Menjadi Kartini Sejati di Era Pandemi

Sebuah Renungan untuk Para Ibu Sejati

Sejenak kita merenung tentang kondisi apa yang terjadi pada kita sekarang ini. Kita dihadapkan pada situasi yang luar biasa, yang tidak kita sangka akan terjadi pada keluarga kita, kampung kita, kota kita, negara kita bahkan dunia. Pandemi Global yang disebabkan oleh satu virus Covid-19 (Corona Virus Disease – 19).

Kenyataan ini tentu tidak akan pernah terlepas dari kepastian atau takdir yang di berikan oleh Sang Maha Kuasa. Dan pasti ada hikmah dari setiap kejadian yang kita alami. Tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia. Rabbana maa khalaqta hadza baathila..

Untuk sahabatku tercinta, para wanita yang ada di seantero jagad raya. Di hari emansipasi tanggal 21 April ini, biarpun kita tidak bisa berkebaya dan berdandan cantik seperti tahun-tahun sebelumnya, janganlah bermuram hati. Mari kita wujudkan “Dedikasi Hakiki” dari diri kita.

Baca juga:

Rabu Pertama Dan Ketiga, SMPN 10 Surabaya Anggun Dengan Kebaya

Keadaan mengharuskan kita “Stay At Home, Work From Home”. Justru inilah saat-saat yang paling berharga yang bisa kita wujudkan untuk keluarga kita, diri kita, lingkungan kita bahkan sosial dan spiritual kita. Phsycal Distancing tidak berarti Social Distancing, ada banyak yang bisa kita lakukan untuk keluarga dan lingkungan kita.

Biasanya begitu terbatas waktu kita untuk anak-anak dan keluarga. Sekarang begitu luas dan leluasa moment kita berkumpul dengan mereka. Mari kita mulai ‘melukis’ anak-anak kita dengan ‘kuas’ dan aneka elok rona yang akan memberikan warna kehidupan yang indah bagi mereka.

Baca juga: “Hikmah COVID-19

Pendidikan sosial dan spiritual seorang ibu terhadap anaknya adalah dasar yang akan senantiasa melekat dan terpahat pada diri seorang anak. Dan pada kesempatan sekarang yang mana kita semua sedang diharuskan #DirumahSaja, maka kita bisa memanfaatkannya untuk menjadi inspirator untuk mereka. Karena “Kartini Sejati” adalah Kartini yang yang akan selalu menginspirasi bagi lingkungannya, dan kita mulai dari keluarga. Harta yang paling berharga adalah Keluarga.

Selamat Hari Kartini. Semoga dengan kehadiran Covid-19 ini tidak akan mengurangi rasa syukur kita kepadaNya. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang selalu pandai mengambil “Hikmah” dari setiap keadaan.

Surabaya, 21 April 2020

Penulis: Yulistiawati/ @yulistyawati_
Editor: Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

Foto: Linggau Pos

39+

132 thoughts on “Menjadi Kartini Sejati di Era Pandemi

  1. Ayo semangat kan Indonesia walaupun ada virus atau penyakit yang melanda Indonesia tetapi Indonesia pantang menyerah dan walaupun kemarin hari kartini anak anak tetap merayakan tetapi merayakan hari kartini itu di rumah masing-masing, semoga penyakit covid 19 hilang dari bangsa Indonesia, Amin

    3+
  2. Selamat Hari Kartini, dan tetap stay home untuk mencegah penularan COVID-19. Semoga virus COVID-19 cepat selesai, agar kita semua bisa sekolah lagi.

    2+
  3. Karena adanya wabah ini mengharuskan kita untuk melakukan segala aktivitas di rumah, oleh karena itu kita harus tetap dirumah dan berdoa supaya wabah virus ini segera usai.

    0
  4. Selamat hari Kartini dan tetap dirumah aja supaya penyebaran Virus COVID-19.Semoga wabah ini secepatnya selesai supaya kita bisa melakukan aktivitas yang normal.

    1+
  5. Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini dikenalsebagai wanita cerdas. Ia berwawasan terbuka, rela berkorban, kasih sayang dan perhatian, berani dan optimis, serta wanita yang mandiri dan dapat berdiri sendiri tanpa melupakan kodratnya sebagai wanita.
    SELAMAT HARI KARTINI

    1+
  6. Selamat hari kartini,semoga kita diberi kesahatan dan kemudahan dalam menghadapi virus covid-19
    #dirumahSaja

    0
    1. Selamat hari kartini,
      Semoga kita di beri kesehatan dan
      Bisa melewati dan menghadapi virus
      Covid-19.

      0
  7. Kelas:7D/09
    Ayo Semangat kan Indonesia walaupun ada virus/penyakit yang melanda Indonesia tetapi Indonesia pantang menyerah dan walaupun kemarin hari kartini anak anak tetap merayakan hari Kartini itu di rumah masing-masing,semoga penyakit covid 19 hilang dari bangsa Indonesia,amin

    0
  8. Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini dikenal sebagai wanita cerdas. Ia berwawasan terbuka, rela berkorban, kasih sayang dan perhatian, berani dan optimis, serta wanita yang mandiri dan dapat berdiri sendiri tanpa melupakan kodratnya sebagai wanita.
    SELAMAT HARI KARTINI

    0
  9. “Selamat Hari Kartini.kita semua harus Tetap semangat walaupun musibah virus Corona ini sedang melanda dan tetap stay home.

    0
  10. Selamat hari Kartini,semoga kita semua di beri kesehatan agar tidak terserang oleh covid 19, tetap semangat belajar dirumahnya. semoga covid 19 cepat hilang dadi bangsa indonesia,amin.

    1+
  11. Nama : SYIFA’ QURRATUL AINI RAMADHANI
    Kelas/No. : 7d/38

    Selamat hari kartini para wanita indonesia,jadilah terang dalam kegelapan semoga di hari idul fitri besok covid-19 sudah hilang dan para warga bisa bersilaturahmi dengan sesama muslim.mari berbagi dan & bersatu melawan covid-19 tetap semangat walaupun dirumah dan juga yg sedang bekerja di luar rumah.indonesia tidak pernah mengeluh,jadi wanita indonesia juga tidak akan mengeluh melawan covid-19,,aminn jangan lupa TETAP SEMANGAT,,,Terima kasih.

    0
  12. kobarkan semangatmu rakyat Indonesia walaupun ada virus atau penyakit yang melanda Indonesia tetapi Indonesia pantang menyerah dan walaupun kemarin hari kartini anak anak tetap merayakan tetapi merayakan hari kartini itu di rumah masing-masing, semoga penyakit covid 19 hilang dari bangsa Indonesia, Amin

    0
  13. Kelas:7c/05
    Ayo Semangat kan Indonesia walaupun ada virus/penyakit yang melanda Indonesia tetapi Indonesia pantang menyerah dan walaupun kemarin hari kartini anak anak tetap merayakan hari Kartini itu di rumah masing-masing,semoga penyakit covid 19 hilang dari bangsa Indonesia,amin

    0
  14. Selamat Hari Kartini untuk perempuan-perempuan di Indonesia di manapun berada. Semoga kita semua selalu diberikan nikmat sehat, otak yang pandai dan bahagia lahir batin tentunya, stay safe and healthy all.

    0
  15. Ayo menjadi ‘Kartini Sejati’ walaupun wabah COVID-19 tengah melanda Indonesia. Selamat Hari Kartini…

    0
  16. Nama:Tisya Novalita
    Kelas:7D

    “SELAMAT HARI KARTINI”
    Tetaplah menjadi Kartini sejati yang tidak menyerah pada keadaan, terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

    1+
  17. Kelas:7A/24
    Selamat Hari Kartini…
    Tetap ikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah demi mencegah penularan virus Covid19,agar pandemi ini cepat hilang dan kita dapat melakukan aktivitas kita seperti biasanya.

    1+
    1. Selamat Hari Kartini untuk Perempuan di Indonesia.Tetap di rumah untuk memutus rantai penyaluran Virus Corona

      0
  18. Selamat Hari KARTINI, semoga kita sehat selalu dalam menghadapi pandemi covid-19, semoga juga pandemi ini cepat berlalu #dirumahaja, aamiin

    1+
  19. Happy Kartini’s Day. Tetap stay at home agar mencegah rantai penularan virus covid-19 dan tetap menjaga kesehatan, walaupun di hari kartini tahun ini kita stay at home tapi kita tidak usah bersedih dan putus asa kita bisa mengisi hari kartini ini dgn hal yang positif.

    1+
  20. Selamat Hari Kartini. Ayo menjadi ‘Kartini Sejati’ walaupun wabah COVID-19 tengah melanda Indonesia.

    0
  21. Selamat Hari Kartini. Ayo menjadi ‘Kartini Sejati’ walaupun wabah COVID-19 tengah melanda Indonesia.

    0
  22. Kls/absen : 7A/29
    Selamat Hari Kartini…
    Ayo menjadi Kartini Sejati walaupun wabah COVID-19 tengah melanda Indonesia. Stay safe and healthy all.

    0
  23. 8J/04
    Selamat hari kartini
    Tetap semangat menghadapi pandemi mulai dari diri kita sendiri, dengan tetap dirumah dan sosial distancing dapat mengurangi angka tertular orang yg corona di Indonesia ini.
    #HappyKartini’sDay #StayAtHome

    0
  24. Selamat Hari Kartini!!..
    Dengan belajar dirumah kita bisa dijauhkan dari virus COVID-19¿
    Rajinlah cuci tanganmu dan rajinlah menjaga kebersihan,Rajinlah belajar agar bisa meraih cita-cita mu..

    Selamat Hari Kartini !…

    0
  25. Nama : fitriana.kn
    Kelas : 7a/30
    Selamat hari kartini bagi seluruh kaum wanita dan gadis. Semoga kita diberi kesehatan dalam kondisi pandemi covid-19 , tetap semangat juga untuk belajar ya .

    0
  26. Selamat hari Kartini
    Dan semoga diberi kesehatan dihindarkan dari covid-19
    Nama:Fafano Armin Brilliani Fadhli Ramadhan
    Kelas:7D

    1+
  27. Selamat hari Kartini untuk para wanita di Indonesia. Semangat juga warga Indonesia dalam menghadapi COVID19 tetap stay home

    0
  28. Nama : fitriana.kn
    Kelas : 7a/30
    Selamat hari kartini 🙂 tetap patuhi aturan pemerintah dan semangat belajar ya , mari bersama-sama kita berdoa agar berkurangnya penyebaran covid-19 ini.

    0
  29. Selamat hari kartini tetap patuhi aturan pemerintah dan semangat belajar ya , mari bersama-sama kita berdoa agar berkurangnya penyebaran covid-19 ini.

    0
  30. Kelas : 7a/30
    Selamat hari kartini bagi seluruh kaum wanita 🙂 tetap semangat belajarnya meskipun dari rumah ,mari bersama kita berdoa semoga cepat berakhirnya covid-19

    1+
  31. Selamat hari kartini untuk semua perempuan di indonesia,semoga dihari kartini ini perempuan indonesia dapat lebih baik dari sebelumnya,dan semoga kita di beri kesehatan,Aminn……

    0
  32. Nama: Lintang Amelia Lestari
    Kelas: 7A/37
    Selamat hari kartini dan semoga dihindarkan dari segala penyakit

    0
  33. Selamat Hari Kartini.Ayo Semangat kan Indonesia walaupun ada virus/penyakit yang melanda Indonesia tetapi Indonesia pantang menyerah dan walaupun kemarin hari kartini anak anak tetap merayakan hari Kartini itu di rumah masing-masing,semoga penyakit covid 19 hilang dari bangsa Indonesia,amin

    0
  34. Ayo semangat kan Indonesia walaupun ada virus atau penyakit yang melanda Indonesia tetapi Indonesia pantang menyerah dan walaupun kemarin hari kartini anak anak tetap merayakan tetapi merayakan hari kartini itu di rumah masing-masing, semoga penyakit covid 19 hilang dari bangsa Indonesia, Amin

    1+
  35. Kelas 8j/41
    Selamat Hari Kartini…
    Tetap ikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah demi mencegah penularan virus Covid19,agar pandemi ini cepat hilang dan kita dapat melakukan aktivitas kita seperti biasanya.

    0
  36. Nama:audina putri tjahjono
    Kelas/no absn:7B/19

    Tetap semangat dan Jangan lupa berdoa agar virus covid-19 segera berlalu, tetap Jaga kesehatan dan rajin menjaga kebersihan.
    “stay at home and stay safe”
    SELAMAT HARI KARTINI:)

    1+
  37. Nama:audina putri tjahjono
    Kls/no absn:7B/19

    Tetap semangat dan Jangan lupa berdoa agar virus covid-19 segera berlalu, tetap Jaga kesehatan dan rajin menjaga kebersihan.
    “stay at home and stay safe”
    SELAMAT HARI KARTINI:)

    1+
  38. Happy kartini’s day
    ‘Kartini’
    Perayaan hari Kartini saat berbeda ditahun sebelumnya.Dengan adanya wabah covid-19 ini menjadi para perempuan Indonesia berusaha menyelamatkan dirinya sendiri,yang berusaha maju menjadi tim medis untuk menyelamatkan nyawa orang lain.Yang dulu perempuan hanya bisa dirumah dengan adanya ibu kartini perempuan dapat sekolah setinggi-tinginya.Jadi,ayoo…semangtkan Indonesia untuk melawan wabah ini,dan semoga Indonesia lekas membaik.

    1+
  39. Selamat hari kartini
    “Semoga dihari kartini menjadi hari kebahagiaan”
    “Semoga Panjang umur”
    “Dan diberi kelancaran untuk mengusir virus Covid 19.”

    0
  40. 7D feby/26
    “selamat hari kartini” semangat terus belajar di rumah, dan bekerja keras seperti Ra Kartini yg telah berjuang demi kaum wanita. semoga kita juga dapat terhindar dari covid 19

    0
  41. Nama:Salma Zakiyyah
    Kelas/absen:7b/40
    Selamat hari Kartini bagi kaum wanita di seluruh Indonesia.Semoga kita terhindar dari wabah virus covid 19.Tetap di rumah and stay safe.

    0
  42. Nama:intan narita putrie cahyadi
    Kls:7B/28
    Selamat hari kartini untuk semua wanita semoga semua terhindar dari covid-19.

    0
  43. Nama: Elsy Cornelia/7D-12
    “SELAMAT HARI KARTINI”
    Dari perayaan hari Kartini ini berbeda dgn thun sblm nya. Tetap semngat seperti ibu Kartini yg berjuang dan berkorban demi kaum wanita agar layak dan bisa sekolah. Trus smngat beljarr, tetap di rumah, slalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah, rajin” mencuci tgn dgn air mengalir , dan tetap ingat dgn Allah SWT. berdoa agar slalu dalam lindungan Nya . Semoga kita dpat terhindar dri adnya covid-19

    0
  44. Nama:audina putri Tjahjono
    Kls/no absn:7B/19
    Tetap semangat dan Jangan lupa berdoa agar virus covid-19 segera berlalu, tetap Jaga kesehatan dan rajin menjaga kebersihan.
    “stay at home and stay safe”
    SELAMAT HARI KARTINI:)

    0
  45. Nama: Jasmine May
    Kelas: 7A/35
    Selamat hari kartini untuk seluruh wanita Indonesia. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan terhindar dari wabah covid-19. Tetap stay at home and stay safe semua.

    1+
  46. Nama: Amanda Elfarianti Mustofa
    Kelas: 7A/25
    Selamat hari Kartini
    Tetap semangat, terus belajar di rumah, tetap berada dirumah dan senantiasa berdoa agar terhindar dari virus covid 19
    Selamat hari kartini..

    0
  47. Nama: Amanda Elfarianti Mustofa
    Kelas: 7A/25

    Selamat hari kartini:)
    Tetap semangat, terus belajar di rumah, tetap berada di dalam rumah, dan senantiasa berdoa agar terhindar dari virus Covid 19
    Selamat hari kartini..

    0
  48. Nama:Hamidah Rahmadhani
    Kelas :8J

    Selamat hari kartini untuk para wanita di indonesia.Tetap stay at home agar virus corona cepat selelsai.

    0
  49. Nama:audina putri tjahjono
    Kls/no absn:7B/19

    Tetap semangat dan Jangan lupa berdoa agar virus covid-19 segera berlalu, tetap Jaga kesehatan dan rajin menjaga kebersihan.
    “stay at home and stay safe”
    SELAMAT HARI KARTINI:)

    0
  50. Nama:Hamidah Rahmadhani
    Kelas :8J

    Selamat hari kartini untuk para wanita di indonesia.Tetap berdiam diri di rumah agar virus corona cepat selelsai.

    0
  51. Nama:Hamidah Rahmadhani
    Kelas :8J

    Selamat hari kartini untuk para wanita di indonesia.Semangat untuk tetap berdiam diri di rumah.

    0
  52. Nama:Hamidah Rahmadhani
    Kelas :8J

    Selamat hari kartini untuk para wanita di indonesia.Semangat untuk tetap berdiam diri di rumah.

    0
  53. Nama:IVANO ROLIUS KOGOYA
    Kelas:7B/29
    Selamat hari kartini untuk seluruh rakyat indonesia,semoga kita diberikan kemudahan dan rezeki oleh allah SWT dalam menghadapi firus kovid-19

    0
  54. Irsyalia 7D /36

    “Selamat hari kartini”
    Dan semoga semua dijauhkan dari wabah covid 19 agar bisa beraktifitas seperti semula.

    0
  55. Selamat hari kartini:),tetap stay di rumah ya manteman semoga di beri kesehatan dan di hindarkan dari segala penyakit dan viruss.amiinn

    0
  56. SELAMAT HARI KARTINI
    SEMOGA KITA SEHAT SELALU
    DI BERI REZEKI DAN KEMUDAHAN UNTUK MENGADAPI VIRUS KORONA YANG MELANDA NEGERI KITA INI

    0
  57. Kelas/absen:7c/10
    Selamat hari kartini:),tetap stay di rumah ya manteman semoga di beri kesehatan dan di hindarkan dari segala penyakit dan viruss.amiinn

    0
  58. Nama:adzra aniqoh jiwa aulia
    Kelas/no.absen:7A/13

    Selamat hari kartini
    Untuk seluruh wanita Indonesia.
    Tetep lah dirumah dan jaga kesehatan. semoga covid-19 hilang

    0
  59. Nama:adzra aniqoh jiwa aulia
    Kelas/no.absen:7A/13

    Selamat hari kartini
    Untuk seluruh wanita Indonesia.
    Tetep lah dirumah dan jaga kesehatan.

    0
  60. KELAS : 7D /20
    SELAMAT HARI KARTINI DAN SEMOGA KITA DI BERI REZEKI SAN KESEHATAN UNTUK MENGADAPI WABAH VIRUS KORONA YANG TELAH MELANDA INDONESIA

    0
  61. Selamat Hari Kartini untuk seluruh parawanita di Indonesia.Tetap dirumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19

    0
  62. Nama : ERWIN RAHMADHANI PRAYOGA
    Kelas:7D

    Selamat hari kartini.semogah covid-19 cepat hilang.dan kita terhindar dari virus

    0
  63. Fajar Ramadhani Abdul Djalil
    7D absen 20

    Selamat Hari Kartini
    Stay at home supaya terhindar dari pandemi Corona
    Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan
    Stay safe stay healthy:p

    0
  64. Presiden Jokowi: “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.” Raden Adjeng Kartini (1879 -1904). Semoga wabah Covid-19 segera selesai.

    0
  65. Nama :Dias Ridwan R
    Kelas :8J

    “Selamat hari kartini” untuk para wanita di indonesia.Semangat untuk mengerjakan tugas walaupun di rumah saja.

    1+
  66. Selamat hari Kartini untuk wanita Indonesia …tetap semangat dan sehat selalu ya …semoga pandemi Covid -19 cepat berlalu …..Aamiin

    0
  67. Selamat hari Kartini untuk wanita Indonesia …tetap semangat dan sehat selalu ya …semoga pandemi Covid -19 cepat berlalu …..Aamiin

    0
  68. Nama : AZIZAH RAHMA DAMAYANTI
    Kelas : 7B/22

    “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.”~R.A. KARTINI.

    1+
  69. Nama:Al frizyah kusuma yudha
    Kelas:7D
    Selamat hari kartini…. Semoga kita bisa menghadapi Covid19 ini dan semoga kita selalu diberi perlindungan oleh Allah swt
    Semangat

    0
  70. Nama : Raditya Gita Cahyani
    Kelas/Absen: 37
    Semangat hari Kartini gays kita sebagai Kartini generasi muda selalu semangat walau belajar dirumah tetap semangat semoga Indonesia tetap jaya selama lamanya dan bebas dari covid-19.

    0
  71. selamat hari kartini! “jangan mengeluhkan hal-hal buruk yg datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yg membiarkannya datang” -R.A Kartini

    0
  72. selamat hari kartini! “jangan mengeluhkan hal-hal buruk yg datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yg membiarkannya datang” -R.A Kartini

    0
    1. selamat hari kartini!
      “jangan mengeluhkan hal-hal buruk dalam yg datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yg membiarkannya datang”

      0
  73. Nama:Hamidah Rahmadhani
    Kelas :8J

    Selamat hari kartini untuk para wanita di indonesia.Tetap semangat untuk berdiam diri dirumah.

    0
  74. selamat hari kartini!
    “jangan mengeluhkan hal-hal buruk dalam yg datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yg membiarkannya datang”

    1+
  75. Walau ada covid 19,semoga kita tidak melupakan jasa2 R.A Kartini.dan kita terus berdoa agar covid 19 cepat hilang

    0
  76. Selamat hari Kartini untuk seluruh wanita wanita kuat dan pantang menyerah di Indonesia. Ayo tetap semangat walau ada halangan covid 19 , berdoa dan mentaati himbauan yg telah dibuat oleh negara! Lalu mengambil hikmah dari semua ini.

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *