Live Talkshow “SPENLUSA Inspiration” Seri 4 – Alumni Plus Guru, Serta Segudang Prestasi

Jum’at (03/09/2021) acara Live Talkshow yang rutin diadakan oleh SPENLUSA ini kembali hadir dalam seri keempatnya. Yang pada kesempatan kali ini mengangkat tema “When I Was Student At SPENLUSA”. Menghadirkan Dra. Putri Hayuningtyas, M.Pd sebagai guru Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia SPENLUSA dan juga Niken Gratiana, S.Pd selaku guru IPS SPENLUSA sebagai narasumber. Kebetulan keduanya merupakan alumnus SPENLUSA dengan segudang prestasi yang membanggakan. Pada live talkshow kali ini May Yustiana, S.Pd mendapatkan kesempatan sebagai Host untuk memandu jalannya talkshow yang sangat menginspirasi ini.

Baca juga:

Achmad Kusaeni, ‘Putu Warok’ yang 100% SPENLUSA

Sesuai dengan jargon acaranya, live talkshow kali ini sangat-sangat menginspirasi dan memberikan motivasi bagi peserta didik, calon peserta didik, maupun alumni dari SPENLUSA. Bu Putri menjadi siswa di SPENLUSA mulai dari tahun 1976-1979 sedangkan Bu Niken tahun 1981-1984, mereka membagi kisah berkesan ketika masih bersekolah di SPENLUSA ini. Baik Bu Putri ataupun Bu Niken kompak menyatakan bahwa SPENLUSA merupakan sekolah yang kaya dengan prestasi gemilang dan para alumni yang sukses.

Bukan hanya prestasi tingkat provinsi saja tingkat nasional pun digaet, bahkan Menteri Sosial kita pun alumni dari SPENLUSA juga lho. “Termasuk Ibu Tri Rismaharini pun alumni dari SPENLUSA.” Ujar Bu May

Live talkshow “Spenlusa Inspiration” seri#4.

Bu Putri sendiri merupakan guru berprestasi dengan memenangkan lomba Guru Inovatif tingkat provinsi pada tahun 2014 dan pada tahun 2015 kembali meraih kategori sebagai pemenang di lomba Guru Inovatif namun setingkat diatasnya yakni di tingkat nasional.

“Ketika saya mengikuti lomba saya tidak pernah mengharapkan saya menang tapi saya selalu berusaha memberikan yang terbaik”, tutur Bu Putri. Selain itu beliau juga mengisahkan tentang perjalanannya di Australia karena berhasil mendapatkan prestasi di tingkat nasional. Hal yang sangat berkesan sewaktu di Australia menurut beliau yakni ketika mendapatkan pembelajaran University of Melbourne beliau bisa langsung menerapkannya di salah satu SMA yang ada disana.

“Benar-benar pengalaman berharga dan sangat menginspirasi”, ucap Bu Putri sembari mengenang kembali pengalamannya di Australia kala itu.

Baca juga:

Live Talkshow “SPENLUSA Inspiration” Seri 3, Alumni Berprestasi dan Nasionalisme

Sama halnya dengan Bu Putri, Bu Niken pun juga guru yang kaya akan pengalaman berharga dan membanggakan. Beliau pernah mengikuti pertukaran guru RSBI dan pelatihan guru SMP di Thailand dan Busan, Korea Selatan. Beliau di Thailand selama 2 minggu sedangkan di Busan, Korea Selatan selama 1 bulan.

“Wah benar-benar ‘kenyang’ 1 bulan”, goda Bu May. Selama mengikuti pertukaran dan pelatihan guru, Bu Niken mempelajari metode dan cara pendidikan disana yang bisa diterapkan di Indonesia. Bahkan termasuk sistem zonasi yang dirasa efektif untuk mengurangi keterlambatan peserta didik.

Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)” itulah sepenggal kalimat penuh inspirasi yang Bu Niken lontarkan di penghujung acara untuk memotivasi para siswa khususnya di SPENLUSA.

Narasumber, Host, dan segenap kru yang bertugas. (Foto: Nazila)

Simak video selengkapnya:

Jurnalis : Ainun Farahat (Mahasiswa PLP UNESA) / @farhalilah
Editor dan Publisher: Humas SPENLUSA

96 thoughts on “Live Talkshow “SPENLUSA Inspiration” Seri 4 – Alumni Plus Guru, Serta Segudang Prestasi

  1. Nama: Jacko putra lucky
    Absen: 12
    Kelas: 7J
    Motivasi: Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)

  2. Nama: Jacko putra lucky
    Absen: 12
    Kelas: 7J
    Motivasi: Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah

  3. Nama : M. Alvino Amir
    Kelas :7d
    Absen : 23

    Motivasi :Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah

  4. Nama : WILDAN LAZUARDI DWI FAJAR
    Absen : 33
    Kelas : 7D
    Motivasi : Ketika saya mengikuti lomba saya tidak pernah mengharapkan saya menang tapi saya selalu berusaha memberikan yang terbaik

  5. Nama,: Septiafitri Angely Narnia
    Kelas:7L
    No.Absen:17
    Wahh.. ternyata banyak alumni SMP Negeri 10 yang berprestasi terimakasih Bu Niken dan buputri yang sudah membuat saya termotivasi untuk belajar lebih giat.

  6. Nama : ADILLA APRILLIA
    Kelas. : 9D. Absen : 01

    Inpisari: “Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)”

    Motifasi: I hope I can be more active in learning so that I can be like Teacher Niken Gratiana, S.Pd anda Teacher Dra. Putri Hayuningtyas, M.Pd .
    So that I can inspire others too.
    (Semoga saya bisa lebih giat lagi dalam belajar agar bisa seperti Guru Niken Gratiana, S.Pd dan Guru Dra. Putri Hayuningtyas, M.Pd .
    Agar saya bisa menginspirasi orang lain juga.)

  7. Nama : Anisa Ramadhani Ersa
    Kelas : 9K
    No. absen : 3
    Motivasi : Ketika mengikuti perlombaan saya tidak pernah berharap untuk menjadi juara tetapi saya akan menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan.

  8. Nama: Rachel Jessica Rivera
    Kelas: 9A
    No absen: 25
    Motivasi: Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah

  9. Nama : Erina Ika Ramadani
    Kelas : 9I
    Absen : 20
    Motivasi : Ketika mengikuti perlombaan saya tidak pernah berharap untuk menjadi juara tetapi saya akan menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan, dan Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah.

  10. Nama: FELIX PRAYOAGA
    Kelas:8G
    No.Absen:14
    Saya bangga sekolah & belajar bersama guru² hebat seperti bu niken dan bu putri semoga banyak siswa siswi smpn10 bisa seperti bu putri & bu niken

  11. Nama : Nailah Kurnia Ramadhani
    Kelas : 7A
    No absen : 25
    Motivasi : Sedikit kemajuan setiap hari di dalam dirimu, menambah sesuatu hingga hasil yang besar

  12. Nama : MAHARDIKA PUTRA WIRNANDA
    Kelas : 9K
    Absen : 23
    Motivasi : Ketika mengikuti perlombaan saya tidak pernah berharap untuk menjadi juara tetapi saya akan menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan, dan Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah.

  13. Ketika mengikuti perlombaan saya tidak pernah berharap untuk menjadi juara tetapi saya akan menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan, dan Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah.

  14. Nama : Nailah Kurnia Ramadhani
    Kelas : 7A
    No absen : 25
    Motivasi : Sedikit kemajuan setiap hari di dalam dirimu, menambah sesuatu hingga hasil yang besar.

  15. Nama : Aisyah Gendis Damayanti
    Kelas : 7H
    Absen : 9
    Motivasi yang saya dapat :
    Ketika mengikuti perlombaan jangan berpikir untuk menang tetapi pikirkan lah untuk menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan, Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself!

  16. Nama : Bella Oktavia Putri Chahyono
    Kelas : VII D
    No.absen : 07
    Motivasi : Be yourself, don’t be someone else, because victory comes from yourself, not from others. ( jadilah dirimu sendiri jangan menjadi orang lain, karena kemenangan berasal dari dirimu sendiri, bukan dari orang lain)

  17. Nama : Naura Indra Shafa Putri
    Kelas : VII D
    No.absen : 28

    Motivasi dan inspirasi : “Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)”

  18. Nama: VISTA SOFFIA IZZATUN NISWAH
    No. Absen: 30
    Kelas: 7H

    Saya bangga dengan prestasi yang dihasilkan oleh Bu Niken, dan Bu Putri. Saya harap siswa-siswi SMPN 10 bisa mendapatkan prestasi seperti Bu Niken dan Bu Putri. Keep spirit, don’t give up and be yourself. Tetaplah berjuang walau lelah. Tetap berjuang sebaik-baiknya. Tetap semangat dan raihlah prestasi setinggi mungkin.

  19. Nama : Bella Oktavia Putri Chahyono
    Kelas : VII D
    No.absen : 07
    Motivasi : I want to be myself not someone else, because victory comes from ourselves, not from others. ( Aku ingin menjadi diriku sendiri bukan menjadi orang lain, karena kemenangan datang dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain )

  20. Nama : SALWA NA’IM ADIENA
    Kelas : 9K
    Absen : 35
    Motivasi yang saya dapatkan : “Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself!

  21. Nama: Salma Zakiyyah
    Kelas: 9K
    Absen: 34
    Motivasi: Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, berprestasilah setinggi mungkin dan jangan pantang menyerah.

  22. Nama : Athaiyah Rasendra Alfarizi Putra
    Kelas : 9i
    No Absen : 07
    Motivasi : Ketika saya mengikuti suatu Perlombaan saya tidak akan mengharapkan untuk menang yang saya inginkan hanyalah melakukan yang terbaik untuk setiap waktunya, saya tak ingin melihat dan membandingkan diri saya dengan orang lain saya hanya ingin menjadi diri saya sendiri, dan ketika saya gagal daya tidak akan merasa bersedih karena itu hanya membuang waktu yang akan saya lakukan adalah terus belajar dan pantang menyerah.

  23. Nama : Bella Oktavia Putri Chahyono
    Kelas : VII D
    No.absen : 07
    Motivasi : Be proud to be yourself, and never think that you are under the people who have insulted you. ( Banggalah menjadi dirimu sendiri, dan jangan pernah menganggap bahwa dirimu berada dibawah orang orang yang telah menghinamu )

  24. Nama: Saskia Nur Aprilia
    Kelas: 8G
    No absen: 34
    Berbagai prestasi bisa diraih jika kita berusaha, tidak meniru orang lain dan jadi diri sendiri

  25. Nama : Fathir Astriansyah
    Absen : 14
    Kelas : 8H
    Motivasi :Ketika mengikuti perlombaan saya tidak pernah berharap untuk menjadi juara tetapi saya akan menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan.

  26. Motivasi :Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah

  27. Nama:Raka Fatih Widyanto
    Kelas:8H
    No absen:30
    Jangan pernah kau menyamakan dirimu dengan orang lain karena dirimu dan mereka tidak sama terus berusaha dan jangan menyerah meraih prestasi prestasi tidak bisa di beli melainkan di raih

  28. NAMA: HESSEL DWI ARTA ANUGRAH
    KELAS: 9F
    NO. ABSEN: 14
    MOTIVASI: BERSAKIT – SAKIT DAHULU BERSENANG – SENANG KEMUDIAN

  29. Nama : Bella Oktavia Putri Chahyono
    Kelas : VII D
    No.absen : 07
    Motivasi :
    I am me and no one else can be me, and success comes from yourself, not from other people.
    ( Aku adalah aku dan tidak ada satupun orang yang bisa menjadi aku, dan sebuah kesuksesan itu berasal dari diri kalian sendiri, bukan dari orang lain )

  30. Nama : Naura Al Shafira
    Kelas : 8G
    Absen : 28

    Motivasi: Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri).

  31. Nama : Diyana Kamil
    Kelas : 9I
    No.absen : 17

    Motivasi :
    Saat mengikuti perlombaan jangan memikirkan menang atau tidaknya, yang terpenting berusahalah untuk memberikan yang terbaik. Dan selalulah untuk menjadi diri sendiri

  32. Nama: Raisya Nayfathul Muchtar
    Kelas: 7F
    No.Absen : 25

    Motivasi: Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)

  33. Nama:Cinta aurella .N.
    Kelas:7G
    No.absen:07
    Motivasi:Be yourself, don’t be someone else, because victory comes from yourself, not from others. ( jadilah dirimu sendiri jangan menjadi orang lain, karena kemenangan berasal dari dirimu sendiri, bukan dari orang lain)

  34. Nama:Cinta aurella .N.
    Kelas:7G
    No.absen:07
    Motivasi:kita harus jadi diri,jangan lah pantang menyerah dalam mengikuti perlomba an

  35. Nama: Revirra Berlinda Rdasya
    Kelas: 8H
    No.absen: 33
    Motivasi: Jangan menyerah berbagai prestasi, Prestasi bisa diraih dengan cara kita berusaha, Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri).

  36. Nama : Gusti Aqsho C.Z
    Kelas : 7 A
    Absen : 21
    Motivasi : Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah.

  37. Nama: Nafla Hasna Zahira Shobiroh
    Kelas:8H
    Absen:25
    Motivasi : Ketika saya mengikuti lomba saya tidak pernah mengharapkan saya menang tapi saya selalu berusaha memberikan yang terbaik

  38. Nama: Nabilah Mu’alifah
    Kelas: 9i/30

    Motivasi: “Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)” itulah motivasi yang disampaikan oleh Bu Niken. Dari motivasi beliau saya menjadi lebih yakin bahwa usaha tak akan mengkhianati hasilnya

  39. Nama: Nada Kamilah
    Kelas: 7d / 27

    Saat mengikuti lomba jangan mengharapkan sebuah kemenangan tapi berusahalah yang terbaik. Tetaplah menjadi dirimu sendiri dengan tidak meniru dan membandingkannya dengan orang lain.

  40. Nama: Fatimah Nuril Izzah
    Kelas: 8i
    Absen: 13
    Motivasi: Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, berprestasilah setinggi mungkin dan jangan pantang menyerah

  41. Nama: Yovie Kilat Anggada
    Kelas: 8i
    No.Absen: 39

    Motivasi:“Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)”

  42. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, berprestasilah setinggi mungkin dan jangan pantang menyerah

    1. Nama:Vinzaleafi
      Kelas:7L
      Absen:25
      Komentar: tetap semangat saat mengikuti perlombaan jangan sampai menyerah, karena kalau kita berusaha pasti hasil tidak akan menghianati kita. Semangat!!!

  43. Nama: Ali Fani Ismawati
    Kelas: 7A
    No absen: 5
    Motivasi : mengikuti lomba jangan mengharapkan sebuah kemenangan tapi berusahalah yang terbaik. Tetaplah menjadi dirimu sendiri.

  44. Nama : Elsy cornelia
    Kelas : 9I
    absen : 19
    motivasi : Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)

  45. Nama: Ali Fani Ismawati
    Kelas: 7A
    No absen: 5
    Motivasi : Mengikuti sebuah lomba jangan mengharapkan sebuah kemenangan tapi berusahalah yang terbaik.
    Berprestasilah setinggi mungkin dan jangan pantang menyerah.

  46. NAMA:MUHAMMAD RIZQI SYAWALUDIN
    KELAS:9K
    NO ABSEN:28

    Saya bangga dengan prestasi yang dihasilkan oleh Bu Niken, dan Bu Putri. Saya harap siswa-siswi SMPN 10 bisa mendapatkan prestasi seperti Bu Niken dan Bu Putri. Keep spirit, don’t give up and be yourself. Tetaplah berjuang walau lelah. Tetap berjuang sebaik-baiknya. Tetap semangat dan raihlah prestasi setinggi mungkin.

  47. Nama:satria afattah rozzaqi romadhon
    Kelas:7d
    No absen:32
    Motivasi:tetap lah berusaha dalam memenangkan perlombaan yakin lah bahwa usaha tidak kan menghianati hasil

  48. NAMA: MUHAMMAD RIZQI SYAWALUDIN
    KELAS: 9K
    NO ABSEN: 28

    Saya bangga dengan prestasi yang dihasilkan oleh Bu Niken, dan Bu Putri. Saya harap siswa-siswi SMPN 10 bisa mendapatkan prestasi seperti Bu Niken dan Bu Putri. Keep spirit, don’t give up and be yourself. Tetaplah berjuang walau lelah. Tetap berjuang sebaik-baiknya. Tetap semangat dan raihlah prestasi setinggi mungkin.

  49. NAMA: AZ ZAHRA SAMUDERA SABILILLAH
    KELAS: 7A
    NO. ABSEN: 13
    Motivasi: gagal di perlombaan urusan nanti yg terpenting kita berani mencoba dan mencoba.

  50. Nama:Citra ayu Wulan sari
    Kelas:7D
    No absen:08
    Motivasi saya adalah jika saya mengikuti lomba saya akan terus berjuang dan meraih kemenangan perlombaan ituu,jika saya kalah berarti masih bukan rejeki saya

  51. Nama : FARREL AKBAR NOVANSYAH
    Kelas : 7-J
    No : 05
    Rangkuman :Ketika mengikuti perlombaan saya tidak pernah berharap untuk menjadi juara tetapi saya akan menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan, dan Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah.

  52. Nama : Nayla Mutiara Andharu
    Kelas : 7F
    No. Absen: 20
    jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain yang belum tentu benar, tetap menjadi dirimu sendiri, dan cintailah dirimu.. Jangan patah semangat yaa…

  53. Nama : fioren naurah k.h
    Kelas : 7A
    No. Absen : 19
    Motivasi : menjadi diri sendiri lebih baik daripada menuruti kata orang yang membuat kita tidak percaya diri.

  54. Nama : Vanya Lunamyra Tiannov
    Kelas : 8i
    No absen : 36

    Motivasi : tetaplah menjadi diri sendiri, jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain, jangan meniru orang lain dan mencintai diri sendiri apa adanya. Beyourself jangan suka membanding bandingkan diri sendiri juga dengan orang lain karena belum tentu orang lain bisa seperti kmu juga

  55. Nama:Wahyu Bagus Kurniawan
    Kelas:8i
    No absen:37
    tetaplah menjadi dirimu sendiri, berprestasi sendiri,dan bangkit dari kesalahanmu sendiri. Terimikasih BU.PUTRI M.PD dan BU.NIKEN S.PD memberi motivasi-motivasi giat untuk belajar di SMPN 10 SURABAYA.

  56. Nama: Erlinda Wanda Sasmita
    Kelas:8i
    Absen:11
    Motivasi :Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah

  57. Nama:Revino Rizky Kartiko
    Kelas:8i
    Absen:29
    Tetaplah jadi dirimu sendiri,jangan bandingkan dirimu dengan orang lain ,jangan meniru orang lain dan cintai diri sendiri apa adanya. Yakinlah dan percaya diri pada kemampuanmu sendiri

  58. Nama: Jesica marcella putri
    Kelas: 9A
    No. Absen: 11
    jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri

  59. Nama : Fathimah Auzah Putri
    Kelas : 8G
    No. Absen : 11
    Motivasi : “Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)” . Berprestasi lah setinggi mungkin dan jangan mudah menyerah.

  60. Nama: Marfela Bintang Wibowo
    Kelas: 7-J
    Absen: 27
    Bahwa saat kita mengikuti lomba, walaupun tidak menang tetapi kita harus berusaha memberikan yang terbaik bagi semua orang

  61. Nama:ilma assyifa khadafi
    Kelas dan absen:7J/09
    Ketika mengikuti perlombaan saya tidak pernah berharap untuk menjadi juara tetapi saya akan menampilkan yang terbaik untuk menjuarai perlombaan, dan Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah.

  62. Nama: ma’rifatus Sholecha Putri Irawan
    Kelas: 7J
    Absen:23

    Inspirasi:Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)” itulah sepenggal kalimat penuh inspirasi yang Bu Niken

    Motivasi: kita tidak perlu menjadi orang lain untuk menjadi sukses cukup menjadi diri sendiri tanpa membandingkan kesuksesan orang lain. Percaya dirilah dan berusahalah semaksimal mungkin untuk membuktikan pada semuanya bahwa usaha tidak kan menghianati hasilnya

  63. Nama: Evamarch Aura Disti.
    Kelas: 7-D
    Absen: 13

    Ketika mengikuti suatu lomba, jangan mengharapkan kemenangan, berusahalah memberikan yang terbaik. Ambillah hikmah dan pengalaman yang berharga, serta hal-hal yang menginspirasi. Jangan membandingkan diri dengan orang lain, jangan meniru orang lain, cukup jadilah dirimu sendiri.

  64. Nama : Reva adelia
    Kelas : 8i
    No urut : 28
    “Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself!” Dan artinya jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri.

  65. Nama : Andika Ngulandara
    Kelas : 8H
    Absen : 8

    Motivasi : Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri). Dan juga, kita tidak boleh gampang menyerahkan begitu saja. Masih banyak kesempatan untuk kita supaya menjadi yang tebaik

  66. Vanessa Sherly J.

    Motivasi :Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! { jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri } ,dan jangan mudah menyerah Fighting!! You’re the best!!!!!

  67. Nama: Rezky Widan Pratama
    Kelas: 7F
    Absen: 28

    Motivasi:Motivasi :Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri),dan jangan mudah menyerah

  68. Nama : Aurella dien madinia nusmadaka
    Kelas : 7D
    Absen : 04

    Motivasi : setiap saya mengikuti perlombaan saya tidak hanya berharap menang saya juga mendapat beberapa ilmu yg bermanfaat dan saya selalu berusaha semaksimal mungkin walaupun saya tidak sanggup melakukan yg terbaik saya tetap tidak putus asa

  69. Nama : Nindira Maya Zaskia
    Kelas : 8a
    Absen : 26
    Motivasi : Tetaplah jadi dirimu sendiri, jangan bandingkan dirimu dengan orang lain, jangan meniru orang lain dan cintai diri sendiri apa adanya. Yakinlah dan percaya diri pada kemampuanmu sendiri

  70. NAMA : ALIYA SETYA ARNI
    KELAS : 7A
    ABSEN : 8
    setiap orang pasti memiliki ketrampilan tersendiri jadi jangan membandingkan diri dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri

  71. NAMA : MOCH AFTIRIL HAMDANI
    KELAS :7F
    ABSEN : 12
    tetap lah berusaha dalam memenangkan perlombaan yakin lah bahwa usaha tidak kan menghianati hasil

  72. NAMA : MOCH AFTIRIL HAMDANI
    KELAS :7F
    ABSEN : 12
    tetap lah berusaha dalam perlombahan dan Jagan menyerah yakin lah bahwa usaha tidak kan menghianati hasil

  73. ketika saya mengikuti lomba saya tidak terlalu berkeinginkan untuk menang tetapi saya akan menampilkan yang terbaik di hadapan orang-orang dan menambah rasa keyakinan pada diri kita bahwa kita bisa mencapai semua dari diri kita sendiri.

  74. Nama : Salsabilla Estiningtyas
    Kelas : 8G
    Absen : 33

    Motivasi : “Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)” .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *