Nabila Rasty Rahayu: Mengulik Pembelajaran Daring yang Asyik

Peserta Lomba Artikel Pendek Dispendik Surabaya 2020

Fakta tentang mewabahnya virus Corona (Covid-19) menjadi trendingtopic di  media massa. Menjadi momok bagi kita dan berdampak besar di bidang ekonomi, pendidikan, sosial, pariwisata, keagamaan, dan sebagainya. Percepatan penyebaran virus yang tak terkontrol, menumbangkan ribuan  nyawa dan harus segera diputuskan mata rantainya.

Baca juga:

Teknologi Adalah Penunjang, Bukan Pengganti Guru (Refleksi Hari Pendidikan Nasional 2020)

Pemerintah sudah mengambil kebijakan, yaitu mengadakan pembelajaran berbasis daring (online), menghimbau masyarakat tetap di rumah dan sebagainya. Belajar secara daring ternyata juga mengasyikkan dan kita dapat memilih menggunakan aplikasi yang bervariasi seiring dengan perkembangan zaman, sebagai berikut:

Google Classroom,  dominan digunakan dari SD sampai perguruan tinggi. Di sini kita bisa belajar dan berkomunikasi langsung dengan guru. Asyiknya di sini materi pelajaran bisa ditambahkan dari google drive, youtube sampai file yang kita pilih sendiri.

Microsoft Office 365. Di sini kita bisa langsung melihat materi, soal-soal latihan beserta kolom jawaban. Tersedia onenote  untuk mengerjakan tugas, juga microsoft forms untuk membuat materi maupun soal-soal yang bisa dilihat langsung nilai yang kita dapatkan. Menariknya lagi, sekolah saya SMPN 10 Surabaya sudah menerapkan Microsoft 365 sejak Januari 2020.

Siswa sedang menggunakan aplikasi Rumah Belajar. (Foto: Gladys)

Rumah Belajar, dapat diakses secara gratis melalui Playstore. Semua mata pelajaran yang disertai penjabaran gambar atau video ada di sini. Menunya sangat variatif sehingga kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, mulai TK hingga perguruan tinggi. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh peserta didik untuk pembelajaran dan dapat diakses di rumah.

Kita pasti sering mendengar aplikasi Ruang Guru, yaitu aplikasi yang menyuguhkan video penyelesaian soal-soal, belajar dengan jadwal yang fleksibel, pilihan guru yang beragam dan profesional sehingga menjadikan kita bisa paham tentang materi pelajaran.

Baca juga:

Tisya Novalita: Serunya Belajar di Rumah Dengan Aplikasi Daring

Quizizz, sangat diminati karena  bisa bermain game sambil menjawab pertanyaan secara menyenangkan bagi peserta didik. Aplikasi ini membuat permainan interaktif berupa kuis yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita. Mari kita tanamkan bahwa kegiatan daring di rumah itu menyenangkan, menambah wawasan teknologi, dan membuat kita tidak ketinggalan jaman.

Baca juga:

Lomba Pengisi Liburan Dispendik Surabaya, SPENLUSA Raih Prestasi Ditengah Pandemi

Penulis : Nabila Rasty Rahayu (7-H)
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

20+

One thought on “Nabila Rasty Rahayu: Mengulik Pembelajaran Daring yang Asyik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *