“Oh My Brush Pen”

“Diraaa…..”
Suara Kakak membuatku kaget. Aku segera berlari mencari sumber suara. Ternyata di teras rumah, Kak Icha dan Ibu sedang berbincang dengan Tante Indah yang tinggal di blok F.
“Dira, kamu tau Almira anaknya Tante Indah, kan?” Kak Icha bertanya kepadaku.
Aku mengangguk dan memberi salam, “Assalamualaikum, Tante”
“Almira juga keterima di sekolahmu loh, Dira.” Ibu menceritakan.

Sudah sepekan aku berstatus sebagai murid di sekolah baruku, tapi aku baru tahu kalo Almira, sahabat kecilku, juga bersekolah di tempat yang sama denganku. Aku terkejut dan senang karena bisa belajar di satu sekolah dengannya. Tapi sayangnya, ekspresi bahagiaku ini tidak nampak karena kami semua kini memakai masker, bahkan saat sedang berbicara.

Ah, seandainya nggak ada pandemi ini, aku pasti sudah ketemu Almira di sekolah sejak awal masuk.” gumamku.

Ini Hari Minggu, dan pagi ini udara sangat dingin akibat hujan semalam. Aku sedang duduk di kursi belajar dan aku merasa sangat bosan. Hari libur yang biasanya membuatku sangat bersemangat, kini justru membuatku melamun.

“Aku harus ngapain lagi ya..” 

Tak terasa sudah 30 menit aku hanya menggeser ke atas laman di layar ponselku. Aku menutup aplikasi itu, lalu mengunci ponselku. Pandanganku kini beralih ke spidol warna-warni di sebelah lampu belajarku, oh, tapi spidol itu bukan spidol biasa. Badan spidol itu itu panjang dan memiliki dua tip, yang satu tip panjang seperti brush cat, sehingga spidol ini diberi nama ‘brush pen’, dan satu tip lagi pendek seperti spidol biasa.

Baca juga:

“Record of My Youth (Twenty-Twenty)”

Dua hari ini aku mulai bermain lagi dengan brush pen. Aku mengisi waktuku dengan membuat catatan menggunakan brush pen itu. Hasil akhirnya lumayan memuaskan, cukup indah tapi terlalu masih terlalu sepi. Aku bingung harus menambahkan apalagi, sedangkan yang aku punya saat ini hanya brush pen saja. Aku berpikir sebentar, lalu tiba-tiba sebuah ide muncul di pikiranku.

“Gimana kalo aku tambahin gambar-gambar aja, ya?” pikirku. aku pun langsung menggambar menggunakan tip spidol di ujung brush pen itu. Tiga puluh menit berlalu, tapi aku masih fokus menggambar di catatan yang tadi ku buat.

“Tinggal gambar di bagian sini dan selesaaii!” seruku.

Akhirnya  aku menyelesaikannya dalam waktu satu jam. Setelah membuat catatan itu aku langsung membuat videonya. Satu jam lagi terlewati, namun aku masih saja fokus mengedit video catatanku. Setelah selesai mengunggah video tersebut, ternyata aku tidak berhenti. Dua jam kemudian aku masih fokus melihat aplikasi yang sedang viral itu. Aku berharap akan mendapatkan banyak viewers dan likes. Namun, sudah lewat tiga jam videoku terunggah, masih belum ada yang memberikan like. Viewers videoku juga masih berhenti di angka 50 orang.

Aku menghela napas, lalu meletakkan ponselku. Aku berniat keluar kamar untuk mengambil segelas air putih. Ternyata hari sudah gelap. Aku menyalakan lampu kamar dan melihat Kak Icha sedang sibuk memasak di dapur.

“Ibu dimana kak? tanyaku sambil menuang air.
“Di depan, lagi urus tanaman kayaknya. Kenapa Dek?” kata Kak Icha sambil mengiris wortel.
Nggak kok.. Nanya aja..” jawabku singkat sembari jalan kembali ke kamar.

Keesokan harinya, aku terkejut bukan main saat melihat video pertamaku mendapatkan 10.000 likes dan jumlah pengikut aplikasiku bertambah menjadi 1.000 followers. Dari sini semangatku untuk membuat dan mengunggah video catatan semakin meningkat. Setiap hari aku menghabiskan waktu tiga hingga lima jam untuk membuat dan mengunggah video catatanku. Aku sangat tertarik dengannya hingga aku lupa bahwa minggu depan adalah jadwal ujian tengah semester, dan aku belum mempersiapkannya.

Baca juga:

“Pemalas Berujung Kesadaran Diri”

Dua minggu berselang, hasil ujian pun dibagikan. Aku sangat kecewa dan menyesal melihat nilaiku sendiri.
“Ibu pasti sedih.. Ibu pasti kecewa padaku..” tidak terasa air mataku menetes.

Sejak saat itu, aku bertekad untuk memperbaiki diri dan mulai menata waktu belajar dan ibadahku lagi. Aku tidak ingin membuat Ibuku sedih dan kecewa.

“Dira udah nggak bikin video lagi?” tanya Ibu saat masuk ke kamarku.
“Kok rasanya Ibu sudah lama nggak lihat Dira nulis dan buat video lagi?” Ibu duduk di sampingku sembari membuka buku catatanku yang Ibu beli untukku.
“Masih kok, Bu, tapi jarang.. Tiga minggu sekali mungkin..” jawabku lirih.
“Lho, kenapa? Kan Dira senang melakukannya…” Ibu terlihat cemas.
“Nilai ujian Dira kurang bagus, Bu.. Dira mau memperbaikinya” Aku menduduk.
“Sayang.. Terimakasih ya Dira sudah belajar dari kesalahan dan berusaha untuk memperbaikinya..” Ibu memelukku dengan hangat.

“Dira.. Kakak punya ide. Gimana kalo Dira membuat kontennya seminggu sekali, tapi sekaligus beberapa video. Nah, nanti tinggal unggah saja tiap hari atau sesuai jadwal yang Dira mau. Untuk beberapa aplikasi malah ada yang bisa diatur jadwal unggahnya kok, Dir.” Kakak yang sudah lebih dulu bermain aplikasi ini tiba-tiba masuk ke kamarku dan mengajariku caranya.

“Tapi Dira harus tetap belajar bagi waktu dan tetap harus fokus belajar ya..Sebentar lagi kan Dira ada Ujian Akhir.” Ibu mengingatkanku.

Aku mengikuti saran dan cara yang diberikan Kak Icha dengan membuat konten secara sekaligus di hari libur, lalu membuat jadwal untuk mengunggahnya. Dengan demikian jadwal belajar dan ibadahku tidak terganggu.

Seminggu setelah ujian, hasil dibagikan. Aku sangat senang karena hasil ujianku kali ini tidak mengecewakan. Ibu dan Kak Icha memberikanku hadiah satu set brush pen baru dengan warna yang berbeda dan beberapa stiker lucu untuk menghias catatanku.

“Dira boleh kok melanjutkan hobi yang Dira suka.. Asalkan Dira bisa bertanggung jawab dengan tetap menjaga nilai sekolah Dira ya…”
Aku tersenyum lebar… “Ahhh makasih yaa Ibu dan Kak Icha..”

Pandemi ini bukan menjadi penghalang untuk kita berkreasi dan menjadi produktif. Di rumah saja bukan berarti kita bisa bermalas-malasan, justru dengan di rumah saja merupakan waktu yang pas untuk kita belajar banyak hal baru, seperti Ibu dengan tanamannya, Kak Icha dengan masakannya dan aku dengan brush pen ini.

Surabaya, 14 Februari 2021

_______________________________________________________________________

Tentang Penulis

Awrilutsania Hamidya, yang lebih akrab dipanggil Tsani ini lahir di Surabaya, 7 April 2008. Ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, namun sudah memiliki ketertarikan di dunia sastra. Saat ini ia kerap menulis di platform “wattpad”, dan mengikuti beberapa ajang menulis sebagai batu loncatan dan wadah pembelajarannya.

Saat ini ia sedang menempuh sekolahnya di SMP Negeri 10 Surabaya. Ia dapat kita kunjungi melalui media sosial instagram @awtsani_ dan email awrilutsania@gmail.com

Penulis : Awrilutsania Hamidya (7-C)/ @awtsani_
Editor : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

199 thoughts on ““Oh My Brush Pen”

  1. Almira begitu kaget dengar Dira teman waktu kecilnya satu sekolahan dengannya betapa senang hati Almira, Almira berdoa semoga pandemi ini cepat berakhir dan dia dapat bertemu dengan teman kecil nya dulu sekian terimakasih.

  2. Nama: Muhammad Farrel Fahrezzy Ghonnyyu
    Kelas:8G
    Absen:25
    Ceritanya bagus dan menarik, bisa jadi motivasi belajar dan berkarya untuk semua kalangan

    1. Nama : Krisna soleha hanifatunnisa
      Kelas: 7D
      Nomer absen: 21
      Cerita nya sangat menarik dan memotivasi para anak anak untuk tetap bersemangat dalam belajar

  3. Ceritanya bagus dan menarik, bisa jadi motivasi belajar dan berkarya untuk semua kalangan.dan membuat lebih semangat belajar di masa pandemi

  4. Nama: Lintang Amelia Lestari
    Kelas: 9B
    No absen:16
    ceritanya sangat keren!
    bisa menjadi inspirasi bagi kita para kaum pelajar.

  5. Bahwa di masa pandemi memang kita mengerjakan semua hal di dalam rumah sedangkan untuk interaksi dengan teman teman atau orang lain menjadi terbatas. Dan kita banyak meluangkan waktu untuk menuangkan ekspresi kita. Tetapi hal yang tidak boleh kita tinggalkan sebagai pelajar yaitu tetap belajar agar kita tetap mendapatkan nilai yang terbaik. Motivasi dan dorongan dari keluarga disekitar kita adalah hal yang sangat penting sehingga kita tetap jernih dalam berfikir dan jernih dalam hal yang kita lakukan

  6. Nama : Devi Claudhia Anjani
    Kelas : 8G
    Absen : 10
    Ceritanya bagus dan menarik. Semangat ya buat kak Awrilutsania.

  7. Nama : M. Yoga putra
    Kelas : 9B
    Absen: 17
    Ceritanya bagus dan menarik, menjadi inspirasi bagus untuk saya

  8. Nama : Athaiyah Rasendra Alfarizi Putra
    Kelas : 9I
    No.Absen : 07
    Ceritanya Sangat Bagus dan Keren!
    Cerita ini bisa membuat saya menjadi terinspirasi, Juga memotivasi saya.

  9. Nama: fadhilah putri awib
    Kelas: 9I
    No. Absen: 21
    Isi ceritanya sangat bagus dan menarik dan sangat memotivasi bagi yang membacanya.

  10. NAMA:Ageng Prasetya Afandi
    ABSEN:02
    KELAS:9H
    Ceritanya Singkat Tapi Bikin Aku Tersentuh Dan Ingin Belajar Segiat Apapun

  11. Nama: Camelia isnaini
    Kelas: 9A
    No absen:04
    ceritanya sangat keren!
    bisa menjadi inspirasi bagi kita para kaum pelajar.

  12. Nama: fadhilah putri awib
    Kelas: 9I
    No. Absen: 21
    ceritanya sangat menarik dan bagus untuk dibaca, dan isi ceritanya sangat memotivasi bagi yang membacanya.

  13. Nama : Moch fahrel irvansyah
    Kelas : 8 G
    Absen : 22

    Ceritanya bagus dan menginspirasi dapat menjadi landasan untuk berkarya terus

  14. Wah sangat bagus tekad Dira untuk memperbaiki diri dan terus berusaha, selain itu ibu serta kakaknya juga sangat baik dan terus mendukung minat Dira

  15. Nama:FELIX PRAYOGA
    Kelas:7A
    No.Absen:14

    Ceritanya bagus dan menarik, bisa jadi motivasi belajar dan berkarya untuk semua kalangan khususnya untuk pelajar seperti kita ini

  16. Cerita di atas bagus, bisa buat inspirasi. Tetapi jangan melupakan tugas kita sebagai pelajar yaitu belajar tanpa mengenal lelah agar apa yang kita cita-citakan bisa tercapai.

  17. Nama:Annisa Septia Ramadhani
    Kelas :7G
    Avsen:5
    the story is so beautiful, where the story tells of a child who is less entertained during the holidays during a pandemic.
    keep it up, tsani write the short story don’t ever give up I will always support you.

  18. Nama: Wiraguna Bhakti Prayoga
    Kelas/absen:9A/38
    Cerita nya menarik,memotivasi bagi pembaca nya.

  19. Ceritanya sangat bagus, bisa menambah semangat kita untuk tetap berkarya disamping tugas utama kita yang harus diprioritaskan terlebih dahulu

  20. Nama: Zalva Aulia Guntur Tan
    Kelas: 9a
    No.abs: 40
    Ceritanya bagus dan menarik, bisa jadi motivasi belajar dan berkarya untuk semua kalangan

  21. Nama : Asshya Pujha Pryhasstya
    Kelas : 9c
    Nomor absen : 6

    Ceritanya sangat bagus dan menarik. Menjadi inspirasi bgi setiap orang untuk berkarya.

  22. Ceritanya menarik dan menginspirasi para murid-murid. Semangat untuk membuat banyak cerita lagi ya…

  23. Nama: Nabilah Mu’alifah
    Kelas : 9i
    No. Absen: 30
    Ceritanya sangat menarik dan menginpirasi, ceritanya juga sangat memotivasi semua kalangan agar lebih giat belajar dan bisa terus berkarya walaupun dalam masa pendemi saat ini.

  24. Nama: Moch. Pandya Taras B.
    kelas : 8G
    absen: 23

    ceritanya menarik dan dapat menginspirasi semua kalangan pelajar

  25. Wah sangat bagus tekad Dira untuk memperbaiki diri dan terus berusaha, selain itu ibu serta kakaknya juga sangat baik dan terus mendukung minat Dira

    Nama: jesica marcella putri
    Kls: 9A
    no. Absen: 11

  26. Nama : Ronal Dinho adha Saputra
    Kelas : 7L
    Absen : 11
    Cerita nya sangat bagus , kita bisa belajar dari cerita tersebut selama pandemi kita bisa berkarya dan mengenal hal baru

  27. Bagus sekali ceritanya, saya suka. Cerpen itu membawa banyak pelajaran yang didapat didalamnya salah satunya adalah meskipun kita sekarang lagi dirumah dan bersekolah daring tetapi kita bisa memanfaatkan hal-hal yang positif di rumah contohnya seperti cerpen tadi kita bisa meluangkan waktu kita di rumah aja untuk menggambar, menulis cerpen dll. Jika kita mempergunakan waktu di rumah aja untuk hal tersebut kita tidak akan merasa bosan untuk di rumah aja, jadi kita ada merasa kesibukan tersendiri agar tidak merasa bosan di rumah.

  28. Neyzha Safitri Ava Pramono 9C/30
    KYAAA CERITA NYA BAGUS BANGET! Keren banget dan mengisnpirasi!

    1. Cerita ini sangat bagus dan bisa memotivasi kita untuk mengubah diri dan terus berusaha seperti tokoh Dira pada cerita di atas

  29. Nama : Naura Indra Shafa Putri
    Kelas : 7D
    Absen : 28

    Cerita nya menarik, dan juga menginspirasi para pelajar di era pandemi ini.

  30. Nama: Erlinda Wanda sasmita
    Kelas:7i
    No absen:12

    Ceritanya bagus dan menarik, bisa jadi motivasi belajar dan berkarya untuk semua kalangan khususnya untuk pelajar seperti kita ini.sangat menginspirasi .

  31. Nama : Bella Oktavia Putri Chahyono
    Kelas : 7 D
    Absen : 08

    Cerita nya menarik, dan juga menginspirasi para pelajar di era pamdemi ini.

  32. Nama: Nabilla Ifnul Auliya
    Kelas: 9B Absen:23
    ^Dari cerita di atas kita bisa belajar dari kesalahan dan memperbaiki lagi kedepannya, dan disaat pandemi ini kita tdk harus bermalas-malasan, kita juga dpt melakukan kegiatan di rumah yg membuat kita senang dan jngn lupa belajar dan beribadah.^

  33. Nama : Wisnu Andhika Nabil Prasetya
    Kelas : 8A
    No Absen : 39

    Ceritanya sangat menginspirasi

  34. ceritanya sangat bagus dan menarik, dari alurnya sampai tokohnya.
    Shafira Arimbi Dwi Arifianti 8i/33

  35. Nama : Kinanti Harum Perbawani
    Kelas : 8h
    No. Absen : 19
    ceritanya bagus menjadi insipirasi buat kita semua

  36. Ceritanya sangat menarik bisa dibuat motivasi untuk pembaca
    Semangat terus untuk membuat cerita cerita menarik yang bermanfaat bagi pembaca 🙂

  37. Nama : Salsabilla Estiningtyas
    Kelas : 8G
    Absen : 34

    Ceritanya Bagus,Menarik, dan Sangat Menginspirasi

  38. Nama : Suwitania Dina
    Kelas : 9A
    No. Absen : 34
    .
    .
    ceritanya keren, menarik dan bagus banget buat dijadikan motivasi dan inspirasi.

  39. Ceritanya sangat bagus sekalii.. Saya jadi termotivasi.
    Nama: Nayla Mutiara Andharu
    Kelas: 7F
    No. Absen: 20

  40. Nama : Diyana Kamil
    Kelas : 9I
    No.absen : 17
    ▪︎Ceritanya menarik dan sangat bermanfaat untuk memotivasi kita semua untuk tetap produktif di masa pandemi ini.

  41. Nama: keysia pratiwi
    Kelas : 8A
    Absen: 14
    Sangat bagus sekali ceritanya bisa untuk kita para pelajar mempunyai inisiatif atau ide untuk berkreasi dirumah.

  42. Nama : Vanya Lunamyra Tiannov
    Kelas : 8i
    No : 36

    Cerita ini sangat menarik dan benar benar memiliki banyak motivasi dan makna dari masalah belajar untuk di perbaikin kedepannta nanti dan kata kata motivasi semangar belajar yang sangat cocok di era pandemi ini dan saya kagum dengan cerita ini, dan semoga teman² juga termotivasi oleh cerita ini

  43. Cerita yang ia bikin sangat menarik bagi para pembaca dan juga dapat memotivasi dan menginspirasi juga bagi kita ini, semangat terus ya dalam berkarya !!

  44. Ceritanya bagus dan menarik,, bisa menjadikan motivasi belajar dan juga bisa menambahkan semangat kita untuk tetap berkarya.
    Nama: Revirra Berlinda Rdasya
    Kelas: 8H
    No absen: 33

  45. ceritanya menarik dan seru, ada pesan dan motivasi juga, baguss bgt, semangat yaa!!
    NAMA : MARSYA PRAMESTI BUDIANTI
    KELAS : 9G
    NO.ABSEN : 15

  46. Nama : Ahmad Risanto
    Kelas : 7H
    No .Absen : 7
    cerita yg sangat menginspirasi dan memotivasi untuk menjadi lebih baik

  47. Nabila Rasty Rahayu /9J/33
    Cerita nya bagus dan menarik…
    Tetap semangat untuk buat ceritanya!!!

  48. wah bagus banget ceritanya, suka. bisa bikin orang lain termotivasi waktu ngebaca. semangat ya bikin karya lagi <333

  49. Nama:Annisa Agnia
    Kelas:9D
    Absen:6

    Ceritanya sangat bagus dan menarik untuk tsani semangat terus ya lakukan hal apapun yang kamu suka dan menjadi hobi mu !!

  50. Nama:Annisa Agnia
    Kelas:9D
    Absen:6

    Ceritanya bagus dan menarik,for tsani semangat terus ya lakukan semua hal yang kamu suka dan menjadi hobi mu

    화이팅하세요 !!

  51. Nama : Andika Ngulandara
    Kelas : 8H
    Absen : 8

    Komentar : ceritanya sangat menarik dan menginspirasi

  52. Nama : Rayhannum Azzahra Putri Rahmadhina
    Kelas : 8i
    Nom absens : 27
    Komentar : ceritanya bagus dan menarik, bisa buat motivasi untuk para pembaca

  53. Nama : Reyna indyra listyon
    Kelas : 9D
    Absen : 36
    Cerita yang bagus, menarik dan menjadi motivasi belajar dan berkarya

  54. Nama : Maulidatus Solicha
    Kelas : 9J
    No absen : 28
    Ceritanya bagus, menarik, serta menginspirasi.

  55. Nama : Qornaindi Al Fathy
    Kls : 7G
    No urut : 22
    Ceritanya menginpirasi dan motivasi buat kita semua

  56. Nama : Qornaindi Al Fathy
    Kls : 7G
    No urut : 22
    menginpirasi banget dan motivasi buat kita semua

  57. Nama : Qornaindi Al Fathy
    Kls : 7G No urut : 22
    menginpirasi banget dan motivasi buat kita semua yang sedang belajar pada pandemi ini

  58. Nama : Rr Azhalea Putri O.F
    Kelas : 9J
    No.abs: 38
    Komentar: ceritanya dapat memotivasi para pembaca agar dapat bertanggungjawab terhadap Kewajiban disamping kita melakukan Hak kita

  59. Ceritanya sangat menarik bagi para pembaca, memotivasi dan menginspirasi kita untuk berkreasi dan menjadi produktif

    Nama: Jeconia Gavrilla Zelda Cantika
    Kelas: 8I
    Absen: 15

  60. Nama :marshaniswa ayu
    Kelas : 8A
    Absen : 15
    Cerita nya sangat menarik
    Dan banyak yg bisa kita pelajari dalam cerita trsbt

  61. Dira adalah ank yg bertanggung jawab di mau memperbaiki dan merubah nila yg sebelumnya jelek menjadi baik

  62. Nama : NABILA SALSA AURELLIA
    KELAS : 9i
    No absen : 29

    Cerita ini sangat menarik dan benar benar memiliki banyak motivasi dan makna dari
    masalah belajar untuk di perbaiki kedepannya nanti, dan kata² motivasi semangat belajarnya yang sangat cocok di era pandemi ini dan saya kagum dengan cerita ini, dan semoga teman² juga termotivasi oleh cerita ini agar bisa lebih fokus belajar demi menyongsong masa depan yang cerah

  63. Nama: Vanessa Salma Alisha
    Kelas: 9I
    No Absen: 39

    Cerita ini sangat menarik serta memotivasi agar tetap semangat berkarya dan belajar di situasi pandemic seperti ini.

  64. nama : revalina septa ramadhani
    kelas : 9D
    nomor absen : 35

    ceritanya bagus sekalii dan cerita tersebut sangat menyenangkan

  65. Nama:Revino rizky kartiko
    Kelas :8i
    No absen:28

    Ceritanya sangat menarik ,penuh dengan inspirasi dan motivasi

  66. Nama: Wahyu Bagus Kurniawan
    Kelas: 8i
    No absen: 37

    Komentar: ceritanya bagus, menarik, serta menginspirasi.

  67. Nama:adzra aniqoh jiwa aulia
    Kelas:9j
    Absen:3
    Komentar:ceritanya sangat menarik dan benar benar memiliki motivasi dan makna

  68. Cerita yg menarik dan menginspirasi, semangat terus untuk membuat cerita lainnya!!

    Name: Maheswari Shinta Dewi
    Kls: 8F
    Absen: 19

  69. Nama:azkia wulan m.r
    Kelas:7F
    Absen:05

    Ceritanya sangat bagus dan dapat menginspirasikan untuk para pelajar

  70. Nama:azkia wulan m.r
    Kelas:7F
    Absen:05

    Ceritanya sangat bagus dan dapat menginspirasikan untuk para pelajar dan terdapat banyak makan di dalam cerita tersebut

  71. Nama:azkia wulan m.r
    Kelas:7F
    Absen:05

    Ceritanya sangat bagus dan dapat menginspirasikan untuk para pelajar dan terdapat banyak makan di dalam cerita tersebut. Dan ceritanya sangat bagus dan menarik

  72. Literasinya bagus…memotivasi kita sbagai seorang pelajar agar giat belajar untuk menyongsong masa depan yang cerah

  73. Ceritanya sangat menarik. Dari cerita tersebut kita dapat mengatur waktu untuk belajar, bermain, beribadah dan sebagainya

  74. Kelas : 9i
    No. absen : 02

    Literasinya bagus…memotivasi kita sbagai seorang pelajar agar giat belajar untuk menyongsong masa depan yang cerah

  75. Nama: Dammien Darrien Duffroy
    Kelas: 9i
    No. Absen: 11
    Komentar: ceritanya bagus dan sangat menarik

  76. Nama: Gery Ikhtiari Nur Fadilah
    Kelas: 8A
    No absen : 12
    Komentar
    Sangat menarik, cerita nya bgus dn mnjdikan motivasi untuk kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *