Mars SMP Negeri 10 Surabaya, Menggugah Semangat Menuntut Ilmu Dalam Persaudaraan

Seperti lagu mars pada umumnya yang menggugah semangat, begitu pula mars SMP Negeri 10 Surabaya. Adalah Bapak Mursidi, S.Pd, sosok dibalik terciptanya lagu ikonik SPENLUSA (sebutan SMP Negeri 10 Surabaya) ini. Lagu mars SMP Negeri 10 Surabaya diciptakan pada tahun 2014, tepatnya tanggal 5 Desember.

Berasal dari sebuah keresahan dan harapan Bapak Mursidi tentang siswa yang dikhawatirkan kurang mengetahui keutamaan menuntut ilmu dan persaudaraan dengan teman senasib sepenanggungan yang dipertemukan Tuhan di altar Pendidikan. Maka beliau berinisiatif menciptakan lagu mars tersebut. Dengan intuisi dan imajinasinya dalam bidang seni, terutama musik, Bapak Mursidi merangkai kata dan nada sehingga terciptalah alunan lagu yang liriknya sangat inspiratif ini.

“Semua karya seni tercipta karena suatu keresahan. Maka, lagu mars ini bertujuan menggugah semangat kesadaran akan kebersaman dan menuntut ilmu. Mengingatkan tentang almamater tercinta dan menjadikan anak berguna untuk bangsa dan negara. Masio soro tetep dilakoni (walaupun sulit tetap dijalankan)”, ungkap Bapak Mursidi, yang juga seorang guru Matematika ini.

Guru Matematika, menciptakan lagu mars? Kok bisa?

Bapak Mursidi, S.Pd. Pencipta Mars SMPN 10 Surabaya. (Foto: Dian)

Ya, selain menjadi guru Matematika, Bapak Mursidi juga merupakan sosok yang aktif dalam bidang seni. Hampir semua alat musik bisa beliau mainkan. Bahkan melukis dan drama theater pernah juga aktif beliau lakoni semasa muda dulu.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang multitalenta dan memiliki kompleksitas ilmu. Jadi, sebenarnya tidak harus memiliki latar belakang ilmu yang linier untuk bisa menghasilkan karya. Hal itulah yang sudah saya buktikan, dan harapannya para pemuda pembaharu bangsa bisa sadar akan anugrah Tuhan kepada manusia Indonesia ini”, tambah Bapak Mursidi.

Baca juga:

Menjadi Kartini Sejati di Era Pandemi

Awal terciptanya lagu mars ini langsung diajarkan secara serius pada Masa Orientasi Siswa baru (MOS), yang kemudian berganti nama menjadi Layanan Orientasi Siswa (LOS) dan terakhir menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Awalnya lagu mars ini tercipta dalam satu bait. Dalam perkembangannya, beberapa bulan kemudian Ibu May Yustina, S.Pd, salah satu guru Seni Budaya SMP Negeri 10 Surabaya menambahkan satu rangkaian bait lagi, sehingga menjadi dua bait, lengkap dengan partiturnya.

“Saya hanya menambahkan bait dan menuliskan partitur saja. Harapan saya, mars ini sebagai “lagu kebangsaan” SPENLUSA yang sesuai dan menjadi bagian visi misi sekolah, diantaranya berwawasan budaya, beriman dan bertaqwa”, jelas Bu May.

Bapak Mursidi, S.Pd dan Ibu May Yustina, S.Pd. Sosok Dibalik Mars SPENLUSA. (Foto: DIan)

Berikut lirik lengkap dan partiturnya:

Disini kita bertemu
Hakikatnya kita bersaudara
Merajut cita cita himpun s’gala asa
Tuk masa depan yang bermakna

SPENLUSA almamater kita
SMP Negeri Sepuluh Surabaya
Disini ku ditempa belajar dan berdo’a
Bak masuk kawah candradimuka

* Teguhkan tekad dan semangatmu
Berjuang tuk menuntut ilmu
Jadikan diri ini Kusuma negara
Jayalah slalu bangsaku

Mari bangun nusa bangsa
Tanah air kita yang tercinta
Berwawasan budaya beriman dan bertaqwa
Tertanam pada diri kita

Spenlusa almamater kita
SMP Negeri Sepuluh Surabaya
Siap untuk bersaing s’lalu berprestasi
Cerdas dan berbudi pekerti

Kembali ke-*

Dan berikut video lagu mars SMP Negeri 10 Surabaya oleh guru-guru SPENLUSA

Mars SMP Negeri 10 Surabaya oleh Bapak Ibu Guru SPENLUSA

Nah… Sobat pelajar, ditengah kondisi darurat Covid-19 seperti sekarang ini, tetap teguhkan tekad dan semangat kalian ya! Berjuang untuk menuntut ilmu, seperti lirik Mars SPENLUSA diatas.

Baca juga:

Hikmah COVID-19

Oh iya.. Siapa vocal favorit kalian pada lagu Mars SPENLUSA diatas? Tulis di kolom komentar yaa…!!

Jurnalis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

67+

26 thoughts on “Mars SMP Negeri 10 Surabaya, Menggugah Semangat Menuntut Ilmu Dalam Persaudaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *