuai jam kerja dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:

“SpiderMan Anti Mager” SPENLUSA Sabet Juara 2 Lomba Videografi Wijaya Putra”

Jurnalis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

17 thoughts on “Persiapan Sekolah Tatap Muka, Siswa Kelas IX Jalani Tes Swab

  1. Dengan adanya tes swab di sekolah, aku merasa senang dan juga merasa deg deg an karena dengan adanya swab kita bisa tau siswa itu terkena covid atau tidak, dan aku merasa takut apabila aku pun di swab, padahal itu lho nggak sakit

  2. Dengan adanya tes swab di sekolah, aku merasa senang dan juga merasa deg deg an karena dengan adanya swab kita bisa tau siswa itu terkena covid atau tidak, dan aku merasa takut apabila aku pun di swab, padahal itu lho nggak sakit .

  3. Dengan adanya tes swab di sekolah, aku merasa senang dan juga merasa deg deg an karena dengan adanya swab kita bisa tau siswa itu terkena covid atau tidak, dan aku merasa takut apabila aku pun di swab, padahal itu lho nggak sakit

  4. Al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin…
    Semoga Bapak/Ibu guru dan kita semua selalu di beri kesehatan agar bisa cepat masuk sekolah lagi. Dan semoga keadaan ini lekas membaik dan berakhir.
    Aamiin ya Rabbal’aalamiin…

  5. Al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin…
    Semoga Bapak/Ibu guru dan kita semua selalu di beri kesehatan agar bisa cepat masuk sekolah lagi. Dan semoga keadaan ini lekas membaik dan berakhir.
    Aamiin ya Rabbal’aalamiin…

  6. Al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin…
    Semoga Bapak/Ibu guru dan kita semua selalu di beri kesehatan agar bisa cepat masuk sekolah lagi. Dan semoga keadaan ini lekas membaik dan berakhir.
    Aamiin ya Rabbal’aalamiin…

  7. Al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin…
    Semoga Bapak/Ibu guru dan kita semua selalu di beri kesehatan agar bisa cepat masuk sekolah lagi. Dan semoga keadaan ini lekas membaik dan berakhir.
    Aamiin ya Rabbal’aalamiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *