Kangen Kartolo JTV, Cak Dian Raih Kidungan Terbaik November

Dian Eko Restino, S.Pd., Gr. berhasil meraih kidungan terbaik November di acara “Kangen Kartolo” JTV. Acara yang tayang setiap hari Kamis dan Jumat pukul 18.00 – 19.00 WIB ini selalu menampilkan video parikan kiriman pemirsa di akhir segmen. Kemudian setiap bulannya akan dipilih 3 parikan terbaik untuk mendapatkan hadiah dari JTV.

Tak ketinggalan, guru-guru SMPN 10 Surabaya turut berpartisipasi mengirim video parikan Kangen Kartolo tersebut. Yang pertama adalah Drs. Sumantri (Cak Mantri). Beliau membuat kidungan unik tentang kemajuan teknologi dan pendidikan anak. Kidungan guru Seni Budaya ini tayang pada acara Kangen Kartolo JTV edisi Kamis (19/11/2020).

Sedangkan Dian Eko Restino, S.Pd., Gr. mengirim video kidungan khusus untuk hari guru. Guru Bimbingan dan Konseling (BK) ini ngidung dengan lirik-lirik kocak berkaitan dengan sekolah daring dan pesan-pesan moral kepada siswa selama belajar di rumah. Dan Kangen Kartolo JTV Jumat (20/11/2020) menayangkan kidungan Cak Dian tersebut.

Cak Dian ngidung di Kangen Kartolo, JTV. (Foto: JTV)

Akhirnya, video kidungan dari Cak Dian terpilih menjadi kidungan terbaik bulan November 2020. Pria kelahiran Tulungagung ini mengungkapkan tidak menyangka akan meraih kidungan terbaik, karena ia membuatnya dengan sederhana. Dan ia pun kaget ketika dihubungi oleh Rofi Pareno, Asisten Produser pada acara tersebut.

Nggak nyangka. Ya cuma parikan sederhana, ngrekam cuma pake handphone. Kamis malam (26/11/2020) sekitar jam 8 dapat WhatsApp dari Pak Rofi, katanya parikan saya dapat juara 1 untuk bulan November. Lha wong saya baca WA itu juga agak setengah sadar, jam 2 malam. Soalnya habis Isya’ waktu itu sudah ketiduran, hehe”, ungkapnya.

Baca juga:

“Persiapan Sekolah Tatap Muka, Siswa Kelas IX Jalani Tes Swab”

Dengan mengenakan batik PGRI, pria kelahiran Tulungagung ini membawakan parikannya dengan santai, namun maknanya mengena sehingga suasananya menarik dan jenaka. Hal itulah yang mengantarkan Cak Dian menyabet juara 1 dari peserta parikan yang lainnya. Cak Dian juga mengaku sangat mengagumi Cak Kartolo.

“Wah, beliau (Cak Kartolo) adalah legenda. Tokoh yang sangat ikonik bagi Jawa Timur. Dalam pengajian Cak Nun, beliau sering hadir mengisi acara. Dan saya sering hadir. Bisa dipastikan saya pasti ngakak-ngakak kalau Cak Kartolo gojlokan sama Cak Nun. Saya mendengar ada acara Kangen Kartolo di JTV dan menayangkan kiriman parikan dari pemirsa. Saya tertarik dan kemudian mencoba mengarang ngidung walaupun suara saya tidak begitu pas”, tambahnya.

Baca juga:

“Belajar Matematika Lebih Mudah Bersama Bu Iness di Acara “Sinau Nang Omah”

Cak Dian juga memberikan pesan-pesan moral pada kidungannya ini, terutama untuk para siswa. Ia juga menginginkan para siswanya tertarik terhadap budaya daerahnya, melalui salah seorang tokoh budaya bernama Cak Kartolo.

“Kepada para siswa, yang saat ini sementara harus belajar di rumah, ayo kita terus belajar. Ojo sampek kalah karo males. Dan mari kita cintai budaya-budaya khas kita, salah satunya seni kidungan. Bagi kalian yang tertarik ingin ngidung, silahkan hubungi saya atau Pak Sumantri. Nanti kita bimbing dan bisa kita kirim ke JTV untuk ditayangkan di acara Kangen Kartolo. Masa pandemi kita harus tetap kreatif dan semoga menginspirasi”, tutupnya.

Berikut video kidungan selengkapnya:

Kidungan Cak Dian di acara Kangen Kartolo. (Video: Instagram)

Jurnalis : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Editor : Rahayu/ @rahayupinter
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

+20

3 thoughts on “Kangen Kartolo JTV, Cak Dian Raih Kidungan Terbaik November

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *