Pekan Pertama Bertugas Di SMPN 10 Surabaya, Abah Masykur Pimpin Sholat Jum’at

Drs. M. Masykur HS, M.Si Mengisi Khutbah Jum’at di SMPN 10 Surabaya. (Foto: @wajah_spenlusa)

Hari ini, Jum’at (29/11/19) Adzan berkumandang tepat pukul 11.40 WIB, menandai waktu Sholat Jum’at akan segera dimulai. Sebelum itu, tampak para siswa putra yang beragama muslim sudah bersiap menata alas terpal yang akan digunakan Sholat Jum’at dan berwudhu di kran-kran yang telah disiapkan. Memang di sekolah ini mempunyai lahan yang tidak begitu luas, sehingga untuk melakukan sholat jumat, harus menggelar alas dan “kanopi” sementara yang terbuat dari terpal. Tetapi hal itu tidak menyurutkan niat dan semangat seluruh warga sekolah untuk melaksanakan Sholat Jum’at berjamaah.

Jamaah Sholat Jum’at di SMPN 10 Surabaya. (Foto: Yuniarto)

Bersamaan dengan hari ke-4 Drs. M. Masykur Hasan, M.Si. bertugas sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 10 Surabaya dan bersamaan pula dengan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-48, Khotib dan Imam sholat Jum’at kali ini langsung diisi oleh Bapak Masykur.

Setelah Adzan pertama yang dikumandangkan oleh Ahmad Azzam Fikrillah, siswa kelas IX-A, dan Bilal, Hafiz Fazlul Haq Faadhil kelas IX-B, Bapak Masykur naik mimbar. Dalam khutbahnya, beliau menyampaikan betapa banyaknya nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita semua. Jika semua pohon dijadikan pena dan jika semua air di dunia dijadikan tinta, tidak akan pernah cukup menggambarkan banyaknya nikmat Allah. Untuk itu, kita harus senantiasa pandai bersyukur.

Hafiz Fazlul Haq Faadhil kelas IX-B bertindak sebagai Bilal. (Foto: @wajah_spenlusa)

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa” (QS. Ali Imran Ayat 133).

Abah Masykur menyampaikan Khutbah Jum’at. (Foto: @wajah_spenlusa)

“Utamakan meminta ampunan terlebih dahulu, karena apabila kita termasuk orang yang dicintai Allah maka apa yang kita minta akan diberikan oleh Allah. Surga yang seluas langit dan bumi hanya akan diberikan kepada orang yang bertaqwa. Bertaqwa isinya adalah menyembah dan beribadah kepada Allah. Sekolah pun adalah ibadah jika diawali dengan niat yang benar, karena Nabi Muhammad juga penah dawuh, mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim”, Ucap Abah Masykur, sapaan akrab Beliau.

Abah Masykur juga menyampaikan betapa pentingnya ikhlas bersedekah, menahan amarah dan memaafkan . Matematika Allah tidak sama dengan Matematika manusia, jika kita beramal dengan ikhlas maka kelak Insya Allah akan diganti Allah 700 kali lipat.

“Ikhlas itu tidak mudah, ikhlas itu mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. tetapi itulah jawaban surat Ali Imran ayat 133 tadi, disediakan Surga seluas langit dan bumi untuk orang yang bertaqwa. Ketika punya uang saku, bisa disisihkan untuk bersedekah, tidak mudah marah kepada teman dan mudah memaafkan jika teman mempunyai salah, maka saya yakin pasti semua siswa akan nyaman di sekolah, karena apa? karena semua teman-teman mudah memaafkan, tidak ada rasa “nggondok” di hati karena rasa marah dan dendam dan tidak ada teman yang mudah marah”, Kata beliau di akhir khutbah.

Sholat Jum’at berlangsung lancar dan Khusyu’. Setelah salam, Bapak Masykur menutup dengan do’a dan tidak lupa membaca Sayyidul Istighfar sebagai wujud memohonkan ampunan kepada Allah SWT.

اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ
Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku (yang aku perbuat). Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Semoga kita semua bisa melaksanakan apa saja yang disampaikan Abah Masykur dalam khutbahnya dan semoga kita semua termasuk dalam orang-orang yang bertaqwa. Aamin aamin ya Rabbal ‘Alamiin..

Tidak lupa kami segenap Civitas Akademika SMP Negeri 10 Surabaya mengucapkan Selamat Ulang Tahun KORPRI ke-48.

KORPRI Maju Teruus..!!

Jurnalis: Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

Editor: Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

Publisher: Farhan Eka Febriyanto/ @farhanekafebriyanto

1+

One thought on “Pekan Pertama Bertugas Di SMPN 10 Surabaya, Abah Masykur Pimpin Sholat Jum’at

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *