New Normal Bidang Pendidikan, Perlu Peran Besar Orangtua

Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), memang telah berakibat luar biasa. Dunia pendidikan pun terkena imbasnya. School from Home, sekolah dari rumah dengan metode daring (dalam jaringan) atau pembelajaran online menjadi cara (paling tidak pada masa darurat Covid-19 selama kurang lebih 3 bulan ini) dalam menjalankan pendidikan bagi peserta didik dan guru. Yang menjadi pertanyaan besar sekarang adalah: “Sampai kapan daring dan School from Home Ini akan dijalankan?”

Sempat beredar isu sekolah akan mulai masuk bukan Juli 2020, namun Mendikbud Nadiem Makarim sebagai pucuk kebijakan pendidikan belum mengeluarkan kepastian tentang masuk sekolah atau tetap belajar dari rumah di Tahun Ajaran Baru 2020-2021. Mengutip dari berbagai berita online nasional, dalam teleconference rapat kerja dengan komisi X DPR RI pada Rabu (20/05/2020), Mas Menteri mengatakan bahwa keputusan jadwal masuk sekolah bergantung pada pertimbangan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dan Kemendikbud sudah siap dengan semua skenario (masuk sekolah, tetap dengan daring atau mengubah tahun ajaran baru di bulan Januari 2021).

Wacana baru di dunia menghadapi pandemi Covid-19 ini digulirkan. The New Normal, atau kondisi Normal yang baru, yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya. Bagaimana dengan pendidikan? Apakah juga akan dilaksanakan New Normal pendidikan yaitu masuk ke sekolah seperti biasa dengan menjalankan protokol kesehatan seperti disebutkan diatas? Ataukah tetap dilaksanakan School from Home dengan metode daring?

Baca juga:

Surat Kepada Menteri Pendidikan: Sambut Kemenangan Kreativitas Pembelajaran Teknologi di Idul Fitri Menuju Merdeka Belajar

Beberapa daerah juga sudah menyiapkan ancang-ancang. Tentunya semua masih persiapan dan masih perlu banyak kajian, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan, perkembangan kondisi paparan Covid-19 dan juga keputusan Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Seperti di Jakarta mewacanakan masuk Tahun Ajaran baru pada 13 Juli 2020. Sedangkan dari Dinas Pendidikan Jawa Timur mencanangkan masuk pada 14 Juni 2020. Begitu juga daerah-daerah lain yang telah menyiapkan “tanggal main” mendahului kebijakan pusat. Hal ini memang menjadi dilema tersendiri bagi pemerintah dalam memutuskan kebijakan, apakah pemerintah berarti kurang cepat dan tegas dalam mengambil keputusan? Mari kita anggap hal tersebut sebagai kehati-hatian.

Pembelajaran di rumah dengan menggunakan sistem daring memang menjadi solusi di tengah keadaan yang terjadi, dan itu bisa dilakukan jika siswa mempunyai ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa evaluasi mengenai sistem daring dalam pembelajaran dari rumah ini adalah mengenai kemampuan ketersediaan paket data internet, siswa yang tidak mempunyai gawai, belum terbiasa menggunakan aplikasi pembelajaran online karena dilakukan sangat mendadak dan tentunya yang paling penting: peran serta dan kepedulian orangtua.

Siswa SMPN 10 Surabaya mengerjakan tugas pembiasaan menggunakan hand sanitizer. (Foto: Instagram – @wajah_spenlusa)

Mengapa orangtua perlu mengambil peran yang lebih besar dalam pembelajaran daring ini? Kita perlu mengingat kembali ajaran dari Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara mengenai “Tri Pusat Pendidikan”, yaitu pendidikan yang diterima siswa dari tiga lingkungan: keluarga, sekolah dan masyarakat. Peran orangtua berada pada lingkungan keluarga dan sebenarnya disitulah pendidikan yang paling utama. Seorang penyair masyhur, Hafiz Ibrahim mengungkapkan “Al-Umm Madrasatul ‘Ula”, Ibu (dalam hal ini adalah orangtua) adalah sekolah pertama bagi anaknya. Segala sesuatu dari anak berawal dari keluarga, dari orangtua. Apalagi jika pembelajaran dilakukan di rumah atau jika nanti pemerintah memberikan keputusan kebijakan pembelajaran kembali dilakukan di sekolah dengan pagar protokol kesehatan dan siswa masuk dengan sistem shift untuk physical distancing, atau Tahun Ajaran baru diundur hingga Januari 2021.

Jika sekolah tetap dilanjutkan dengan daring di rumah, maka peran orangtua bekerjasama dengan guru harus memastikan anak melaksanakan tugas atau mengerjakan apa yang diinstruksikan oleh guru. Syukur-syukur orangtua juga mendampingi anaknya belajar. Jika pada waktu pagi orangtua bekerja, maka kontrol belajar tersebut bisa dilakukan via chatting message, video call atau telepon kepada anaknya. Bayangkan jika kontrol itu hanya dilakukan oleh guru saja, guru harus menghubungi satu persatu siswa yang sedang diajarnya. Tentu hal tersebut sangat melelahkan dan membutuhkan waktu yang banyak. Apabila ada kerjasama yang bagus antara orangtua, guru dan siswa maka pembelajaran daring di rumah akan bisa berjalan dengan baik.

Dan jika pemerintah nantinya mengambil kebijakan masuk sekolah dengan protokol kesehatan, kemungkinan jam pelajaran di kelas akan lebih singkat dan siswa lebih banyak waktu dirumah, sekali lagi bersama keluarga. Bagaimana orangtua harus menyiapkan masker sekaligus memastikan kebersihannya. Mungkin juga membekali dengan handsanitizer dan berangkat sekolah sudah dalam keadaan mencuci tangan dengan sabun, dan wudhu bagi yang beragama islam. Disisi lain, guru juga mengontrol aktifitas fisik siswa di kelas, dengan jumlah anak yang harus dikontrol lebih banyak dibanding dengan anak yang dikontrol oleh orangtua di rumah.

Baca juga:

Teknologi Adalah Penunjang, Bukan Pengganti Guru (Refleksi Hari Pendidikan Nasional 2020)

Hal -hal tersebut bukan berarti guru mengalihkan tanggung jawab kepada orangtua, tetapi ini adalah tentang kerjasama, sinergitas antara guru dan orangtua. Masih banyak ditemui para orangtua seperti hanya memasrahkan anaknya ke sekolah, pasrah bongkok’an, dan menjadikan sekolah hanya menjadi tempat “penitipan anak” selama orangtua bekerja, lalu mengambilnya kembali ketika sudah pulang bekerja. Juga jamak kita dengar, argumen orangtua yang sibuk bekerja tersebut adalah mencari uang untuk anaknya, tetapi sedikit banyak abai dalam memberikan perhatian untuk pendidikan anaknya. Hal ini senada dengan sahabat saya, Eka Erawati, dalam bukunya “Sekolah Bukan Loundry” yang juga mengkritisi sikap para orangtua yang menjadikan sekolah sebagai tempat anaknya yang belum baik, belum pintar, lalu ketika diambil pulang orangtua sudah tahu beres saja.

Guru yang utama adalah orangtua dan keluarga sebagai Madrasatul ‘Ula. Ibaratnya, peran guru di sekolah adalah asisten guru yang utama, yaitu para orangtua. Sementara itu, para guru juga harus bersiap merancang desain pembelajaran daring di rumah dan atau masuk sekolah dengan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. The New Normal pendidikan sepertinya mau tidak mau akan menjadi keniscayaan. Semoga pemerintah segera bisa mengendalikan persebaran paparan Covid-19 serta merumuskan kebijakan yang pas untuk tetap memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik sekaligus menjawab pertanyaan tentang efektivitas pembelajaran daring yang telah tiga bulan terlaksana dan kekhawatiran masyarakat jika siswa harus masuk kembali ke sekolah dengan protokol kesehatan.

Baca juga:

“SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Pembelajaran Daring

Penulis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

20+

187 thoughts on “New Normal Bidang Pendidikan, Perlu Peran Besar Orangtua

  1. Berikan tanggapan terhadap pertanyaan dibawah ini:
    Sebutkan nama, kelas dan nomor absen!

    1. Menurutmu, apa yang dimaksud new normal? Berikan contohnya.
    2. Bagaimana / apa yang akan kamu persiapkan untuk menghadapi New Normal dalam bidang pendidikan?
    3. Apakah kalian khawatir jika masuk sekolah lagi? Jelaskan alasanmu!
    4. Bagaimana peran orangtua terhadap belajarmu selama ini? Jelaskan!

    24+
    1. 1 kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
      2 menggunakan masker jaga jarak
      3 ya kuatir karna vkrus itu tdk terlihat
      4 hiperaktip membantu ank menjadi guru di rumah

      2+
      1. Nama: Marsha Ica Alifia
        Kelas/No.Absen: 8A/38

        Jawabanku:
        1. The New Normal, atau kondisi Normal yang baru, yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan contoh memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.
        2. Beraktivitas biasa dengan menggunakan sistem protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dll.
        3. Khawatir karena sistem protokol kesehatan terkadang kurang menjamin kita aman dari Covid-19.
        4. Sangat merespon dan selalu mendampingi dan mengajari setiap saat.

        1+
      2. NAMA:DEFITA APRILIA
        KELAS:7C/19
        1.New Normal adalah kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti jaga jarak
        2.Memakai masker,cuci tangan dan jaga jarak
        3.Ya,karena virus Covid-19 tidak terlihat
        4.hiperaktif membantu anak menjadi guru dirumah

        1+
      3. Nama: Amanda Elfarianti Mustofa
        Kelas: 7A
        No. absen: 24
        1. New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi dengan memulai keseharian seperti biasanya. Namun, harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak.
        2. Dengan menyiapkan peralatan kesehatan. seperti: masker, dan handsanitizer
        3. Khawatir, karena virus corona ini dapat mudah, masuk dan sangat cepat menyebar.
        4. Peran orangtua selama belajar sangatlah penting, karena orangtua selalu mengawasi anaknya dalam belajar, dan jika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas mereka bisa menanyakannya kepada orangtua

        0
    2. Nama: Archan Syah
      Kelas/Abs: 8C/03
      1.kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.
      Seperti: mencuci tangan dgn sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, olahraga, makan”an bergizi, berdoa.
      2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca-membaca.
      3.tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar.
      4.mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah.

      1+
    3. •NAMA: LAILA ASISKA MAHARANI
      •KELAS: VIII-E
      •NO ABSEN: 14
      TANGGAPAN TERHADAP PERTANYAAN:
      1. New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
      2. 1) Pakai masker dan menyiapkan
      cadangannya.
      2) Tissu basah dan kering.
      3) Hand sanitizer.
      4) Suplemen atau multivitamin untuk
      menambah stamina.
      5) Selalu menjaga jarak fisik (physical
      distancing).
      3. Cukup khawatir, karena jika di sekolah bertemu dengan banyak orang, dan bisa mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).
      4. Selama Study From Home, orangtua selalu menemani belajar dan merasa lebih dekat dengan orangtua jauh sebelum pandemi ini.

      7+
    4. Nama:Wahyu Rakhmad Hidayat
      Kelas:7K
      No.absen:37
      1.Kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti:mencuci tangan dengan sabun, memakai masker bila keluar rumah
      2.belajar dirumah,mengerjakan soal online/daring
      3.Khawatir, karena virus itu tidak terlihat
      4.Menemani anak belajar

      2+
    5. 1. Kegiatan dilakukan seperti biasa yang belum ada munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun
      2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan
      3. Ya kami khawatir karena, virus ini dapat menyerang siapa pun dan virus ini tidak kelihatan
      4. Orang tua mendukung saya dalam pembelajaran dirumah dan orang tua menjadi peran pengganti guru di rumah

      1+
    6. -nama:lunetta raissa mayala harsanti
      -kelas:7H
      -absen:8
      1.kegiatan normal seperti biasanya sebelum adanya covid tetapi kita harus melakukan yang di perintah oleh pemerintah yaitu cuci tangan,memakai masker jika berpergian
      2.sering mencuci tangan,menggunakan masker,dan jaga jarak
      3.kawatir karna virus corona dapat tertular dengan cepat
      4.menemani kita saat belajar online

      2+
      1. Nama : Syifa Qurratul Aini Ramadhani
        Kelas : 7d
        No.absen : 38

        1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
        2. Menggunakan masker,mencuci tangan terlebih dahulu,membawa hand sanitizer,jaga jarak
        3. Cukup khawatir,karena virus covid-19 bisa menular dengan cepat dan ramai orang di luar
        4. Membantu ketika kesulitan dan mengawasi saat belajar

        0
    7. 1.harus mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah
      2.jaga jarak,memaikai masker
      3ya kuatir karna virus tdk terlihat
      4.hikperatip

      2+
    8. kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
      2 menggunakan masker jaga jarak
      3 ya kuatir karna vkrus itu tdk terlihat
      4 hiperaktip membantu ank menjadi guru di rumah

      1+
    9. 1. bisa menyesuaikan pola hidup. Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu bentuk
      2.jaga jarak
      3.khawatir karena banyak virus yang tidak terlihat
      4.mengawasi saat belajar di rumah

      1+
    10. Nama :Athaiyah Rasendra Alfarizi Putra
      Kelas/Abs :7G/02

      Jawaban:
      1. Menurut saya New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi.

      2. Yang saya Persiapkan Untuk Menghadapi New Normal Dalam Bisang Pendidikan Adalah
      -Tetap Belajar Dengan Giat
      -Rajin Mencuci Tangan Dan selalu Membaca Buku
      -Tetap Jaga Kesehatan
      -Selalu Memakai Masker saat Keluar Rumah

      3. Tidak Perlu Khawatir, Tetapi Tetap Wapada saja Dan juga Tidak Lupa Menerapkan Protokol Kesehatan.

      4. Selalu Menemani Dalam pembelajaran Daring Di rumah, Membuat kita Menjadi lebih dekat.

      1+
    11. 1. Kegiatan seperti biasanya sebelum virus ini menyebar, tetapi sekarang berbeda karena harus mengikuti protokol kesehatan. Contohnya: memakai masker saat keluar rumah,sering mencuci tangan,dan menjaga jarak.
      2.siap untuk mengikuti pembelajaran secara daring.
      3.sedikit khawatir, karena bila masuk sekolah, pihak sekolah harus menyiapkan yang matang, seperti mengecek suhu tubuh siswanya,atau menyuruh memakai masker dan jaga jarak.
      4.sangat baik,karena sering mengingatkan saat kita ada tugas dan membantu menjawab pertanyaannya.

      0
    12. 1.new normal adalah melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa namun harus tetap melaksanakan protokol pemerintah, seperti mencuci tangan, memakai masker, physical distancing dan lain sebagainya.
      2.memakai masker, handsanitizer,sosial distancing, dan membawa makanan bergizi untuk menambah stamina.
      3.cukup khawatir, karena bertemu banyak orang. Belum tentu juga mereka menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah dan virus ini kecil tapi mematikan.
      4.mengawasi dan menemani saat proses study from home, selalu mengingatkan untuk mengerjakan soal yg telah diberikan.

      1+
    13. Nama: Laras Ayu Dwi Agustina
      Kelas:8E
      No absen:15
      1. Kegiatan seperti biasanya sebelum virus ini menyebar, tetapi sekarang berbeda karena harus mengikuti protokol kesehatan. Contohnya: memakai masker saat keluar rumah,sering mencuci tangan,dan menjaga jarak.
      2.siap untuk mengikuti pembelajaran secara daring.
      3.sedikit khawatir, karena bila masuk sekolah, pihak sekolah harus menyiapkan yang matang, seperti mengecek suhu tubuh siswanya,atau menyuruh memakai masker dan jaga jarak.
      4.sangat baik,karena sering mengingatkan saat kita ada tugas dan membantu menjawab pertanyaannya.

      1+
    14. 1.Kegiatan Seperti Biasanya Sebelum Covid 19 Tetapi Harus Adanya Protokol Kesehatan Yg Begitu Ketat Seperti Menggunakan Masker atau Faces Shield Saat Berpergian,Selalu Mencuci Tangan,Saat Pulang Dirumah Secepatnya Membersihkan Diri
      2.Menggunakan Handsanitizer,Masker,Dan Faces Shield
      3.Khawatir Karna DiKota Surabaya Masih Banyak Yg Mengidap Penyakit Covid 19
      4.Sangat Membantu Jika Terjadi Kesusahan Di Saat Tugas Secara Daring Ada Soal Susah Bisa Bertanya

      1+
    15. Nama : Monique Tania A
      Kelas : 7G
      No. Absen : 28
      1. Melakukan kegiatan dengan normal dan tetap melaksanakan anjuran yang diberikan Pemerintah. Contoh memakai masker jika keluar rumah, sering sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan makan makanan yang bergizi.
      2. Tetap melakukan pembelajaran daring dan selalu mengerjakan tugas tugas dari sekolah.
      3. Cukup khawatir, karena mungkin bisa saja beberapa warga sekolah yang tidak melaksanakan anjuran pemerintah.
      4. Selama ada pembelajaran di rumah, orang tua selalu menemani dan sangat membantu dalam pembelajaran.

      0
    16. Nama : Firdini Zoya Azzahra
      Kelas : 7G
      No absen : 8

      1.New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19,contohnya telah dibukanya masjid untuk beribadah tetapi jamaah harus mematuhi protokol kesehatan.
      2.-Memakai masker
      -Membawa hand sanitizer
      -Membawa peralatan tulis sendiri
      -Jaga jarak tetap diterapkan
      3.Apabila tetap mematuhi protokol yang dianjurkan saya lebih tenang dan tidak khawatir
      4.Tetap waspada dan selalu mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan

      1+
    17. 1. Berdagang seperti biasa, mall buka seperti biasa, tetapi harus memakai masker dan hand sanitizer
      2. Jaga jarak, memakai masker, membawa hand sanitizer
      3. Takut tertularnya virus
      4. Menemani, dan mengawasi, menemani saat belajar online

      0
    18. Nama: M. Yoga putra
      Kls: 7G
      Absen:31
      1. Berdagang seperti biasa, mall buka seperti biasa, tetapi harus memakai masker dan hand sanitizer
      2. Jaga jarak, memakai masker, membawa hand sanitizer
      3. Takut tertularnya virus
      4. Menemani, dan mengawasi, menemani saat belajar online

      1+
    19. Nama: Fitria dwi oktariani
      Kelas: 7G
      No.absen: 09

      1. New normaladalah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah agar masyarakat terbiasa dengan tatanan hidup baru dengan kebersihan untuk menghadapi virus Corona , contoh : rajin cuci tangan, makan makan yang sehat ,jaga kesehatan

      2. Membawa handsanitizer,memakai masker, tetap jaga jarak

      3. Ya khawatir karena virus ini bisa menyerang siapa pun dan tidak kelihatan

      4. Mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang dibutuhkan selama pembelajaran dirumah

      0
    20. 1.New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
      2. 1) Pakai masker dan menyiapkan
      cadangannya.
      2) Tissu basah dan kering.
      3) Hand sanitizer.
      4) Suplemen atau multivitamin untuk
      menambah stamina.
      5) Selalu menjaga jarak fisik (physical
      distancing).
      3. Cukup khawatir, karena jika di sekolah bertemu dengan banyak orang, dan bisa mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).
      4. Selama Study From Home, orangtua selalu menemani belajar dan merasa lebih dekat dengan orangtua jauh sebelum pandemi ini.

      2. Bagaimana / apa yang akan kamu persiapkan untuk menghadapi New Normal dalam bidang pendidikan?
      —_—1. Kegiatan dilakukan seperti biasa yang belum ada munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun
      2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan
      3. Ya kami khawatir karena, virus ini dapat menyerang siapa pun dan virus ini tidak kelihatan
      4. Orang tua mendukung saya dalam pembelajaran dirumah dan orang tua menjadi peran pengganti guru di rumah

      3. Khawatir,karena saat waktu istirahat saat kita di kantin akan bergerombol,memang pertama jika dilarang akan dilaksanakan,tapi jika sudah beberapa hari akan dilanggar lagi,tapi pasti semua siswa tetap ingin sekolah karena merindukan teman² mereka

      4.Peran orang tua sangat penting disaat seperti ini,karena orang tua harus mengawasi anak untuk tidak keluar rumah sembarangan,mengawasi anak agar mengerjakan tugas sekolah,dan juga orang tua sebagai pengganti guru di sekolah,tapi bukan berarti hanya pada saat keadaan seperti ini saja,tetapi harus setiap saat mengawasi anaknya

      0
    21. Nama : Bima Arrahmaan
      Kelas : 7C
      Absen : 5
      1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
      Contoh : memakai masker, rajinencuci tangan, physical distancing
      2. Memakai masker, membawa handsanitizer, membawa alat makan sendiri
      3. Tidak khawatir, tapi tetap menjaga jarak
      4. Peran orang tua: selalu mengingatkan untuk mengerjakan tugas tepat waktu

      1+
    22. New normal contohnya kayak terbuka kembali atau wisata wisata terbuka kembali menjadi bisa kemana mana tetapi harus memakai masker
      2.siap siap untuk memulai belajar kembali disekolah dan berkumpul dengan teman teman sekolah lagi
      3.tidak,karena bisa bertemu dengan teman teman sekolah dan bisa bertemu guru guru lagi
      4.peran orang tua saya saya diharuskan belajar terus agar nilai saya tidak jatuh

      0
    23. Nabilah Ayu Jenar
      8F/19
      1. New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
      2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan.
      3. Tidak perlu khawatir, tapi tetap wapada & tidak lupa memakai masker.
      4. Orangtua terkadang saja menemani Saya belajar, karena Orangtua Saya memiliki kegiatan lain yang harus dilakukan.

      0
    24. Nama:muhammad arya teja
      Kelas:8E-39
      No
      1.New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.
      2.yg harus dipersiapkan adalah membawa tisu basah masker dan handsanitizer
      3.tidak jika kita mengikutu protokol yg sudah di tetapkan
      4.sangat mendukung

      0
    25. Nama: Kaila Ratu Padmarini
      Kelas: VIIIE/10
      1. New Normal adalah kembali ke normal yang baru artinya kita kembali ke kehidupan kita semula namun tetap melaksanakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Semisal kita tetap jaga jarak, dan rajin mencuci tangan.
      2. •Menyiapkan masker
      •Hand Sanitizer
      •Tidak lupa meminum multivitamin
      3. Lumayan karena jika di sekolah kita bertemu banyak orang dan bisa juga mengabaikan anjuran pemerintah untuk jaga jarak karena terlalu excited bertemu dengan teman-teman
      4. Selama belajar di rumah orang tua sering menemani dan sering membantu

      0
    26. Nama:Irma Nur Aizah
      Kelas:8E
      No:3

      1.new normal adalah hidup seperti biasanya ditengah wabah tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan
      Contoh: menggunakan masker ketika keluar rumah
      2.-kesehatan tubuh
      -buku dan lainnya

      3.tidak, karena saya dapat bertemu teman teman dan saya kangen dengan guru guru dan makanan di kantin

      4.baik, mereka sangat mendukung saya dengan memberikan hospot

      1+
    27. Nama:Kheysa Agus Aurelyanda
      Kelas:VIII E
      Absen:13
      1.New normal,sudah kembali normal masih harus mengikuti peraturan protokol pemerintah yaitu dengan,cuci tangan,memakai masker,jaga jarak 2m
      2.Memakai masker,cuci tangan dengan handsanitizer
      3.Ya,khawatir kalau kita mentaati peraturan mudah²an tidak adanya penyebaran virus covid-19
      4.Selalu mengingatkan anak tugas² yang diberikan sekolah melalui online

      1+
    28. Mochammad Alvian Aziz 8E/23
      New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
      2. 1) Pakai masker dan menyiapkan
      cadangannya.

      2) Hand sanitizer.
      3) Suplemen atau multivitamin untuk
      menambah stamina.
      3. C
      Sangat khawatir , karena jika di sekolah bertemu dengan banyak orang, dan bisa mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).
      4. Selama Study From Home, orangtua selalu menemani belajar dan merasa lebih dekat dengan orangtua jauh sebelum pandemi ini dan lebih banyak beribadah seperti mengaji

      0
    29. 1.New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal,dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah,jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing). 2. 1) pakai masker dan menyiapkan cadangannya.
      2) tissu basah dan kering.
      3)hand sanitizer
      4)suplemen atau multivitamin untuk menambah stamina
      5)selalu menjaga jarak fisik
      3.cukup khawatir, karena jika disekolah bertemu dengan banyak orang,dan bisa mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing)
      4.selama studi from home , orang tua selalu menemani belajar dan meresa lebih dekat dengan orang tua jauh sebelum pandemi ini

      0
    30. Nama : Satria Bagus Wicaksono
      Kelas :7K
      No.Absen :11

      1.New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi.
      2.Memakai masker ke sekolah dan rajin cuci tangan.
      3.Tentu saja tidak,karena Tuhan menciptakan imun untuk menangkal virus,asal jangan stress dan tetap chill.
      4.Aktif,selalu mengingkatkan saya terhadap tugas.

      0
    31. Nama : Kamelia riskia putri
      Kelas : 8E / 12
      1.new normal adalah kehidupan normal manusia dengan penyesuaian baru
      Contoh : sekolah semakin banyak menggunakan fasilitas internet ( pengajaran jarak jauh )
      2.menguasai lebih dalam berbasis internet
      3.cukup khawatir karena virus Corona belum menghilang dalam kehidupan kita
      4.membantu dan mengawasi belajar online dalam rumah

      0
    32. Nama : fattah muzakki Bachtiar
      Kelas : VIII-A
      No. : 27

      1. skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi.
      contoh : diam dirumah, sering cuci tangan
      2. Mengerjakan tugas daring, belajar sendiri dirumah
      3. Kuatir karena virus dapat menyebar ke kita
      4. Menemani saya pada pembelajaran daring

      0
    33. Nama : Alvin Hidayat Ramadhani
      Kelas : VIII-B
      No Absen : 21

      1. New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).

      2. Selalu memakai masker dan selalu mengikuti himbauan pemerintah , memakai Hand sanitizer,

      3. Sebenarnya itu tergantung pada kesadaran diri sendiri, jika kita menaati aturan protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah dan istiqomah insyaallah kita tidak akan terjangkit dan jika ditanya atau tidak jawabnya iya karna menurut saya masih banyak warga yang tidak menaati aturan protokol kesehatan dari pemerintah

      4. Peran orang tua dalam hal ini sangat penting karena orang tua harus mendampingi kita saat sedang belajar/mengerjakan tugas daring

      0
    34. Ainy Dzulfiyah Putri /8A/09

      1.kondisi Normal yang baru,pola kehidupan yang baru dan masyarakat harus melakukan protokol-protokol kesehatan.
      2.keaehatan yang stabil ,masker ,selalu menjaga jarak dengan orang lain,dan selalu rajin mencuci tangan dimanapun kita berada.
      3.tidak ,jika masyarakat mau menerapkan penerapan new normal dengan lancar.
      4.menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah,membantu dan menemani belajar.

      0
    35. 1. New normal merupakan kebiasaan baru yang dilakukan dimasa pandemi covid19 sekarang ini. Contohnya : memakai masker saat keluar rumah, sosial distancing atau menjaga jarak antar sesama minimal 1 meter.
      2. Mempersiapkan kebiasaan yang bersih seperti mencuci tangan saat akan atau sesudah melakukan sesuatu.
      3. Jika saat seperti ini saya khawatir karena masih banyak yang terkena covid 19 jadi jika kita masuk sekolah kemungkinan banyak yang akan terkena covid19 juga.
      4. Peran orang tua hanya memberikan semangat belajar karena orang tua saya kurang mengerti tentang internet dan pelajaran yang diajarkan jadi mereka hanya memberikan dukungan untuk saya

      0
    36. Nama:Maulidatus solicha
      Kelas:7G
      No absen:15
      1.New Normal adalah cara hidup normal yang baru yang dilakukan ditengah pandemi covid 19 ini dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker jika keluar rumah atau sedang beraktivitas, jaga jarak.
      2.Membawa masker dan antiseptik, membawa tempat makan dan minum sendiri,Dan selalu menjaga kebersihan.
      3.Khawatir karena virus corona ini menyebar dimana-mana,tetapi kalau kita berdoa dan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah insyaallah akan terhindar dari hal-hal yang aneh-aneh.
      4. Selalu menemani saat mengerjakan tugas daring.

      0
    37. NAMA: HESSEL DWI ARTA ANUGRAH
      KELAS: 7E
      NO. ABSEN: 22
      1. New normal adalah kehidupan yang baru/kegiatan yang baru, contoh nya rajin mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, memakai masker bila berpergian
      2. Tetap menjaga kebersihan, tetap menjaga kesehatan
      3. Ya khawatir karna kita tidak tau virus itu kapan datang nya karna virus itu tidak terlihat tetapi harus tetap waspada
      4. Mendampingi, mengingatkan untuk belajar

      0
    38. Nama : Alicia Naftali Christin Atmojo
      Kelas : VII E / No absen : 02
      1.new normal adalah kita dapat melakukan kegiatan dan kebiasaan sehari hari dengan tetap menjalankan protokol dari pemerintah yaitu sering mencuci tangan, menggunakan masker,dan menjaga jarak atau social distancing

      2.new normal dalam bidang pendidikan
      yaitu mengerjakan setiap tugas yg diberikan dengan menggunakan sistem daring yg dikerjakan dirumah masing murid

      3.tidak,walaupun masyarakat di indonesia banyak yg terjangkit covid 19 terutama surabaya yg masuk zona hitam.selama kita menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer serta masker dan banyakmenkonsumsi makanan yg bergizi serta menjaga jarak minimal 1 meter.dapat menghindarkan kita dari covid 19

      4.peran orang tua selama ini sejak wabah covid19 yaitu mendampingi anaknya dalam mengerjakan daring atau tugas dari sekolah,menyediakan gadget dan paket internet yg diperlukan

      0
    39. 1.new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal,tetapi tetap mengikuti anjuran pemerintah seperti: memakai masker,sering mencuci tangan,dll.
      2.menggunakan masker,jaga jarak,sering mencuci tangan,membawa hand sanitizer.
      3.cukup khawatir,karena bisa aja kita lupa dengan anjuran pemerintah terkait jaga jarak.
      4.selalu membantu,mengingatkan,dan mendukung.

      1+
    40. 1. Kebiasaan sebelum adanya covid tetapi harus mematuhi aturan pemerintah
      2.menggunakan masker dan mencuci tangan
      3.masih takutnya penyebaran covid-19 bertambah
      4.ya baik tetapi jangan terlalubanyak kasihan muridnya

      0
    41. Nama:Jesen Schulz Devance Toli
      Kelas/No.Absen: 7-E/33
      1.kegiatan yang dilakukan sama seperti sebelum pandemi covid-19 ini dan mengikuti protokol kesehatan
      2. Untuk tetap memakain masker, menjaga jarak dengan sesama, mengurangi dengan bersentuhan dan tetap mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
      3. Khawatir karena virus itu tak terlihat dan dengan mudah bisa tertular seperti terkena percikan bersin atau batuk dan berjabat tangan atau berkontak langsung dengan orang tanpa menjaga jarak
      4. Tetap menemani,membantu untuk dapat lebih mudah untuk mengerjakan soal dan seperti menjadi guru di rumah

      0
    42. -Nama:Alifatul Alya Ramadhani
      -Kls:8B
      -No.Absen:17

      1)Kegiatan normal yang dilakukan seperti biasa tetapi dengan menerapkan peraturan yang dianjurkan oleh pemerintah dan protokol kesehatan.Seperti:Mencuci tangan dengan bersih,menggunakan masker bila keluar rumah,jaga jarak,Stay At Home,makan makanan yang sehat dan bergizi,rajin berolahraga,berjemur di pagi hari,dan berdoa.
      2)Belajar dirumah,mengerjakan soal daring yang sudah diberikan.
      3)Sangat khawatir,karena jika disekolah bertemu dengan banyak orang dan tidak bisa menerapkan jaga jarak.
      4)Selama Study From Home/pembelajaran daring orang tua saya selalu menemani,mengawasi,dan membantu disaat saya sedang kesulitan mengerjakan.

      0
    43. Nama: Asshya Pujha Pryhasstya
      Kelas: 7 E
      No absen: 06

      1. kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.
      2 . Menjaga jarak, memakai masker, membawa cadangan masker dan hand sanitizer.
      3. Cukup khawatir. Karena disekolah terdapat banyak siswa-siswi. Bisa jadi salah satu dari kita membawa virus dari manapun. Bisa juga membuat kita lupa akan protokol protokol dari pemerintah atau dinas kesehatan
      4. Mendukung. Karena dengan belajar dirumah, orang tua bisa lebih memperhatikan kinerja belajar anak. Bisa juga membantu bila ada kesusahan didalam materi suatu pembelajaran

      0
    44. Nama :chelsea olivia s
      Kelas:7c/9
      1.new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
      2.mengunakan masker dn jga jarak
      3.tidakk seberapa khwatir, yg pntng kita mlksnkan protokol” kshatan
      4.biasa saja krna mereka sibuk bekerja

      0
    45. Nama:Muhammad Rizqi Syawaludin/32
      Kelas: 7C
      1. Menurut saya New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi.

      2. Yang saya Persiapkan Untuk Menghadapi New Normal Dalam Bisang Pendidikan Adalah
      -Tetap Belajar Dengan Giat
      -Rajin Mencuci Tangan Dan selalu Membaca Buku
      -Tetap Jaga Kesehatan
      -Selalu Memakai Masker saat Keluar Rumah

      3. Tidak Perlu Khawatir, Tetapi Tetap Wapada saja Dan juga Tidak Lupa Menerapkan Protokol Kesehatan.

      4. Selalu Menemani Dalam pembelajaran Daring Di rumah, Membuat kita Menjadi lebih dekat.

      0
    46. Nama: Rafi Nur Putra Prathama
      Kelas/No.Absen: 7C/35
      Jawaban saya adalah:
      Jawabanku:
      1. The New Normal, atau kondisi Normal yang baru, yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan contoh memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.
      2.Beraktivitas biasa dengan menggunakan sistem protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dll.
      3.khawatir karena protokol kesehatan banyak yang menyepelekan kalau penyakit covid 19 akan cepat berakhir.
      4.sangat merespon dan mendidik lebih dalam mengajari anak anak yang dalam kesulitan dalam belajar.

      TERIMAKASIH.

      0
    47. Nama:Dayinta Ardisa Irma Dzakiyyah/7C/18
      1.new normal adalah dimana masayarakat melakukan kegiatan kegiatan dan pola hidup yang baru.
      Contohnya semua orang wajib memakai masker jika keluar rumah,rajin mencuci tangan dan tentu nya sesuai dengan protokol kesehatan
      2.saya akan mematuhi protokol kesehatan ,seperti memakai masker jika keluar rumah dan tetap jaga jarak.
      3.tentunya saya khawatir karena bisa saja orang yang terlihat sehat ternyata ada virusnya
      4.selalu mendampingi saya ketika mengerjakan daring

      0
    48. NAMA:DAUD PUTRA ASHWINTARA
      KELAS/NO ABSEN:7C/16

      JAWABANKU:
      1.New Normal, atau kondisi Normal yang baru, yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan contoh memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.
      2.BERAKTIVITAS Seperti Bisa Dengan menggunakan Protokol Kesehatan Seperti Memakai Masker,Cuci Tangan,Jaga Jarak Dll
      3.Ya Khawatir Karena virus coroniiii Sangat Berbahaya
      4.Sangatt merespon dan selalu Mendampingi Dan Mengajari Setiap Harinya.

      0
    49. 1 kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan jaga jarak dan sebagainya
      2 menggunakan masker jaga jarak
      3 ya kuatir karna virus itu tdk terlihat, dan saya khawatir dengan keluarga saya karna umur kakek saya sudah tua.
      4 hiperaktip membantu anak menjadi guru di rumah

      0
    50. 1)kegiatan yang dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
      2)menyiapkan peralatan belajar seperti biasa
      3)hanya khawatir saat pengantaran ke sekolah karena ortu tidak bisa mengantar dikarenakan kerja, jadinya harus menggunakan transportasi online dan ditakutkan adalah drivernya positif covid
      4)sama seperti dulu semua tetap sibuk bekerja dan belajar sendiri di quiziz.com

      0
    51. 1. kondisi normal yang baru,yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari
      2.hand phone, internet,dll
      3.saya sangat berharap masuk sekolah lagi karena saya sudah tidak tahan dengan tugas yang diberikan oleh guru yang tidak pasti kapan diberikan dan berapa jumlah tugas yang pasti per harinya
      4. membimbing dan membantu mengerjakan tugas yang sulit dan menjelaskan materi yang dibahas

      0
    52. Nama: Nurfirmansyah Aidil putra
      Kls:7B
      No absen:35

      Jawaban:
      1.new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
      Contoh:menggunakan masker,cuci tangan dan lain²

      2.Masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti bekerja dan bersekolah, namun dengan tetap mematuhi sejumlah protokol kesehatan seperti memakai masker dan membatasi jarak fisik.

      3.Ya,karena bisa menyebabkan penularan wabah covid 19

      4.hiperaktip membantu anak menjadi guru di rumah

      0
    53. 1. New normal adalah kegiatan yang di lakukan seperti biasa sebelum terjadinya covid-19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. contoh :memakai masker bila keluar rumah dan selalu cuci tangan memakai sabun.
      2. Memakai masker, selalu cuci tangan dengan sabun, jaga jarak.
      3. Ya, khawatir, karna covid-19 adalah suatu penyakit yang menular karna virus corona yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
      4. Selalu mendampingi dan menyediakan kebutuhan saat pembelajaran online dirumah.

      1+
    54. Nama : Andhika Rizky Ramadhan
      Kls/Absen : 7B/08
      1. New normal adalah kegiatan yang di lakukan seperti biasa sebelum terjadinya covid-19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. contoh :memakai masker bila keluar rumah dan selalu cuci tangan memakai sabun.
      2. Memakai masker, selalu cuci tangan dengan sabun, jaga jarak.
      3. Ya, khawatir, karna covid-19 adalah suatu penyakit yang menular karna virus corona yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
      4. Selalu mendampingi dan menyediakan kebutuhan saat pembelajaran online dirumah.

      0
    55. •NAMA: ARSELLA PUTRI NOVIARDHANI
      •KELAS: 7B
      •NO.ABSEN: 15

      1.)The New Normal, atau kondisi Normal yang baru, adalah kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan.
      Contohnya: memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak(physical distancing).
      2.)Memakai masker, memakai handsanitizer, menjaga jarak.
      3.)Cukup khawatir,karena mungkin kita bisa saja lupa untuk menjaga jarak dari kerumunan/orang”,lupa memakai handsanitizer,atau mungkin juga melepas masker.
      4.)Mengawasi,membantu,dan menyediakan segala kebutuhan untuk sekolah online/school from home.

      0
    56. Nama: Atika Shafira nurdiana
      Kelas:7B
      No absen: 18

      1. menerapkan pola hidup yang baru dan tatanan baru dalam aktivitas sehari-hari dengan melakukan protokol kesehatan
      2. Melakukan kegiatan dengan hari” biasa namun masih terbatas tetapi tetap menerapkan sistem protokol kesehatan
      3. Khawatir, karena imun ditubuh kita tidak menentu dan sistem kesehatan blm menjamin kita aman dari covid-19
      4. Sangat penting karna orang tua yang memberi semangat untuk kita belajar

      0
    57. ASILLAH ZALFANUR SYIFA
      KELAS:7B
      NOMER ABSEN:17
      1.Keadaan kota kembali normal lagi,contohnya masjid bisa digunakan untuk sholat lagi
      2.Bersiap-siap lagi untuk masuk sekolah
      3.Sedikit khawatir karena virus corona hilang secara sempurna
      4.Selalu mendapingi saat saya mengerjakan tugas dari sekolah

      0
    58. 1 kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
      2 menggunakan masker jaga jarak
      3 ya kuatir karna vkrus itu tdk terlihat
      4 hiperaktip membantu ank menjadi guru di rumah

      0
    59. 1. new normal adalah kegiatan yang di lakukan di luar rumah seperti biasa,tetapi harus tetap mengikuti anjuran dari pemerintah contohnya menggunakan masker,jaga jarak dll
      2.membawa masker ketika berangkat sekolah, menyiapkan handsanitizer dan menjaga jarak
      3.iya,karena Surabaya sudah termasuk zona merah dan virus pun tidak bisa di lihat dengan Indra mata
      4.menggantikan peran guru di rumah,orang tua mendampingi anaknya saat melakukan daring di rumah

      0
    60. Nama : Amelia Putri K
      Kelas/No.Absen : 7A/26

      1. New Normal atau normal baru adalah suatu waktu dimana kemungkinan besar kalian bersedia bermain dengan aturan baru untuk jangka panjang.
      2. Beraktivitas seperti biasanya tetapi dengan memakai masker, hand sanitizer, dll.
      3. Khawatir, bila orang-orang di sekitar tidak melakukan sistem seperti social distancing dan virus itu tidak terlihat.
      4. Menemani belajar dan membantu saya saat sedang berfoto untuk tugas, dll.

      0
    61. Nama: ALYA RACHMAWATI
      Kelas/no.absen:7A/23

      1. New normal adalah keadaan dimana kita melakukan aktivitas seperti biasanya tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.
      contoh:seperti memakai masker saat keluar rumah
      2.Menggunakan masker,menjaga jarak ketika bertemu seseorang,membawa hand sanitizer,dll.
      3.Khawatir karena virus ini dapat menyerang segala usia dan tidak terlihat
      4.Mengawasi saat belajar dirumah dan berperan sebagai pengganti guru dirumah

      1+
    62. 1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
      2. Menggunakan facesield dan masker, membawa handsanitaser.
      3. Khawatir, karena tingkat penularan di Surabaya masih terjadi dan vaksin atau obat penangkal virus corona belum ditemukan.
      4. Sangat mendukung, membibing, dan mendampingi dalam proses belajar dirumah.

      1+
    63. NAMA : ADINDA PUTRI D. R
      KELAS/ NO : VII – A / 09
      1. New Normal, atau kondisi Normal yang baru, yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.
      2. Menggunakan masker, selalu jaga jarak fisik, dll.
      3. Iya cukup khawatir, karena virus tak terlihat lagi pula kita harus jaga jarak dan hindari keramain.
      4. Peran orangtua terhadap pembelajaran ini sangatlah manfaat karena dengan adanya orangtua kita tidak kesulitan jika tidak paham materi pembelajaran, orangtua berperan selayaknya guru dirumah.

      0
    64. NAMA : ADINDA PUTRI D. R
      KELAS/ NO : VII – A / 09
      1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19, Contohnya memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.
      2. Menggunakan masker, jaga jarak fisik, dll.
      3. Iya cukup khawatir, karena virus tak terlihat lagi pula kita harus jaga jarak dan hindari keramain.
      4. Peran orangtua terhadap pembelajaran ini sangatlah manfaat karena dengan adanya orangtua kita tidak kesulitan jika tidak paham materi pembelajaran, orangtua berperan selayaknya guru dirumah.

      1+
    65. Hanisya ajeng maulid /7A/32
      1.peraturan baru dari pemerintah tetapi tetap harus memenuhi protokol² kesehatan
      CONTOH: jika keluar rumah harus memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak
      2.dengan menggunakan masker,menjaga jarak,sering cuci tangan
      3.ya khawatir,karena virus covid-19 dapat menyerang siapa saja.
      4.peran ortu dlam bljr saya hnya sekedar mendukung

      0
    66. Nama: Jasmine May
      No. Absen: 34
      Kelas: 7A

      1). New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Contohnya memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum makan.
      2). – Memakai masker ke sekolah
      – Membawa Handsanitizer
      – Menjaga jarak
      3). Khawatir, karena virus ini bisa menyebar dengan cepat dan tidak terlihat.
      4). Selalu mengawasi dan membantu apabila ada yang kesulitan.

      1+
    67. Nama:Mahesa Putera Sampurno
      No absen:39
      Kelas:7A
      1.New normal adalah tatanan hidup baru.Dimana masyarakat diharuskan untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti mencuci tangan,menggunakan masker,melakukan physical distancing.
      2.Melakukan kegiatan seperti biasa dengan memperhatikan protokol kesehatan.
      3.Tidak,karena saya sudah mengikuti protokol kesehatan
      4.peran orangtua pada saat bekajar dirumah sangatlah penting.
      Karena jika kita tidak paham kita bisa bertanya ke orang tua

      0
  2. Nama : Jessica Farah Al-mirazeida
    Kelas : 8C / 39
    1. Aktivitas normal tetapi tetap menjalankan protokol tentang covid 19
    contoh : keluar rumah menggunakan masker
    2. Kalau sekolah membawa bekal sendiri
    Memakai masker dan membawa sabun cuci
    tangan
    3. Tidak kawatir, Yang penting saat bersekolah protokoler kesehatan tetap di nomer satukan
    4. Menyediakan fasilitas untuk belajar

    1+
  3. nama: yuanda afriezka
    kelas: 8c
    absen: 42

    1. menurut saya new normal adalah aktifitas yang dilakukan sehari-hari sebelum adanya virus covid-19, tapi tetap mengikuti protokol pencegahan virus covid-19
    2. membawa alat makan sendiri, memakai masker, social distancing, dan tidak bersalaman sementara
    3. khawatir, karna kemungkinan besar virus dapat menyebar cepat saat bidang pendidikan dibuka
    4. menyediakan akses untuk belajar

    0
  4. Nama:Dea Zulfa Yusrika
    Kelas:8C
    No.Absen:27
    1.Menurut pribadi saya sendiri the new normal adalah aktifitas yang kita jalani seperti biasa tapi sedikit berubah karena adanya virus covid-19 ini,tetapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan,contohnya keluar rumah harus memakai masker
    2.Mempersiapkan mental agar tidak takut menghadapi covid-19 ini,dan juga boleh
    takut tetapi harus tetap waspada,selalu menyediakan hand sanitizer saat keluar rumah,dan jangan lupa memakai masker
    3.Khawatir,karena saat waktu istirahat saat kita di kantin akan bergerombol,memang pertama jika dilarang akan dilaksanakan,tapi jika sudah beberapa hari akan dilanggar lagi,tapi pasti semua siswa tetap ingin sekolah karena merindukan teman² mereka
    4.Peran orang tua sangat penting disaat seperti ini,karena orang tua harus mengawasi anak untuk tidak keluar rumah sembarangan,mengawasi anak agar mengerjakan tugas sekolah,dan juga orang tua sebagai pengganti guru di sekolah,tapi bukan berarti hanya pada saat keadaan seperti ini saja,tetapi harus setiap saat mengawasi anaknya

    0
  5. Nama: Audy Fientjaya R
    Kelas: 8C
    No: 10
    1.Kehidupan masyarakat yang baru dalam menjalani aktivitas normal dengan melaksanakan protokol yang diberikan pemerintah.Contoh: memakai masker dan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas diluar rumah
    2.Memakai masker, membawa bekal, rajin cuci tangan, dan melaksanakan social distancing
    3.Tidak terlalu khawatir, apabila tetap menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan melakukan sosial distancing
    4.Menyediakan sarana untuk belajar dirumah (wifi), selalu mengingatkan apabila ada tugas, dan tetap mengawasi

    0
  6. 1. New normal adalah aktivitas atau kehidupan yang dilakukan sehari hari tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan covid 19. Contohnya: menggunakan masker jika hendak keluar dan sebagainya.
    2. Memakai masker, membawa alat makan sendiri, tidak bersalaman.
    3. Tidak, karena di setiap sekolah pasti menjalankan protokol kesehatan/new normal secara baik.
    4. Sangat membantu, menemani, mengajari mata pelajaran yang belum paham.

    1+
  7. Nama: Dewi Arum Sari
    Kelas: 8C
    Absen:29

    1. Menurut saya new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktifitas normal tetapi dengan menerapkan protokol guna mencegah covid-19
    Contohnya: gunakan masker saat keluar atau mencuci tangan setiap hari.
    2. Berjaga jarak, menggunakan masker, tidak bersalaman sementara dengan teman
    3. Tidak, jika penerapan protokol dilakukan dengan tertib
    4. Menemani dan mengawasi saat waktu pembelajaran serta orang tua bisa membantu atau berbagi jika mereka mengalami kesulitan.

    0
    1. 1.New Normal adalah kondisi d mna masyarakat hrs menjalani pola hidup atau tatanan yg baru dlm aktivitas normal sehari-hari dgn melaksanakan protokol kesehatan.contohnya: a.memakai masker,b.rajin mencuci tangan,c.menjaga jarak dan d.physical distancing.2.Masuk sekolah dengan seperti biasa dgn menjalankn protokol kesehatan.3.Sangat khawatir sebab virus itu tidak terlihat dan takutnya ada teman” yg tdk menjalankn protokol kesehatan.4.Peran ortu sangat mendukung saya dlm pembelajaran daring /online,ortu jg bisa lbh dekat utk mengawasi kegiatan pembelajaran d rmh dan ortu jg sebagai pengganti guru d sekolah.

      0
  8. Nama : Ayatul Febriyanzah
    Kls/no absen : 8C/12
    1.New normal adalah kegitan seperti aktivitas biasa tetapi harus mementingkan protokol kesehatan yg ketat guna mencegah virus corona seperti jaga jarak 1 meter,menggunkan masker jika berpergian dll.
    2.Tidak usah khawatir kita semua harus mengikuti aturan pemerintah,seperti menggunakan masker,jaga jarak,sekolah menyediakan protokol kesehatan yg ketat.
    3.Tidak,karenaharus mementikan protokol kesehatan warga sekolah guna tidak terjadi hal yg tidak diinginkan,semua warga sekolah harus patuh dan tidak boleh meremehkan virus ini.
    4.Menyediakan semua kebutuhan yg kita butuhkan,mengawasi,menemani.

    0
  9. Nama: Ariel Dewangga Putra
    Kelas: 8C
    Absen: 6

    1. Menurut saya new normal adalah kegiatan yang dilakukan kembali seperti semula, contoh sekolah kembali dibuka, toko kembali dibuka, kantor kembali dibuka, dan lainnya, tetapi dengan peraturan kesehatan yang ketat.
    2. Belajar, Menggunakan masker bila keluar rumah , membawa bekal sendiri.
    3. Tidak terlalu khawatir, jika semua orang patuh peraturan kesehatan nya.
    4. Menemani, mengawasi, dan membantu jika kita kesusahan.

    0
  10. Nama:Salwa Naim A.
    Absen:34
    Kelas:7i
    1.menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.

    2.Pembelajaran online dgn menyiapkan paket data/kouta

    3.tidak,jika kita tetap mengikuti aturan aturan yg diberikan

    4.membantu jika ada yg kesulitan,dan selalau menemani saya dalam belajar

    1+
  11. 1. Kegiatan dilakukan seperti biasa yang belum ada munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun
    2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan
    3. Ya kami khawatir karena, virus ini dapat menyerang siapa pun dan virus ini tidak kelihatan
    4. Orang tua mendukung saya dalam pembelajaran dirumah dan orang tua menjadi peran pengganti guru di rumah

    1+
  12. Nama:Elyta esy Wijaya
    Kelas:7D
    No absen:13
    1. kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
    2.mengikuti aturan dari pemerintah seperti bercucu tangan,menggunakan masker dari rumah,berjaga jarak dengan orang lain,sering bercuci tangan, dan sementara waktu tidak berjabat tangan dengan orang lain.
    3.tidk jika semua orang mematuhi peraturan pemerintah
    4. Menjadi guru selama kita belajar dirumah dan selalu mendampingi putra putrinya saat belajar agar dapat membantu kita saat kesusahan .

    0
  13. 1. New normal yaitu, kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yahg baru dalam aktivitas normal sehari hari, contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing.
    2. Menggunakan masker dan jaga jarak
    3. Cukup khawatir karena di sekolah bertemu banyak orang dan bisa mengabaikan protokol kesehatan
    4. Orang tua selalu menemani belajar dan kita merasa dekat lagi dengan keluarga kita.

    0
  14. Nama:Dimas Aditya Irwansyah
    Kelas/Abs: 7D/5
    1.kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.
    Seperti: mencuci tangan dgn sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, olahraga, makan”an bergizi, berdoa.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca-membaca.
    3.tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar.
    4.mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah.

    1+
  15. Nama :Ezinia Dini Ayu M.
    Kelas :7D
    No.Absen:16

    1.Kondisi Normal yang baru, yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari,contoh:memakai masker,dan rajin mencuci tangan.
    2.Memakai masker,sebelum berangkat mencuci tangan terlebih dahulu,mengambil wudhu,membawah bekal,dan membawah handsanitizer.
    3.Tidak terlalu khawatir,karena tidak ada virus kalau kita sering menjaga kesehatan.
    4.Orangtua selalu mendukung saya,setiap pembelajaran selalu orangtua saya awasin,dan selalu support kita agar selalu semangat meskipun tidak belajar disekolah bersama teman-teman dan guru.

    2+
  16. Nama : dini selsa
    Kelas : 7D
    Absen : 6
    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    Contoh : memakai masker, rajinencuci tangan, physical distancing
    2. Memakai masker, membawa handsanitizer, membawa alat makan sendiri
    3. Tidak khawatir, tapi tetap menjaga jarak
    4. Peran orang tua: selalu mengingatkan untuk mengerjakan tugas tepat waktu

    1+
  17. Nama:Faradina Amalia Citra
    Kelas:7D
    No.absen:21

    1.Kegiatan dilakukan seperti sebelum munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah seperti memakai masker jika bepergian, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan sebagainya
    2.menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, rajin mencuci tangan, hindari keramaian
    3.tidak terlalu khawatir jika kita sudah menerapkan anjuran pemerintah dan menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh secara benar
    4.selalu mengawasi setiap pembelajaran,
    dan mengingatkan tugas tugas yang belum/sudah dikerjakan

    1+
    1. 1. New normal adalah aktivitas atau kehidupan yang dilakukan sehari hari tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan covid 19. Contohnya: menggunakan masker jika hendak keluar dan sebagainya.
      2. Memakai masker, membawa alat makan sendiri, tidak bersalaman.
      3. Tidak, karena di setiap sekolah pasti menjalankan protokol kesehatan/new normal secara baik.
      4. Sangat membantu, menemani, mengajari mata pelajaran yang belum paham.

      1+
  18. Nama: Nabilah Mu’alifah
    Kelas: 7H/25

    1. Kehidupan kembali normal tetapi tetap menjalankan protokol yang diberi pemerintah. Contohnya: mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak dsb.
    2. Tetap menjalankan protokol yang dianjurkan pemerintah seperti jaga jarakk, memakai masker, cuci tangan dsb.
    3. Tidak khawatir selama kita mengikuti anjuran dari pemerintah
    4. Sangat membantu jika ada persoalan yang sulit, selalu mengingatkan apabila ada tugas-tugas yang baru, dan mendukung menyediakan sarana untuk belajar

    2+
  19. Nama: Nabilah Mu’alifah
    Kelas: 7H/25

    1. Kehidupan kembali normal tetapi tetap menjalankan protokol yang diberi pemerintah. Contohnya: mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak dsb.
    2. Tetap menjalankan protokol yang dianjurkan pemerintah seperti jaga jarakk, memakai masker, cuci tangan dsb.
    3. Tidak khawatir selama kita mengikuti anjuran dari pemerintah
    4. Sangat membantu jika ada persoalan yang sulit, selalu mengingatkan apabila ada tugas-tugas yang baru, dan mendukung menyediakan sarana untuk belajar seperti internet/kuota

    2+
  20. Nama: Nabilah Mu’alifah
    Kelas: 7H/25

    1. Kehidupan kembali normal tetapi tetap menjalankan protokol yang diberi pemerintah. Contohnya: mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak, dan jahui tempat berkerumun
    2. Tetap menjalankan protokol yang dianjurkan pemerintah seperti jaga jarakk, memakai masker, cuci tangan dsb.
    3. Tidak khawatir selama kita mengikuti anjuran dari pemerintah
    4. Sangat membantu jika ada persoalan yang sulit, selalu mengingatkan apabila ada tugas-tugas yang baru, dan mendukung menyediakan sarana untuk belajar seperti internet/kuota

    2+
  21. nama: Feby
    kls/no: 7D/26
    1. kegiatan baru yg dia jurkan olh pemerintah seperti: memakai masker, berjaga jarak, dan lain sebagainya
    2. dengan cara belajar di rumah dengan metode daring dan membaca ulang materi² yg telah di sampaikan.
    3. tidak terlalu karna jika kita melaksanakan anjuran pemerintah dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dan badan.
    4. selalu mengingatkan tugas² yg belum di kerjakan dan selalu mengawasi dan membatu saat mengerjakan tugas² sekolah

    0
  22. Nama: Nindy Tasha Margareta
    Kelas: 8F
    No.absen: 35

    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan covid-19.
    Contoh: Menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain
    2. Melatih diri untuk menjaga jarak aman dengan orang yang ada disekitar kita
    3. Tidak,jika semua orang mematuhi aturan pemerintah
    4. Sangat terpantau

    1+
  23. Nama : Nabila Ramadhani
    Kelas : 8F
    No.absen : 21
    1).New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    Contoh : Menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain.
    2).Melatih diri untuk menjaga jarak sosial dan mengurangi kontak fisik dengan orang sekitar kita.
    3).Iya,karena jumlah peningkatan kasus positif Covid-19 pada saat ini masih cenderung meningkat jumlah positifnya.Dikhawatirkan jika sekolah dibuka,penyebaran virus corona ini akan semakin luas penyebarannya.
    4).Orang tua setuju dengan adanya sistem belajar secara daring/belajar dari rumah,supaya penyebaran virus corona ini tidak menyebar semakin luas.Terkadang juga,orang tua dapat membantu menjelaskan materi yang menurut kita kurang dipahami.

    1+
  24. Nama:Tisya Novalita
    Kelas:7D
    No absen:39

    1.New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    Contohnya: Memakai masker bila bepergian, sering-sering mencuci tangan, jaga jarak, tidak berkumpul dalam jumlah yang banyak, menyemprotkan cairan densifektan pada tempat dan ruang yang tersentuh tangan.
    2. Jaga jarak, tidak bersalaman dengan teman, hindari kerumunan, memakai masker dan sering-sering mencuci tangan.
    3. Iya ada kekhawatiran karena kemungkinan virus akan menular dengan cepat jika kita tidak menjaga jarak.
    4.Menemani, mengawasi, dan memantau tugas-tugas apa saja yang diberikan oleh guru.

    1+
  25. Kls:7D
    No.absen:09
    1.New normal adalah tatanan/kebiasan baru,yang belum pernah di lakukan oleh makhluk hidup.
    Contoh:Wajib memakai masker apabila keluar rumah,harus menjaga jarak dengan orang yang di sekitar kita,menghindari tempat kerumunan/keramaian.
    2.Mencuci tangan dengan air yang mengalir & sabun
    3.Tidak terlalu khawatir,apabila new normal berjalan dengan lancar.
    4.Selalu mengingatkan tugas” daring & mendampingi untuk mengerjakan tugas

    0
  26. Nama: Elsy Cornelia
    Kelas:7D
    No absen: 12
    1. New normal adalah tatanan yg baru dlm aktivitas normal sehari” dgn melaksanakan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan covid 19.
    Contoh’ny: -memakai masker jika hendak bepergian, atau beraktivitas di luar rumah
    -mencuci tangn dgn air yg mengalir tk lupa dgn sbun
    -menggunakan hand sanitizer dan menghindari kerumunan dll.
    2.menggunakan masker jika hendk keluar rumah, mencuci tgn dgn air yg mengalir &sbun/berwudhu, hindari kerumunan, serta jga jarkk
    3. cukup khawatir karena jika tdk melakukan new normal virus pun akan menular dgn cepat tetapi jika new normal berjln dgn baik insyaallah akn berjln baik
    4.menemani dan memantau serta mengingatkan adnya tugas” dring .

    0
  27. NAMA=FANDY
    KELAS=7D
    ABSEN=20
    1 kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah
    Contoh= rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker
    2 selalu menjaga jarak dan mengihindari kerumunan
    3 tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar
    4 orang tua slalu mengawasi , menemani, dan mengigatkan kita akan tugas daring

    0
  28. 1. New normal adalah normal baru bagi masyarakat untuk kembali beraktivitas dengan mengikuti aturan terutama sesuai dengan protokol kesehatan seperti jaga jarak, selalu memakai masker, rajin cuci tangan
    2. Tetap menaati dan menjalankan protokol kesehatan yang sudah kita jalankan, menjaga kesehatan fisik dan mental untuk bisa beradaptasi dengan aturan yang baru
    3. Tidak karena sekolah sudah menjamin fasilitas kesehatan
    4. Sangat berperan penting karena selama anak belajar dari rumah orang tua bisa memantau dan mendampingi kegiatan belajar

    0
  29. Nama:Marshya Olivia Dofianti
    Kelas:7G
    No. Absen:11
    1.New normal merupakan kembalinya kegiatan seperti bersekolah,bekerja,dan aktivitas lainnya tetapi tetap mematuhi peraturan covid-19 seperti memakai masker,menjaga jarak,dan selalu mencuci tangan.
    2.Tetap memakai masker terutama di daerah kerumunan,selalu mencuci tangan serta menjaga jarak dengan teman.
    3.Cukup khawatir karena kita akan berada dikerumunan, tetapi jika kita mematuhi peraturan seperti memakai masker,mencuci tangan,dan menjaga jarak dengan teman maka kita akan aman dari virus covid-19.

    1+
  30. 1. Menurutmu, apa yang dimaksud new normal? Berikan contohnya.
    ^_^New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
    2. 1) Pakai masker dan menyiapkan
    cadangannya.
    2) Tissu basah dan kering.
    3) Hand sanitizer.
    4) Suplemen atau multivitamin untuk
    menambah stamina.
    5) Selalu menjaga jarak fisik (physical
    distancing).
    3. Cukup khawatir, karena jika di sekolah bertemu dengan banyak orang, dan bisa mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).
    4. Selama Study From Home, orangtua selalu menemani belajar dan merasa lebih dekat dengan orangtua jauh sebelum pandemi ini.

    2. Bagaimana / apa yang akan kamu persiapkan untuk menghadapi New Normal dalam bidang pendidikan?
    —_—1. Kegiatan dilakukan seperti biasa yang belum ada munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun
    2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan
    3. Ya kami khawatir karena, virus ini dapat menyerang siapa pun dan virus ini tidak kelihatan
    4. Orang tua mendukung saya dalam pembelajaran dirumah dan orang tua menjadi peran pengganti guru di rumah

    3. Apakah kalian khawatir jika masuk sekolah lagi? Jelaskan alasanmu!
    _^Khawatir,karena saat waktu istirahat saat kita di kantin akan bergerombol,memang pertama jika dilarang akan dilaksanakan,tapi jika sudah beberapa hari akan dilanggar lagi,tapi pasti semua siswa tetap ingin sekolah karena merindukan teman² mereka

    4. Bagaimana peran orangtua terhadap belajarmu selama ini? Jelaskan!
    #Peran orang tua sangat penting disaat seperti ini,karena orang tua harus mengawasi anak untuk tidak keluar rumah sembarangan,mengawasi anak agar mengerjakan tugas sekolah,dan juga orang tua sebagai pengganti guru di sekolah,tapi bukan berarti hanya pada saat keadaan seperti ini saja,tetapi harus setiap saat mengawasi anaknya

    1+
  31. Nama: Gladys Puspita R.
    Kelas:7D
    No absen: 33
    1. New normal adalah : tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari – hari dengan melaksanakan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan covid 19.
    Contoh : mengenakan masker saat keluar rumah , mencuci tangan dengan air mengalir dengan sabun , selalu menggunakan hand sanitizer setelah mencuci tangan agar lebih bersih , menjaga jarak dengan orang sekitar

    2.menggunakan masker jika hendak keluar rumah , mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun , hindari kerumunan , dan jaga jarak.

    3. Tidak khawatir selama mengikuti himbauan negara.

    4. Menemani , membantu , dan mengingatkan ketika ada daring.

    0
  32. Nama : Putri naifa ramadhani
    Kelas : 7i
    No absen : 22

    1. menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker,mencuci tangan dan physical distancing.

    2. jaga jarak,tidak bersalaman dengan teman,selalu memakai masker dan sering sering mencuci tangan

    3. cukup kawatir karena kita akan berada kerumunan,tetapi jika kita mengikuti aturan aturan yang diberikan kita akan aman dari virus covid-19.

    4. membantu jika ada yang sulit dan selalu menemani saya saat belajar.

    1+
  33. 1. Menurutmu, apa yang dimaksud new normal? Berikan contohnya.
    ^_^New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
    1)Pakai masker dan menyiapkan
    cadangannya.
    2) Tissu basah dan kering.
    3) Hand sanitizer.
    4) Suplemen atau multivitamin untuk
    menambah stamina.
    5) Selalu menjaga jarak fisik (physical
    distancing).
    3. Cukup khawatir, karena jika di sekolah bertemu dengan banyak orang, dan bisa mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).
    4. Selama Study From Home, orangtua selalu menemani belajar dan merasa lebih dekat dengan orangtua jauh sebelum pandemi ini.

    2. Bagaimana / apa yang akan kamu persiapkan untuk menghadapi New Normal dalam bidang pendidikan?
    —_—1. Kegiatan dilakukan seperti biasa yang belum ada munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun
    2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan
    3. Ya kami khawatir karena, virus ini dapat menyerang siapa pun dan virus ini tidak kelihatan
    4. Orang tua mendukung saya dalam pembelajaran dirumah dan orang tua menjadi peran pengganti guru di rumah

    3. Apakah kalian khawatir jika masuk sekolah lagi? Jelaskan alasanmu!
    _^Khawatir,karena saat waktu istirahat saat kita di kantin akan bergerombol,memang pertama jika dilarang akan dilaksanakan,tapi jika sudah beberapa hari akan dilanggar lagi,tapi pasti semua siswa tetap ingin sekolah karena merindukan teman² mereka

    4. Bagaimana peran orangtua terhadap belajarmu selama ini? Jelaskan!
    #Peran orang tua sangat penting disaat seperti ini,karena orang tua harus mengawasi anak untuk tidak keluar rumah sembarangan,mengawasi anak agar mengerjakan tugas sekolah,dan juga orang tua sebagai pengganti guru di sekolah,tapi bukan berarti hanya pada saat keadaan seperti ini saja,tetapi harus setiap saat mengawasi anaknya

    1+
    1. 1. New normal adalah menerapkan pola hidup baru yang muncul untuk beradaptasi dengan Covid-19 . Artinya, aktivitas sehari-hari mulai dilakukan di luar rumah, tapi dengan memperhatikan protokol kesehatan termasuk menghindari kerumunan buat mencegah penyebaran virus.
      2.Menggunakan masker dan menjaga kebersihan
      3.Tidak terlalu khawatir selama mengikuti aturan pemerintah
      4.Sangat membantu dan selalu mengingatkan saya jika lupa mengerjakan
      tugas

      0
  34. Nama : Muhammad Makki Arabia
    Kelas : 7H/19

    1. bisa menyesuaikan pola hidup. Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu bentuk
    2.menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, rajin mencuci tangan, hindari keramaian
    3.khawatir,karna virus dapat menular kemana”
    4.mengawasi saat belajar

    0
  35. Nama:irsyalia ardhine setyawaty
    Kelas:7D
    No.absen:36

    PERTANYAAN:
    1. New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
    2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan
    3. Tidak khawatir selama kita mengikuti anjuran dari pemerintah
    4.Orang tua setuju dengan adanya sistem belajar secara daring/belajar dari rumah,supaya penyebaran virus corona ini tidak menyebar semakin luas.Terkadang juga,orang tua dapat membantu menjelaskan materi yang menurut kita kurang dipahami.

    1+
  36. Nama : Muhammad Makki Arabia
    Kelas : 7H/19

    1. bisa menyesuaikan pola hidup. Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu
    2.menggunakan masker, rajin mencuci tangan, hindari keramaian
    3.khawatir,karna virus dapat menular kemana”
    4.selalu mendampingin saat belajar online

    0
  37. Nama:Nayla dinda putri febyannisya
    Kelas:7g
    Absen:34
    1}menurutmu, apa yang dimaksud new normal? Berikan contohnya.
    ^_^New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).
    1)Pakai masker dan menyiapkan
    cadangannya.
    2) Tissu basah dan kering.
    3) Hand sanitizer.
    4) Suplemen atau multivitamin untuk
    menambah stamina.
    5) Selalu menjaga jarak fisik (physical
    distancing).
    3. Cukup khawatir, karena jika di sekolah bertemu dengan banyak orang, dan bisa mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).
    4. Selama Study From Home, orangtua selalu menemani belajar dan merasa lebih dekat dengan orangtua jauh sebelum pandemi ini.

    2. Bagaimana / apa yang akan kamu persiapkan untuk menghadapi New Normal dalam bidang pendidikan?
    —_—1. Kegiatan dilakukan seperti biasa yang belum ada munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun
    2. Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan
    3. Ya kami khawatir karena, virus ini dapat menyerang siapa pun dan virus ini tidak kelihatan
    4. Orang tua mendukung saya dalam pembelajaran dirumah dan orang tua menjadi peran pengganti guru di rumah

    3. Apakah kalian khawatir jika masuk sekolah lagi? Jelaskan alasanmu!
    _^Khawatir,karena saat waktu istirahat saat kita di kantin akan bergerombol,memang pertama jika dilarang akan dilaksanakan,tapi jika sudah beberapa hari akan dilanggar lagi,tapi pasti semua siswa tetap ingin sekolah karena merindukan teman² mereka

    4. Bagaimana peran orangtua terhadap belajarmu selama ini? Jelaskan!
    #Peran orang tua sangat penting disaat seperti ini,karena orang tua harus mengawasi anak untuk tidak keluar rumah sembarangan,mengawasi anak agar mengerjakan tugas sekolah,dan juga orang tua sebagai pengganti guru di sekolah,tapi bukan berarti hanya pada saat keadaan seperti ini saja,tetapi harus setiap saat mengawasi anaknya

    1+
  38. Nama: Tasya Amanda Dyah R
    Kelas: 7G
    Absen: 40

    1. Kegiatan dilakukan seperti biasa yang belum ada munculnya Covid-19 ini, tetapi harus ada penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun
    2. Menggunakan masker, berangkat sekolah sudah dalam keadaan mencuci tangan dengan sabun, dan membawah handsanitizer.
    3. Tidak khawatir selama kita mengikuti anjuran dari pemerintah.
    4. Orangtua selalu mendukung saya, dan selalu mengingatkan untuk mengerjakan tugas tepat waktu.

    0
  39. 1.New Normal adalah kondisi d mna masyarakat hrs menjalani pola hidup atau tatanan yg baru dlm aktivitas normal sehari-hari dgn melaksanakan protokol kesehatan.contohnya: a.memakai masker,b.rajin mencuci tangan,c.menjaga jarak dan d.physical distancing.2.Masuk sekolah dengan seperti biasa dgn menjalankn protokol kesehatan.3.Sangat khawatir sebab virus itu tidak terlihat dan takutnya ada teman” yg tdk menjalankn protokol kesehatan.4.Peran ortu sangat mendukung saya dlm pembelajaran daring /online,ortu jg bisa lbh dekat utk mengawasi kegiatan pembelajaran d rmh dan ortu jg sebagai pengganti guru d sekolah.

    0
  40. Nama: Arinda Ario Pramudita
    Kelas/absen: 8C/08
    1.)Menurut saya New Normal adalah kebijakan pemerintah dalam melakukan aktivitas sehari-hari ditengah pandemi dengan menaati aturan protokol kesehatan sebagai contoh menjaga jarak 1 meter, menggunakan masker, cuci tangan sebelum berpergian untuk memutus mata rantai covid-19

    2.) Saya akan mempersiapkan masker serta handsanitizer untuk dikenakan dan dibawa kemana-mana serta mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas

    3.) sebenarnya itu tergantung pada kesadaran diri sendiri, jika kita menaati aturan protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah dan istiqomah insyaallah kita tidak akan terjangkit dan jika ditanya atau tidak jawabnya iya karna menurut saya masih banyak warga yang tidak menaati aturan protokol kesehatan dari pemerintah

    4.) selalu mengingatkan saya untuk mengerjakan tugas yang diberikan bapak/ibu guru via daring

    0
  41. Nama: Muhammad al asy’ari sisnia
    Kelas:7-H
    No. Abs:12
    1.kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.
    Seperti: mencuci tangan dgn sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, olahraga, makan”an bergizi, berdoa.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca-membaca.
    3.tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar.
    4.mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah.

    0
    1. 1. New normal adalah masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa akan tetapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan

      2. A. Pakai masker
      B. Bawa makan minum sendiri

      3. Cukup khawatir, karena sekolah adalah tempat banyak orang berkumpul dan kita tidak tau siapa saja yang tertular COVID-19

      0
  42. •>No absen: 09
    •>Kelas: 8E

    1✓new normal adalah melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa namun harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah seperti mencuci tangan, memakai masker, physical distancing dan lain sebagainya.
    2✓memakai masker, membawa handsanitizer, social distancing, dan mebawa makanan bergizi agar menambah stamina.
    3✓cukup khawatir, karena bertemu banyak orang. Belum tentu juga mereka menerapkan protokol kesehatan pemerintah dan virus ini kecil tapi membunuh banyak korban.
    4✓mengawasi dan menemani saat proses study from home, dan selalu mengingatkan untuk mengerjakan soal yang telah diberikan.

    1+
  43. Nama:Lina Dwiyanti Andayani
    Kelas/No:8E/17

    1.kegiatan yang dilakukan seperti biasa tapi juga melakukan protokol kesehatan.
    2.sering mencuci tangan, menggunakan masker,jaga jarak.
    3.kuatir,Karan kita tidak tau akan semakin naik apa semakin turung jumlah yang terpapar COVID19 ini.
    4.selalu mengingat kan saya jika ada tugas dari guru.

    0
  44. 1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan di tambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan covid-19. Contoh: menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain.
    2. Melatih diri untuk menjaga jarak aman dengan orang yang ada di sekitar kita.
    3. Iya, karena jumlah peningkatan kasus positif covid-19 pada saat ini masih cenderung meningkat jumlah positif nya. Di khawatirkan nya jika sekolah di buka, penyebaran virus covid-19 ini akan semakin meluas penyebaran nya
    4. Membantu menjelaskan jika kurang jelas tentang pembelajaran yang di pelajari

    0
  45. Nama: Fitria dwi oktariani
    Kelas: 7G
    No.absen: 09

    1. New normaladalah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah agar masyarakat terbiasa dengan tatanan hidup baru dengan kebersihan untuk menghadapi virus Corona , contoh : rajin cuci tangan, makan makan yang sehat ,jaga kesehatan

    2. Membawa handsanitizer,memakai masker, tetap jaga jarak

    3. Ya khawatir karena virus ini bisa menyerang siapa pun dan tidak kelihatan

    4. Mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang dibutuhkan selama pembelajaran dirumah

    0
  46. MAYLA NUR FAYZA
    8E/22

    1. New normal adalah menerapkan pola hidup baru yang muncul untuk beradaptasi dengan Covid-19 . Artinya, aktivitas sehari-hari mulai dilakukan di luar rumah, tapi dengan memperhatikan protokol kesehatan termasuk menghindari kerumunan buat mencegah penyebaran virus.
    2.Menggunakan masker dan menjaga kebersihan
    3.Tidak terlalu khawatir selama mengikuti aturan pemerintah
    4.Sangat membantu dan selalu mengingatkan saya jika lupa mengerjakan
    tugas

    1+
  47. Nama: Fitria dwi oktariani
    Kelas: 7G
    No.absen: 09

    1. New normaladalah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah agar masyarakat terbiasa dengan tatanan hidup baru dengan kebersihan untuk menghadapi virus Corona , contoh : rajin cuci tangan, makan makan yang sehat ,jaga kesehatan

    2. Membawa handsanitizer,memakai masker, tetap jaga jarak

    3. Ya khawatir karena virus ini bisa menyerang siapa pun dan tidak kelihatan

    4. Mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang dibutuhkan selama pembelajaran dirumah

    0
  48. Nama:Fadhlillah Tyas Syahputri
    Kelas:8C
    Absen:34

    1. New normal yaitu kondisi dimana masyarakat harus menjalani pola hidup dan tatanan hidup yang baru dalam aktivitas normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti: memakai masker, rajin cuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.
    2. Memakai masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak.
    3. Khawatir, karena virus corona tidak dapat terlihat dan dapat menural dengan cepat.
    4. Mendampingi saya saat mengerjakan daring ataupun tugas online

    0
  49. Nama: Kalendha Permata Agustus
    Kelas/No.absen: VIII-E/11
    1.Menurut saya yang dimaksud New Normal adalah sebuah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal yang baru untuk menghadapi penyebaran virus corona.
    contohnya: kegiatan belajar mengajar di sekolah seminggu, kemudian guru memberikan guru memberikan pengarahan untuk tugas daring seminggu kedepan.
    2. saya akan mempersiapkan keperluan saya seperti masker, handsanitizer, dan juga jaga jarak/menghindari kerumunan
    3. Khawatir,karena saat waktu istirahat saat kita di kantin akan bergerombol,memang pertama jika dilarang akan dilaksanakan,tapi jika sudah beberapa hari akan dilanggar lagi,tapi pasti semua siswa tetap ingin sekolah karena merindukan teman² mereka
    4. peran orang tua dalam hal ini sangat penting karena orang tua harus mendampingi kita saat sedang belajar/mengerjakan tugas daring

    0
  50. Nama:Fergita Miya Wati
    Kelas/no absen:7D/28

    1 kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
    2 menggunakan masker jaga jarak
    3 ya kuatir karna vkrus itu tdk terlihat
    4 hiperaktip membantu ank menjadi guru di rumah

    1+
  51. Nama:Erwin
    Kelas:7D
    1.menurut saya kegiatan new normal adalah kegiatan hidup baru seperti memakai masker dan menjaga jarak antara yg lain
    2.menjaga jarak dan menggunakan masker
    3.khawatir.karena virus ini bisa menyebar lewat .bersentuhan.barang dan menular
    4.mendampingin anaknya saat belajar

    1+
  52. 1. bertindak produktif namun tetap memastikan aman dari penularan virus corona.
    Contohnya :
    Keluar rumah selalu pakai masker , dan rajin cuci tangan
    2. Saling jaga jarak dengan orang lain , memakai masker , dan rajin cuci tangan
    3. Khawatir , Kerena Di sekolah akan bergerombol di kantin , waktu upacara dan banyak lagi
    4. Peran Ortu sangat penting , Karena Ortu harus mendampingi kita saat sedang belajar

    1+
  53. 1,melakukan kegiatan biasaa nya tetapi harus menerapkan peraturan anjuran dokter, contoh nya, cuci tangan, dan memakai masker
    2.berangkat sekolah harus cuci tangan, disekolah jangan lupa jaga jarak, dan jangan lupa pakek Hedzenitizer
    3.iya, soalnya kita tidak tau mereka dari
    daerah mana mangkannya kawatir
    4.sangat membantu dirumah

    0
  54. Nama:Nabila aura ardiyansyah
    Kelas:7H
    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun ditambah menerapkan kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    2. Memakai masker,hand sanitizer dan jaga jarak
    3. Ya,khawatir karena virus ini mudah tersebar dengan cepat seperti bersentuhan dan kontak langsung dengan orang yang sakit
    4. Selalu membimbing pelajaran online

    0
  55. Nama: Dita choirun nisa
    Kelas: 7-D
    Absen: 07
    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalan kan aktifitas normal namun dengan ditambah menerap kan protokol kesehatan guna mencegah terjadi nya penularan covid-19, yaitu tetap jaga jarak dan memakai masker bila keluar rumah
    2. Tetap memakai masker, rajin cuci tangan, dan tetap jaga jarak
    3. Ya, karena virus ini udah mulai tersebar dimana-mana
    4. Selalu mendampingi anak nya ketika belajar

    0
  56. Nama : Riyanti wulandari
    Kelas : 8B
    No.absen : 42

    1.kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.
    Seperti: mencuci tangan dgn sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, olahraga, makan”an bergizi, berdoa.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca-membaca.
    3.tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar.
    4.mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah.

    1+
  57. Nama: Anisa Fitriyaningsih
    Kelas: 8B
    No absn: 27
    1.kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.
    Seperti: mencuci tangan dgn sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, olahraga, makan”an bergizi, berdoa.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca-membaca.
    3.tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar.
    4.mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah.

    0
  58. Nama : Aprilia Rahmawati
    Kelas : 8B
    No Absen : 31
    1.kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.
    Misalnya : mencuci tangan dgn sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, olahraga, makan”an yg bergizi dan juga berdoa.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca buku
    3.tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar.
    4.mengawasi dan menemani pada saat pembelajaran daring

    0
  59. Nama : Abdul Hakim Fatur R.
    Kelas : VIII-B/01

    1. New normal adalah tatanan pola hidup baru yang diterapkan oleh pemerintah guna memulihkan keadaan kehidupan normal, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Contohnya: mencuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan (physical distancing).

    2. Selalu memakai masker dan selalu mengikuti himbauan pemerintah , memakai Hand sanitizer,

    3. Sebenarnya itu tergantung pada kesadaran diri sendiri, jika kita menaati aturan protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah dan istiqomah insyaallah kita tidak akan terjangkit dan jika ditanya atau tidak jawabnya iya karna menurut saya masih banyak warga yang tidak menaati aturan protokol kesehatan dari pemerintah

    4. Peran orang tua dalam hal ini sangat penting karena orang tua harus mendampingi kita saat sedang belajar/mengerjakan tugas daring

    1+
  60. Nama : Muhammad Rafi Putra Fizta
    No : 39
    Kelas. : 8A
    1. New normal adalah kehidupan baru manusia setelah menghadapi wabah covid-19 ini. Contoh: memakai masker jika keluar rumah.
    2. Selalu mencuci tangan saat ingin pergi sekolah dan memakai masker.
    3. Tidak,karena jika sekolah sudah masuk berarti wabah covid-19 sudah sangat mereda.
    4. Sangat membantu apalagi dalam hal internet dan selalu mengawasi

    0
  61. Nama : Muhammad Rafi Putra Fizta
    No : 39
    Kelas. : 8A
    1. New normal adalah kehidupan baru manusia setelah menghadapi wabah covid-19 ini. Contoh: memakai masker jika keluar rumah.
    2. Selalu mencuci tangan saat ingin pergi sekolah dan memakai masker.
    3. Tidak,karena jika sekolah sudah masuk berarti wabah covid-19 sudah sangat mereda.
    4. Sangat membantu apalagi dalam hal internet.

    0
  62. lupita luna pitaloka
    8E/18

    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan di tambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan covid-19. Contoh: menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain.
    2. Menjaga jarak sosial, memakai masker dan handsanitizer, dan rajin cuci tangan
    3. Cukup khawatir saat ini saja kasus positif corona masih saja meningkat, pokoknya kita harus mentaati himbauan pemerintah
    4. Membantu mengawasi saya saat belajar dan mengingatkan saya saat lupa ada tugas

    0
  63. Dadang Indra Kurniawan/8A/21
    1.kegiatan dengan protokol yang di tetapkan oleh pemerintah,memakai hand sanitizer,mencuci tangan,menggunakan masker.
    2.menggunakan masker jika keluar rumah dan jada jarak.
    3.ya,karena di kota sby terkena zona hitam yang artinya masih banyak penyebaran covid 19.
    4.membantu dan menemani saya pada saat belajar

    0
  64. lupita luna pitaloka
    8E/18

    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan di tambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan covid-19. Contoh: menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain
    2. Menjaga jarak sosial, memakai masker dan handsanitizer, serta rajin cuci tangan
    3. Cukup khawatir, karena kasus positif corona masih saja meningkat, pokoknya kita harus mentaati peraturan pemerintah
    4. Membantu mengawasi saya saat belajar dan mengingatkan saat saya lupa mengerjakan tugas

    0
  65. Nama : Citra Amanda Oktavia
    Kelas : 8A
    No.abs : 20

    1. New normal merupakan kebiasaan baru yang dilakukan dimasa pandemi covid19 sekarang ini. Contohnya : memakai masker saat keluar rumah, sosial distancing atau menjaga jarak antar sesama minimal 1 meter.
    2. Mempersiapkan kebiasaan yang bersih seperti mencuci tangan saat akan atau sesudah melakukan sesuatu.
    3. Jika saat seperti ini saya khawatir karena masih banyak yang terkena covid 19 jadi jika kita masuk sekolah kemungkinan banyak yang akan terkena covid19 juga.
    4. Peran orang tua hanya memberikan semangat belajar karena orang tua saya kurang mengerti tentang internet dan pelajaran yang diajarkan jadi mereka hanya memberikan dukungan untuk saya.

    0
  66. Nama : Citra Amanda Oktavia
    Kelas : 8A
    No.abs : 20

    1. New normal merupakan kebiasaan baru yang dilakukan dimasa pandemi covid19 sekarang ini dam berbeda dengan kebiasaan kit sebelum pandemi. Contohnya : memakai masker saat keluar rumah, sosial distancing atau menjaga jarak antar sesama minimal 1 meter.
    2. Mempersiapkan kebiasaan yang bersih seperti mencuci tangan saat akan atau sesudah melakukan sesuatu.
    3. Jika saat seperti ini saya khawatir karena masih banyak yang terkena covid 19 jadi jika kita masuk sekolah kemungkinan banyak yang akan terkena covid19 juga.
    4. Peran orang tua hanya memberikan semangat belajar karena orang tua saya kurang mengerti tentang internet dan pelajaran yang diajarkan jadi mereka hanya memberikan dukungan untuk saya.

    0
  67. Nama : Daffa faizan surya
    Kelas : 8A
    No.abs : 22
    1.New Normal adalah kondisi dimana masyarakat harus menjalani protokol kesehatan dari pemerintah. Contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, dll.
    2.Membaca buku,belajar dirumah, mencucitangan dan memakai masker jika berpergian.
    3.Khawatir, karena bisa saja berkontak langsung dengan orang yang sakit.
    4.Mengawani,mengawasih memberikan sesuatu jika diperlukan untuk pelajaran daring

    1+
  68. Nama : Daffa faizan surya
    Kelas : 8A
    No.abs : 22
    1.New Normal adalah kondisi dimana masyarakat harus menjalani protokol kesehatan dari pemerintah. Contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, dll.
    2.Membaca buku,belajar dirumah, mencuci tangan dan memakai masker jika berpergian.
    3.Khawatir, karena bisa saja berkontak langsung dengan orang yang sakit.
    4.Mengawani,mengawasih memberikan sesuatu jika diperlukan untuk pelajaran daring.

    0
  69. Nama : Daffa faizan surya
    Kelas : 8A
    No.abs : 22
    1.New Normal adalah kondisi dimana masyarakat harus menjalani protokol kesehatan dari pemerintah. Contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, dll.
    2.Membaca buku,belajar dirumah, mencuci tangan dan memakai masker jika berpergian.
    3.Khawatir, karena bisa saja berkontak langsung dengan orang yang sakit.
    4.mengawasih memberikan sesuatu jika diperlukan untuk pelajaran daring.

    0
  70. Nama : Daffa faizan surya
    Kelas : 8A
    No.abs : 22
    1.New Normal adalah kondisi dimana masyarakat harus menjalani protokol kesehatan dari pemerintah. Contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, dll.
    2.Membaca buku,belajar dirumah, mencuci tangan dan memakai masker jika berpergian.
    3.Khawatir, karena bisa saja berkontak langsung dengan orang yang sakit.
    4.mengawasih dan memberikan sesuatu jika diperlukan untuk pelajaran daring.

    0
  71. Nama : Abdul Halim
    Kelas : VIII-A
    No.Absen : 01

    1. New normal adalah masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa akan tetapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan

    2. A. Pakai masker
    B. Bawa makan minum sendiri

    3. Cukup khawatir, karena sekolah adalah tempat banyak orang berkumpul dan kita tidak tau siapa saja yang tertular COVID-19

    4. Cukup membantu yaitu dengan memberi saya hospot

    1+
  72. Nama: Frischa Azzatika Devi
    Kelas: VIII-A
    No. Absen:31

    1. new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    2. Tetap menjalankan social distancing dan juga selalu menjaga kebersihan diri untuk menghindari terserang virus covid-19
    3. Khawatir. Karena ketika kita saling bertemu di sekolahan nantinya kita bisa mengabaikan protokol kesehatan/himbauan pemerintah untuk menjalankan physical distancing.
    4. Selama studi home peranan orang tua sangat penting sekali sebagai contohnya yaitu:menemani dalam pembelajaran dirumah dan juga membantu ketika anaknya tidak bisa menjawab soal.

    0
  73. Nama: Intania Aulia Zahrah
    Kelas: 7E
    No.Absen:27

    1.New normal adalah sebuah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal yang baru untuk menghadapi penyebaran virus corona dengan cara berperilaku hidup sehat .

    2.Upaya pencegahan dan pemberatasan Covid-19 di Indonesia harus diutamakan, terutama protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat dalam upaya menyusun tatanan kehidupan “New Normal”.

    3. Cukup khawatir sebab, di sekolah bertemu dengan banyak orang dan kita bisa lengah /mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak (physical distancing).

    4.Selama sekolah online dirumah ( Study From Home ) orangtua selalu menemani belajar .

    2+
  74. 1.New normal adalah sebuah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal yang baru untuk menghadapi penyebaran virus corona dengan cara berperilaku hidup sehat

    2.Upaya pencegahan dan pemberatasan Covid-19 di Indonesia harus diutamakan, terutama protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat

    3.Cukup khawatir sebab, di sekolah bertemu dengan banyak orang dan kita bisa lengah /mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak

    4. Selama sekolah online orang tua selalu membimbing saya belajar,dan lebih sering memberikan saya latihan soal sendiri

    0
  75. Nama:Fergita miya wati
    Kelas/absen:7D/28

    1.New normal adalah sebuah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal yang baru untuk menghadapi penyebaran virus corona dengan cara berperilaku hidup sehat.

    2. 1) Pakai masker dan menyiapkan
    cadangannya.
    2) Tissu basah dan kering.
    3) Hand sanitizer.
    4) Suplemen atau multivitamin untuk
    menambah stamina.
    5) Selalu menjaga jarak fisik (physical

    3. Jika saat seperti ini saya khawatir karena masih banyak yang terkena covid 19 jadi jika kita masuk sekolah kemungkinan banyak yang akan terkena covid19 juga.

    4.mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah.

    1+
  76. Nama:Ellyna Aprillyani
    Kelas/absen:7D/11

    1. New normal adalah sebuah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal yang baru untuk menghadapi penyebaran virus corona dengan cara berperilaku hidup sehat.
    2. -Memakai masker
    -Membawa Handsanitizer
    – Melakukan phsycal distancing
    3. Saya sangat khuatir, karna virus ini masih tersebar banyak di Indonesia
    4. Sangat baik, karna orang tua saya selalu mengingatkan saya untuk mengerjakan tugas

    0
  77. Nama: Intan Aulia Nur Fadhilah
    Kelas:7E
    No.Absen:26

    1. New normal adalah sebuah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal yang baru untuk menghadapi penyebaran virus corona dengan cara berperilaku hidup sehat .

    2. Beraktifitas seperti biasa dengan menggunakan masker, menjaga jarak fisik, dan menjaga daya tahan tubuh

    3. Sedikit khawatir karena di sekolah bertemu dengan banyak orang dan kita tidak tahu apakah orang tersebut sakit atau tidak

    4. Selama Study From Home orang tua selalu memantau

    0
  78. Nama:Dhani Ahmad Rizkyawan
    Kelas:7c
    No absen:21

    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    Contoh : memakai masker, rajinencuci tangan, physical distancing
    2. Memakai masker, membawa handsanitizer, membawa alat makan sendiri
    3. Tidak khawatir, tapi tetap menjaga jarak
    4. Peran orang tua: selalu mengingatkan untuk mengerjakan tugas tepat waktu

    1+
  79. Nama:camelia isnaini
    Kelas:7C
    No.absen:06
    1. New normal adalah sebuah perubahan budaya hidup yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal yang baru untuk menghadapi penyebaran virus corona dengan cara berperilaku hidup sehat .

    2. Beraktifitas seperti biasa dengan menggunakan masker, menjaga jarak fisik, dan menjaga daya tahan tubuh

    3. Sedikit khawatir karena di sekolah bertemu dengan banyak orang dan kita tidak tahu apakah orang tersebut sakit atau tidak

    4. Selama Study From Home orang tua selalu memantau

    1+
  80. 1. kehidupan normal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.
    Seperti: mencuci tangan dgn sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, olahraga, makan”an bergizi, berdoa.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca-membaca.
    3.tidak terlalu khawatir jika penerapan new normal berjalan dengan lancar.
    4.mengawasi, menemani, dan menyediakan sesuatu yang kita butuhkan saat pembelajaran daring dirumah.

    0
  81. Nama:rasyad abdullah mulyanur lukman
    Kelas:7C/37

    1.1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca-membaca.
    3.Sedikit khawatir karena di sekolah bertemu dengan banyak orang dan kita tidak tahu apakah orang tersebut sakit atau tidak
    4.Peran orang tua: selalu mengingatkan untuk mengerjakan tugas tepat waktu

    0
  82. Nama:rasyad abdullah mulyanur lukman
    Kelas:7C/37

    1. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    2.belajar dirumah, menerapkan pembelajaran daring, membaca bagaimana membasmi covid-19
    3.Sedikit khawatir karena di sekolah bertemu banyak orang dan kita tidak tahu orang tersebut sakit atau tidak
    4.Peran orang tua:mengingatkan untuk mengerjakan tugas tepat waktu

    0
  83. chintya anis fitriani
    kelas:7c

    1.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan kehidupan dengan melakukan kegiatan yang normal seperti biasanya tetapi kita juga tetap harus melakukan protokol kesehatan yang berlaku saan ini contohnya,menjaga jarak,pakai masker dan rajin cuci tangan
    2.jika sekolah sudah normal kembali saya akan mempersiapkan semuanya seperti selalu memakai masker,bawa alat makan sendiri,selalu bawa hand sanitiser,dan bawa alat sholat sendiri
    3.jika sekolah sekolah memiliki aturan yang sesuai protokol kesehatan dan memberi sanksi jika ada yang melanggar saya tidak akan begitu khawatir karena jika begitu semua murid akan menaatinya
    4.orang tua selalu mendukung dan mendampingi

    0
  84. Nama:intan narita putrie cahyadi
    Kls/no absen:7B/28

    1.beradaptasi dengan kodisi baru dengab mematuhi protokol kesehatan yang ada contohnya tetap memakai masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan
    2.jika sudah kembali bersekolah saya tetap memakai masker, membawa bekal sendiri, dan membawa hand senitizer
    3.jika sekolah masuk sudah pasti ada protokol kesehatan jadi tidak begitu khawatir
    4.orang tua selalu membantu dan mendukung belajar saya

    0
  85. Nama: ANNISA BRILIAN
    Kelas: 7b/12
    1.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan kehidupan dengan melakukan kegiatan yang normal seperti biasanya tetapi kita juga tetap harus melakukan protokol kesehatan yang berlaku saat ini contohnya,menjaga jarak,pakai masker dan rajin cuci tangan
    2.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan kehidupan dengan melakukan kegiatan yang normal seperti biasanya tetapi kita juga tetap harus melakukan protokol kesehatan yang berlaku saan ini contohnya,menjaga jarak,pakai masker dan rajin cuci tangan
    3.memakai masker
    4.peran orang tua dalam daring membantu anak saat belajar

    0
  86. Nama: ANNISA BRILIAN
    Kelas: 7b/12
    1.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan kehidupan dengan melakukan kegiatan yang normal seperti biasanya tetapi kita juga tetap harus melakukan protokol kesehatan yang berlaku saat ini contohnya menjaga jarak
    2.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan kehidupan dengan melakukan kegiatan yang normal seperti biasanya tetapi kita juga tetap harus melakukan protokol kesehatan yang berlaku saan ini contohnya,menjaga jarak,pakai masker dan rajin cuci tangan
    3.memakai masker
    4.peran orang tua dalam daring membantu anak saat belajar

    0
  87. Nama: ANNISA BRILIAN
    Kelas: 7b/12
    1.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan kehidupan dengan melakukan kegiatan yang normal seperti biasanya tetapi kita juga tetap harus melakukan protokol kesehatan yang berlaku saat ini contohnya menjaga jarak
    2.menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker
    3.memakai masker
    4.peran orang tua dalam daring membantu anak saat belajar

    0
  88. Nama: ANNISA BRILIAN
    Kelas: 7b/12
    1.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan kehidupan dengan melakukan kegiatan yang normal seperti biasanya tetapi kita juga tetap harus melakukan protokol kesehatan yang berlaku saat ini contohnya menjaga jarak
    2.menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak
    3.memakai masker
    4.peran orang tua dalam daring membantu anak saat belajar

    0
  89. Nama: ANNISA BRILIAN
    Kelas: 7b/12
    1.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan
    2.menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak
    3.memakai masker
    4.peran orang tua dalam daring membantu anak saat belajar

    0
  90. Nama: ANNISA BRILIAN
    Kelas: 7b/12
    1.new normal adalah kehidupan normal yang baru kita dapat melaksanakan
    2.menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak
    3.memakai masker
    4.peran orang tua dalam daring membantu anak saat belajar

    0
  91. Nama: ANNISA BRILIAN
    Kelas: 7b/12
    1.new normal adalah beradaptasi dalam hal baru dan mematuhi agar jaga jarak
    2.menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak
    3.memakai masker
    4.peran orang tua dalam daring membantu anak saat belajar

    0
  92. Nama : Mawar Pujiati
    Kelas : 7B
    No absen : 31

    1. new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

    Contoh : Dibukanya PSBB , dibukanya tempat ibadah , mall , dll

    2. Memakai masker , sering mencuci tangan , makan makanan bergizi , jaga jarak , dan memakai hand sanitizer

    3. Iya , karena sekolah dapat menjadi tempat pemicunya penularan virus

    4. Menemani dan membantu mengerjakan tugas yang guru berikan kepada saya

    0
  93. Nama :Salma Zakiyyah
    Kls/Absen :7b/40

    1.New normal adalah kondisi dimana manusia
    memulai hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan.
    2.Tetap beraktivitas seperti biasa dengan menerapkan jaga jarak dan protokol kesehatan lainnya.
    3.Khawatir,karena walaupun sudah ada himbauan dari pemerintah terkait protokol kesehatan tetapi terkadang masih ada orang yang tidak menerapkan himbauan tersebut.
    4.Selalu mendampingi saat mengerjakan tugas online.

    0
  94. 1. Kenormalan baru adalah sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan 2007-2008, resesi global 2008–2012, dan pandemi COVID-19
    2. Memakai masker dan selalu mencuci tangan
    3.Terjangkit Covid 19
    4. Membantu atau mendampingi dalam belajar dari rumah

    0
  95. 1.tetap melakukan kegiatan tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker, jaga jarak,dan mencuci tangan
    2.beraktivitas seperti biasanya tetapi tetap menggunakan masker ,jaga jarak dan sering mencuci tangan
    3.khawatir karna virus corona bisa menyerang begitu cepat dan virusnya tidak terlihat
    4.orang tua mendukung saya dan membantu menjawab soal-soal jika saya tidak mengerti .

    0
  96. 1. memulai pola hidup baru seperti, jika keluar rumah menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan, menjaga jarak
    2. menggunakan masker, berjaga jarak, sering-sering mencuci tangan
    3. khawatir, karena virus covid-19 menyebar dengan cepat
    4. menjadi guru ke-2 untuk membantu mengerjakan dan menjelaskan beberapa materi yang belum tersampaikan

    0
  97. Kelas : 7a/29

    1.Kondisi dimana manusia memulai kehidupan baru dengan menerapkan protokol kesehatan contohnya : jika keluar rumah memakai masker,mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas,menerapkan jaga jarak.
    2.Memakai masker , membekali hand sanitizer , menerapkan jaga jarak.
    3.Khawatir , karena virus covid19 ini menyebar dengan cepat.
    4.Orang tua menjadi guru ke dua saya untuk membantu menjelaskan beberapa materi yang belum saya pahami

    0
  98. Nabila Rasty Rahayu
    7h/27
    1. New normal adalah kondisi dimana masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya namun harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan *memakai masker, jaga jarak
    2. Memakai masker, jaga jarak, sering mencuci tangan, menggunakan handsantitizer
    3. Khawatir karena banyak korban yang berjatuhan di tengah pandemi ini
    4. Orang tua saya meski tidak bisa menemani setiap waktu tapi mereka menjadi guru ke dua bagi saya karna dikala waktu saya tidak paham akan tugas yang diberikan saya selalu dibantu

    1+
  99. Nama : Anisa Ramadhani Ersa
    Kls/absen : 7A/28

    1.) New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.
    Contoh : Memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, selalu jaga jarak.

    2.) Memakai masker, membawa hand sanitizer, dan selalu jaga jarak.

    3.) Khawatir, karena Virus Corona masih berkeliaran dimana-mana dan penyebaran serta penyerangannya begitu cepat, apalagi virusnya tak terlihat.

    4.) Kedua orang tua saya bekerja, jadi mereka hanya mengingatkan saya untuk tidak lupa mengerjakan tugas sekolah sebelum mereka berangkat bekerja.

    0
  100. 1.Kondisi dimana manusia memulai kehidupan baru dengan menerapkan protokol kesehatan contohnya : jika keluar rumah memakai masker,mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas,menerapkan jaga jarak.
    2.Tetap beraktivitas seperti biasa dengan menerapkan jaga jarak dan protokol kesehatan lainnya.
    3.Sedikit khawatir karena di sekolah bertemu dengan banyak orang dan kita tidak tahu apakah orang tersebut sakit atau tidak.
    4.Orang tua saya meski tidak bisa menemani setiap waktu tapi mereka menjadi guru ke dua bagi saya karna dikala waktu saya tidak paham akan tugas yang diberikan saya selalu dibantu ortua.

    0
  101. 1. New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi dengan memulai keseharian seperti biasanya. Namun, harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak.
    2. Dengan menyiapkan peralatan kesehatan. seperti: masker, dan handsanitizer
    3. Khawatir, karena virus corona ini dapat mudah, masuk dan sangat cepat menyebar.
    4. Peran orangtua selama belajar sangatlah penting, karena orangtua selalu mengawasi anaknya dalam belajar, dan jika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas mereka bisa menanyakannya kepada orangtua

    0
  102. Nama:Alfiyah Maharani
    Kls:7a
    Absen:21
    1. New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi dengan memulai keseharian seperti biasanya. Namun, harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Contoh: memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak.
    2. Dengan menyiapkan peralatan kesehatan. seperti: masker, dan handsanitizer
    3. Khawatir, karena virus corona ini dapat mudah, masuk dan sangat cepat menyebar.
    4. Peran orangtua selama belajar sangatlah penting, karena orangtua selalu mengawasi anaknya dalam belajar, dan jika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas mereka bisa menanyakannya kepada orangtua

    0
  103. 1.New Normal adalah kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti jaga jarak
    2.Memakai masker,cuci tangan dan jaga jarak
    3.Ya,karena virus Covid-19 tidak terlihat
    4.hiperaktif membantu anak menjadi guru dirumah

    0
  104. 1.New Normal adalah kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti jaga jarak
    2.Memakai masker,cuci tangan dan jaga jarak
    3.hiperaktif membantu anak menjadi guru dirumah

    0
  105. 1 kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
    2 menggunakan masker jaga jarak
    3 ya kuatir karna vkrus itu tdk terlihat
    4 hiperaktip membantu ank menjadi guru di rumah

    1+
  106. Nama : Azizah Rahma Damayanti
    Kelas : 7B
    Nomor Absen : 22
    1 kegiatan dilakukan seperti biasanya sebelum covid tetapi harus melakukan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker cuci tangan dan sebagainya
    2 menggunakan masker jaga jarak
    3 ya kuatir karna vkrus itu tdk terlihat
    4 hiperaktip membantu ank menjadi guru di rumah

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *