Inessa Amelia Nova, S.Pd. dan Pilihan Menjadi Guru Full Time Keluarga

Akhir bulan Juni  2021, Inessa Amelia Nova mengakhiri masa tugasnya sebagai guru Matematika di SMP Negeri 10 Surabaya. Bu Ines, sapaan akrabnya ia menuturkan sebenarnya berat untuk meninggalkan SMP Negeri 10 Surabaya. Karena ia sudah 4 tahun mengabdi disini dan sudah akrab dengan rekan-rekan guru, dan juga siswa SMPN 10 Surabaya. Berikut ini profil singkatnya:

Inessa Amelia Nova, lahir di Nganjuk pada tanggal 24 Agustus 1995. Masa Sekolah Dasar ia lalui dengan berpindah-pindah antara Tangerang dan Surabaya. Kelas 1-3 SD di Surabaya. Memasuki kelas 4 SD, ia kembali lagi bersekolah di Tangerang dan tidak lama kemudian kelas 5 SD balik Surabaya hingga sampai sekarang. Bu Ines melanjutkan menempuh pendidikan di SMPN 26 Surabaya, SMAN 12 Surabaya dan kemudian berhasil meraih gelar S-1 Pendidikan Matematika di Universitas PGRI Adibuana (UNIPA).

Baca juga:

Belajar Matematika Lebih Mudah Bersama Bu Iness di Acara “Sinau Nang Omah”

Kecintaan Ibu Inessa kepada dunia pendidikan akhirnya mengantarkannya menjadi pengajar matematika di SPENLUSA . Rupanya Ia sudah terjun di dunia pendidikan semenjak di bangku kuliah. Dimulai dari ia mengajar privat dari rumah ke rumah. Menempuh PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di SMP Negeri 10 Surabaya, hingga menjadi guru matematika di SMP Negeri 10 Surabaya. Bahkan, Bu Ines  pernah menjadi perwakilan OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika tahun 2016 di Universitasnya. 

Hidup adalah pilihan. Dan setiap pilihan mengandung konsekuensi yang menjadi keniscayaan. Mungkin itulah yang dihadapi dalam kehidupan Bu Ines. Perempuan berkacamata ini mengakui berat sekali meninggalkan SPENLUSA. Keputusan yang diambil pun menjadi penentuan kehidupan selanjutnya. Yang pada akhirnya, ia memilih untuk mengabdi pada tugas yang sangat suci, yaitu keluarga.

“Aku sempet nangis pada waktu itu  kenapa harus resign guru kan cita cita ku dari kecil. Tapi pas pulang ke rumah ternyata aku melihat anakku menangis ketika gak ada ibunya. Langsung detik itu juga gak ada perasaan menyesal atau apa. Ya aku belajar gak boleh egois. Gak semua yang  aku mau yang terbaik. Pilihan Allah yang terbaik. Keputusan ini mungkin sangat berat tetapi semua adalah pilihan, memilih untuk mengabdikan diri untuk keluarga”, jelasnya.

Bu Iness saat menjadi pembina upacara, Februari 2019. (Foto: Dian)

Sebenarmya bu Inessa pandai membagi waktunya  antara profesinya sebagai guru, passionnya di dunia pendidikan, dan keluarga. Baginya, berhenti sebagai guru di sekolah tidak berarti berhenti sebagai pengajar dan pendidik. Sekarang, ia menjadi guru dan pendidik bagi anak-anaknya secara full time.

“Guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia yang bertugas mencerdaskan anak bangsa.  Ini pilihan yang sangat sulit. Menjadi Ibu rumah tangga tentu idaman setiap istri. Bisa menjaga anak 24 jam. Menjadi guru pun adalah passion saya yang sangat saya senangi. Meskipun bekerja tapi saya tetap memprioritaskan keluarga kok. Tapi saya juga suka mengajar, menjalaninya pun tidak setengah-setengah. Dengan sepenuh hati dan ikhlas. Puji syukur tahun ini saya dititipkan anugerah yang tak ternilai lagi,   hamil anak ke-2. Dan keyakinan itu semakin kuat. Mungkin ini cara Allah agar saya break sejenak di dunia pendidikan dan  mengabdikan diri untuk keluarga”, ucapnya.

Bu Inessa  pun menyampaikan kesan dan pesannya selama di SPENLUSA. Ia mengatakan bahwa sangat mudah akrab kepada rekan-rekan guru. Pesan yang ia berikan kepada para peserta didik memang sangat pas disaat kondisi pandemi yang melanda seperti sekarang ini.

Baca juga:

Persiapan Tahun Ajaran 2021-2022, Kepala SMPN 10 Surabaya Berikan Sosialisasi kepada Wali Murid Kelas VII

”Semua teman guru dan siswa baik semuanya, sudah seperti keluarga. Jadi pas ngajar enjoy banget, tapi memang pas pandemi gak ketemu langsung anak-anak jadi sedikit berkurang enjoynya. Sedih juga karena anak-anak tidak maksimal menyerap pelajaran dibanding dengan tatap muka langsung. Teman- teman guru juga tidak beda-bedain. Yang senior ramah-ramah, yang sejawat asik banget orangnya. Pesan saya buat anak-anak, semangat menuntut ilmu di kondisi apapun. Menuntut Ilmu adalah amalan yang kekal. Rasulullah pernah bersabda bahwa salah satu amalan yang akan dibawa sampai mati kelak adalah ilmu. Ketika ilmu kita bermanfaat bagi orang banyak maka tiada henti pahala mengalir kepadanya. Dengan belajar disekolah, akan membuka pola pikir kita, belajar itu mendewasakan kita.” pungkasnya.

Bu Inessa mengucapkan Terima Kasih kepada keluarga besar SPENLUSA. Ia berharap agar perjuangannya di dalam bidang pendidikan bisa diteruskan oleh rekan-rekan yang masih aktif bekerja, terutama para guru muda. Selamat menikmati masa mengabdi kepada keluarga Bu Inessa Amelia Nova. Jasamu untuk SPENLUSA akan tercatat sebagai amal kebaikan dan akan kita kenang selalu, semoga selalu diberi kesehatan dan waktu yang barokah, serta bahagia selalu bersama keluarga.

Bu Iness bersama anak pertama, M. Faqih Al Muqaddam. (Foto: Iness)

Jurnalis : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Editor dan Publisher: Humas SPENLUSA

158 thoughts on “Inessa Amelia Nova, S.Pd. dan Pilihan Menjadi Guru Full Time Keluarga

  1. Terimakasih, Bu.Inessa sudah menjadi guru terbaik di Spenlusa.
    Belajar matematika bersama Bu.Inessa jadi lebih mudah dan menyenangkan.

  2. Bagi saya keputusan bu Innes itu sangat benar di karenakan Bu Innes memiliki anak yang masih kecil.

  3. Nama: Muhammad Farrel Fahrezzy Ghonnyyu
    Kelas:8G
    Absen:24
    Selamat tinggal Bu ines semoga sehat selalu

  4. Terima Kasih Bu Iness, karena sudah mengajar matematika dan membuat saya paham materi yang bagi saya susah.

    Nama : Andra Nadif Maulana Rudiansyah
    Kelas. : 8G
    Absen : 3

  5. Nama:Raka Fatih Widyanto
    Kelas:8H
    No absen:30
    Assalamualaikum Bu ines saya selaku murid SMPN 10 SURABAYA mengucapkan selamat tinggal semoga Bu ines makin sehat dan bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik dan jasamu di spenlusa akan kami kenang sekian dan terimakasih

  6. sampai jumpa bu ines, semoga di kelak hari kami dapat menggunakan jasa mu dengan baik, terimakasih telah mengajar kami dan semoga jasa mu berguna bagi murid spenlusa, semoga bertemu dengan mu dilain hari.

    Nama : Theresia Fransischa Sinaga
    Kelas : 9F
    Absen : 36

  7. Sampai jumpa Bu Ines. Walaupun saya belum sempat bertemu beliau namun beliau adalah guru yang sangat hebat, baik dan sabar di spenlusa. Semangat Bu Ines, semoga sehat selalu

  8. Sampai jumpa Bu Ines. Walaupun saya belum sempat bertemu beliau namun beliau adalah guru yang sangat hebat, baik dan sabar di spenlusa. Semangat Bu Ines, semoga sehat selalu.
    Semangat Bu Ines

  9. Sampai jumpa Bu Ines. Walaupun saya belum sempat bertemu beliau namun beliau adalah guru yang sangat hebat, baik dan sabar.
    Semangat Bu Ines

  10. Trima kasih bu ines dg apa yg pernah ibu ajarkan dipembelajaran matematika meski blm pernah tatap muka semoga kita bisa dipertemukan dilain waktu meski bukan ditempat yg sama succes selalu utk bu ines
    Kelas : 8G

  11. selamat tinggal Bu Ines semoga Bu Ines dan keluarga di beri kesehatan

    Nama: Moch. Pandya Taras B.
    Kelas: 8G
    Absen: 23

  12. Nama: Fany Aprilia dewanti
    Kelas: 7
    No absen: 13
    Sampai jumpa Bu inssa Jaga kesehatan semoga di lancar apa yang di ingin kan

    1. Selamat tinggal Bu ines, semoga ibu ines dan keluarga Bu ines selalu di beri kesehatan.
      Terima kasih atas kerja keras ibu ines yang mengabdi di SPENLUSA.

      Nama: Milan Sastra Dewangga Putra Siswanto
      Kelas: 8G
      No absen: 21

  13. Nama : Dhirga Hazam Arsyad
    Kelas : 7
    Absen : 8
    Bu Ines sudah sangat berjasa dengan memberikan ilmu dan membimbing siswa-siswi SMPN 10 Surabaya, meskipun saya masih siswa baru dan belum sempat bertemu langsung dengan beliau, semoga kedepannya Bu Ines selalu diberikan kelancaran dalam segala urusan, sukses dan sehat selalu.

  14. Sampai jumpa Bu Inessa
    Terima kasih sudah menjadi guru yang baik di spenlusa☺️
    tetap semangat dan semoga sehat selalu Bu Inessa

  15. Semangat buat Bu Ines semoga sehat selalu dan dilancarkan semua rezekinya

    nama:sasi kirana Ardianto
    Kelas:7
    No absen:26

  16. Terima kasih Bu Innes telah menjadi inspirasi bagi kami semua. Semoga sehat selalu bu
    Nama : Lutfian Hanif Ainur Rasyid
    Kelas : 7
    No Absen : 12

  17. Terimakasih, Bu.Inessa sudah menjadi guru terbaik di Spenlusa.
    Belajar matematika bersama Bu.Inessa jadi lebih mudah dan menyenangkan.

  18. Selamat jalan bu ines semoga ibu selalu dalam lindungan Alloh SWT dan selalu di beri kesehatan dan kesuksesan yang sempurna Love u bu,,,,,
    Nama : Naufal Bahtiar Amiruddin
    Kelas : 7 APSARI
    No Absen : 16

  19. See you bu Ines, semoga bu ines dan sekeluarga diberi kesehatan, dan kelancaran dalam segala urusan, terimakasih sudah menjadi guru dismpn 10

  20. Bagi seorang ibu, keluarga adalah dunianya, tetap semangat mendidik meski tidak dr sekolah bu innes

    Semoga sehat bahagia selalu

  21. Terima kasih, bu Inesa sudah menjadi guru yang terbaik di Spenlusa, semoga sehat selalu dan di lancarkan rezekinya.
    Tetap semangat bu Inesa.

  22. Terima kasih Bu Ines sudah mengajar di SMPN10, semoga ilmu yg Ibu berikan bisa bermanfaat bagi kita semua ^^
    Sehat selalu Bu Ines!^^
    Nama: Saskia Nur Aprilia
    Kelas: 8G
    No. Absen: 34

  23. Terima kasih Bu Ines, jasa Ibu bakal tidak terlupakan. Terima kasih juga sudah mendidik dan mengajar di SMPN 10 Surabaya. Tetap sehat selalu sekeluarga, dan semoga tetap dalam lindungan Allah SWT, aamiin. Sekali lagi, terima kasih banyak Bu Ines. See you next time, Bu Ines

  24. Semoga bu ines di beri kesehatan selalu, dan semoga para murid bu ines ikhlas
    Kelas : 8H
    Absen : 13

  25. Bu ines emang pahlawan tanpa tanda jasa, smoga ilmu yg pernah ibu berikan bermanfaat bagi anak” dan dicatat oleh Allah SWT sbagai amal jariyah, Salam sehat slalu Bu ines

  26. Semangat Bu ines semoga ibu di beri kesehatan,dan dilancarkan rezekinya

    Nama : Vina fairusiana putri
    Kelas : 7
    Absen : 27

  27. Nama : Nurir Aditya Ramadhan
    Kelas : 7
    No. Absen : 20
    Terima kasih kepada ibu ines atas jasa – jasanya

  28. Assalamualaikum Bu ines saya selaku murid SMPN 10 SURABAYA mengucapkan selamat tinggal semoga Bu ines makin sehat dan bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik dan jasamu di spenlusa tidak akan kami lupakan begitu saja sekian dan terimakasih

    Nama:Felix Prayoga

  29. Nama : Saifchel Eka Satria Pranata
    Kelas : 8H
    No Absen : 37
    Sampai jumpa lagi Bu Ines, terimakasih telah menjadi bagian dari SPENLUSA semoga ilmu yang engkau tinggalkan kepada kami menjadi ladang pahala di akhirat kelak, Aamiin…

  30. Semoga ilmu yang Bu ines ajarkan kepada murid murid SMPN 10 bisa bermanfaat sampai kapanpun,dan semoga Bu ines di berikan kesehatan baik jasmani maupun rohani.

  31. terimakasih bu ines sudah mengajar di smpn 10 , semoga jasamu tidak terlupakan.

    jaga kesehatan ya bu.

  32. Nama: Erlinda Wanda Sasmita
    Kelas: 8i
    No absen: 12

    Sampai jumpa lagi Bu Ines, terimakasih telah menjadi bagian dari SPENLUSA semoga ilmu yang engkau tinggalkan kepada kami menjadi ladang pahala di akhirat kelak, Aamiin…Dan semoga kita bisa bertemu lagi

  33. Terima kasih,, Bu Iness telah membimbing kami semua dalam pembelajaran matematika.
    Nama: Revirra Berlinda Rdasya
    Kelas: 8H
    No absen: 33

  34. Sampai jumpa lagi bu Ines,kita siswa baru spenlusa belum pernah di ajar bu Ines,tpi kmi sangat senang bu ines bisa menjadi bagian dari keluarga besar spenlusa,sehat selalu bu Ines.

    Nama : REGITA PUTRI VERONIKA
    Kelas : 7/ Gugus Apsari
    Absen : 24

  35. Selamat tinggal Bu ines semoga diberikan kesehatan

    Nama : Moch fahrel irvansyah
    Kelas : 8G
    Absen : 22

  36. Selamat tinggal bu Ines, semoga ibu tetap sehat selalu. Jasa² dari bu Ines tetap kami kenang.
    Nama: Zeetira Jasmine Azzakya
    kelas: 8H
    absen: 39

  37. Sampai jumpa lagi Bu Ines, terimakasih telah menjadi bagian dari SPENLUSA.

    Sheila Indra Naing Soe 8i/34

  38. Sampai jumpa Bu Ines terima kasih atas jasa-jasamu semoga Bu Ines diberi kesehatan dan rejeki yang berlimpah

    Revino Rizky Kartiko 8i/28

  39. Sampai jumpa lagi bu ines kita siswa baru spenlusa belum pernah di ajar bu ines tapi kami sangat senang bu ines bisa menjadi bagian dari keluarga besar spenlusa.

  40. Sampai jumpa Bu ines lagi Bu ines kita sisiwa baru spenlusa belum perna di ajar Bu ines tapi kami sangat senang Bu ines bisa menjadi bagian dari keluarga besar spenlusa.

  41. nama: selly aliya beryl ratantry
    no absen: 27
    kelas: 7 APSARI

    semangat bu Ines, terima kasih sudah mengajarkan di SMPN 10 surabaya semoga semangat dan jasa bu Ines menjadikan kami semua untuk lebih giat dan rajin belajar.

  42. Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tpi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat

    Semoga Allah SWT membalas mu dengan kebaikan yang tak terhingga

  43. Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tpi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat

    Semoga Allah SWT membalas mu dengan kebaikan yang tak terhingga

  44. Nama : Cinta Aurella Nayzaldi
    Kelas : 7

    Semangat Ibu Ines
    Terima kasih atas segala ilmu yang Ibu berikan
    Semoga Ibu Ines dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan
    Aamiin

  45. NAMA: THALITA NAZWA
    ABSEN:28
    Gugus apsari
    Sehat selalu ya bu makasih sudah pernah menjadi guru yang terbaik buat anak anak

  46. Nama : Vanessa Sherly Juliansyah
    Gugus : Apsari
    Absen no : 29

    Selamat tinggal ibu terima kasih telah mengajar di spenlusa..~

  47. sampai jumpa lagi bu innes , walaupun kita belum pernah bertemu karena saya siswa baru , tapi saya senang karena bu innes sudah mengajar kakak” kelas kami dan menjadikan kakak kelas menjadi siswa yang berprestasi , sehat selalu bu inessa.
    Cantik Ammara Nisa
    Absen 7 / kelas 7

  48. Nama : Maulana Malik Al Fatih Ramadhan
    Kelas : 7
    No. Absen : 15

    Sampai jumpa Bu Ines, semangat terus ya bu.

  49. Nama : Dravien Fikri Priono Putra
    Kelas : 7 / APSARI
    Sebelumnya saya bersyukur sekali sudah diterima di SPENLUSA ini.
    Saya belum sempat mengenal ibu Ines.
    Semoga dilain kesempatan bisa bertatap muka langsung dengan ibu,sukses ya bu.

  50. Selamat tinggal dan semoga sehat selalu Bu Ines♡
    Nama: Shafira Arimbi Dwi Arifianti
    Kelas: 8I
    Nomer absen: 33

  51. Selamat jalan bu ines semoga sukses fan berhasil di tempat yg baru,semoga sehat selalu dan dalam lindungan tuhan YME amiin
    Nama:ilma assyifa khadafi
    Gugus:paliatif
    Kelas:7

  52. Nama: Ilham amin tohari
    Kelas:7 apsari
    No absen:10
    Semangat Bu ines terimakasih banyak Bu ines karena telah mengajar murid SMP 10
    Semoga jasa² Bu ines bisa membangkitkan semangat belajar aminn

  53. Terima kasih Bu Ines
    Semangat dan sukses selalu
    Nama: Marietta angelyn anggraini
    Kelas: 7APSARI
    No.Absen : 11

  54. Sampai berjumpa dikemudian hari Bu jasa mu sungguh berharga bagi siswa siswi SMP 10

    Nama : Vicky Dhanis junaidi
    Kelas : 7 D gugus taman apsari

  55. Marietta Angelyn Anggraini/ 7 APSARI/ 11
    Untuk MPL LOS nya bagus hanya saja keterbatasan sinyal jadi suara sering hilang. Terima kasih

  56. Nama : RASYA ADITYA SANJAYA
    Kelas : 7 Paliatif
    Saya belum mengenal Bu ines secara langsung tapi dari cerita yang dari saya baca Bu ines adalah ibu guru dan ibu rumah tangga yang sangat baik sehat selalu bu

  57. Marietta angelyn anggraini /7 APSARI / 11
    Untuk vaksin juga sudah sesuai dengan prokes semoga kita semua sehat selalu

  58. NAMA : NADIYA KAMIL
    KELAS : 9J
    NO. ABSEN : 34

    Terimakasih banyak Bu Ines, karena Ibu saya jadi bisa memahami pelajaran matematika yang belum bisa saya pahami sebelumnya, karena Ibu pengetahuan saya dalam matematika semakin luas. Semoga Bu Ines sehat selalu, dan dilancarkan rezekinya.

  59. Nama:Annisa Septia Ramadhani
    Absen:6
    Kelas :7(Gugus Paliatif)

    As a new student, I really appreciate Mrs. Ines’ services and I wish you happy teaching Mrs. Ines’ children at home, I know that Mrs. Ines did not stop teaching, only taught Mrs. Ines’ children at home with full time family thank you Mrs.Ines

  60. Nama : Ali Rahmad Sulistiyanto
    Kelas :8b
    Nomor:3
    Terima kasih bu ines ilmumu akan aku amalkan

  61. Nama: Ananda Keisha Zahra
    Kelas: 7
    Sampai jumpa lagi Bu Ines semoga sehat selalu, dan Selalu dalam lindungan Allah SWT

  62. Nama : alifah putri agung
    Kelas : 8b
    Nomer : 4
    Tetap semangat bu,terima kasih atas semua jasamu.

  63. Nama : Almira Bela Agustina
    Kelas : 7
    Absen : 4

    Terimakasih Bu Iness atas jasa2mu selama ini mengajar di SMP10.
    Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT

  64. Salam kenal bu Ines .Terimakasih atas jasa-jasamu di smp 10.jasamu tak akan pernah dilupakan oleh siswa siswi smp 10

  65. Walaupun saya siswi baru di SMPN 10 Surabaya dan belum pernah merasakan diajar oleh bu Ines, tapi saya berterima kasih karena bu Ines sudah mau menjadi keluarga besar SPENLUSA.

    Nama: Nayla Mutiara Andharu
    Kelas : 7 Gugus Flora Bratang
    Absen: 19

  66. Untuk bapak ibu guru yang tidak lagi bertugas, Terima kasih atas ilmu yang diberikan semoga bermanfaat meskipun belum bisa bertemu. Terima kasih.

    Nama: Afla Zakkia Musfira
    Kelas/No.absen: VII/01

  67. terima kasih bu ines atas jasa jasa ibu mengajarkan kami semoga kita dapat di pertemukan lain waktu

  68. Trima kasih atas pengabdiaannya slama menjadi guru dan sdh menjadi kluarga besar di SMP negri 10. Smoga bu ines dan kluarga slalu dalam lindungan Allah SWT. Tetap berkarya smoga sukses bu ines.

    Nama: Qinanti angelia
    Kelas : 7/apsari

  69. Nama : Adittiya Saputra
    Kelas : 9A
    No. Absen: 1

    Terima kasih Bu ines telah mengajar di SMPN 10 Surabaya,jasa ibu pasti akan selalu diingat oleh semua orang di sekolah

  70. Terima kasih bu sudah menjadi guru yang baik bagi siswa dan siswi ya
    Nama : Aurora Balqis Desisani Ladysia
    No : 07
    Kelas : 8I

  71. sampai jumpa Bu ines, semoga sehat selalu dan dilancar kan rezekinya

    nama: Feby Kurnia caesa
    kelas:9D

  72. Bu Inessss … Kalo liat komen saya , dibaca ya buu.. Ini azhalea buu kelas 7G duluu dulu sering bantu Bu Innes beli minum aqua di toko sebelah pas ibu hamil dulu makasih ya buu atas jasanyaaa!! Meskipun saya masih belum paham aljabar , tapi saya tetep berterimakasih buu. Saya harap channel YouTube nya tetep jalan ya bu!! Soalnya saya kalo gak paham MTK sering ke channel nya bu Innes, jadi tolong tetep jalan ya Bu . Soalnya saya kelas 9, matematika nya pasti susahh , mohon bantuannya buu . Sekali lagi terimakasih atas jasanyaa buu maafin saya ya buu kalau saya punya salahh

  73. Bu Inessss … Kalo liat komen saya , dibaca ya buu.. Ini azhalea buu kelas 7G duluu dulu sering bantu Bu Innes beli minum aqua di toko sebelah pas ibu hamil dulu makasih ya buu atas jasanyaaa!! Meskipun saya masih belum paham aljabar , tapi saya tetep berterimakasih buu. Saya harap channel YouTube nya tetep jalan ya bu!! Soalnya saya kalo gak paham MTK sering ke channel nya bu Innes, jadi tolong tetep jalan ya Bu . Soalnya saya kelas 9, matematika nya pasti susahh , mohon bantuannya buu . Sekali lagi terimakasih atas jasanyaa buu maafin saya ya buu kalau saya punya salahh

  74. rest well bu ines, terimakasih sudah mengajar mapel matematika di smpn 10 Surabaya berkat bu ines saya dapat lebih memahami dan menguasai pelajaran dengan baik, semoga pilihan bu ines adalah yang paling tepat dan sukses mendidik anak anak bu ines dengan baik, take your time with your family bu

    Nama: Jesica marcella putri
    Kelas: 9A
    No. Absen: 11

  75. Semangat buat b.ines,semoga diberi kesehatan

    Ayo rek rame” vaksin biar tubuh sehat imun kuat jangan lupa pake masker cuci tangan jaga jarak

    Alhamdulillah bisa di terima di SMPN10 walaupun melaksanakan MPLS secara daring.

  76. Terima kasih Bu Ines telah mengabdi di SPENLUSA, tetap semangat ya Bu walau sdh tdk mengajar disini. Smoga pengabdian Ibu dibalas oleh Allah SWT fg pahala yg berlipat ganda. Aamiin…

  77. Bu iness terima kasih udah jadi guru kami yang baik , Bu innes sehat terus ya , semangat trus dan jaga kesehatan nya juga , terima kasih ya bu atas jasa yang ibu berikan selama ini…

  78. see u bu ines , semoga selalu di beri rezeki yang lebih dan terimakasih untuk jasamu selama ini:)

  79. ayo vaksin teman-teman , dengan vaksin kita dapat membentuk imun dan antibodi yang kuat. Nama : azkia kelas:7 absen;6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *