Hikmah COVID-19

Dunia dihebohkan dengan virus Corona (Covid-19). Hampir semua lalu-lalang berita di media massa, baik online, cetak maupun elektronik membahas virus Corona ini. Tidak terkecuali pula di media sosial, sangat gaduh. Bahkan pembicaraan itu tidak terlepas pula di dusun-dusun, warung kopi, kantor-kantor dan di masjid sebelum khutbah berlangsung (yang pada akhirnya semua aktifitas berkumpulnya orang tersebut dibatasi, bahkan dilarang).

Covid-19 menyebabkan perekonomian negara dan masyarakat luluh-lantak. Tidak hanya itu, hampir semua sektor terkena imbas dari mewabahnya Covid-19 ini. Mulai dari pariwisata, transportasi, sosial, keagamaan, pendidikan dan sebagainya. Di sektor pendidikan, pembelajaran tatap muka di kelas beralih ke pembelajaran dalam jaringan atau daring (online) di rumah masing-masing. Tetapi, dari itu semua kita harus bisa mengambil hikmah dari adanya Covid-19 ini.

Baca juga:

SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Pembelajaran Daring

Apakah hikmah itu? Jika diartikan secara harfiah, hikmah adalah kebijaksanaan atau kearifan. Ibnu Rusyd, salah seorang intelektual Islam abad ke-12 mengatakan, hikmah adalah suatu kebijaksanaan yang lahir karena seseorang bertindak sesuai dengan ilmunya, dan dengan cara yang tepat, sesuai dengan situasi yang dihadapinya. Dengan kata lain, hikmah adalah kemampuan dan usaha kita untuk berakhlak dan bertindak sedekat mungkin dengan maksud yang Tuhan inginkan.

Ketajaman dalam mengambil hikmah dari setiap kejadian menjadi hal yang sangat penting. Allah telah berfirman dalam QS. Al-Baqarah: 269 yang bisa kita tadabburi bahwa hikmah adalah karunia yang luar biasa.

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: Allah menganugerahkan al hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran.

Baca juga:

Wahai Kaum Mager dan Rebahan, Bangkitlah!

Kanjeng Nabi Muhammad SAW bersabda: “Hikmah itu adalah barang yang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ia menemukannya, maka ambillah.” (HRTirmidzi). Maka, hikmah adalah hal yang sangat penting dan bahkan bisa bisa kita ambil di mana saja, salah satunya pada sesuatu yang kita anggap musibah.

Kebanyakan orang mungkin sepakat bahwa wabah Covid-19 yang membuat panik dan takut ini mereka anggap musibah, bencana, pandemi, atau pageblug. Boleh-boleh saja. Tetapi, jika kita hanya berhenti pada anggapan itu, tanpa bisa belajar memaknai dan mengambil hikmah dibalik semua ini, maka kita akan semakin terpuruk.

Berikut beberapa hikmah yang bisa kita ambil dan kita renungkan dari Covid-19 :

1. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Tuhan
Ketika virus Covid-19 ini membanjiri dunia, juga Indonesia, sebagian besar manusia sepertinya belum banyak menyadari, betapa kita semua kerdil di genggaman kebesaran-Nya. Semua informasi yang beredar hanya bising pemberitaan, minim muhasabah kepada Allah. Manusia sangat takut dengan pemberitaan media tentang wabah Coronavirus, tetapi (mungkin) amat sedikit yang takut terhadap pemberitaan Allah di Al-Qur’an tentang dahsyatnya Neraka. Sampai detik ini, orang yang terinfeksi virus Covid-19 ini terus bertambah. Pengobatan secanggih apapun belum mampu menemukan vaksin Covid-19. Lantas, kepada siapakah kita berlindung? Kepada siapa lagi kalau bukan kepada Allah Rabbul ‘Alam dan kelembutan syafa’at Nur Muhammad SAW.

2. Keangkuhan dan Keserakahan Tumbang oleh Makhluk Ultra Kecil
Di jaman modern ini, banyak yang menyangka harta benda dan kekayaan adalah sumber kebahagiaan. Kebanyakan, orang hanya mengejar kekayaan dan kekuasaan berlebih sehingga bersifat angkuh, seperti Fir’aun tetapi melupakan Tuhan. Bahkan mungkin menganggap dirinya Tuhan karena memakai ‘pakaian’ yang hanya boleh digunakan Tuhan: Angkuh. Tapi saat ini kita harus mulai sadar, bukanlah rudal-rudal raksasa, pesawat tempur Supersonic, atau teknologi robot canggih yang menumbangkan semua sifat-sifat itu. Tetapi makhluk yang sangat-sangat kecil, Coronavirus. Itu baru makhluk super-mikro yang tidak terlihat mata dan ternyata tidak bisa diremehkan. Bagaimana dengan dzat Maha Besar yang juga tidak terlihat mata jasad? Apakah juga akan kita sepelekan?

Baca juga:

Review Video: Pacaran Boleh??

3. Betapa Nikmatnya Kesehatan
Ketika kita sakit, semua kesombongan, kekayaan, dan kepintaran yang kita miliki seolah tak ada guna. Yang kita inginkan hanya satu, yaitu bisa beraktifitas serta beribadah kembali dengan sehat. Sehat adalah nikmat Allah yang sangat besar. Namun seringkali kita lalai dan kurang mensyukuri nikmat agung tersebut. Banyak waktu yang kita sia-siakan. Kanjeng Nabi Muhammad juga telah mengingatkan kita untuk memanfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara. Diantaranya adalah manfaatkan sehat sebelum sakitmu. Semoga kita selalu mensyukuri semua nikmat Allah dan menjaga kesehatan kita dengan beribadah dan beraktifitas yang bermanfaat.

4. Mengingatkan Untuk Menjaga Kebersihan dan Kesucian
Setelah Covid-19 ini mencuat, kampanye mengenai cuci tangan menjadi sangat deras. Berbagai fasilitas umum seperti sekolah, stasiun, bank, kantor-kantor pemerintahan menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer. Para pemuka agama juga menyerukan untuk tetap menjaga wudhu’, untuk menjaga kebersihan dan kesucian. Hal ini untuk mematikan virus dan bakteri yang mungkin menempel pada tubuh kita. Ternyata, Covid-19 mengingatkan kembali kepada kita untuk menjaga kebersihan, dan kesucian.

5. Belajar Bersama Keluarga
Covid-19 ‘memaksa’ dunia pendidikan untuk memindahakn kelas-kelasnya ke rumah masing-masing. Siswa diberikan jam belajar di rumah dengan metode dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi belajar online yang disediakan oleh sekolah, Dinas Pendidikan dan Kemendikbud. Guru juga diberikan kebijakan Work From Home (WFH) walaupun di Surabaya belum berlaku penuh. Hikmah yang bisa diambil adalah, para orangtua bisa mendampingi belajar putra-putrinya secara langsung. Sangat banyak waktu yang bisa diberikan orangtua kepada anak, dan harapannya para orangtua juga semakin mengerti dan menghargai peran seorang guru di sekolah.

Baca juga:

Lintang Ayu Prameswari: Remaja Harus Bijak Menggunakan Gawai dan Media Sosial

6. Terpaksa’ untuk Melek Teknologi
Kata terpaksa disini saya beri tanda petik, berarti mengandung makna konotatif. Artinya, dengan pembelajaran dilakukan di rumah saat ini, kita mau tidak mau harus paham lebih mendalam mengenai perkembangan teknologi yang digunakan di pendidikan. Ambil contoh di Surabaya, kita harus mengenal dan mengoperasikan Microsoft Office 365, Quizziz, foto presensi dengan Geotag, Ruang Guru dan e-Learning milik sekolah sendiri. Para orangtua yang mendampingi belajar anaknya pun juga pasti akan bersentuhan dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Walaupun pada awalnya terasa ribet, tetapi perkembangan teknologi harus kita kuasai, dan itu adalah suatu keniscayaan di era Revolusi 4.0 ini.

Rekan guru di Surabaya di tengah darurat Covid-19. (Foto: SDN Putat Gede 1/94 – Instagram)

Nah, sobat pembaca setia website SMP Negeri 10, demikian hikmah-hikmah yang bisa saya bagikan kepada kita semua, khususnya kepada penulis sendiri. Semoga wabah Covid-19 ini cepat berlalu dan semoga kita bisa mengambil hikmah pada setiap hal yang kita alami.

Ijinkan saya tutup artikel ini dengan mengutip syair dari Mbah Emha Ainun Nadjib:

Duh Gusti Allah, adakah sisa kasih sayang-Mu
Celaka hamba, durhaka hamba tidak terkira
Dimanakah hamba sembunyi dari murka-Mu
Selain dalam tak terbatasnya cinta kasih-Mu

Duh Gusti
Mugi Paringa ing margi kaleresan
Kados Margine menungsa kang manggih kanikmatan
Sanes margine menungsa kang padhuka laknati

Penulis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

78+

490 thoughts on “Hikmah COVID-19

  1. Assalamu’alaikum, apa kabar anak2ku SPENLUSA? Semoga kita senantiasa dalam lindungan Tuhan YME.

    Nah, untuk tugas daring BK kali ini, silahkan baca artikel saya diatas dan kemudian jawablah pertanyaan2 reflektif berikut ini di kolom komentar:

    Tuliskan
    Nama Lengkap:
    Kelas:

    1. Bagaimana yang kalian rasakan dengan adanya covid-19?? Jelaskan!

    2. Apakah yang dapat kalian lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi merebaknya Covid-19? (Sebutkan minimal 3)

    3. Buatlah kata bijak atau kalimat motivasi atau slogan untuk mencegah dan melawan Covid-19!!

    74+
    1. 1.

      2. – tidak keluar rumah
      – menjaga kebersihan badan,lingkungan,dll
      – berolah raga dan makan makanan yg sehat

      3. “Dengan ada nya Corona kita perlu belajar bahwa kebersihan sangat lah penting, maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan di manapun kita berada”

      8+
      1. Khrisna Pasha Ramadhan
        7F

        1.bosan,karena tidak bisa kemana mana dan jarang ketemu teman

        2.tetap di rumah
        Selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan
        Menutupi mulut saat batuk
        3.tetap ikuti anjuran pemerintah agar covid-19 tidak semakin parah

        2+
      2. 1. Tidak menyenangkan dan tidak bisa keluar rumah.
        2. Olahraga yang cukup dan jaga kesehatan.
        3. Tidak perlu terlalu khawatir karena wabah corona, tetap jaga kebersihan dan jaga tahan tubuh agar tetap sehat.

        3+
        1. 1. yang saya rasakan adalah bosan karena tidak bisa kemana-mana, tetapi dengan bosan itu saya belajar bahwa kebersihan sangatlah penting karena virus covid-19 dapat menempel pada tubuh kita bila kita tidak menjaga kebersihan

          2. dirumah aja, menjaga kebersihan, ber olah raga dan makan makanan yang sehat

          3. “dengan adanya virus covid-19 kita belajar bahwa kebersihan sangatlah penting, maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun kita berada”

          0
      3. 1. Saya merasa khawatir krn covid-19 sudah menyebar luas di indonesian

        2. – tidak keluar rumah
        – selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan
        – berolahraga dan makan makanan yg sehat

        3. “Dengan adanya covid-19 kita perlu belajar bahwa kebersihan itu sangat penting”

        2+
      4. 1.tentu bosan selalu berada dirumah tanpa dibolehkan keluar dari rumah
        2.rebahan, tetap dirumah,jaga kebersihan
        3.ikuti kata² pemerintah jangan bandel kalau kamu kena itu bukan kamu doang nanti yang kena kalau kamu doang yang kena mah gpp

        1+
      5. Menjawab pertanyaan
        1. Menurut saya begini jujur sebenarnya saya takut , panik , bingung karena coronavirus. Yang saya takutkan tidak bisa menjalankan ramadhan seperti tahun kemarin tetapi apalah daya kita sebagai manusia harus menerima , selalu berdoa agar dijaga kesehatan. Semua ditangan Allah SWT. Kita pasrah saja pada yang kuasa.
        2. Seperti kata presiden Joko widodo “stay home” karena itu salah satu bentuk pencegahan coronavirus , selalu menjaga kebersihan seperti sering sering mandi[jangan males] , setiap selesai memegang barang atau makan cuci tangan menggunakan sabun yang bersih , yang ketiga selalu memohon perlindungan dari Allah swt seperti , rajin beribadah , berdoa ,perbanyak zikir , dan membaca al qur an
        3. Kata motivasi : untuk kita yang sekolah online semangat aja anggap aja ini istirahat walau banyak tugas hmmm 🙁 , semangat guys semoga ini berakhir gesss
        Kata slogan : Ayo sering sering menjaga kebersihan seperti , mencuci tangan seseringnya

        0
      6. 1.saya merasa lebih nyaman,dan enak jika belajar disekolah.karena dapat memahami dan mendengarkan penjelasan dari guru mapel.
        2.keluar rumah jika diperlukan atau terpaksa saja dan jangan lupa untuk memakai masker.

        1+
      7. 1. Yang say rasakan adalah saya jadi sering olahraga, makan makanan bergizi, pola hidup teratur

        2. Sering mencuci tangan, menjaga kebersihan, menjauhi tempat yang ramai

        3. “Jangan takut dengan covid-19 beraktivitas dirumah dan jaga pola hidup sehat”

        0
      8. Nama:M.ega Yanouary A.
        Kelas:7H
        Absen:14
        1.-merasa tidak nyaman karena adanya pandemi corona atau disebut covid-19 karena tidak bisa melakukan kegiata sehari”
        2.sering melakukan cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer,
        Menaati Peraturan Pemerintah,tidak keluar rumah jika tidak ada acara penting
        3.ayo kita melawan virus corona dengan sering mencuci tangan dengan benar dan membersihkan lingkungan sekitar rumah “Ayo Indonesia Bisa Melawan Corona”

        0
      9. 1. Sangat meresahkan dan membosankan
        2.-tidak keluar rumah
        -menjaga kebersihan
        -tidur cukup dan pola makan yang sehat
        3. Dengan ada nya Corona kita perlu belajar bahwa kebersihan sangat lah penting, maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan di manapun kita berada dan jangan lupa olahraga serta makan makanan yang sehat

        0
        1. Tetap di rumah jaga kesehatan,cuci tangan,hindari kerumunan,dan jika anda mengalami kebosan silahkan buka playstore dan donload mobile legeds bagi yang belum punya aplikasinya bagi yang punya silahkan push rank semampu ada agar menghilangkan kebosanan anda dan mainkan mobile Legends secukupnya dan jangan lupa beristirahat

          1+
      10. 1. Bosan rebahan terus, walaupun rebahan saja bisa membantu untuk mengurangi covid-19 dan jangan lupa cuci tangan sebelum makan
        2.- Tidak keluar rumah
        – olahraga
        – jaga kebersihan
        3. Dengan ada nya covid-19 kita belajar bahwa kebersihan sangat lah penting. Makanya kebersihan itu dari iman kita harus bersih biar bisa membasmi virus covid-19

        0
    2. 1. Saya merasa takut krn covid-19 sudah menyebar luas di indonesian

      2. – tidak keluar rumah
      – selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan
      – berolahraga dan makan makanan yg sehat

      3. “Dengan adanya covid-19 kita perlu belajar bahwa kebersihan sangat lah penting, maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dimana pun kita berada.”

      5+
      1. 1. Dengan adanya virus covid-19 ini saya merasa bosan dan ingin bersekolah

        2.
        >menjaga pola makan
        >Tidak keluar rumah
        >Menjaga kebersihan

        3. Jangan keluar rumah sekarang!

        0
      2. -karna Corona libur yang panjang membuat saya merasa bosan
        -mencuci tangan dengan sabun,menjaga agar tubuh tetap sehat,menjaga kebersihan rumah,menghindari kerumunan,dan selalu berdoa agar virus Corona cepat hilang.

        1+
    3. 1.Yang saya rasakan dengan adanya virus COVID-19,saya sekarang merasa berhati-hati karena kemungkinan anak² seperti kita tidak akan tertular,tapi jika kita tidak hati² virus-virus ini akan menempel ke tubuh kita dan seketika kita tidak sadar bahwa kita telah membawa virus-berbahaya kepada orang lain.

      2.
      • #DirumahAja
      • Tidak datang di kerumunan orang
      • Makan-makanan yang sehat

      3.Virus corona bukan politik, bukan pula ajang mencitrakan diri sambil menebar ketakutan. Maka tebarkan energi positif. Agar Indonesia mampu melewati masa-masa sulit seperti sekarang.

      8+
        1. 1. Saya merasa tidak tenang jika virus Covid-19 semakin meluas,
          Karna jika virus trsb semakin luas maka perekonomian rakyat kecil seamakin menurun.
          2. -menjaga kebersihan
          -Melakukan pola hidup sehat
          -Dan tetap dirumah saja
          3. “Dari kasus mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya, mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Covid-19. Mulai sekarang budayakan hidup sehat dan jangan lupa mencuci tangan sesering mungkin. “

          1+
      1. 1.Jadi sering takut keluar rumah karena penyebaran virus ini melalui udara dan ukurannya yg super kecil
        2.-Sesering mungkin setelah memegang Uang,bersalaman,memegang fasilitas umum pulangnya harus mencuci tangan dan mencuci baju
        -Jangan sering keluar rumah ikuti anjuran pemerintah untuk #DIRUMAHAJA
        -Sering berjamur dibawah teriknya matahari pagi,dan jangan minum es, kalau bisa sering minum air hangat, teh hangat, kopi, jahe
        3.*JAGA DIRI ANDA DAN KELUARGA DARI COVID-19 DENGAN #DIRUMAHAJA*

        1+
    4. 1. semakin sadar untuk menjaga kebersihan
      2. • cuci tangan sebelum makan
      • di rumah aja
      • berjemur
      3. tidak ada kebahagiaan melebihi kesehatan

      3+
    5. 1. Yang saya rasakan dengan adanya covid-19 sebenarnya saya panik tapi pemerintah mengisyarat agar tetap tenang
      2. Yang saya lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi covid-19 :
      – tidak keluar rumah
      – olahraga / berjemur
      – makan makanan yang sehat
      – menjaga kebersihan lingkungan
      3. “tidak keluar rumah atau terkena covid-19” #dirumahaja

      1+
    6. 1. Saya menjadi takut dan resah untuk berpergian atau keluar rumah. Karena virus ini dengan cepat bisa menularkan ke banyak orang, dan sudah banyak korban yang meninggal akibat virus ini.

      2. (1.) Dirumah saja
      (2.) Cuci tangan sebelum dan
      sesudah melakukan kegiatan.
      (3.) Memakai masker jika
      terpaksa harus keluar, dan
      jaga jarak (1 meter) dengan
      orang lain atau bisa disebut
      sosial distancing.

      3. Tetap tenang, tetap produktif,
      #Dirumaaja. Kapan lagi kita
      membantu negara dengan cara
      kita tetap #Dirumahaja.

      2+
      1. -dengan diliburkannya sekolah karena covid19 saya merasa bosan
        -meningkatkan kesehatan tubuh seperti olahraga dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tetap bersih
        -selalu mencuci tangan sesudah keluar rumah memegang barang yang umum dan sebelum makan
        -memakai masker jika berpergian keluar rumah / sakit seperti batuk,pilek dan lain-lain

        0
    7. 1. Adanya rasa waspada yang dapat membuat pribadi diri sendiri untuk mulai melaksanakan hidup bersih dan sehat
      2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
      – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
      – menerapkan pola hidup bersih untuk pencegahan tertularnya covid19
      3. perangi corona, jadikan bumi kita sehat kembali seperti sedia kala!

      1+
    8. 1. Saya merasa tidak tenang jika virus Covid-19 semakin meluas,
      Karna jika virus trsb semakin luas maka perekonomian rakyat kecil seamakin menurun.
      2. -menjaga kebersihan
      -Melakukan pola hidup sehat
      -Dan tetap dirumah saja
      3. “Dari kasus mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya, mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Covid-19. Mulai sekarang budayakan hidup sehat dan jangan lupa mencuci tangan sesering mungkin. “

      2+
    9. 1. yang saya rasakan dengan adanya covid-19 adalah resah dan rasa takut , merasa terancam karena virus tersebut semakin menyebar dan membuat masyarakat takut untuk keluar rumah.
      2. -diam didalam rumah/tidak keluar rumah
      -selalu menjaga kebersihan dan kesehatan
      -berusaha menghindari keramaian dan tetap memakai masker saat keluar rumah
      3. tetap jagalah kebersihan dan tetap waspada akan bahaya covid-19

      2+
    10. Kelas 9G/absen27
      1. Saya merasa khawatir akan adanyanya virus corona, selalu menjaga kebersihan lingkungan dalam maupun dalam, dan selalu menjaga kesehatan tubuh.
      2. Melakukan kegiatan physical distancing/sosial distancing, selalu menjaga kesehatan tubuh/menggunakan APD(Alat Pelindung Diri), dan tidak lupa untuk makan makanan yang sehat/bergizi.
      3. Pergi belanja untuk kebutuhan
      Beli masker dan kacamata
      Untuk menjaga kesehatan
      Agar terhindar dari corona

      2+
      1. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih makan-makanan yang bergizi, pola hidup teratur, dan saya bosan di rumah saja
        2. Hindari tempat keramaian
        Berdiam di rumah saja
        Menjaga kebersihan
        3. “Rajinlah cuci tangan pakai sabun , untuk mencegah covid 19”

        0
        1. 1.Yang saya rasakan dengan adanya virus COVID-19,saya sekarang merasa berhati-hati karena kemungkinan anak² seperti kita tidak akan tertular,tapi jika kita tidak hati² virus-virus ini akan menempel ke tubuh kita dan seketika kita tidak sadar bahwa kita telah membawa virus-berbahaya kepada orang lain.

          2.
          • #DirumahAja
          • Tidak datang di kerumunan orang
          • Makan-makanan yang sehat

          3.Virus corona bukan politik, bukan pula ajang mencitrakan diri sambil menebar ketakutan. Maka tebarkan energi positif. Agar Indonesia mampu melewati masa-masa sulit seperti sekarang.

          0
    11. 1. Saya merasa tidak tenang jika virus Covid-19 trsb semakin luas , karena akan berakibat menurunnya tingkat perekonomian rakyat kecil
      2.-menerapakan pola hidup sehat
      – social distancing ( jarak fisik untuk menghindari penyebaran Covid-19
      – Dirumah saja
      3. “Dari mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya seperti mencuci tangan sesering mungkin dan mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Virus Covid-19.”

      0
    12. 1. Sulit untuk melakukan kegiatan / aktivitas normal, bekerja atau belajar dari rumah berkurangnya pendapatan seorang buru yang mendapatkan upah harian. Semua orang merasa khawatir akibat virus covid19 yang menyebar luas dan cepat menular.
      2. Tetap dirumah, menjaga kebersihan, selalu jaga jarak sosial minimal 1,5M, melakukan aktivitas aktivitas yang menyehatkan tubuh di dalam rumah seperti saya yang berlatih “bodyweight workout”, rajin cuci tangan setelah atau sebelum melakukan aktivitas.
      3. Tidak perlu banyak kata untuk membantu pemerintah lebih baik dirumah saja.
      Jangan terlena akan kebosanan kita rebahan dunia selamat.

      #terima kasih semoga bermanfaat.

      2+
    13. 1. Dengan Adanya covid-19 saya bisa rajin berolaraga dan dapat berkumpul dengan keluarga.
      2. -Tidak keluar rumah
      -Mengkonsumsi makanan bergizi
      -Menjaga kebersihan tubuh
      3. “Berhati hati lah dengan corona dengan cara menjaga kebersihan dan Selalu berdekatlah dengan Tuhan Yang Maha Esa”

      0
    14. 1. bosan karena hanya bisa berkegiatan dirumah, dan khawatir terkena covid-19
      2. Diam dirumah
      Mencuci tangan dengan sabun/
      membersihkan dengan hand sanitizer
      Makan makanan yang bergizi
      3. “Kecil namun sangat berbahaya untuk dunia”

      0
    15. Nama lengkap : Monique Tania A
      Kelas : 7G
      1. Yang saya rasakan pasti takut tapi kita harus waspada karena corona sudah masuk dan menyebar di wilayah Indonesia termasuk Surabaya
      2. a. Dirumah saja
      b. Menjaga kebersihan, khususnya menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
      c. Menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang sehat agar imun tubuh dapat terjaga (bisa juga dengan berjemur dibawah matahari dengan waktu diatas pukul 9 pagi)
      d. Melakukan Sosial Distancing
      e. Keluar rumah dengan menggunakan masker (keluar jika ada keperluan saja)
      f. Hindari untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut
      g. Tidak menyebar hoax tentang covid-19
      3. Dirumah saja agar aman, keluar rumah jika ada keperluan saja, jika keluarpun pakailah masker, jaga kesehatan tubuh dan lakukan sosial distancing
      STAY SAFE ALL

      0
    16. Nama Lengkap:Hafidzah Nur Ayni
      Kelas:8j
      1.Tentu saja aku ada rasa takut akan
      adanya virus ini.Tapi dengan ber-
      doa,selalu rajin cuci tangan,dan
      menjaga kebersihan.insyaallah
      virus ini lama-kelamaan akan hi-
      lang.Amiiinn
      2.Tentunya cara yg paling efektif ada-
      lah stay at home/tetap dirumah,
      cuci tangan,menggunakan mas-
      ker,tidak bergerombol,menghin-
      dari keramaian.
      3.”Teman-Teman Stay At home aja
      Yaaaa”

      0
    17. 1.tidak enak ada covid-19, karena tidak dapat sekolah dan jenuh dirumah
      2.-Diam dirumah
      -Rajin cuci tangan
      -Menjaga kebersihan
      3.Jagalah kebersihan dan jangan keluar rumah sebelum Covid-19 punah

      1+
    18. 1. semakin sadar diri untuk menjaga kebersihan
      2. • cuci tangan setiap mengerjakan sesuatu
      • di rumah aja
      • berjemur dr jm 10-11 pagi
      3. hargai kerja pemerintah agar ramadhan tidak ada penyakit lagi

      1+
    19. Nama: kartika ratna 9a (20)
      1. Krn penyebaran corona smakin meluas dan menyebabkan kegiatan belajar mengajar diliburkan membuat saya bosa krn harus belajar dirumah. Dan tugas tugas nya pun lebih banyak dari sekolah biasanya
      2. Tidak keluar rumah dan rajin mencuci tangan
      3. Kesehatan bukanlah apa-apa namun tanpa kesehatan kita tidak dapat berbuat apa-apa

      0
    20. 1.Resah dan bosan karena tidak bisa bermain dan bersekolah 🙁
      2.-Cuci tangan pakai Sabun
      -Jangan keluar rumah terlebih dahulu
      – Kalau sakit wajib memakai Masker agar tidak tertular kepada orang lain
      3.Slogan:Ular sanca tidak Berbulu sudah pasti bukan teman Kangguru wahai corona cepatlah berlalu karena orang Tua ku tidak cocok Jadi guru 🙂

      0
    21. Nama:mahardika putra wirnanda
      Kelas:7F
      1.takut keluar rumah karena takut tertular virus covid 19
      2.Menjaga jarak min 1 meter
      Melakukan physical distancing
      Belajar dari rumah
      3.tidak keluar rumah jika urusan diluar rumah tidak terlalu penting agar terhindar dari virus covid dan mengurangi penyebaran covid 19 #stay at home

      1+
    22. Nama: Abhista Maulana R.
      Kelas: 9E
      No absen: 02
      -1. Bagaimana yang kalian rasakan dengan adanya covid-19?? Jelaskan!
      • yang saya rasakan terhadap adanya covid-19 ini saya jadi lebih sering olahraga, makan bergizi pokoknya pola hidup yang teratur.
      -2. Apakah yang dapat kalian lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi merebaknya Covid-19? (Sebutkan minimal 3)
      • 1) tidak keluar rumah
      2) jaga jarak dan tidak bersentuhan
      3) menjaga kebersihan, makan teratur, berolahraga
      -3. Buatlah kata bijak atau kalimat motivasi atau slogan untuk mencegah dan melawan Covid-19!!
      • stay selalu dirumah dan jaga jarak tidak bersentuhan dan selalu menjaga hidup bersih meskipun hanya dirumah.

      0
    23. 1. Saya merasa resah dan khawatir dengan dengan merebaknya virus corona

      2. Diam di rumah dan melakukan daring sesuai jadwal

      3. ” Stay at home, Stay safe, and stay healthy “

      0
    24. Alya Rachmawati/7A

      1.saya merasa takut dan resah
      2.*tidak keluar rumah
      *makan makanan yang sehat
      *berolahraga setiap pagi
      3.”jangan panik dan yakinlah keadaan ini pasti bisa diatasi dan segera berakhir,tetap sehat jaga diri”

      1+
    25. 1. Santai,tidak panik.
      2. – Cuci tangan sesuai yang dianjurkan.
      – Selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah.
      – Jaga jarak,tidak makan daging mentah,dan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
      3. “Hiduplah dengan lingkungan yang sehat dan bersih.”

      0
    26. Nama Lengkap: Amanda Fitri Nursaskia
      Kelas: 7A

      1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga dan makan-makanan yang bergizi

      2. 1)Tidak keluar rumah
      2)Makan-makanan yang bergizi
      3)Sering” Olahraga/berjemur

      3.”Dengan adanya Covid-19 kita dapat mengetahui bahwa mencuci tangan dan makan-makanan bergizi itu penting!”

      1+
    27. 1.yang saya rasakan terhadap covid 19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga,makan-makanan yang bergizi,ya pokoknya itu pola hidup teratur
      2.dirumah saja
      Jangan keluar rumah kalau tidak penting.
      Selalu bersih kan tangan

      3.ayo lah kawan-kawan kita lawan covid 19 dengan cara hidup sehat .

      0
    28. 1. Sedikit terganggu, karena aktivitas berjalan tidak seperti biasanya
      2. Tetap di rumah, tidak membeli masker secara berlebihan, tidak panic buying atau membeli bahan makanan secara berlebihan
      3. “Tetap tenang dan waspada”

      0
    29. 1. Saya merasa sangat dirugikan oleh virus ini. Dikarenakan sangat berbahaya bagi kesehatan dan menggangu atau menghambat aktifitas manusia seperti: bekerja, sekolah, berdagang dll.
      2. -Berdiam diri dirumah
      – Selalu cuci tangan sesudah atau sebelum beraktivitas
      – Jaga jarak dengan orang lain saat berpergian keluar rumah
      3. Katakan tidak pada COVID-19,, hindari kerumunan orang untuk memutus penyebaran COVID-19
      #dirumahsaja.

      0
    30. 1. Sedih karena tidak boleh keluar rumah. Saya ingin banget keluar rumah karena saya sudah bosan

      2. Dirumah aja,menyumbang beberapa APD,menjaga imunitas tubuh supaya tidak sakit

      3. ‘PERANGI CORONA JANGAN SAMPAI CORONA MEREBUT KEBAHAGIAAN KELUARGA KITA DAN JANGAN SAMPAI CORONA MERENGGUT NYAWA KELUARGA KITA

      CORONA KEMBALIKAN DUNIA KAMI SEPERTI SEDIA KALA ‘

      0
    31. 1. Saya merasa panik dan takut akan adanya virus Covid-19 karena virus ini dapat menular dan dapat menyebabkan kematian
      2. • tetap berada didalam rumah
      • menggunakan masker saat ada keperluan diluar rumah
      • mencuci tangan dengan sabun/alkohol
      • hindari tempat ramai
      3. Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan penting dan selalu makan makanan yang sehat agar terhindar dari penyakit apapun. Karena anak² seperti kita ini sangat rawan terkena penyakit, apa lagi penyakit menular

      1+
    32. Nama: Ardian Marcellyo Misbah
      Kelas : 9A

      1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi.

      2. -dirumah saja
      -olahraga
      -makan makanan yang bergizi

      3. Jajar anjam ( jaga jarak antara jamaah)
      Dirumah saja
      Ngegama aja
      Tugas aja

      1+
    33. Nama: Ardian Marcellyo Misbah
      Kelas : 9A

      1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi.

      2. -dirumah saja
      -olahraga
      -makan makanan yang bergizi

      3. Jajar anjam ( jaga jarak antara jamaah) atau dengan dirumah aja dengan bermain game tugas jangan banyak banyak

      1+
    34. 1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi dan selain itu pola hidup yg teratur

      2.1.mencuci tangan dgn bersih
      2.tidak kluar rumah kalu tidak ada kepentingan
      3.olahraga dan makan-makanan yg sehat

      3.kita harus hidup sehat dan menjaga kebersihan badan dan lingkungan ,makan makanan yang bergizi selain itu kita harus rajin berolahraga

      0
    35. Nama Lengkap:Tiara Oktavia Sambuaga
      Kelas:7E
      No:38
      1. Penyakit ini menyebar sangat cepat jadi harus lebih berhati hati
      2. Sering sering cuci tangan,
      Upayakan jgn kontak langsung dg hewan,
      Jangan terlalu banyak aktivitas tidak penting di luar rumah
      3. Jaga kebersihan di rumah dan jaga kesehatan di rumah. #StayAtHome#

      0
    36. Nama: Alifvia Kurnia Rahmadani (08)
      Kelas: IX-A

      1) jadi lebih menjaga kebersihan, semakin melek terhadap teknologi, jadi sadar pentingnya kesehatan.

      2) 1. Tetap dirumah 2. Memakai masker dan hand sanitizer, 3. Tidak egois dengan memborong peralatan seperti masker, hand sanitizer dll, cukup membeli seperlunya saja.

      3) tetaplah dirumah menunggu covid-19 bosan dan hilang dengan sendirinya.

      1+
    37. Nama: Ardian Marcellyo Misbah
      Kelas : 9A

      1. Yang saya rasakan terhadap adanya virus covid uang sangu sekola saya tidak dikasi, saya ingin cepat cepat sekolah agar saya bisa menikmari teh poci sambil liat halaman spenlusa yang amat panjang

      2. -dirumah saja
      -olahraga
      -makan makanan yang bergizi

      3. atau dengan dirumah aja dengan bermain game tugas jangan banyak banyak itulah kata motivasi saya hari ini

      1+
    38. 1. Saya bosan dirumah terus dan tugasnya pun lebih banyak daripada disekolah:v
      2. -Dirumah aja
      -Memakan Makanan/minuman
      yang bisa mencegah corona
      -Selalu cuci tangan sebelum
      melakukan sesuatu
      3. “If you’re sick, don’t fly!”

      0
    39. 1. Yg saya rasakan terhadap COVID-19 yaitu ekonomi negara turun

      2. sudah. mengurangi berinteraksi dg orang luar, cuci tangan 1 jam sekali, menjaga kebersihan lingkungan

      3. Corona menyadarkan diri kita semua untuk selalu menjaga kebersihan dan semangat lah untuk melawan COVID-19

      1+
    40. 1.kegiatan belajar lebih terganggu

      2.-tetap di rumah
      -menjaga kesehatan
      -tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting

      3. “If you’re sick, don’t fly!” (jika Anda sakit, jangan terbang)

      0
    41. Nama : Yosafat Prima Putra
      Kelas. : 9h
      Absen : 41

      1. Adanya rasa waspada yang dapat membuat pribadi diri sendiri untuk mulai melaksanakan hidup bersih dan sehat
      2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
      – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
      – menerapkan pola hidup bersih untuk pencegahan tertularnya covid19
      3. perangi corona, jadikan bumi kita sehat kembali seperti sedia kala!

      0
    42. 1.bosen dengarkan suara orng orng disekitar rumah pada bahas covid-19 sampai lupa kewajiban.
      2.menjaga kebersihan
      rumahh,lingkungan,dll.
      ~olah raga setiap pagi & makan
      makanan yang sehat
      ~cuci tangan setiap saat
      3.basmi covid-19 sebelum
      Ramadhan tiba,rawatlah
      kebersihan disekitar kita seperti
      merawat tubuh kita.
      Edit:jangan lupa sholat ikhtiar semoga kita dijauhkan dari covid-19 dan semoga covid-19 hilang sebelum Ramadhan tiba aminn

      1+
    43. 1. Bosan dirumah
      2. – Stay at home
      – Rajin mencuci tangan
      – Berjemur jam 10
      3. “Dengan adanya virus
      corona kita bisa
      mempunyai banyak waktu
      bersama keluarga.”

      0
    44. 1.adanya wabah covid 19.membuat
      seluruh dunia ketakutan.
      2..a.melakukan aktivitas di rumah
      saja.
      b.menjaga kebersihan diri dan.
      lingkungan
      c.makan yg bergisi dan olahraga.
      ringan di rumah
      3.ayo bersama melawan covid 19 dengan mengikuti anjuran pemerintah

      0
    45. 1. Saya merasakan sedih dengan adanya wabah penyakit yang mendunia ini.
      2. -Tidak berkeluyuran ke luar rumah
      -Jika ada berkepentingan keluar rumah, menggunakan masker dan langsung cuci tangan jika sampai rumah.
      -Berjemur sekitar jam 10 pagi
      3. ”#dirumahsaja atau di rumah sakit atau fotomu ada di buku yasin”

      0
    46. 1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, ya pokoknya itu pola hidup teratur.
      2.tidak keluar rumah, mencuci tangan sesudah melakukan sesuatu, berolahraga dihalaman rumah.
      3.tidak boleh keluar rumah
      3.

      1+
    47. 1. Saya menjadi sedih dan resah untuk berpergian. Karena virus ini dengan cepat bisa menularkan ke banyak orang, dan sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat virus ini.

      2. (1.) Dirumah saja
      (2.) Cuci tangan sebelum dan
      sesudah melakukan kegiatan.
      (3.) Memakai masker jika
      terpaksa harus keluar, dan
      jaga jarak (1 meter) dengan
      orang lain atau bisa disebut
      sosial distancing.

      3. Tetap tenang, tetap produktif,
      #Dirumaaja. Kapan lagi kita
      membantu negara dengan cara
      kita tetap #Dirumahaja.

      0
    48. 1. Saya menjadi sedih dan resah untuk berpergian. Karena virus ini dengan cepat bisa menularkan ke banyak orang, dan sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat virus ini.

      2. (1.) Dirumah saja
      (2.) Cuci tangan sebelum dan
      sesudah melakukan kegiatan.
      (3.) Memakai masker jika
      terpaksa harus keluar, dan
      jaga jarak (1 meter) dengan
      orang lain atau bisa disebut
      sosial distancing.

      3. Tetap tenang, tetap produktif,
      #Dirumaaja. Kapan lagi kita
      membantu negara dengan cara
      kita tetap #Dirumahaja.

      0
    49. Nagata Nahdah Aryaputra
      Kelas 8F
      1.covid -19 penyebaran nya cepat sekali maka dari itu kita hrs jaga diri kita sndr dulu dengan diam d rumah
      2.-menjaga kebersihan diri dan lingkungan
      -tdk keluar rumah
      -olahraga dan makan sehat
      3.jaga kebersihan diri dan lingkungan serta jangan keluar rumah utk memutus rantai penyebaran covid-19

      0
    50. Nama:Lauera
      Kelas:9H
      No.absen:19

      1. Krn penyebaran corona smakin meluas dan menyebabkan kegiatan belajar mengajar diliburkan membuat saya bosa krn harus belajar dirumah. Dan tugas tugas nya pun lebih banyak dari sekolah biasanya

      2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
      – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
      – menerapkan pola hidup bersih untuk pencegahan tertularnya covid19

      3. “Dari mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya seperti mencuci tangan sesering mungkin dan mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Virus Covid-19.”

      0
    51. Nama:Ahmad Surya Saputra
      Kelas:9-H
      Absen:02
      1.sangat tidak dan sangat merugikan dalam segala hal
      2.-berdiam diri dirumah
      -social dancaing
      -menggunakan masker saat keliar rumah
      3.”Virus Corona itu adalah sebuah penyakit atau wabah,maka kita harus mencari obatnya lalu disembuhkan bukan malah menebar berita buruk dan Hoak yang tidak penting,untuk apa menyebarkan berita yang membuat orang takut dan panik(tidak menyembuhkan).Virus corona itu bukanlah sebuah politik dan bukan pula ajang pencitraan diri.makalah tebarkanlah energi positif,agar indonesia mampu melewati masa masa sulit seperti sekarang ini.”

      1+
    52. Nama lengkap:Naurah Alilatul B.
      Kelas:7-k

      1.selalu waspada dalam segala kegiatan apapun dan menjaga pola hidup yang teratur
      2.-mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apapun itu
      -melakukan upaya penyemprotan guna menceggah covid-19
      -membantu membuat tempat cuci tangan
      3.”Jajar Anyam” (jaga jarak antar jamaah)

      0
    53. 1.tidak nyaman, karena dapat menyebabkan orang meninggal
      2.•dirumah aja
      •tetap waspada
      •jangan panik
      3.tetap belajar dirumah, sering cuci tangan, jangan berkerumun,

      1+
    54. Corona mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Bukan hanya kebersihan lingkungan tapi juga kebersihan tubuh kita salah satunya sering mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di dalam maupun diluar rumah.

      0
    55. 1. Resah dan selalu waspada terhadap kesehatan
      2. -tidak keluar rumah (bila tidak penting)
      -menjaga kebersihan
      -memakai masker apabila sakit
      3.”waspada boleh tapi jangan berlebihan, tetap jaga kebersihan dan di rumah aja”

      0
    56. 1. Yang saya rasakan sangat banyak, untuk pendidikan saya kira dengan pembelajaran daring ini lebih mudah tapi ternyata masih banyak yg hrs dipelajari sehingga masih ruet dan bingung apa lagi dgn tgs yg cukup banyak, lalu untuk kesehatan saya kira pada saat ini menjaga kesehatan seperti lebih sulit dari biasanya apa lagi musim di indonesia sekarang yang akan segera berganti yg artinya sekarang adalah musim pancaroba dimana tubuh kita akan sedikit lebih rentan terhadap penyakit.
      2. yang pertama ya kita harus tetap dirumah dan hanya berpergian jika sangat dibutuhkan & penting, yang kedua harus menaati etika batuk & bersin yang benar, yang ketiga tidak serakah dalam arti membeli APD berlebihan seperti menyetok masker sangat banyak, karena bayangkan masih banyak tenaga medis yang kekurangan barang tersebut jadi tegakah kita serakah & membiarkan mereka melawan virus ini tanpa APD?
      3. Karena kesehatan lebih mahal dari apapun, jadi bersyukurlah jika anda masih diberi kesehatan.

      1+
    57. Jesica/7f
      1. Resah dan selalu waspada terhadap kesehatan
      2. -tidak keluar rumah (bila tidak penting)
      -menjaga kebersihan
      -memakai masker apabila sakit
      3.”waspada boleh tapi jangan berlebihan, tetap jaga kebersihan dan di rumah aja”

      0
    58. 1. Saya merasa sedikit berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan
      2. – Stay at home,
      – Menghidari tempat keramaian,
      – Selalu menjaga kebersihan
      3. “Lebih baik mencegah daripada mengobati”

      1+
    59. Catherine Adriana M.W.
      Kelas 7c/07

      1. Yang saya rasakan saat ini adalah kesedihan, wasapada, dan heran.
      Saya sedih karena wabah ini sudah menyebarluas dan membuat kita harus ada dirumah saja, pastinya ada rasa waspada untuk mencegah mata rantai penyebaran covid-19, dan saya heran mengapa tiba tiba virus ini datang begitu saja dan membuat dunia ini mengalami masalah?

      2. a. Social distancing atau bahkan sudah diterapkan physical distancing
      b. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun
      c. Makan makanan yang mengandung vitamin c dan teratur

      3. Semoga setelah pandemi ini bisa kita lawan bersama dan sudah kondusif, pola hidup kita akan berubah dari yang “jorok” menjadi lebih “bersih”, dari yang “tidak sehat” menjadi pola hidup yang “sehat”. Aamiin

      0
    60. Nama : Muhammad Renaldi Syarifudin
      Kelas/Absen : 9H/25

      1. Sedih euy, Sepupu saya mau nikah tapi dibatalin padahal uang gedung sama catering udh lunas :'(
      #UNBKdibatalkan

      2. •)Diam di rumah
      •)Menerapkan Social Distancing
      •)Menghindari Keramaian

      3. “Ingat meskipun wajahmu jelek tapi kalau kamu tidak terkena corona wajahmu tetap saja jelek”
      ~StayAtHome

      0
    61. 1. ada 2 sisi yang saya rasakan saat ini, yaitu sisi negatif dan positif dengan adanya covid 19.
      sisi negatif yang saya rasakan adalah : saya jadi bosan, saya terkurung dalam rumah dan tidak dapat bebas, kangen sama keadaan sekolah, semua yang disusun rapih2 saat perpisahan kelas 9 semua plan hancur berantakkan.

      Tapi dr semua itu pasti ada sisi positifnya yaitu :
      Bisa kumpul bersama keluarga
      Dapat belajar masak
      Un dihapus

      2. – dirumah aja
      – selalu cuci tangan
      -menjaga imunisasi tubuh.

      3. ” bantu pemerintah / tim medis dengan dirumah ajaa!!”

      0
    62. Eka Wahyu Sabilillah
      1.Agak panik karena Covid-19 sudah menyebar dikampung saya,tetapi saya akan selalu berdoa agar terhindar dari Covid-19
      2.#Dirumah aja
      – Selalu cuci tangan memakai
      sabun
      -Menjaga kebersihan diri dan
      rumah
      -Memakan makanan yang sehat
      3.Selalu dirumah,mencuci tangan,jika perlu keluar jaga jarak 1 meter,jangan panik dan tetap waspada”MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI”

      0
    63. Sasqia putri ramadhani/7k
      1.sebenarnya saya takut dengan adanya covid 19 tetapi pemerintah mengisyaratkan agar tetap tenang dan berhati-hati.
      2. -sering² mencuci tangan dengan sabun.
      -Menjahui orang yang terkena flu
      maupun batuk atau jaga jarak minimal 1 meter.
      -Menghindari menyentuh mata,hidung,mulut.
      -tidak keluar rumah.
      -menjaga kebersihan badan maupun lingkungan.
      -Berolahraga dan makan-makanan yang begizi.
      3. Jangan takuti covid-19 tapi lawanlah dengan memulai hidup sehat dan sering mencuci tangan !

      0
    64. 1.Yang saya rasakan dengan adanya virus COVID-19,saya sekarang merasa berhati-hati karena kemungkinan anak² seperti kita tidak akan tertular,tapi jika kita tidak hati² virus-virus ini akan menempel ke tubuh kita dan seketika kita tidak sadar bahwa kita telah membawa virus-berbahaya kepada orang lain.
      2. 1.#dirumahAja
      2.menjaga kebersihan
      3.memakai masker,handtaizer,cuci
      Tangan berkali kali
      4.menjaga pola makan
      5.istirahat yang cukup
      6.meminum vitamin
      7.melakukan social distancing
      3.”dengan ada covid-19 atau degan sebutan coronavirus kita perlu menjaga kebersihan badan,lingkungan dan untuk pencegahan kita harus perlu melakukan social distancing atau jaga jarak.

      1+
    65. 1. Saya merasa bahwa tidak dapat melaksanakan kegiatan keluar rumah seperti biasa karena adanya social distancing,saya juga merasa sangat sedih sebagai siswa yang duduk dibangku kelas 9 karena tidak ada unbk dan perpisahan melalui jabat tangan

      2. – Tidak Boleh Keluar Rumah
      – Menjaga Kebersihan
      – Menghindari tempat ramai
      – Tidak Boleh berjabat tangan
      – Berjemur di Pagi Hari / Ber
      Olah raga
      – Membiasakan Cuci tangan
      Sebelum melakukan kegiatan

      3. Mari Kita Dukung Pemerintah Dan
      Tenaga medis Untuk Melawan
      Covid-19

      0
    66. 1)Tidak enak,karena bosen di rumahh
      2)-Tidak Keluar rumahh
      -mencuci tangan dengan sabun
      -menjaga kebersihan rumah
      3)dengan ada nya Corona kita perlu belajar bahwa kebersihan itu sangat penting,maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dimana pun kita berada

      0
    67. 1.bosan karena tidak dapat keluar rumah karena ada virus yang melebar luas
      2.-tidak keluar rumah
      – menjaga kebersihan badan,lingkungan,dll
      – berolah raga dan makan makanan yg sehat
      3.Dengan ada nya Corona kita perlu belajar bahwa kebersihan sangat lah penting, maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan di manapun kita berada

      0
    68. 1. sangat meresahkan dan menyedihkan semua orang, terutama tidak dapat keluar rumah dan bertemu teman teman dengan bebas

      2. -banyak banyak cuci tangan setelah dari luar rumah minimal 20 detik
      -makan makanan sehat dan berjemur dipagi hari
      -#dirumah aja

      3. Banyak cuci tangan dan menghindari kontak langsung dari orang orang disekitar, selalu mendekatkan diri kepad tuhan YME dan lebih baik #dirumahaja karna sudah ada petugas yang bertugas sendiri kita sebagai masyarakat hanya perlu #dirumaaja agar virus tidak semakin bertambahh

      Terimakasih

      0
    69. 1. Saya tidak merasa apa”, saya hanya merasa sedikit kesal karna tidak bisa belajar disekolah dan tidak bisa keluar rumah dengan tenang. Saya hanya berdoa semoga Tuhan melindungi saya dan sekeluarga.

      2. Sya akan melakukan:
      -tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan yg mendesak
      -slalu mencuci tngn
      -slalu mnjga kbrsihan bdan dn lingkungan
      -berolahraga dn makan makanan yg enak dn sehat

      3. “Dengan adanya Covid-19 kita harus lebih rajin untuk menjaga kebersihan dan lingkungan agar Covid-19 cepet pergi dari Indonesia”

      0
    70. 1. Saya merasa agak tidak tenang. karna adanya virus ini. Tapi karna saya berada di rumah terus jadi saya merasa sedikit lebih aman
      2. – Tidak keluar rumah
      –Menjaga kebersihan
      –Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan.
      3. Dengan adanya virus covid-19 kalian lebih baik dirumah saja karna penyebaran virus ini dari kontak fisik. Oleh karna itu mari ikuti apa kata para pemerintah
      #STAYATHOME

      1+
    71. 1.) Merasa sedih dan bahagia juga karena sedih nya gk bisa sekolah dan gak bisa bertemu teman – teman, sedangkan bahagaianya bisa berkumpul bersama keluarga.

      2.) 1.Kita tidak boleh bergerombol .
      2. Tidak boleh bepergian atau
      keluar rumah .
      3. Selalu menjaga tubuh agar
      Tetap bersih.

      3.) Ayo bantu mencegah virus,
      dengan cara kita mematuhi.
      perintah pemerintah !!!

      1+
    72. 1.Perasaan saya ketika Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19 ini mulai menyebar diindonesia saya merasa takut dan khawatir dengan virus/wabah yang satu ini, Dan saya berharap semoga virus Covid-19 tidak sampai menjangkit tempat tinggal saya

      2. Melakukan Anjuran Pemerintah:
      1.)Tetap berada dirumah
      2.)Menerapkan Sosial distancing
      (Jaga jarak)
      3.)Mehindari tempat kerumunan

      3. Dengan adanya Virus Covid-19 ini kita disadarkan bahwa sangat amat penting kebersihan itu bagi kesehatan kita,”Mencegah lebih baik dibanding kita harus ngobati” Karena jika kita sudah terkena Virus Covid-19 dan kita terbukti positif lalu kita di isolasi dalam suatu ruangan saya yakin kita akan sangat menyesal,Oleh karena itu ayo teman-teman kita bersama-sama mewujudkan Lingkungan yg bersih dan gaya hidup sehat!, Kalau bukan mulai dari kita siapa lagi yang bisa merubahnya?

      0
    73. Nama:Niken roqhilia amru
      Kelas:8f/33
      Jawaban
      1.yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid 19 ini adalah saya jadi lebih sering cuci tangan dengan baik dan benar,makan makanan yanh bergizi dan pola hidup yang teratur
      2.a)melakukan sosial distancing
      b)selalu mencuci tangan ketika setelah melakukan aktivitas dirumah
      C)memperbanyak doa
      3.JAGA DIRI dan KELUARGA anda dari COVID-19 dengan GERMAS(gerakan masyarakat hidup sehat)

      0
    74. Sasqia putri ramadhani/7k
      1.sebenarnya saya takut dan resah dengan adanya covid 19 tetapi pemerintah mengisyaratkan agar tidak panik.
      2. –Selalu makan-makanan yang bergizi.
      –Sering berolah raga.
      –Sering berjemur.
      –sering mencuci tangan minimal 20 detik.
      –Menjahui orang yang terkena flu maupun batuk,atau jaga jaran minimal 1 meter.
      –Bagi yang sakit diharapkan menggunakan masker.
      –Tidak boleh keluar rumah.
      –Jikalau flu,batuk,sesak, dan panas segeralah ke dokete.
      3.Jangan takuti covid-19 tetapi lawan dengan memulai hidup sehat dan selalu mencuci tangan !

      0
    75. 1)Tidak Enak,Karena bosan di rumah
      2)-tidak keluar rumah
      -menjaga kebersihan rumah
      -jaga jarak 1 meter
      3)Dengan adanya corona kita perlu belajar bahwa kebersihan itu sangat penting,maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dimana pun kita berada

      0
    76. Nama:chelsea olivia
      Kls:7c
      1.sya tdk merasa apa” hanya saja sedikit kesall krna tidak bisa lgi blajar di sekolah dn tdk ada pemasukan (uang jajan),sya hanya berdoa smoga saya dn sekeluaarga di lindungi oleh tuhan
      2.sya akan melakukan:
      -Tidak keluar rumah jika tdk ada keperluan mendesak
      -Selalu mencuci tangan
      -Selalu menjaga kebrsihan badan dan lingkungan
      -berolahraga dn makan” makan an yg sehat
      3.dgn adanya covid 19 kita hrus lbih menjaga kebrsihan agar terbebas dri covid 19

      0
      1. 1. Sedih euy, Sepupu saya mau nikah tapi dibatalin padahal uang gedung sama catering udh lunas :'(
        #UNBKdibatalkan

        2. •)Diam di rumah
        •)Menerapkan Social Distancing
        •)Menghindari Keramaian

        3. “Ingat meskipun wajahmu jelek tapi kalau kamu tidak terkena corona wajahmu tetap saja jelek”
        ~StayAtHome

        0
    77. 1.Perasaan saya ketika Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19 ini mulai menyebar diindonesia saya merasa takut dan khawatir dengan virus/wabah yang satu ini, Dan saya berharap semoga virus Covid-19 tidak sampai menjangkit tempat tinggal saya

      2. Melakukan Anjuran Pemerintah:
      1.)Tetap berada dirumah
      2.)Menerapkan Sosial distancing
      (Jaga jarak)
      3.)Mehindari tempat kerumunan

      3. Dengan adanya Virus Covid-19 ini kita disadarkan bahwa sangat amat penting kebersihan itu bagi kesehatan kita,”Mencegah lebih baik dibanding kita harus ngobati” Karena jika kita sudah terkena Virus Covid-19 dan kita terbukti positif lalu kita di isolasi dalam suatu ruangan saya yakin kita akan sangat menyesal,Oleh karena itu ayo teman-teman kita bersama-sama mewujudkan Lingkungan yg bersih dan gaya hidup sehat!, Kalau bukan mulai dari kita siapa lagi yang bisa merubahnya?

      1+
    78. 1. Tidak menyenangkan dan tidak bisa keluar rumah.
      2. Tetap di rumah dan jaga kesehatan.
      3. Tidak perlu terlalu khawatir karena wabah corona, tetap jaga kebersihan dan jaga tahan tubuh agar teta sehat.

      0
    79. 1)bosan karena tidak boleh keluar rumah dan tidak dapat bertemu dengan teman
      2)Diam dirumah
      Rutin Olah raga
      Jaga kebersihan
      3)Virus corona bukan politik, bukan pula ajang mencitrakan diri sambil menebar ketakutan. Maka tebarkan energi positif. Agar Indonesia mampu melewati masa-masa sulit seperti sekarang.

      0
    80. 1. bosan dirumah,karena saya tidak bisa keluar rumah dan tidak bisa bertemu dengan teman-teman saya:)
      2. -Melakukan atau melaksanakan social distancing (dirumah aja). -Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer. -Tidak bergerombol atau berkumpul di tempat yang ramai orang (untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19)
      3. Waspada COVID-19 (corona) dengan cara terus menjaga kebersihan terutama tangan!
      Karena kebersihan sangatlah penting,maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dimanapun kita berada dan jangan lupa mencuci tangan!

      1+
    81. Nama=Tasya Amandan Dyah Rahmalia
      Kelas=7G
      Absen=40
      1. Merasa takut karena virus covid-19 sudah menyebar luas di Indonesia
      2. •#dirumahaja
      •olahraga
      •Berjemur
      •Menjaga kebersihan lingkungan
      •Hindari tempat keramaian
      3. Jangan keluar rumah,keluar rumah jika ada keperluaan saja,jangan lupa memakai masker jika keluar rumah,dan jagalah kebersihan.

      0
    82. 1.tidak dapat keluar rumah dan
      sangat jenuh karena tidak dapat
      bertemu teman teman
      2.tetap dirumah aja,mencuci tangan
      menggunakan antiseptik,ketika
      bersin ditutupi dengan siku tangan
      dalam
      3.tetap dirumah aja agar virus
      corona tidak menyebar luas

      0
    83. Nama : Inayatul Sya’baniyah
      Kelas : 9D
      Absen : 18
      Jawaban :
      1. Yang saya rasakan dengan adanya virus Covid-19 :
      • Berusaha tenang, dan yakin bahwa takdir Allah itu Insyaallah terbaik untuk kita.
      • Lebih cenderung menjaga kesehatan dan kesucian (karena suci pasti bersih).
      • Mengambil hikmah dari adanya virus Covid-19 dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah dan bersyukur atas semua nikmat yang diberinya.
      • Waktu bersama keluarga tak terbatas.
      2. Cukup menaati aturan pemerintah dengan :
      • Tidak keluar rumah, melakukan segala aktivitas dirumah.
      • Menjaga Kebersihan dengan Mencuci tangan dan kaki setelah dan sebelum melakukan aktivitas.
      • Berjemur ketika siang hari, karena virus takut dengan panas.
      • Memakan makanan dan minuman sehat.
      • Mengambil hikmah dari adanya virus Covid-19 dengan tidak berjabat tangan terutama dengan yang bukan mahrom.
      3. “Jaga diri, Jaga kesehatan, dan Kuatkan iman”

      0
    84. 1. Awalnya merasa sangat takut sekali tetapi setelah membaca byk ttg bgmn cr mengatasinya spy tdk tertular jd skr sdh sedikit lega
      2. A.Mematuhi peraturan pemerintah unt lockdown
      B. Berdiam diri d rumah
      C. Sering cuci tangan dan jaga kebersihan, menutup mulut dgn masker
      3. Ingin sehat tinggal d rumah

      0
    85. Nama: Novi Putri Ismawati
      Kelas: 7C
      1.dengan adanya covid-19 saya menjadi bosan dirumah, mau kluar takut tertular covid-19
      2.– tidak keluar rumah
      – menjaga kebersihan badan,lingkungan,dll
      – berolah raga dan makan makanan yg sehat
      3.dengan adanya covid-19 kita diajarkan untuk hidup lebih bersih dan tidak saling menyentuh bukan mahram kita

      1+
    86. Jawaban:

      1.semakin banyak perubahan seperti kita tidak boleh keluar rumah dan semakin khawatir untuk terus menjaga kebersihann,makan bergizi
      2.Tetap berolahraga , terus makan makanan yang bergizi dan seimbang, selalu cuci tangan secara berkala, minum air putih
      3.”LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA”

      0
    87. 1.) Merasa sedih dan bahagia juga karena sedih nya gk bisa sekolah dan gak bisa bertemu teman – teman, sedangkan bahagaianya bisa berkumpul bersama keluarga.

      2.) 1.Kita tidak boleh bergerombol .
      2. Tidak boleh bepergian atau
      keluar rumah .
      3. Selalu menjaga tubuh agar
      Tetap bersih.

      3.) Ayo bantu mencegah virus,
      dengan cara kita mematuhi.
      perintah pemerintah !!!

      1+
    88. Jawaban:

      1.semakin banyak perubahan seperti kita tidak boleh keluar rumah dan semakin khawatir untuk terus menjaga kebersihann,makan bergizi dan saya sangat merasa kek sedih gitu gak bisa sekolah bertemu dgn teman²dan tdk bisa merasakan perpisahan dengan teman teman karna tdk boleh berjabat tangan dan berpelukan:V
      2.Tetap berolahraga , terus makan makanan yang bergizi dan seimbang, selalu cuci tangan secara berkala, minum air putih
      3.”LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA”

      0
    89. 1:sedih karena tidak bisa keluar rumah dan tidak bisa sekolah.
      2:tidak keluar rumah
      Berolahraga dan memakan makanan yang sehat
      Menjaga kebersihan badan dan lingkungan .
      3:adanya covid19 kita bisa belajar betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan maka dari itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi.

      1+
    90. IVANO ROLIUS KOGOYA
      7B/29
      1.Tidak enak karena kalau libur selalu di beri tugas sama guru mana tugas nya banyak
      2.diam di rumah
      Berdoa
      Dan budaya hidup bersih dan sehat
      3.cegah korona karena dengan mencegah lebih baik dari mengobati

      0
    91. Assalamualaikum Wr. Wb.
      Nama Lengkap: Yudha Syaifulloh Anggara
      Kelas: 9D/41
      1. Yang saya rasakan tentu adanya rasa bosan, dari akibat terjadinya wabah ini saya jadi makin ingin tahu (Jadi makin tau banyak tentang dunia online ini) dan juga saya bisa membantu pekerjaan yang ada di rumah yang bisa mengusir rasa bosan saya:)
      2. *Tetap dirumah (jangan kemana-mana kecuali hal yang sangat penting)
      *Cuci tangan setelah memegang benda yang sekiranya dapat menimbulkan virus di tubuh kita
      *Jaga jarak dan fisik (tidak perlu berkumpul-kumpul dengan siapapun beri jarak sekiranya 6 kaki atau 2 meter di tempat umu), makan-makanan yang sehat dan bersih:)
      3. Jaga fikiran, jaga fisik, jangan panik, banyakin berdoa (Semangat!!!! membantu tim medis dengan diam dirumah, jangan menimbun bahan bahan pokok, gunakan masker jika sakit AKU TAU KITA BISA Terimakasih 🙂 wassalamu’alaikum Wr. Wb.

      2+
    92. 1.Rasa waspada yang sebelumnya terasa biasa saja tetapi semenjak banyak orang terkena Covid 19 rasa waspada saya meningkat,rasa panik atas adanya Covid 19 yang menyerang banyak orang tetapi untungnya saya bisa mengendalikan rasa panik saya karena pemerintah mengatakan agar kita tidak panik

      2.-Tetap dirumah
      -Menjaga kebersihan lingkungan atau badan dan menjaga imun tubuh agar kuat dengan memakan makanan sehat
      -Sering cuci tangan minimal 20 detik(mandi bila diperlukan)
      -Selalu membawa Hand Sanitizer kemanapun
      -Jangan lupa memakai masker ketika keluar rumah

      3.wash your hands and stay at home, so you don’t get Covid 19

      0
    93. Daiva Aristawidya 8i/37
      1. Panik dan Takut karena wabah covid-19 ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia
      2. * Melakukan social distancing
      *menjaga jarak minimal 1 meter
      *tidak keluar rumah jika tidak ada
      urusan yang tidak penting
      3. #stay at home stay safe

      0
    94. 1.Kadang bosan,bosan nya ndak bisa keluar,kalo gk bosan nya bisa main game
      2.menjaga kebersihan,selalu mencuci tangan sebelum makan,dan selalu mengonsumsi makanan yg bergizi agar menjaga daya tahan tubuh
      3.tetap tenang dan jangan panik dalam penanganan covid 19

      0
    95. Nama: Ariel Dewangga Putra
      Kelas: 8C

      1. Bosan karena tidak bisa keluar rumah.
      2. Tetap di rumah, cuci tangan sesering mungkin, makan makanan yang sehat.
      3. “Ayo tetap di rumah guna cegah Corona”

      0
    96. Nama lengkap : Nadhlillah Tyas S
      Kelas : 8F
      1. Dapat berkumpul dengan keluarga
      2. – tetap di rumah
      -menjaga kebersihan
      -dan menjaga kesehatan
      3. “Selalu Menjaga Kesehatan Karena Kesehatan Sangat Penting untuk Kita Menghadapi COVID-19

      0
    97. Dengan adanya covid-19 ini saya merasa bahwa kita jadi bisa hidup bersih,mengurangi polusi udara,dll. Tapi saya juga slalu merasa takut dengan adanya covid-19 ini yang semakin menyebar luas di indonesia dan jumlah org yg terkena juga semakin meningkat hari demi hari. Dan apalagi dengan adanya wabah ini sekolah jadi diliburkan dan melaksanakan daring,ini membuat saya bosan sekali dirumah kerjaan hanya memegang hp jaga jaga jika ada jadwal daring mendadak dari para guru,pemerintah mengadakan lockdown itu untuk mencegah covid-19 dan menjaga imunitas tubuh kita supaya sehat tapi gimana mau menjaga imunitas tubuh kalau kerjaannya setiap hari setiap jam mengerjakan tugas daring yang sangat banyak melebihi tugas sekolah biasanya.
      1. Jangan keluar rumah atau berkumpul dengan banyak orang diluaran sana
      2. Selalu menjaga kebersihan dan menjaga pola makan yang sehat
      3. Gunakan masker jika merasa sakit atau periksakan ke dokter secepat mungkin.
      Jangan kemana mana ya..
      Stay dirumah saja..
      Diluar sana masih banyak corona..
      Sedangkan dihatiku ada cinta yang harus dijaga..

      0
    98. Nama Lengkap:Hielya Safitrie H
      Kelas/NO.ABS:VIII-J/32
      1. Sadar akan harus menjaga kebersihan sekitar,lebih bijak untuk menjaganya
      2.#dirumah ajaa
      makan makanan yang sehat dan bergizi
      berolahragaa
      3. Jaga kebersihan lingkungan sekitarmu karena lebih baik mencegah daripada mengobati
      berolahraga
      3.

      1+
    99. NAMA : ZALFAA SANIYA SAMUDRA
      KELAS : 7E
      NO ANSEN : 40

      1. Tidak tenang karena virus corona sudah menyebar di indonesia dan tidak bisa pergi kemana mana.

      2. a) tetap dirumah
      b) menjaga kebersihan
      c) berolahraga secara rutin
      d) makan makanan yang bergizi

      3. *TETAP DIRUMAH JANGAN KEMANA MANA DAN MENJAGA KEBERSIHAN AGAR TIDAK TERTULAR VIRUS CORONA ATAU COVID-19#DIRUMAHAJA*.

      0
    100. Resta Gustianza
      Kelas 9A

      1.Tidak seru karena tidak boleh kemana-mana.
      2.Tetap dirumah,belajar dirumah,jaga jarak.
      3.Kalau ingin tidak terjangkit Covid-19, kita harus dirumah dan menjaga kebersihan.

      1+
    101. 1.•khawatir dengan kluarga dan diri
      sendiri karena covid19 virus yng
      berbahaya.
      2.•menjaga kebersihan
      • makanmakanan yang sehat
      •berolah raga(dirumah)
      • #Stayhome
      3.if you feel sick
      Dont panic see a doctor:)

      0
    102. 1. Lumayan resah, tapi kita juga bisa lebih dekat dengan keluarga
      2. -Tidak keluar rumah
      -Tetap jaga kebersihan diri
      -Menjaga imun tubuh agar tetap
      kuat
      3. Mari kita putuskan penyebaran virus corona dengan menetap dirumah dan tetap jaga kesehatn tubuh kita just stay at home and stay healty

      0
    103. Kls : 9f
      No :02
      1. Bosan, karena hanya dirumah saja
      2. Tidak keluar rumah , jaga kebersihan, sosial distancing
      3. Biasa bersih, hidup jadi sehat

      0
    104. NUUR HAADIY
      VII J

      1. Rasanya sih bosen ya kalo di rumah aja, gk bisa ketemu temen temen, gk bisa maen bareng, yang bisa cuma liat hp, vc, atau telpon

      2. Belajar di rumah, tidak keluar rumah, hindari kerumunan massa

      3. Bangkit lah kalian dari rebahan di rumah!!!!!!!!

      0
    105. Nama : Andhika Rizky Ramadhan
      Kelas/absen : 7B/08

      1. Dengan adanya wabah covid-19 menyebabkan perekonomian negara dan masyarakat luluh lantak mulai dari pariwisata, transportasi, sosial, keagamaan, pendidikan.
      2. • Tetap dirumah saja untuk menghindari wabah virus corana
      • mencuci tangan sesering mungkin
      • social distancing
      3. Tidak lah allah Swt menurunkan penyakit, kecuali Dia juga menurunkan penawarnya

      0
    106. Alifatul Alya Ramadhani/8B

      1)Sekolah menjadi terganggu,menjadi bosan karna tidak bisa keluar rumah.
      2)-Menjaga kebersihan
      -Mencuci tangan secara rutin
      -Mengurangi keluar rumah jika
      tidak ada kepentingan
      -Rutin berolahraga
      -Makan makanan yang sehat dan
      bergizi
      -Memakai masker bila ingin keluar
      supaya menghambatnya virus
      masuk
      -Menjaga kesehatan
      3)”Dengan adanya Covid-19 kita tau betapa pentingnya kesehatan, Ayo!!! Jaga kebersihan dan kesehatan dimana pun dan kapan pun kita berada”

      0
    107. 1. Gerak diruang publik terbatas,tidak dapat melakukan aktivitas diluar rumah,bosan karena selalu dirumah
      2. •tidak keluar rumah
      •tidak membuat kerumunan
      •melakukan isolasi diri
      •menjaga kebersihan diri,lingkungan,dll
      •menjaga pola makan
      •meminum obat multivitamin
      3. “dengan adanya virus ini,kita jadi lebih memperhatikan kebersihan diri kita sendiri dengan benar”

      1+
    108. Nama : Yunia Dwi Rismawati
      Kelas: 9I/42
      1) Covid-19 semakin membuat masyarakat resah karena virus ini mudah tertular jika kita berkontak langsung dengan penderita.
      2) • Tidak keluar rumah
      • Selalu mengukuti arahan pemerintah dengan baik dengan cara mencuci tangan setiap mau makan dan sesudah makan syukur syukur jika kita mempunyai hand sanitizer
      • Memakai masker jika ingin berpergian dan sedang sakit
      • Selalu menjaga kebersihan
      3) Ayo kita bersama sama melawan Covid-19 karena kita INDONESIA. Negara yang maju negara yang bebas dari segala virus.

      0
    109. 1. Bosan ingin keluar rumah tetapi takut karena wabah yang semakin menyebar luas dan menimbulkan banyak korban
      2. – berdiam diri di rumah
      -menjaga kebersihan
      -rajin mencuci tangan
      3. Stay at home jaga kebersihan lawan covid -19

      0
    110. NAMA : RIZQI PUTRA PRATAMA
      KELAS : 7J
      1.Yang saya rasakan dengan adanya virus COVID-19,saya sekarang merasa berhati-hati karena kemungkinan anak² seperti kita tidak akan tertular,tapi jika kita tidak hati² virus-virus ini akan menempel ke tubuh kita dan seketika kita tidak sadar bahwa kita telah membawa virus-berbahaya kepada orang lain.
      2. #dirumahAja
      #menjaga kebersihan
      #memakai masker,handtaizer,cuci
      Tangan berkali kali
      #menjaga pola makan
      #meminum vitamin
      #melakukan social distancing
      3. Mari lawan virus corona BERSAMA KITA BISA

      0
    111. 1.senang:karena dapat berkumpul dengan keluarga dan lebih dekat
      Sedih:karena rindu sekolah,guru,dan teman teman
      Bosen:ingin main,belajar dan bermain bersama teman
      2.-dirumah saja:menjaga kebersihan
      -berdoa dan ikthiar
      -mengikuti arahan pemerintah dan tidak panik menerima berita
      3.mungkin akan ada hikmah disetiap musibah yang terjadi dan setiap penyakit mungkin ada penawarnya mungkin allah belum memberi petunjuk penawarannya agar kita lebih khusyuk beribadah ditengah lock down ini dan lebih intropeksi atas dosa yang kita lakukan mungkin ada saat nya dunia perlu istirahat dan untuk pulih tugas kita hanya berdoa dan ikut arahan.AYO BERSAMA LAWAN COVID -19!! AYO KUAT

      1+
    112. 1.bosan karena tidak bisa keluar kemana mana dan jarang bertemu teman
      2. – tidak keluar rumah
      – selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan
      – berolahraga dan makan makanan yg se
      hat
      3.diam dirumah jangan kemana mana dan selalu jaga kebersian

      0
    113. Nama:M Zacky VP
      Kelas:8F
      1) Senang, karena adanya covid-19 ini saya menjadi lebih sering membantu orang tua, dan makan makanan bergizi
      2) belajar dirumah masing-masing, tidak keluar rumah jika tidak penting, saling jaga jarak minimal 1 meter
      3)pakailah masker dimanapun anda berada!

      0
    114. 1. tidak enak. merasa tidak bebas karna harus berdiam diri dirumah dalam beberapa minggu.

      2. tidak keluar rumah, menjaga kesehatan tubuh, berolahraga mencegah terkenanya covid-19

      3. “jaga dirimu agar tidak terkena covid-19 untuk membantu pemerintah yang sedang berusaha menghilangkan virus-virus itu”

      0
    115. 1.yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid 19 ini adalah saya menjadi lebih sering oalahraga,makan-makanan yang bergizi dan lebih mengatur pola hidup sehat .

      2.tetap mengikuti arahan ”STAYHOME” dirumah aja untuk memutus tali rantai covid 19, rajin mencuci tangan dengan sabun,rajin membersihkan lingkungan.

      3. Stayhome! Lawan covid 19 dengan rebahan:v

      0
    116. 1. tidak enak karena sangat bosan belajar di rumah tidak bertemu dengan teman”.
      2. -tidak keluar rumah
      -tetap mengikuti anjuran dari pemerintah
      -mengikuti kegiatan yang positif di rumah saja
      3. jangan berlibur ke luar kota lebih baik di rumah aja

      0
    117. Nama: Yuanda Afriezka
      Kelas: 8C

      1. Dengan adanya wabah virus Covid-19 ini saya merasa sangat prihatin

      2. – Tetap dirumah
      – Menjaga jarak dengan manusia (social distancing)
      – Menjaga kesehatan

      3. Stay at home, Covid-19 will go

      0
    118. 1. tentunya khawatir dan kesal atas wabah virus ini, tetapi dengan adanya virus ini kita lebih menjaga kebersihan dan merasakan kehangatan keluarga.
      2. – menjaga kesehatan imun tubuh kita
      – dirumah aja
      – menjaga kebersihan
      3. dengan dirumah aja kita membantu pemerintah ataupun tim medis

      0
    119. 1. Tidak menyenangkan, karena kita tidak bisa beraktivitas diluar rumah karena adanya COVID-19 tersebut.
      2. – Tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan.
      – Menutup jadwal penerbangan
      – Berolahraga dan menjaga kesehatan kita
      3. Jangan takut dan tetap bekerja sama melawan Corona

      0
    120. 1.saya takut karena adanya covid-19 yang sudah tersebar luas diseluruh belahan dunia dan membuat banyak nyawa meninggal karena virus tersebut
      2.mengikuti petunjuk yang sudah diarahakan oleh pemerintah agar tidak terjangkit oleh virus tersebut dengan cara berdiam diri dirumah dan membiasakan hidup bersih
      3.”marilah kita putus jangkitan virus covid-19 dengan berdiam diri dulu dirumah hingga suasana menjadi lebih baik dan membiasakan hidup bersih”

      0
    121. 1.resah
      2.tetap dirumah,selalu menggunakan masker saat keluar rumah,jaga kesehatan
      3.ikuti anjuran pemerintah

      0
    122. 1. Tidak nyaman karena meresahkan semua orang didunia dan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.
      2. 1)tetap di rumah
      2)menjaga kebersihan lingkungan
      3)jika keluar memakai masker
      3.tetap di rumah ikuti aturan pemerintah agar semua terhindar dari wabah corona dan agar semua kembali dengan semula

      0
    123. nama= silfia eka nurvidiana
      kelas =9b/42

      1. suntuk di rumah dan jadi was was kalau keluar rumah
      2. -menggunakan masker jika keluar rumah
      -jika tidak ada keperluan yang mendesak jangan keluar rumah
      – mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan apapun
      3. “Kesehatan bukanlah apa-apa namun tanpa kesehatan kita tidak dapat berbuat apa-apa”

      1+
    124. 1.bosan karena tidak bisa sekolah
      2.tidak keluar rumah,menjaga kebersihan lingkungan,menjaga kebersihan badan
      3.Hindari keluar rumah atau bepergian kemanapun

      0
    125. Nama : Lintang A. P.
      Kelas : IX A

      PERTAMA, mengenai adanya peristiwa covid-19 ini menurut saya sangat meresahkan. Karena, selain perkembangan virus corona yang menyebabkan puluhan bahkan hingga jutaan jiwa terjangkit oleh penyakit covid-19 ini, virus corona juga dapat mematikan. Lalu, akibat dari peristiwa tersebut, banyak pelajar/pekerja yang dikarantina guna memperlambat penyebaran virus corona. Dan karena karantina inilah beberapa pelajar/pekerja banyak mengeluh tentang pekerjaannya yang tak dapat dikonsultasikan serta direalisasikan dengan mudah (secara langsung/bertatap muka).
      KEDUA, upaya yang dapat dilakukan dalam membantu pemerintah untuk mencegah berkembangnya virus corona ini, kita bisa mengisi dengan kegiatan sederhana dirumah yang tentunya bermanfaat. Beberapa contoh kegiatannya adalah : (Satu), dengan cara membaca buku sambil berjemur. Selain dapat menambah ilmu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan imun dalam tubuh. (Dua), melakukan meditasi/yoga. Kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap hari didalam rumah. Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini juga bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. (Tiga), belajar memasak. Dalam kegiatan ini, kita mendapatkan 2 manfaat. Pertama, selain mendapat ilmu tentang “bagaimana cara memasak dengan baik dan sehat”, kita juga bisa memakan makanan higenis yang telah kita buat sendiri. Dan yang kedua, sebelum/sesudah memegang bahan serta alat untuk memasak, pasti kita tak pernah lupa mengenai perihal “mencuci tangan”. Mengapa “mencuci tangan” juga merupakan kegiatan bermanfaat ? Oke. Pernyataan ini dikarenakan… mencuci tangan dapat membersihkan. Terlebih lagi, jika kalian mencuci tangan menggunakan sabun, hal ini dapat menghindarkan kalian dari virus-virus yang jahat.
      KETIGA, atau mungkin bisa dibilang untuk yang terakhir. Mengenai hal yang ingin saya sampaikan pada kalian, guna untuk sama-sama memperingatkan tentang keamanan dan kesehatan supaya tak memperburuk keadaan adalah : “Ayo waspada! Tetap berada dirumah, namun tidak hanya untuk tidur merebah. Terapkan kebiasaan berjemur dan berolah raga. Jika kita semakin kuat, bumi-pun akan lekas sehat!” 🙂

      1+
    126. 1. Yang saya rasakan panik cuma saya percaya bahwa ada Tuhan yang selalu melindungi kita dan saya juga percaya bahwa dibalik ujian yg menimpa kali ini ada hikmah yg terselip di dalamnya
      2. -tidak keluar rumah
      -rajin cuci tangan dan merawat diri
      -olahraga dan berjemur
      -mengkonsumsi makanan yang sehat dan matang ( tdk setengah matang )
      3. “Tetaplah tenang , think positive and stay at home”

      0
    127. 1.Saya merasa cemas karena virus corona semakin meluas di indonesia
      2.A.tetap di rumah
      B.Cuci Tangan Dengan Sabun
      C.Jaga Kebersihan rumah
      3.”Mari Kita Tetap Dirumah Untuk Membantu Pemerintah Agar Tidak Menambah Korban Covid-19″

      0
    128. bosan sih bosan,cuma mau gimana lagi demi kebaikan bersama.

      2.-tidak keluar rumah
      -rajin cuci tangan
      -menggunakan masker

      3.jangan sok-sok an keluar-keluar deh,ntar pas waktu sekolah kita semua kejangkit gara-gara 1 orang yang sok-sok an.

      0
    129. 1. Sedih, risau, mau keluar rumah saja tidak boleh sama ortu
      2.caranya cukup simpel saja yg pertama kita harus mematuhi peraturan yang pemerintah berikan yang kedua kita ikut serta membantu mendonasikan masker,cairan disenfektan dll yang ketiga kita harus rajin cuci tangan dan mendukung program yang diberikan pemerintah
      3.dengan adanya covid-19 kita jadi tahu bahwa kita hidup ini tidak hanya mengurusi hidup kita sendiri saja tapi kita hidup di dunia ini secara bersama², pedagang kaki lima kehilangan pekerjaannya , pengusaha omsetnya turun drastis, ojol pelanggannya sepi, dan umkm lain turut rugi jadi untuk slogan yang cocok dengan situasi ini adalah “bantu 1 ajak 2” jadi maknanya adalah kita membantu usaha² kecil lainnya yg kehilangan pekerjaan dan tidak bisa menafkahi keluarga nya dengan cara membeli barang dan juga mempromosikan barang tersebut supaya laku meskipun usaha kecil² ini tidak keluar rmh dengan cara online , jadi bantu 1 ajak 2

      0
    130. 1.Cukup waspada dan patuhi aturan pemerintah dalam menghadapi covid-19
      2.- menjaga kebersihan diri dan lingkungan
      – mengikuti aturan pemerintah untuk tidak keluar rumah
      – berdoa agar pandemi covid 19 segera berakhir
      3. Hidup bersih, hidup sehat dan berdoa bebas dari covid 19

      0
    131. 1. Sedih, Karna mendapatkan banyak tugas online.
      2. – Tidak keluar rumah
      – Belajar dengan rajin
      – Mejaga jarak dengan orang lain dan menjaga kebersihan
      3. Tetaplah dirumah! Selagi kalian diberi liburan panjang!
      Kalian sekolah bosen! Ga sekolah juga bosen! maunya apa coba!

      0
    132. Angelica M.D/9H

      1. sangat mengganggu aktifitas dan membuat perekonomian menurun
      2. -menuruti perintah untuk tidak keluar rumah
      -selalu menjaga kesehatan dan kebersihan
      -selalu menjaga jarak bila di kerumunan
      3. “semoga wabah ini segera berlalu! jangan takut dan sedih karena kita ada untuk bertahan, tetap optimis untuk masa depan yang lebih baik”

      0
    133. 1. Saya merasa bosan di rumah,ya mau gimana lagi supaya tidak kena corona,aku benci karantina:(

      2. 1.Cuci tangan bila habis
      memegang sesuatu
      2.#DirumahAja
      3.Pakai masker bila sakit

      3. “Tenang semuanya jangan panik,corona kalau bosen bakal pergi kok”

      1+
    134. 1.dengan adanya covid-19 yang memberikan dampak positif dan negatif bagi saya, dampak positifnya adalah saya senang bisa berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama keluarga, sedangkan dampak negatifnya adalah saya merasa sedih karena tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar rumah dan tidak bisa bertemu dengan teman sebaya saya.

      2.-mengikuti aturan pemerintah dengan cara membantu untuk DirumahAja
      -mengurangi kontak langsung dengan masyarakat/tempat keramaian
      -menjaga kebersihan badan,lingkungan,dll
      -berolahraga dan minum air putih
      -sering mencuci tangan

      3.”dengan adanya covid-19 kita perlu belajar untuk selalu menjaga kebersihan karna,kebersihan itu penting buat tubuh kita”

      1+
    135. 1.karena adanya covid -19 kita menjadi resah
      2.• dirumah aja
      •jangan lupa cuci tangan
      • makan makanan yang bergizi dan
      bervitamin
      3.”jaga kebersihan karna kebersihan pangkal kesehatan kitaa”

      0
      1. Nama:inoilia selsa.J
        Kelas :7E /25

        1.karena adanya covid-19 kita menjadi resah
        2.•dirumah saja
        •jangan lupa cuci tangan
        •makan makanan yang bergizi dan bervitamin
        3 .”jaga kebersihan karena kebersihan pangkal kesehatan”

        1+
    136. Nama:Nabilah Mu’alifah
      Kelas:7H

      1. Dengan adanya covid-19 kegiatan sehari-hari teganggu seperti sekolah, bekerja,dll.tentunya membuat masyarakat menjadi khawatir untuk berkegiatan diluar rumah dan mengganggu perekonomian karena tidak bisa bekerja keluar rumah.
      2. -berdiam diri dirumah
      -sering mencuci tangan
      -menjaga kebersihan lingkungan
      Dan, menggunakan masker jika berkegiatan diluar rumah
      3. ” Dengan adanya covid-19 menyadarkan kita bahwa kebersihan dan kesehatan itu sangat penting”

      0
    137. Nama:Griselda Tatya A
      No absen:17
      Kelas:7E

      1.Sedih,membosankan,tidak bisa bersenang senang ketika hari libur

      2.Tidak keluar rumah,menjaga jarak dengan orang lain,selalu cuci setiap hari,biasakan menggunakan masker ketika sedang sakit,jangan terlalu panik tetapi jangan terlalu santai,tetap harus waspada

      3.Semangat melawan covid-19 dengan kurangi aktivitas di luar rungan,selalu jaga jarak,sedia kan masker,gunakan ketika sedang sakit

      0
    138. 1. rasanya itu resah, takut, was-was
      2. -diam dirumah
      -makan makanan yang bergizi dan berolahraga
      -menjaga kebersihan diri dan lingkungan
      3. “kebersihan sangatlah penting, entah itu dimanapun dan kapanpun.”

      0
    139. 1. Tentunya prihatin, dan yang biasanya liburan paling menyenangkan untuk kali ini tidak, karena wabah virus corona yang mudah tertular mengharuskan kita tetap dirumah, belajar dirumah, dan tidak dapat bertemu dengan teman-teman.

      2. Yang saya lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi merebaknya Covid-19 adalah
      • Dengan diam dirumah dan menghindari keramaian atau melaksanakan social distancing
      • Dengan lebih menjaga kebersihan diri dan sekitar seperti rajin mencuci tangan, membersihkan rumah
      • Dengan menjaga kesehatan dan imunitas tubuh seperti berolahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi

      3.Untuk yang memiliki passion rebahan seperti saya ini adalah saatnya kita untuk membantu Indonesia mengurangi penyebaran virus corona dengan berdiam diri dirumah aja.

      0
    140. Nama:Nabilah Mu’alifah
      Kelas:7H

      1. Dengan adanya Covid-19 sangat mengganggu kegiatan sehari-hari seperti sekolah,bekerja,dll. Dan sangat mengganggu perekonomian masyarakat.
      2. -stay home
      -sering mencuci tangan
      -menjaga kebersihan dan menggunakan masker jika berkegiatan diluar rumah.
      3. “Dengan adanya Covid-19 menyadarkan kita bahwa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, “Ayoo Kita Lawan Covid-19 dengan Stay Home dan mengikuti anjuran pemerintah”

      0
    141. 1. Bosan, karena tidak bisa keluar rumah
      2. – menjaga kesehatan, kebersihan badan, dan kebersihan lingkungan
      – tidak keluar rumah jika tidak ada urusan yg terlalu penting
      – berolah raga dan mengatur pola makan yg sehat
      3. “Dengan adanya corana kita perlu tahu bahwa kita harus menjaga kesehatan, menjaga kebersihan badan dan lingkungan, dan lain lain”

      0
    142. Hessel Dwi Arta Anugrah
      Kelas VII-E(7E) no. Absen: 22

      1.hampir semua masyarakat di Indonesia panik dan takut, dan hampir semua akses jalan di tutup

      2.melakukan social distancing dengan di rumah saja, bila sakit atau keluar rumah bila ada keperluan menggunakan masker, rajin mencuci tangan

      3.TETAP SEMANGAT✊,JANGAN PANIK,JANGAN TAKUT, AYO BERSAMA MELAWAN PANDEMI VIRUS CORONA

      0
    143. 1. Merasa bosan, karena hanya bisa berada di dalam rumah dan tidak bisa melakukan segala aktivitas diluar rumah
      2. -tidak keluar rumah
      – menjaga kesehatan dan dan kebersihan diri
      -memakan makanan sehat dan bergizi
      3. jagalah kebersihan diri agar terhindar dari virus corona

      0
    144. Nama Ainy Dzulfiyah Putri
      Kelas:8A

      1.rasanya tidak menyenangkan dan juga bosan karena kita harus berdiam dirumah dan tak boleh keluar rumah lama-lama.

      2.-mematuhi apa yang disarankan pemerintah
      -selalu mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer
      -mengurangi kegiatandiluar/atau keluar rumah hanya karna ada yang sangat penting.

      3.Ayolah, berpikir yang panjang sebelum menyimpulkan sesuatu, Jika kita ingin Kasus penyakit covid-19/Corona menghilang. Kita harus selalu menegakkan sikap kebersihan dan lebih mendekatkan diri pada yang kuasa, juga kita harus lebih percaya dan melakukan apa yang disarankan oleh pemerintah.

      0
    145. 1.tidak enak,karena tidak bisa keluar rumah,dan tidak bisa sekolah
      2.tetap dirumah
      -menjaga kebersihan diri
      -tidak keluar rumah
      3.Selalu cuci tangan dengan sabun dan memakai handsanitizer

      1+
    146. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya virus covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, ya pola hidup kita teratur.

      2. – Melakukan social distancing terhadap teman atau yang lainnya.
      – Tidak melakukan aktifitas yang berada diluar rumah.
      – Menjaga kebersihan diri, dirumah, maupun di lingkungan sekitar.
      – Tetap berolahraga, lalu makan makanan yang bergizi dan seimbang, selalu cuci tangan secara berkala, minum air putih jangan es.

      3. Dengan adanya covid-19 kita perlu belajar, bahwa dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar itu sangat penting.

      0
    147. 1.tidak bisa keluar rumah,tidak bisa ketemu teman-teman
      2.-tidak keluar rumah
      -sering-sering cuci tangan
      -selalu menjaga kebersihan
      3.”selalu jaga kebersihan&cuci tangan agar virus corona tidak semakin parah”

      0
    148. 1. bosan karena tidak bisa kemana mana
      2.mlakukan social distancing atau berdiam diri di rumah agar wabah virus ini cepat hilang.
      3. Ayo, mari kita cegah virus corona ini dengan berdiam diri di rumah dan menjaga kebersihan dimanapun kita berada!

      0
    149. 1.bosan,karena tidak bisa kemana mana dan jarang ketemu teman

      2.tetap di rumah
      Selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan
      Menutupi mulut saat batuk
      3.tetap ikuti anjuran pemerintah agar covid-19 tidak semakin parah

      0
    150. 1.bosan,karena tidak bisa kemana mana dan jarang ketemu teman

      2.tetap di rumah
      Selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan
      Menutupi mulut saat batuk
      3.tetap ikuti anjuran pemerintah agar covid-19 tidak semakin parah

      0
    151. 1.tidak bisa keluar rumah
      2.-tidak keluar rumah
      -sering-sering cuci tangan
      -selalu menjaga kebersihan
      3.”selalu jaga kebersihan&cuci tangan agar virus corona tidak semakin parah”

      0
    152. DIYANA – 7F

      1. Saya tidak merasa takut, tapi saya
      hanya lebih waspada ketika berada
      diluar rumah. Karena menghindari lebih
      baik daripada mengobati.

      2. – Menjaga kebersihan
      – Menjaga pola makan agar imun kita
      tidak turun
      – Menghindari kerumunan orang

      3. Marilah kita lebih menjaga kebersihan
      untuk melawan Covid-19 !

      0
    153. 1.tidak bisa keluar rumah
      2.-tidak keluar rumah
      -sering-sering cuci tangan
      -selalu menjaga kebersihan
      3.”selalu jaga kebersihan&cuci tangan”

      0
    154. Ramang Junior putra
      8L

      1.karena adanya Corona,saya terlalu bosan dirumah karena tidak bisa kemana mana.
      2.melakukan WFH
      melakukan LFH
      melakukan penyemprotan
      Desinfektan
      3.DIRUMAH AJA !!

      0
    155. Nama:Nabila aura ardiyansyah
      Kelas:7H

      1. semenjak adanya wabah COVID 19 ini semua orang dilarang keluar rumah itulah yang membuat saya bosan tidak bisa bertemu teman-teman.
      2. tetap dirumah saja
      sebelum makan jangan lupa cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
      istirahat yang cukup dan makan-makanan yang bergizi
      3. semoga wabah ini segera berlalu! mari kita bersama-sama mencegah COVID 19 dengan tidak keluar rumah karena kesehatan itu lebih penting dari segalanya

      0
    156. 1. yang saya rasakan saat ini tidak bisa bertemu sama teman-temanku aku harus diam di rumah
      2. Mencuci tangan, berdoa agar kita selamat virus-virus itu dan berjemur
      3. dengan adanya korona kita harus menjaga kebersihan dan mencuci tangan setiap hari

      0
    157. 1. Saya sangat kawatir dengan adanya virus corona
      2. Tidak keluar rumah, kurangi aktivitas, hindari kerumunan ramai
      3. Jangan keluar rumah untuk memutus penyebaran virus corona

      0
    158. Nama:Fahmi Prasetyo Romadhoni
      Kelas:9-H
      No Absen:12

      1.Saya sangat merasa takut karena adanya virus corona,karena virus ini sangat mematikan
      2.1.social dancaing jaraknya 1,5 meter
      2.kalok keluar harus menggunakan masker
      3.Berolahraga dan makan makanan yang sehat
      3.”Negara Kita Memang Benar,adanya yang kena Virus Corona,tapi ada pula yang sembuh,maka dari itu kita hanya butuh kewaspadaan,bukannya kesulitan jaga kesehatan kita dan bukan panik berlebihan.”

      0
    159. Muhammad andika putra nugraha 7H

      1.bosan,malas,sangat merugikan bagi masyarakat ,gak bisa maen,

      2.sosial distancing,selalu menjaga kebersihan,tidak keluar rumah

      3.saat kamu masuk ke ruang operasi kamu baru sadar bahwa kesehatan itu betapa berharganya

      0
    160. Suryaning Naylatus S. 8H/21

      1. Dengan adanya virus COVID 19 ini saya sangat bosan berada di rumah karena tidak bisa kemana-mana.Dan tugas-tugasnya pun jadi lebih banyak dari sekolah biasanya.

      2. -Sering-seringlah cucu tangan dengan baik dan benar
      – Menggunakan masker jika sedang berada di luar rumah
      – Berusaha jaga jarak atau social distancing antara satu sama lain.

      3. Dengan adanya virus COVID 19 atau virus corona kita perlu belajar bahwa kebersihan itu sangat penting

      1+
    161. 1.Tidak dapat keluar rumah,Uang jajan menipis.
      2.Dan tidak dapat bertemu dengan teman teman
      3.Selalu cuci tangan dan memakai masker ketika batu atau pun bersin
      4. jaga pola makan makan yang matang jangan makan yang mentah.

      0
    162. Nama: Jasmine May
      No. Absen: 35
      Kelas: 7A

      1. Khawatir akan persebaran virus covid-19
      yang semakin meluas di Indonesia
      2. -Tidak keluar rumah kalau tidak penting
      -Selalu menjaga kebersihan
      -Cuci tangan sebelum makan
      -Menghindari keramaian
      3. Cegah corona dengan dirumah aja!

      #DirumahAja #StaySafe

      1+
    163. 1. Saya merasa bahwa tidak dapat melaksanakan kegiatan keluar rumah seperti biasa karena adanya social distancing,saya juga merasa sangat sedih sebagai siswa yang duduk dibangku kelas 9 karena tidak ada unbk dan perpisahan melalui jabat tangan

      2. – Tidak Boleh Keluar Rumah
      – Menjaga Kebersihan
      – Menghindari tempat ramai
      – Tidak Boleh berjabat tangan
      – Berjemur di Pagi Hari / Ber
      Olah raga
      – Membiasakan Cuci tangan
      Sebelum melakukan kegiatan

      3. Mari Kita Dukung Pemerintah Dan Tenaga medis Untuk Melawan Covid-19

      0
    164. 1. Bosan, Tidak bisa sekolah sama tidak bisa
      bertemu teman².

      2. -Menjaga kebersihan
      -Diam di rumah
      -Melakukan aktivitas seperti biasa di
      rumah.

      3. Dengan adanya virus covid-19 kita belajar
      bahwa kebersihan itu sangat penting bagi
      kita semua, di manapun dan kapanpun.

      0
    165. 1. Bosan tidak bisa bertemu dengan teman teman yang ada di sekolah
      2. Tidak keluar rumah, selalu cuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
      3.dari ini kita bisa mengambil hikmah dari virus korona yaitu selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan

      0
    166. Niken anggraini 8f

      1.tidak enak,karena kita selalu dikurung didalam rumah dan tidak bisa kemana-mana.
      2.selalu cuci tangan,selalu jaga jarak,menjaga kebersihan.
      3. Virus corona tidak bergerak manusialah yang menggerakannya.jika kita berhenti bergerak virus akan berhenti dan mati.

      1+
    167. 1.Yg sya rasakan ialah bosan di rumah karena sekolah diliburkan
      2.-Tidak keluar rumah
      -Menuruti apa yg pemerintah suruh
      -Rebahan
      3.Cuci tangan yg rajin agar terhindar dari virus nya.

      0
    168. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering cuci tangan, makan-makanan yang bergizi, tidak keluar rumah, menjaga kesehatan.
      2. melakukan social distancing atau menjaga jarak sosial,Kurangi waktu berada di keramaian,menjaga jarak dari satu orang dengan orang lainnya,memakai masker untuk mengurangi penyebaran,di rumah saja.
      3. Seringlah cuci tangan untuk mengurangi penyebaran COVID-19

      0
    169. 1. Yang say rasakan adalah saya jadi sering olahraga, makan makanan bergizi, pola hidup teratur

      2. Sering mencuci tangan, menjaga kebersihan, menjauhi tempat yang ramai

      3. “Dengan adanya covid-19 kita perlu belajar bahwa kebersihan sangatlah penting”

      0
    170. 1. Resah bila sedang keluar rumah, bosan karena tidak bisa pergi kemana-mana

      2. — tetap dirumah ikuti apa kata pemerintah
      — rajin mencuci tangan
      — rajin mengkonsumsi vitamin C
      — sering berolahraga
      — istirahat yang cukup
      — tetap bahagia karena dengan kita bahagia imunitas tubuh kita menjadi kuat
      — jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter
      — bila batuk atau flu sebaiknya menggunakan masker saat keluar rumah

      3. Buat kita semua yang mempunyai hobi “rebahan dirumah” Ini lah saatnya kita kaum rebahan membuktikan bahwa Rebahan Dirumah Bisa Menyelamatkan Negara #dirumahaja #stayathome

      0
    171. Nama: Archan Syah
      Kelas: 8C
      1. Sangat menyenangkan bisa berada di rumah bersama keluarga,tetapi kita Harus juga belajar daring yang banyak hingga membuat kita klenger…
      2. ~Rebahan
      ~Makan makanan yg sehat
      ~Tidak berdekatan dengan orang lain
      3.”Jika CORONA datang hanya MENYAKITI,Semua CEWEK juga Bisa!!!”
      Artinya: “Lebih baik kita menjaga diri sendiri dari CORONA karena disakiti itu perih.”

      0
    172. 1 rasanya tidak enak karena tidak bisa keluar
      2 kita harus cuci tangan untuk menghindari virus korona dan hidup bersih

      1+
    173. Nama : diva fara natasya
      Kelas :9d
      1. Bosan dirumah tidak bisa keluar kemana-mana, lebih menjaga kesehatan.
      2.- menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap hari
      – olahraga dan memakan makanan yang bergizi
      – menjaga jarak dengan orang lain
      3. Dengan munculnya covid 19 kita disadarkan untuk selalu menjaga kebersihan dimapun itu dan kapanpun itu

      0
    174. 1. Sering merasa jenuh ketika di rumah, rasanya pengen sekolah, uang saku juga ga ada
      2. -Rajin cuci tangan
      -Hidup lebih bersih
      -Isolasi mandiri
      3. Lawan virus dekati yg serius 🙂

      0
    175. Nama lengkap : Reinessa Frilia
      Kelas : 9b
      1. Saya merasa sedih karena tidak bisa keluar rumah dan banyak warga Indonesia yang meninggal
      2. Tetap dirumah, tidak berhubungan langsung dengan orang lain, menyemprot rumah dengan disinfektan
      3. JANGAN PANIK KARENA PENYAKIT INI, KITA HARUS TETAP MENJAGA DIRI DAN MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN SEKITAR

      0
    176. 1. Resah karena virus covid-19 tak kunjung redah dan lebih menyebar luar ke negara-negara yang lain dan indonesia tepatnya jawa timur sudah ada yang terkena.

      2. Dengan menjaga kebersihan, selalu menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan seimbang, hindari tempat keramaian untuk sementara, mencuci tangan minimal 20 detik, dan jangan lupa untuk sementara selalu terapkan sosial distancing.

      3. Sudah saatnya semua bangkit sebagai pejuang dan patriot bangsa maju untuk melawan virus covid-19 (corona), jangan panik apalagi takut, mari munculkan semangat juang, mari kita munculkan semngat berperang untuk melawan virus covid-19. Serukan dengan hanya satu kata ‘lawan’ virus covid-19. Berusahalah dan jangan lupa berdo’a serta berusaha untuk melawannya.

      1+
    177. Diva fara natasya/9d
      1. Merasa bosan dan tidak bisa keluar kemana-mana.
      2. -menjaga kebersihan
      -olahraga secara teratur
      -makan makanan yang bergizi
      3. Dengan munculnya covid 19 kita disadarkan untuk menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun itu.

      0
    178. 1.
      2. Belajar online , tidur , olahraga
      3. . “Dengan ada nya Corona kita perlu belajar bahwa kebersihan sangat lah penting, maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan di manapun kita berada”

      0
    179. Arinda ario pramudita
      8c
      1.) menurut saya kondisi saat ini sangat mengkhawatirkan bagi seluruh dunia terutama pada kasus indonesia saat ini.

      2.) sebaiknya kita waspada dengan cara tetap dirumah, segera merujuk ke fasilitas kesehatan bagi yang sakit, jaga jarak dengan orang disekitar, dan gunakan masker bila perlu

      3.) Covid -19 bisa dilawan pabila ikuti aturan yang diberikan

      1+
    180. Nama : callula Neysa Ibrahim
      Kelas : 7E

      1. Covid 19 membuat kita cemas akan perkembangan virusnya yang sangat cepat dan penularannya sangat tak kasat mata. Maka dari itu kita menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan tubuh kita.

      2. * Mengikuti arahan pemerintah untuk dirumah saja
      * Mencuci tangan dengan bersih
      * Menjaga kesehatan
      * Tidak mendekati keramaian

      3. Ikuti anjuran dirumahsaja akan membuat tali penularan semakin menurun. Dan jangan lupa cuci tangan.

      1+
    181. 1.)bosan karena tidak bisa kemana mana dan tidak bisa bertemu teman teman dan berolahraga juga makan makanan yang sehat

      2.)selalu tetap di rumah slalu jaga kesehatan sering cuci tangan

      3.)tetap ikuti dan mentaati anjuran pemerintah agar Covid-19 tidak semakin meningkat

      0
    182. Farhan syah bagus
      9F
      1.bosan,tidak bisa bermain,tidak dapat uang jajan
      2.-stay home
      -sering borolahraga
      3.dont panik tetap dirumah(stay home) dan menjaga kebersihan diri

      1+
    183. lunetta raissa mayala harsanti
      7h
      1.tidak enak karna kalau ada tugas online sering bermasalah
      2.-sering sering melakukan cuci tangan memakai sabun
      -jika habis berpergian keluar rumah langsung pergi ke kamar mandi supaya kuman/kotoran yang nempel pada tubuh kita pergi dan langsung mengganti baju
      -jika keluar rumah di wajibkan memakai masker
      3.dengan ada nya virus corona kita di jawibkan untuk menjaga kebersihan lingkungan,jaga jarak 1 meter (social distancing),kita perlu jaga jarak dengan orang yang sakit (batuk,flu,demam) jika kita melihat orang yang sedang sakit kita perlu membawanya ke rumah sakit supaya kita tidak tertular

      1+
    184. Nama : Jeany Revalia Putri
      Kelas : 7E
      1.Bosen, karena tidak bisa kemana mana dan tidak bisa ketemu teman, sahabat, keluarga.
      2. 1) Dengan pola hidup sehat.
      2) Mencuci tangan di air yang mengalir dengan sabun.
      3) Mengurangi bersentuhan atau kontak fisik terhadap pihak-pihak yang berpotensi saat berinteraksi di tempat umum.
      3. “Mari kita bersama-sama cegah penyebaran virus covid 19 dengan cara cuci tangan dan konsumsi asupan sehat demi imunitas tubuh yang kuat hadapi wabah virus covid 19”

      0
    185. 1. Sangat mengkhawirkan, dan membuat semua kegiatan menjadi terhenti karna takutnya virus covid semaking menyebar luas dg cepat
      2. Melakukam lockdown terlebih dahulu untuk mengatasi penyebaran virus, menggunakan system karantina pada rumah masing masing dan melakukan social distancing
      3. “Covid memang bahaya tapi, pasti ada solusinya! “

      0
    186. 1.kawatir, karena virus ini sudah menyebar
      2. Tidak keluar rumah, menjaga kebersihan lingkungan rumah, jika keluar memakai masker.
      3. Dengan adanya virus ini. Kita lebih menjaga kebersihan, dan bisa mempunyai banyak waktu untuk keluarga di rumah.

      0
    187. 1. Sangat mengkhawatirkan, karena virus covid sangat berbahaya dan penyebarannya sangat cepat.
      2. Melakukan lockdown, karantina dirumah masing masing dan melakukan social distancing
      3. “Corona memang berbahaya tapi, pasti ada solusinya! “

      0
    188. Nama:Wastika natasya
      Kls:9h
      1.Saya merasakan bosan karena tidak bisa keluar rumah dan tidak sekolah
      2.Sering” mencuci tangan,kurang i berinteraksi dengan orang lain,menjaga kebersihan
      3.Tetap waspada dan jaga kebersihan

      0
    189. Rizky saputra
      9B

      1. Ada enak nya dan ada nggak enaknya,enaknya bisa kumpul keluarga terus dan kalau nggak enak nya itu ga bisa kumpul sama teman,harus senantiasa dirumah
      terus,dan gak bisa bebas untuk
      keluar rumah
      2.diam dirumah ,kalau nggak penting untuk keluar rumah ya nggak usah keluar rumah,hindari kontak langsung dengan orang,selalu cuci tangan,apalagi kalau dari luar rumah sebaiknya cuci tangan dulu sebelum masuk rumah,jaga jarak minimal 1meter ,kalau bersin ,batuk ditutup menggunakan siku dan juga memakai masker
      3.jika ingin sehat hindari berkontak langsung dengan orang yang terpenting jangan keluar rumah kalau tidak penting dan selalu jaga kebersihan

      0
    190. Hafidh Husna Hakim
      9D / 14

      1. Yang saya rasakan karena adanya covid 19 jadi jarang keluar rumah kalau waktu gak ada covid 19 suka main main keluar,tapi sekarang gak bisa, pembelajaran daring juga semakin banyak .
      2. Tetap dirumah,tidak melakukan kontak fisik pada orang yang tak dikenal,berdoa agar covid 19 cepat pergi dari Indonesia.
      3. “Ayo kita lawan Virus Corona ini dengan persatuan dan kesatuan, tetaplah dirumah namun jangan berhenti berdoa agar Virus ini cepat berlalu karena kekuatan doa itu sangat besar jika kita bersungguh-sungguh,jadi tetaplah dirumah tapi jangan menjadi orang malas,tetapi tetaplah dirumah namun menjadi orang yang sehat,sabar,dan juga beriman”.

      0
    191. 1. Bosan, karena tidak bisa pergi kemana mana dan dari kata bosan saya jadi teringat dengan apa itu arti kebersihan
      2.-tidak keluar rumah
      -slalu menjaga kebersihan badan
      -tetap menjaga imunitas
      -menutup mulut saat mengalami batuk
      -selalu menjemur badan disaat jam 9-10 pagi
      3.#stay at home

      0
    192. 1.) kadang bosan kadang nggak,karna tergantung mood
      2.) – diam dirumah
      – jika batuk/pilek menggunakan
      masker
      – mencuci tangan
      3.) Dengan adanya Covid-19 kita lebih mengerti pentingnya menjaga kebersihan, oleh karna itu kita harus menjaga diri, stay home, agar terhindar dari Covid-19!

      0
    193. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, ya pokoknya itu pola hidup teratur..-tidak keluar rumah
      2.-slalu menjaga kebersihan badan
      -tetap menjaga imunitas
      -menutup mulut saat mengalami batuk
      -selalu menjemur badan disaat jam 9-10 pagi
      3.#stay at home

      0
    194. 1. Rasanya takut ,karna virus tersebut dapat membunuh banyak orang dalam hitungan Minggu.
      2. Dengan tetap di rumah , makan makanan yang bergizi , dan menjaga kebersihan seperti sering cuci tangan .
      3. “Angka kematian akan membesar jika masyarakat tidak mengikuti anjuran pemerintah”

      0
    195. 1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, ya pokoknya itu pola hidup teratur.
      2.-slalu menjaga kebersihan badan
      -tetap menjaga imunitas
      -menutup mulut saat mengalami batuk
      -selalu menjemur badan disaat jam 9-10 pagi
      3 #stay at home

      0
    196. 1. Cemas, takut ke tularan
      2. Dilarang keluar rumah
      Harus memeakai masker
      Menjaga kesehatan tubuh, minum
      Vitamin C, dan banyak cuci tangan
      3. Jagalah kebersihan dan banyak makan vitamin C untuk kekebalan tubuh

      0
    197. 1.bosan karena tidak bisa keluar rumah
      2.tidak keluar rumah
      Menjaga kebersihan
      Memakai masker jika batuk
      3.Tetap tenang dan belanja lewat online shop

      0
    198. 1.agak tidak enak karena tidak bisa keluar dan belajar dirumah
      2.-menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
      -jangan berpergian jauh
      -makan makanan yg bergizi
      3.-tetaplah menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan dengan sabun

      0
    199. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, ya pokoknya itu pola hidup teratur.

      2. -Membersihkan tangan untuk mencegah penularan dari virus yang melekat di permukaan yang dapat masuk ke tubuh bila tangan menyentuh wajah

      -Meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan inveksi virus Corona

      -Menjaga jarak (sosial distancing) dan menghindari kerumunan untuk menghindari penyebaran virus Corona

      3.”Tidak peduli seberapa berat latihannya atau seberapa berat rintangan hidup yang kalian hadapi,tetaplah tegar dan hadapi semua itu dengan senyuman:’

      0
    200. Nabila Syahla A.R
      IX-D
      1.Sangat khawatir,karena virusnya bisa menular dimanapun
      2.Menjaga kebersihan dimana-mana,serta selalu membawa masker jika akan bepergian,tidak boleh keluar rumah
      3.Ayo menjaga kebersihan,agar terhindar dari virus corana

      0
    201. 1. Nggak enak, karena nggak bisa keluar kemana mana
      2. -Tetap dirumah, keluar kalau ada kepentingan saja misal: sholat
      -kalau habis keluar biasakan cuci tangan
      -makan makanan yang sehat
      3. “mari kita terapkan social distancing agar kita terhindar dari virus corona

      0
    202. 1. Berawal senang karena libur, dan berakhir sedih karena tidak bisa kemana²

      2. – Tetap berada dirumah
      – Rajin cuci tangan
      – Makan makanan yg bergizi dan sering minum air putih

      3. Tidak perlu takut dengan corona, karena semua itu ada obatnya, tetap berada dirumah dan lakukan hal yg positif

      1+
    203. 1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering berolahraga,makan – makanan yang bergizi,ya pokoknya itu pola hidup teratur.

      2. -Membersihkan tangan untuk mencegah penularan dari virus yang melekat
      -Meningkatkat daya tahan tubuh untuk melawan inveksi virus Corona
      -Menjaga jarak (sosial distancing) dan menghindari kerumunan untuk menghindari penyebaran virus corona

      3.”Tidak peduli seberapa berat latihannya atau seberapa berat rintangan hidup yang kalian hadapi,tetaplah tegar dan hadapi semua itu dengan senyuman:’

      0
    204. Nama: Annisa Putri Belvalina
      Kelas : 9B
      1. Tidak bisa bebas kemana-mana,kegiatan belajar mengajar pun sampai terhalang.
      2. Selalu menaati perintah pemerintah untuk tidak keluar rumah,selalu cuci tangan setelah beraktivitas,menghindari kerumunan.
      3. Selalu ikuti anjuran pemerintah,supaya bisa menyelamatkan dunia.

      0
    205. 1.)Tdk enak,Bosen,Gk boleh keluar rumah,Jrang bertemu teman.
      2.)Berada di dalam rumah,menjaga kebersihan Lingkungan,menjaga kbersihan badan,makan-makanan yng bergizi dan memgandung vitamin,sering-sering berolahraga,dan melakukan aktivitas lainnya.
      3.)”Mari Kita Bersama-sama Cegah Penyebaran Virus Corana Dngan Cuci Tangan Dan Konsumsi Asupan Sehat Demi Imunitas Tubuh Yng Kuat Hadapi Wabah Virus Corona.”

      0
    206. 1. Semua kegiatan dilakukan dirumah, jarang ada orang berkeliaran di jalan, dan akibat adanya covid-19 Semua menjadi panik dan ketakutan
      2.tidak keluar rumah,menjaga jarak dengan orang lain,menjaga kebersihan,selalu hati hati dan waspada,sering cuci tangan,minum vitamin
      3. BERHATI HATI DAN WASPADA
      JANGAN MEREMEHKAN
      ADANYA VIRUS COVID-19

      0
    207. 1.Membosankan karena tidak bisa kemana mana
      2. -Selalu mencuci tangan
      -Hidul Sehat
      -Tidak keluar2 rumah
      3.Tidak usah panik. Tetap ikuti arahan yang diberikan pemerintah

      0
    208. 1.bosan karena tidak bisa bertemu teman-teman
      2.–tdk keluar rumah
      –cuci tangan dengan sabun
      –makan makanan yang sehat
      3.peting nya hidup bersih dan sehat

      1+
    209. 1. Adanya virus covid 19 ini sangat berdampak bagi segala hal. Alangkah baiknya kita selalu mengambil hal positif dari semua kejadian ini.
      2.menurut saya,menjaga kesehatan diri masing masing lebih utama dari segala hal. Jangan saling menyalahkan, dan menghasilkan produk kreatif ataupun trobosan baru untuk menghadapi era globalisasi ini. Setelah virus ini mereda kita bisa membangun semua hal dengan semua inovasi dan kreativitas yang kita dapatkan dari belajar dirumah tersebut.
      3. “Ojo gupuh, awakdewe pasti iso”~covid19~

      0
    210. 1.tidak nyaman
      2.diam di rumah
      Jaga kesehatan tubuh
      Makan makanan teratur
      Olahraga
      3.diam dirumah jangan ke mana mana
      Cuci tangan sesudah megang benda apa pun

      0
    211. 1. Saya tidak merasa takut dan cemas walaupun, saya tetap waspada karena Covid- 19. Menurut saya Covid- 19 juga berdampak baik pada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

      2. Dengan menaati peraturan pemerintah, yaitu dengan menjauhi kerumunan masyarakat, karena dengan tidak bergerombol dengan banyak orang kita akan dapat memutus rantai penularan Covid- 19.

      3. Jika kita ingin terhindar dari Covid-19 maka kita harus selalu menjaga kebersihan, menjaga pola makan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan menghindari kerumunan orang banyak.

      0
    212. 1. Terhambat semua aktifitas dan membosankan:(

      2. Stay at home, olah raga/berjemur,mabar,belajar,mengerjakan tugas daring, menjaga adek, ngangsu,maen musik, and tidur.

      3. Tetap patuhi aturan pemerintah demi kepentingan bersama.

      0
    213. 1. Saya merasakan adanya COVID-19 ini adalah saya sering makan makan yang sehat dan juga sering berolahraga dirumah
      2. Tidak keluar dirumah , mengerjakan tugas yang diberikan oleh ibu bapak guru, memakan makanan yang bergizi
      3. Adanya virus COVID-19 kita harus belajar bahwa hidup harus bersih dan juga makan makanan yang sehat.

      0
    214. Nama : Azarine Ghaida Syamsiar
      Kelas : 9D

      1. Senang dan sedih, disini senangnya kita bisa berkumpul dengan keluarga sedangkan sedihnya tidak bisa sekolah, tidak bisa bertemu kawan-kawan, dan
      tidak bisa pergi ke mana-mana

      2. -Mengikuti aturan pemerintah
      -Tidak bepergian kemana-mana
      -Menjaga jarak dan menjaga
      kebersihan terutama cuci tangan

      3. “Semangat meskipun dalam kondisi seperti ini jangan putus asa, banyak ikhtiar dan berdoa agar selalu dalam lindungan Allah”

      0
    215. 1. Adanya COVID-19 saya merasakan adalah saya sering berolah raga dan memakan makanan yang sehat
      2. Tidak keluar rumah , memakan makanan yang sehat, mengerjakan tigas yang diberikan bapak ibu guru
      3. Adanya COVID-19 kita bisa belajar kita harus memakan makanan yang sehat dan sering berolahraga dan menjaga kebersihan

      0
    216. Nama : Khofifa Dewi Irdhayani
      Kelas : 9B

      1. Ada sedikit keresahan karna aktivitas terganggu
      2. => cuci tangan saat melakukan sesuatu supaya bersih
      =>Tidak keluar rumah
      =>menjemur diri di bawah sinar matahari pagi hari (antara jam 8-10 pagi)
      3. Tetap mengikuti anjuran pemerintah

      0
    217. Nama : Khofifa Dewi Irdhayani
      Kelas : 9B

      1. Ada sedikit keresahan karna aktivitas terganggu
      2. – cuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu/aktivitas.
      – Tidak keluar rumah
      – menjemur diri di pagi hari di bawah matahari (sekitar jam 8-10)
      3. Tetap mengikuti anjuran pemerintah

      0
    218. NAMA: DAUD PUTRA A.
      KELAS: 7C/16

      1. SANGAT BOSEN TIDAK PADAT JALAN-JALAN,DAN TIDAK DAPAT SKLH,TIDAK MENDAPATKAN UANG SAKU
      2. -Jangan Keluar Rumah
      -Menjaga Ke Bersih an & Selalu cuci tangan
      -BerOlah Raga & Makan Makanya Yang Sehat DanBerGizi
      3. Jangan Terlalu Khawatir Soal Wabah Corona, Tetap Jaga Kesehatan & Jaga Tahan TUBUH Agar Tetap Sehat

      JANGAN LUPA SENYUM 🙂

      0
    219. Jawaban

      1.rasanya tidak nyaman bila ada di rumah terus menerus

      2.-diam di dalam rumah
      -menghindari kerumunan
      -cuci tangan

      3.jadi tetap sehat, tetap bahagia dan tinggal diam di rumah anda dikelilingi orang orang yang mencintaimu

      0
    220. Aulia Rahmadhanti
      9f
      1.yang kami rasakan setelah adanya virus ini salah satunya adalah pentingnya menjaga kebersihan,kebersihan juga sebagian dari iman, beberapa orang sering menyepelehkan hal ini yakni mencuci tangan apa susahnya mencuci tangan?mungkin tidak susah tetapi lebih ke malas mencuci tangan.hal ini juga dapat mencegah penularang virus jika kita rajin rajin mencuci tangan.

      2.-Berdiam diri dirumah(karantina sendiri)
      -jika tidka terlalu penting jangan pergi keluar
      -seringlah mencuci tangan

      3.untuk mencegah merabaknya virus ini sebaiknya jaga jarak aman 2 meter atau kalo perlu jangan keluar rumah terlebih dahulu untuk hal yang tidak begitu penting,Ingat! Jangan sepelehkan virus ini meskipun tak terlihat tapi ia mematikan

      0
    221. Nama : Putri Mauliya Savira Azis
      Kelas : IX-D

      1) ~Membosankan, karena aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah (seperti rutinan bersama tidak dapat) sekarang tidak boleh dilakukan karena adanya COVID-19.
      ~Menakutkan, karena COVID-19 ini membawa mengaruh buruk pada diri sendiri dan dapat menyebabkan kematian.

      2) >Dengan tetap dirumah, tidak kemana-mana
      >Berdoa agar COVID-19 ini segera cepat teratasi dan mendoakan orang-orang yang membantu dalam penyembuhan serta orang-orang yang dikabarkan positif Corona agar disembuhkan dan diberi kesehatan.
      >Tetap menjaga kesehatan serta kekebalan tubuh dengan melakukan olahraga di rumah, berjemur saat pagi hari, dan menjaga pola makan.

      3) “Bantulah negara dengan tetaplah berada di rumah, janganlah membahayakan diri sendiri dan janganlah membuat orang tuamu resah akan perbuatanmu.”

      0
    222. Salsa Dwi Nur Amalia 8G

      1.Bosan,jenuh,tidak bisa sekolah,tidak bisa keluar kemana-mana.

      2.Rajin berolahraga,Menjaga sistem imun,Mengonsumsi makanan yang sehat,Mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah,Rajin mencuci tangan,dll

      3.Jangan khawatir dengan COVID-19.Jangan pernah percaya dengan berita2/artikel hoax.
      Stay at Home

      0
    223. Nama : Marsha Ica Alifia
      Kelas/No.Absen : 8A/35
      Mapel : BK

      1). Karena COVID-19 ini kita tidak bisa interaksi secara langsung dengan teman, kegiatan di luar rumah juga jadi terhambat, dan yang awalnya kita bisa adaptasi dengan lingkungan luar seperti disekolah sekarang hanya bisa berdiam diri dirumah.

      2). Sebagai masyarakat kita patut membantu pemerintah dengan cara
      • beraktivitas dirumah saja
      • menerapkan social distancing
      • jika tidak ada acara yang penting banget tidak perlu keluar
      • Sebagai anggota karang taruna membantu menyemprotkan desinvektan dengan alat pelindung diri (ADP)

      3). Corona memang mengerikan tapi lebih mengerikan jika kita kehilangan nyawa kita.

      0
    224. WANDA ZULFA VIRNATA
      KLA 9-H/29

      1. Krn penyebaran corona smakin meluas dan menyebabkan kegiatan belajar mengajar diliburkan membuat saya bosa krn harus belajar dirumah. Dan tugas tugas nya pun lebih banyak dari sekolah biasanya

      2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
      – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
      – menerapkan pola hidup bersih untuk pencegahan tertularnya covid19

      3. “Dari mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya seperti mencuci tangan sesering mungkin dan mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Virus Covid-19.”Krn penyebaran corona smakin meluas dan menyebabkan kegiatan belajar mengajar diliburkan membuat saya bosa krn harus belajar dirumah. Dan tugas tugas nya pun lebih banyak dari sekolah biasanya

      2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
      – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
      – menerapkan pola hidup bersih untuk pencegahan tertularnya covid19

      3. “Dari mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya seperti mencuci tangan sesering mungkin dan mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Virus Covid-19.”1. Krn penyebaran corona smakin meluas dan menyebabkan kegiatan belajar mengajar diliburkan membuat saya bosa krn harus belajar dirumah. Dan tugas tugas nya pun lebih banyak dari sekolah biasanya

      2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
      – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
      – menerapkan pola hidup bersih untuk pencegahan tertularnya covid19

      3. “Dari mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya seperti mencuci tangan sesering mungkin dan mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Virus Covid-19.”n penyebaran corona smakin meluas dan menyebabkan kegiatan belajar mengajar diliburkan membuat saya bosa krn harus belajar dirumah. Dan tugas tugas nya pun lebih banyak dari sekolah biasanya

      2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
      – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
      – menerapkan pola hidup bersih untuk pencegahan tertularnya covid19

      3. “Dari mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya seperti mencuci tangan sesering mungkin dan mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah saja supaya mengurangi jumlah penularan Virus Covid-19.”

      0
    225. 1.Kita tidak bisa bertemu dengan teman disekolah dan guru2 spenlusa

      2.-Mencuci Tangan Dengan Rutin
      -Menerapkan Social Distancing
      -Menjaga Kebersihan

      3. Jangan Sebarkan Berita Hoaks Tentang Covid 19, Indonesia Pasti Bisa Melawan Corona

      0
    226. Ainur Rohmah
      VII A
      1.Tidak menyenangkan dan tidak bisa keluar rumah.
      2.dirumah aja, menjaga kebersihan, ber olah raga dan makan makanan yang sehat
      3.Dari kasus mewabahnya Covid-19 kita diajarkan cara hidup bersih sesenguhnya, mari kita bantu tenanga medis dengan cara dirumah

      1+
    227. NAMA : SALSA BILA KARO LISA PUTRI MAHARANI
      KELAS : 8L

      1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan makanan yang sehat.
      2. Tidak keluar rumah, makan makanan yanh bergizi, dan menjaga kebersihan.
      3. kita tidak boleh berada ditempat keramaian,tidak boleh kontak langsung dengan hewan

      0
  2. 1)yang saya rasakan mengenai virus COVID-19 adalah saya merasa terancam karena semakin maraknya virus tersebut membuat semua orang merasa takut akan terkontaminasi virus tsb

    2)*Diam di rumah saja
    *Mentaati peraturan pemerintah yang harus dilaksanakan
    *Mengerjakan tugas online yang diberikan oleh guru.

    3)“Saat kamu masuk ke ruang operasi, kamu baru sadar bahwa kesehatan itu betapa berharganya.”

    1+
  3. 1.Covid-19 menyebabkan perekonomian negara dan masyarakat luluh-lantak.
    2.di rumah saja,rajin cuci tangan,dan hindarai keramaian
    3. “Jajar Anjam” atau Jaga Jarak Antar-Jamaah saat salat di masjid sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona baru COVID-19.

    2+
  4. Nama : M.Abil Ashagafi
    Kelas. :8A
    No. :32
    1. Dengan adanya covid-19 membuat seluruh masyarakat resah dan takut untuk keluar rumah
    2. Diam Dirumah Saja
    Cuci Tangan Dengan Sabun
    Wajib Memakai Masker Ketika Keluar Rumah
    3. Tetap Tenang, tidak panik, dan tetap produktif.Tingkat kan kewaspadaan agas Covid-19 bisa dihambat dan distop

    0
  5. Nama : M.Abil Ashagafi
    Kelas. :8A
    No. :32
    1. Dengan adanya covid-19 membuat seluruh masyarakat resah dan takut untuk keluar rumah
    2. Diam Dirumah Saja
    Cuci Tangan Dengan Sabun
    Wajib Memakai Masker Ketika Keluar Rumah
    3. Ngapain keluar rumah diem dirumah aja udah kayak diistana#DirumahAja

    2+
  6. 1. Resah karena tidak bisa keluar rumah dan tidak bisa sekolah
    2. 1. Stay di rumah
    2. Mengikuti aturan pemerintah
    3. Sering cuci tanga
    3. Mari kita gotong royong lawan covid 19!!!!

    1+
  7. 1.1)yang saya rasakan mengenai virus COVID-19 adalah saya merasa terancam karena semakin maraknya virus tersebut membuat semua orang merasa takut akan terkontaminasi virus tsb
    2.diam dan belajar dirumah,hindari keramaian,mencuci tangan
    3.#pantang pulang sebelum virus hilang #dirumahaja

    2+
  8. Nama Lengkap: Septia Nanda Syahrani
    Kelas : 9E

    1. Bagaimana yang kalian rasakan dengan adanya covid-19?? Jelaskan!
    •Saya merasa bahwa tidak dapat melaksanakan kegiatan keluar rumah seperti biasa karena adanya social distancing,saya juga merasa sangat sedih sebagai siswa yang duduk dibangku kelas 9 karena tidak ada unbk dan perpisahan melalui jabat tangan

    2. Apakah yang dapat kalian lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi merebaknya Covid-19? (Sebutkan minimal 3)
    1. Dirumah saja namun tetap produktif
    2. Mencuci tangan dengan sabun saat hendak melakukan apapun atau setelah melakukan kegiatan / memakai hand sanitizer
    3. Memakai masker saat keluar rumah atau saat berbincang dengan orang lain

    3. Buatlah kata bijak atau kalimat motivasi atau slogan untuk mencegah dan melawan Covid-19!!
    •Sayangi diri kalian dengan tidak keluar rumah saat tidak ada keperluan dan batasi diri kalian untuk bersosial dengan orang lain dengan melakukan social distancing.

    1+
  9. Rifhan Maulana/9d
    1. Yang saya rasakan dari masuknya virus Corona di Indonesia menyebabkan harga bahan pokok naik dan juga harga tukar dolar menjolak tinggi
    2. Berdiam diri di rumah dan juga taati aturan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus Corona
    3. ” Kebersehan merupakan sebagian dari iman maka saatnya kita menerapkannya di masa darurat Corona dengan mejaga gaya hidup bersih dan sehat”

    0
  10. 1. Virus ini sangat merugikan masyarakat apalagi yang bekerja harian seperti Ojol, dan juga berdampak pada ekonomi negara.
    2. — Mengikuti arahan untuk tetap dirumah.
    — Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan diri sendiri (Mencuci tangan,dsb)
    — Berolahraga dan makan makanan sehat
    — Memasak bahan makanan (daging) sampai benar benar matang
    3. “Jaga diri sendiri dan oranglain dengan #Dirumahaja”

    0
  11. 1. Yang saya rasakan dari masuknya virus Corona di Indonesia menyebabkan harga bahan pokok naik dan juga harga tukar dolar menjolak tinggi
    2. Berdiam diri di rumah dan juga taati aturan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus Corona supaya penyebaran di Indonesia tidak semakin besar
    3.” Bersama kita lawan Corona dengan hidup bersih dan sehat”

    0
  12. Nama : Nanindra Maulida Zalfa
    Kelas : 8F
    NoAbs: 29

    1)Tentu saja panik dan resah, karena dengan mewabahnya covid 19 ini, tidak sedikit kasus yang telah memakan korban. Tetapi musuh terbesar kita saat ini yaitu bukan virus nya, tapi rasa panik itu sendiri.

    2) • Tidak keluar rumah apabila tidak penting
    • Selalu jaga jarak (Social Distancing) ketika berada di luar rumah
    • Selalu jaga kebersihan tubuh ataupun barang-barang yang ada di rumah
    3) Selalu jaga kebersihan, dan tidak panik adalah salah satu cara melawan covid 19
    #StayAtHome #StaySave

    5+
  13. 1. Dengan adanya covid-19 membuat seluruh masyarakat resah dan takut untuk keluar rumah
    2. Diam Dirumah Saja
    Cuci Tangan Dengan Sabun
    Wajib Memakai Masker Ketika Keluar Rumah
    3. Tetap Tenang, tidak panik, dan tetap produktif.Tingkat kan kewaspadaan agas Covid-19 bisa dihambat dan distop

    0
  14. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya covid-19, saya lebih sering makan” yang bergizi, dan pola hidup teratur, lebih menjaga kebersihan
    2. • cuci tangan sebelum makan
    • untuk sementara ini berdiam diri dirumah terlebih dahulu
    • hindari di tempat keramaian
    3. Mari kira membantu pemerintah melawan Covid-19

    0
  15. Nama: Faradina Amalia Citra
    Kelas : 7D
    Absen: 21

    1.saya merasakan ketidak ketenangan dalam diri saya dan mewaspadai dengan dirumah saja. Covid-19 juga menyebabkan perekonomian negara dan masyarakat luluh-lantak.

    2.-dirumah saja
    -cuci tangan dengan sabun
    -hindari keramaian yang mengakibatkan terjadinya penyebaran semakin luas
    -jika keluar rumah hendak memakai masker.

    3.”Jarak sangat berarti, ketika hidup sangat berarti.”

    2+
  16. 1.yang saya rasakan karena adanya virus corona saya merasa bosan dirumah terus

    2.diam dirumah
    -cuci tangan sesering munkin
    -hidari kontak langsung dengan hewan

    3.”selalu cuci tangan,tidak boleh keluar rumah,rajin berolahraga supaya covid 19 tidak menyebar dan
    Semoga virus corona hilang sebelum ramadhan

    1+
  17. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya covid-19, saya lebih sering makan” yang bergizi, dan pola hidup teratur, lebih menjaga kebersihan
    2. • cuci tangan sebelum makan
    • untuk sementara ini berdiam diri dirumah terlebih dahulu
    • hindari di tempat keramaian
    3. Mari kira membantu pemerintah melawan Covid-19

    0
  18. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya covid-19, saya lebih sering makan” yang bergizi, dan pola hidup teratur, lebih menjaga kebersihan
    2. • cuci tangan sebelum makan
    • untuk sementara ini berdiam diri dirumah terlebih dahulu
    • hindari di tempat keramaian seperti mall dll
    3. Mari kira membantu pemerintah melawan Covid-19

    0
  19. 1. Adanya kovid-19 mengakibatkan masyarakat tidak dapat melakukan kegiatan / aktivitas yang dilakukan diluar rumah yang akan mengakibatkan masyarakat bosan untuk didalam rumah
    2. 1. diam dirumah
    2. menjaga kebersihan
    3. Menghindari kontak langsung
    dengan masyarakat
    3. Ayo jaga kebersihan agar virus
    korona hilang!!!!!

    1+
  20. Nama:Tisya Novalita
    Kelas: 7D

    1.Merasa sedih dan cemas, karena
    mempengaruhi semua sektor dari
    perekonomian, pariwisata,
    transportasi, sosial, keagamaan,
    pendidikan, dan sebagainya.
    2.-Menghindari keramaian.
    -Berdiam di rumah.
    -Menjaga kesehatan masing-
    masing.
    3.#Stay home and take care
    yourself#

    1+
  21. Nama : Ezinia Dini Ayu M.
    Kelas : 7D

    1.)Dengan adanya covid-19 kita merasa gelisah atau takut untuk keluar rumah,berkumpul bersama teman,dan melakukan kegiatan lainnya.
    2.)•Mengurangi berkomunikasi langsung dengan orang lain.
    •Menjadi stamina tubuh agar tidak terserang penyakit.
    •Membiasakan cuci tangan setelah melakukan kegiatan.
    3.)Mengapa keluar luar kalau makan dan minum,maupun belajaran bisa lewat online,jika tidak nanti kita akan menyesal dikemudian hari.

    0
  22. 1.Yang saya rasakan dari masuknya virus Corona di Indonesia menyebabkan perekonomian menurun dan para pekerja banyak yang di rumahkan
    2. Berdiam diri di rumah dan juga taati aturan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus Corona supaya penyebaran di Indonesia tidak semakin besar
    3.” Bersatu kita lawan Corona dengan hidup bersih dan sehat” WANI

    0
  23. 1. Melakukan pekerjaan belajar,sekolah,bermain kurang bebas. Bersosialisasi dengan teman,tetangga juga kurang bebas semua rasatakut virus covid 19.
    2.a. melaksanakn peraturan yang di anjurkan pemerintah.
    B. Berdiam diri dan belajar dirumah.
    C. Cuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakn aktifitas.
    D. Bila keluar rumah menakai masker.
    3. Jagalah kebersihan diri kita dan lingkungan sekitar kita.

    0
  24. Kelas:7D/09
    1.Saya merasakan adanya covid 19 merasa terganggu,karena virus covid 19 sudah meneyebar di seluruh indonesia.
    2.a.Tetap berada di rumah.
    b.Menjaga diri dengan cara mencuci tangan dengan rajin agar terhindar dari virus covid 19.
    c.Selalu hidup bersih.
    3.”Dengan adanya covid-19 kita perlu belajar bahwa kebersihan sangat lah penting,maka dari itu kita harus menjaga kebersihan di mana pun kita berada.”

    0
  25. 1. Saya merasa khawatir, karena covid19 virus yang tak kelihatan tapi cepat menyebar.
    2. Berdiam dirumah
    3. Hindari corona dengan tidak berpergian dan jaga kebersihan

    0
  26. 1. Saya merasa sangat dirugikan oleh virus ini. Dikarenakan sangat berbahaya bagi kesehatan dan menggangu atau menghambat aktifitas manusia seperti: bekerja, sekolah, berdagang dll.
    2. -Berdiam diri dirumah
    – Selalu cuci tangan sesudah atau sebelum beraktivitas
    – Jaga jarak dengan orang lain saat berpergian keluar rumah
    3. Waspada boleh, panik jangan!!
    #dirumahsaja.

    0
  27. 1.Saya merasa resah karena covid 19 memakan banyak korban tapi juga ada gikmahnya dengan adanya covid 19 saya lebih sering berolah raga

    2. 1 tdk keluar rumah
    2 cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
    3 kalau berbicara dengan seseorang verjarak 2 meter

    3. Berdiam di rumah jaga kesehatan

    0
  28. Nama:Erwin Rahmaddhani Prayoga
    Kelas:7D
    Nomer absen :15
    1.Saya merasa saya di rumah saja dan bosan karena Covid 19
    2.cuci tangan sebelum makan
    – tidak keluar rumah
    – membersihkan rumah
    3.kita pasti bisa melawan pandemi virus covid-19

    1+
  29. 1.Yang saya rasakan dari masuknya virus Corona di Indonesia menyebabkan perekonomian menurun dan para pekerja banyak yang di rumahkan
    2. Berdiam diri di rumah dan juga taati aturan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus Corona supaya penyebaran di Indonesia tidak semakin besar
    3.” Bersatu kita lawan Corona dengan hidup bersih dan sehat”WANI

    0
  30. 1. Tugas sangat banyak
    2. – Rebahan di rumah
    – Ibadah di rumah
    – sekolah di rumah
    3. Pintar itu relatif,mencontek itu alternatif

    2+
  31. Nama: Dita Sastra Parama Iswari
    Kelas: 9E

    1. Selama ada covid-19 ini saya tidak bisa keluar rumah karena kebijakan social distancing. ekonomi keluarga yang mulai pasif, juga sedih melihat tempat beribadah yang biasanya ramai dengan para jamaah menjadi sepi.

    2. •) Dengan diam dirumah tapi tetap berolahraga didalam rumah
    •) Menerapkan hidup sehat, contoh makan makanan yang bergizi, mencuci tangan sesudah atau sebelum melakukan aktivitas, jika keluar rumah memakai masker
    •) Menghindari kontak fisik dengan tetangga.
    •) Senantiasa berdoa menurut kepercayaan masing masing memohon agar bumi kita segera sembuh dari wabah covid-19 ini.

    3. SAATNYA KITA BELAJAR DIRUMAH, BEKERJA DIRUMAH, BERIBADAH DIRUMAH. AYO BANTU PAHLAWAN TENAGA MEDIS DENGAN BERDIAM DIRI DIRUMAH!

    0
  32. 1. Yang saya rasakan dengan adanya covid-19 sebenarnya panik,dan bosan karna kegiatan ditiadakan.
    2. Yang saya lakukan untuk mencegah covid-19 :
    tidak keluar rumah
    olahraga / berjemur
    makan makanan yang sehat
    menjaga kebersihan lingkungan
    3. “Tidak keluar rumah atau Mati terkena covid-19″

    0
  33. Nama Lengkap: Sabrina Nur F.
    Kelas: 9-E
    1. yang saya rasakan dengan adanya covid-19 ini saya merasa resah dan kawatir dikarenakan wabah ini cukup bahaya dan bisa menyebabkan kematian
    2.1)tinggal dirumah
    2)sering mencuci tangan
    3)membersihkan permukaan
    benda yang sering disentuh
    4)menjaga kesehatan
    3. mari bersama cegah virus Corona dengan cuci tangan dan konsumsi asupan sehat demi imunitas tubuh yang kuat hadapi wabah virus Corona.

    0
  34. Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    1. Yang saya rasakan dengan adanya covid-19 sebenarnya panik,dan bosan karna kegiatan ditiadakan.
    2. Yang saya lakukan untuk mencegah covid-19 :
    tidak keluar rumah
    olahraga / berjemur
    makan makanan yang sehat
    menjaga kebersihan lingkungan
    3. “Tidak keluar rumah atau Mati terkena covid-19″

    0
  35. Nama : dini selsa r
    Kelas : 7D

    1. Yang dirasakan dengan adanya covid-19 hanya berdiam dirumah, takut dengan keramaian
    2. – hanya dirumah, namun tetap produktif
    – memakai masker jika batuk atau pilek dan mencuci tangan menggunakan sabun
    – kurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang
    3. “Semua bakal membaik. Kalau belum jadi kepastian, setidaknya jadi keyakinan.”

    1+
  36. 1.Yang di Rasakan Dengan Adanya covid-19,Kita Tidak bisa Bergaul Dengan Bebas,Selalu Was-Was Saat Bertemu Orang,di Penuhi Rasa Takut Saat Di Luar Rumah,Membuat Masyarakat Hilang Silaturahmi Tempat Ibadah Menjadi Sepi
    2.Membantu Ormas² untuk memberi Taukan Kepada Masyarakat Agar Menjadikan Tempat Yang Ia Tempati Menjadi Tempat Yang bersih Dan Nyaman,Dan Mengajarkan Hidup Sehat Kepada Orang² mulai Dari Orang Yanh Terdekat Yaitu Keluarga Mengajarkan Seperti Bagaimana Cuci tangan,Selalu memakai masker jika keluar,membawa handstanizer,Mencuci Semua,makan-makanan yang sehat agar tingkat Ke Kebalan Tubuh Menjadi Meningkat,Hidup Bersih dan Tetap Di rumah saja Jaga Jarak Jika Anda Mempunyai Gejala² virus (Batuk Kering,Sesak Nafas,Demam) segera Periksakan Ke Rumah sakit terdekat
    3.”Jangan Mengeluh akan Virus Covid-19 Mungkin Ini Cara Tuhan Menegur Agar Umatnya Menjadi hidup lebih Bersih,Tuhan Ingin Bumi menjadi Lebih Bersih”
    #BumiSedangIstirahat
    #Dirumahaja
    #Spenlusa
    #Covid19

    0
  37. Nama : Abdul Hakim Fatur R
    Kelas : 8B

    1. Saya merasa bahwa tidak dapat melaksanakan kegiatan keluar rumah seperti biasa karena adanya social distancing,saya juga merasa sangat sedih sebagai siswa yang duduk dibangku kelas 9 karena tidak ada unbk dan perpisahan melalui jabat tangan

    2. – Tidak Boleh Keluar Rumah
    – Menjaga Kebersihan
    – Menghindari tempat ramai
    – Tidak Boleh berjabat tangan
    – Berjemur di Pagi Hari / Ber
    Olah raga
    – Membiasakan Cuci tangan
    Sebelum melakukan kegiatan

    3. Mari Kita Dukung Pemerintah Dan
    Tenaga medis Untuk Melawan
    Covid-19

    1+
  38. Nama : Febrian Galuh F
    Kelas : 9B
    Nomor absen : 21
    1.dengan adanya covid-19 perekonomian diseluruh dunia menurun drastis
    2.berdiam diri dirumah,menghindari kegiatan yang kurang pernting diluar rumah supaya memutus penyebaran covid-19
    3.”bersatu kita musnah
    Bercerai kita hidup”

    0
  39. Nama:Elsy Cornelia
    Kelas:7D
    1.merasa terancam’tetap berhati”karena covid 19 ini sudah tercemar di Indonesia dan memakan bnyk korban. juga sangat prihatin dgn keadaan indonesia yg begitu sepi’sunyi tdk ad orng yg keluar rumah karna tkut nya covid 19.
    2.-menjaga kebersihan diri dan lingkungan
    -tetap di rumah
    -berolahraga dan makan makanan yg sehat.
    3.”Ciptakan diri bersih’lingkungan bersih, jaga pola makan dan tetap di rumah aja.”

    0
  40. 1. semakin sadar untuk menjaga kebersihan
    2. • cuci tangan sebelum makan
    • di rumah aja
    • berjemur
    3. tidak ada kebahagiaan melebihi kesehatan

    0
  41. 1.saya merasakan perubahan yang amat besar dalam kehidupan sehari hari masyarakat ,dahulu yang bisa hidup bebas dan nyaman namun sekarang harus waspada dan senantiasa menjaga kebersihan.
    2.melakukan physical distancing dan berdiam diri dirumah tak kemana mana dan senantiasa menjaga kebersihan agar rantai penularan COVID-19 cepat terputus dan dunia bisa sembuh total dari COVID-19.
    3.Jarak menjadi sangat berarti ketika pandemi tengah beraksi -stay at home to save your life and this world .

    0
  42. 1. Saya merasa sangat dirugikan oleh virus ini. Dikarenakan sangat berbahaya bagi kesehatan dan menggangu atau menghambat aktifitas manusia seperti: bekerja, sekolah, berdagang dll.
    2. •Berdiam diri dirumah(Rebahan aj)
    • Selalu cuci tangan sesudah atau sebelum beraktivitas
    •Jaga jarak dengan orang lain saat berpergian keluar rumah
    3. Jangan ada covid di antara kita-! Mari menjaga kebersihan dari sekarang-!
    #dirumahaja

    0
  43. 1. Yg saya rasakan terhadap covid 19 yaitu ekonomi negara turun

    2.sudah. mengurangi berinteraksi dg orang luar, cuci tangan 1 jam sekali, menjaga kebersihan lingkungan

    3. Lawan Corona, selamatkan bangsa ini!

    0
  44. 1. Tugas makin banyak
    2.- sekolah dirumah
    – ibadah dirumah
    – rebahan di rumah
    – nggibah di rumah
    – nyanyi di rumah
    – maido di rumah
    3. Pintar itu relatif
    Nyontek itu alternatif

    3+
  45. 1.saya merasakan perubahan yang amat besar dalam kehidupan sehari hari masyarakat ,dahulu yang bisa hidup bebas dan nyaman namun sekarang harus waspada dan senantiasa menjaga kebersihan.
    2.melakukan physical distancing dan berdiam diri dirumah tak kemana mana dan senantiasa menjaga kebersihan agar rantai penularan COVID-19 cepat terputus dan dunia bisa sembuh total dari COVID-19.
    3.Jarak menjadi sangat berarti ketika pandemi tengah beraksi -stay at home to save your life and this world

    0
  46. 1. semakin sadar untuk menjaga kebersihan
    2. • cuci tangan sebelum makan
    • di rumah aja
    • berjemur
    3. tidak ada kebahagiaan melebihi kesehatan

    0
  47. 1. Bagaimana yang kalian rasakan dengan adanya covid-19?? Jelaskan!
    >Saya merasa terganggu karena dengan adanya covid-19 kegiatan disekolah maupun diluar rumah di hentikan,hal tersebut membuat saya bosan,tetapi rasa bosan itu tidak membuat saya menyerah begitu saja saya juga tetap menjaga kesehatan saya dengan diam dirumah dan berolahraga
    2. Apakah yang dapat kalian lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi merebaknya Covid-19? (Sebutkan minimal 3)
    > •Diam dirumah dan tetap jaga jarak
    •menjaga kesehatan dengan olahraga
    •Dan memanfaatkan waktu kosong
    dengan belajar dan mengerjakan tugas-
    tugas yang diberikan guru
    3. Buatlah kata bijak atau kalimat motivasi atau slogan untuk mencegah dan melawan Covid-19!!
    >Tetap dirumah!Untuk Indonesia bebas Covid-19.

    1+
  48. 1. Saya merasa panik dan takut akan adanya virus Covid-19 karena virus ini dapat menular dan dapat menyebabkan kematian
    2. • tetap berada didalam rumah
    • menggunakan masker saat ada keperluan diluar rumah
    • mencuci tangan dengan sabun/alkohol
    • hindari tempat ramai
    3. Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan penting dan selalu makan makanan yang sehat agar terhindar dari penyakit apapun. Karena anak² seperti kita ini sangat rawan terkena penyakit, apa lagi penyakit menular

    0
  49. Nama : Azizah Ramadhani Effendi
    Kelas : 9A
    No. Absen : 12

    1)Dampak yg saya rasakan karena adanya wabah corona adalah saya bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, saya bisa lebih banyak beribadah.
    2) -Stay at home,
    -Menghindari tempat yang ramai,
    -Selalu menjaga kebersihan diri.
    3) “Mari kita lakukan pola hidup bersih mulai dari diri kita, keluarga kita, tetangga kita, lingkungan masyarakat kita untuk CEGAH COVID-19”

    0
  50. Fergita miya wati
    kelas 7D

    1.Saya merasa cemas karena adanya covid 19.
    2. -Tetap dirumah.
    -Sering cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
    -Hindari keramaian .
    3.Tetap dirumah dan jaga jarak

    0
  51. 1}Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, ya pokoknya itu pola hidup teratur.
    2} • Tidak keluar rumah apabila tidak penting
    • Selalu jaga jarak (Social Distancing) ketika berada di luar rumah
    • Selalu jaga kebersihan tubuh ataupun barang-barang yang ada di rumah
    3}Selalu jaga kebersihan, dan tidak panik adalah salah satu cara melawan covid 19
    #StayAtHome #StaySave

    0
  52. 1. Sangat tidak enak, karena tidak bisa keluar rumah, tidak bisa bermain di luar rumah, dan tidak bisa sekolah. Yg saya inginkan bisa masuk sekolah lagi, karena tidak sekolah samadengan tidak ada uang jajan, hehe..

    2. A. Di dalam rumah tanpa keluar
    B. Melakukan social distancing atau menjaga jarak aman
    C. Selalu menjaga kesehatan tubuh dgn cara makan makanan yg sehat, mandi teratur, dan selalu mencuci tangan pakai sabun

    3. “Ayo! Tetap di rumah, kapan lagi kan rebahan dapat menyelamatkan Indonesia! Jika kalian tetap di rumah samadengan membantu memutus rantai penyebaran virus covid-19”

    1+
  53. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering berolahraga, makan-makanan yang bergizi dan tetap berada dirumah.
    2. – Tetap berada dirumah
    – Tetap menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar
    – Istirahat yang cukup
    3. “The key to overcome crisis is patience, courage, self-discipline, adaptation and alertness.” artinya ” kunci untuk mengatasi krisis adalah kesabaran, keberanian, disiplin diri, adaptasi dan kewaspadaan.”

    1+
  54. 1}Dampak yg saya rasakan karena adanya wabah corona adalah saya bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, saya bisa lebih banyak beribadah.
    2}tetap berada didalam rumah
    • menggunakan masker saat ada keperluan diluar rumah
    • mencuci tangan dengan sabun/alkohol
    • hindari tempat ramai
    3}Selalu jaga kebersihan, dan tidak panik adalah salah satu cara melawan covid 19
    #StayAtHome #StaySave

    1+
  55. 1.) Dampak yang saya rasakan karena wabah Corona adalah banyaknya tugas.
    2.) – Di rumah aja gan
    – Menghindari tempat ramai
    – Social distancing
    3.) Di rumah aja daripada kalian keluyuran

    0
  56. Nama : Aprilia Rahmawati
    Kelas : 8B

    1. Yg saya rasakan karna adanya virus covid-19 adalah Adanya rasa waspada yang dapat membuat diri sendiri untuk lebih melaksanakan hidup bersih dan sehat
    2. -Rajin memcuci tangan dan menjaga
    pola makan
    -Berolahraga
    -Lebih menghindari kerumunan
    orang/Dirumah saja
    3. •mari jagalah kebersihan mulai dari
    diri sendiri dan mulai dari sekarang agar
    Virus covid-19 segera hilang

    0
  57. Nama:irfan rahma dani
    Kls:7A
    No:33

    1.saya merasah kawatir karena adanya virus corona-19
    2.#tidak boleh keluar rumah.
    #kurangi keramaian di luar.
    #tidak boleh bejabat tangan.
    degan orang demam dan sakit.
    tegorokan.
    3.selalu jaga pola kebersiha jangan panik karena pola kehidupan kita bisa mencega penyakit virus corona-19

    1+
  58. 1. Yang saya rasakan saat terjadinya virus corona ini adalah saya lebih banyak meluangkan waktu dirumah, termasuk sekolah saya harus dirumah,selain itu saya juga belajar untuk hidup lebih bersih.

    2. 1. Tidak keluar rumah
    2. Menggunakan masker saat
    keluar rumah
    3. Menjaga kebersihan lingkungan

    3. Kita harus bersabar dalam menghadapi virus ini,dan menjaga jarak antar sesama.

    0
  59. Nama : Tripasya Oktavia 9a (38)
    1. Yang saya rasakan akibat adanya covid-19 adalah banyaknya tugas-tugas yang harus dikerjakan. Tidak bisa berkumpul dengan teman-teman. Bosen di rumah terus.
    2. -Tetap dirumah
    -Mengurangi untuk berkumpul / mengurangi berada di tempat yang ramai
    -Selalu berolahraga di pagi hari, berjemur, mencuci tangan, dan makan makanan yang bergizi
    3. “Sering-seringlah kalian untuk mencuci tangan, karena virus akan datang jika kita tidak menjaga kebersihan. Kegiatan mencuci tangan merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan.”

    1+
  60. Haikal Aqil 9c

    1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi , pola hidup teratur.
    2. – Melakukan Social Distancing
    – Berdiam diri dirumah
    – Selalu cuci tangan sesudah atau sebelum beraktivitas
    – Jaga jarak dengan orang lain saat berpergian keluar rumah
    – pakai masker saat keluar rumah
    3. Dirumah saja, sayangi saudaramu #dirumah saja

    0
  61. 1. Saya merasa takut karena virus
    covid 19 bisa membuat kita tiada
    2. •Sering mencuci tangan
    •Rajin Olahraga
    •Makan makanan yang sehat
    3. Lebih baik mencegah dari pada
    mengobati #Stay at home

    0
  62. 1. Yang saya rasakan saat terjadinya virus corona ini adalah saya lebih banyak meluangkan waktu dirumah, termasuk sekolah saya harus dirumah,selain itu saya juga belajar untuk hidup lebih bersih.

    2. 1. Tidak keluar rumah
    2. Menggunakan masker saat
    keluar rumah
    3. Menjaga kebersihan lingkungan

    3. Kita harus bersabar dalam menghadapi virus ini,dan menjaga jarak antar sesama.

    0
  63. Nama : Syifa Qurratul Aini Ramadhani
    Kelas : 7d
    Absen : 38

    1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, ya pokoknya itu pola hidup teratur.
    2.-Menggunakan masker untuk mengurangi penyebaran virus saat batuk.
    -Menggunakan sanitizer atau sabut untuk membersihkan tangan agar virus tidak menyebar saat bersentuhan.
    -melakukan pola hidup sehat agar tidak terjangkit penyakit yg bisa menyebabkan virus.
    3. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

    1+
  64. 1. Saya merasakan sebuah kebahagian dimana saya bisa sadar bahwa dengan adanya Covid-19, saya menjadi lebih Produktif dan lebih baik lagi untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Saya juga bisa lebih dekat lagi dengan Keluarga karena bisa berkumpul semuanya dirumah. Selain itu, UNBK pun dibatalkan sehingga beban yang Otak saya rasakan sudah berkurang walaupun masih ada USD (Ujian Sekolah Daring) :v.
    2. Yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi penyebaran Virus Covid-19 adalah sebagai berikut :
    a. Menjaga Kebersihan Anggota Tubuh dan Lingkungan.
    b. Menjaga Pola Makan, Olahraga teratur sambil berjemur sekitar 15-25 Menit perhari, Tidur yang cukup, Mengonsumsi suplemen penambah
    imunitas tubuh, serta perbanyak minum Air mineral yang Bersih.
    c. Tetap dirumah untuk melakukan masa Inkubasi selama 14 Hari agar Imunitas tetap terjaga, menghindari kontak langsung dengan orang yang
    sekiranya tidak dikenal atau orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu dengan cara menjaga jarak sekitar satu sampai 2 meter.
    3. Nolep (No Life) Adalah Jalan Ninjaku, Karena Itu Aku Pun Terhindar Dari Virus Covid-19. Xixixixixixi :v

    Nb : No Life (tidak punya kehidupan/kesepian) atau bisa juga dibilang Introvert.

    1+
  65. nama: lidya octaviani.
    kelas: 9a.
    absen: 23.

    1. karna adanya covid-19 ini, saya bosan di rumah dan untuk pertama kalinya saya bosan rebahan trus.
    2. tidak keluar rumah, rajin mencuci tangan, hindari berhubungan kontak dengan orang lain.
    3. bantai corona , dengan tidak keluar rumah . #dirumaja

    0
  66. nama: lidya octaviani.
    kelas: 9a.
    absen: 23.

    1. karna adanya covid-19 ini, saya bosan di rumah dan untuk pertama kalinya saya bosan rebahan trus.
    2. tidak keluar rumah, rajin mencuci tangan, hindari berhubungan kontak dengan orang lain.
    3. bantai corona , dengan tidak keluar rumah . #dirumahaja

    0
  67. Nama : Raihan Azzam Ibadurahmanuzaki
    Kelas : 9-A
    Absen : 33

    1. Semenjak adanya Wabah / Virus Corona ini, semua pelajar diliburkan dan ujian ujian dihapus untuk tahun ini. Dampak positifnya adalah Libur bisa dirumah aja, Dampak negatifnya adalah Tidak bisa bertemu teman – teman, tugas daring yang cukup banyak, dan tidak bisa kemana – mana.

    2. – Tetap #DirumahAja
    – Selalu bersihkan badan setelah aktivitas
    – Menghindari kerumunan
    – Buang genangan air bila tidak digunakan, untuk menghindari Virus Corona

    3. “Semenjak adanya Virus Corona ini, Semua manusia di Dunia ini diajarkan untuk menjaga kebersihan selalu dan mengurangi acara – acara yang didatangi banyak orang. Secara tidak langsung Tuhan memberi tahu kita bahwa beberapa kegiatan seperti Keluyuran Malam, Pergi ke tempat yang cenderung tidak baik untuk kita, dan Menjauhkan kita dari hal – hal maksiat yang secara tidak langsung kita tidak sadari. dan Corona mengajarkann kita untuk lebih dekat dengan keluarga.

    0
  68. Nama Lengkap: Octakarunia Brahmastya Sumawardhana
    Kelas: IX-H
    1. Dampak yang saya rasakan ssya lebih sering menjaga kebersihan,dan peduli kepada lingkungan sekitar saya.
    2. #Dirumahaja, sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menghindari tempat yang ramai.
    3. Tetap dirumah adalah cara untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona. #COVID-19 #CORONA

    0
  69. 1. Dengan Adanya covid-19 saya bisa rajin berolaraga dan dapat berkumpul dengan keluarga.
    2. -Tidak keluar rumah
    -Mengkonsumsi makanan bergizi
    -Menjaga kebersihan tubuh
    3. “Berhati hati lah dengan corona dengan cara menjaga kebersihan dan Selalu berdekatlah dengan Tuhan Yang Maha Esa”

    1+
  70. 1. Yang saya rasakan saat terjadinya virus corona ini adalah saya lebih banyak meluangkan waktu dirumah, termasuk sekolah saya harus dirumah,selain itu saya juga belajar untuk hidup lebih bersih.

    2. 1. Tidak keluar rumah
    2. Menggunakan masker saat
    keluar rumah dalam hal yang
    diperlukan
    3. Menjaga kebersihan lingkungan

    3. Kita harus bersabar dalam menghadapi virus ini,dan menjaga jarak antar sesama.

    0
  71. 1. Dengan Adanya covid-19 saya bisa rajin berolaraga dan dapat berkumpul dengan keluarga.
    2. -Tidak keluar rumah
    -Mengkonsumsi makanan bergizi
    -Menjaga kebersihan tubuh
    3. “Berhati hati lah dengan corona dengan cara menjaga kebersihan dan Selalu berdekatlah dengan Tuhan Yang Maha Esa”

    1+
  72. Nama: Naiya calista febriyanti
    Kelas/Absen:9T/15

    1).tetap tenang dan jangan panik
    2).-tetap dirumah (stay home)
    -berjemur dipagi hari
    -menjaga kebersihan tubuh dan
    benda
    -social distancing (jaga jarak)
    3).hadapi segala rintangan dan
    jangan pernah hilang harapan
    dengan ketakutan. Karena ketika
    kamu masih memiliki harapan,
    disitulah kamu memiliki masa
    depan

    0
  73. Nikita Felliza/9c/29
    1. Yang dirasakan dengan adannya Covid-19 yang sangat merugikan warga, baik dari dalam maupun luar negeri semua sangat kacau. perekonomian negara dan masyarakat luluh-lantak. Tidak hanya itu, hampir semua sektor terkena imbas dari mewabahnya Covid-19 ini. Mulai dari pariwisata, transportasi, sosial, keagamaan, pendidikan dan sebagainya. Di sektor pendidikan, pembelajaran tatap muka di kelas beralih ke pembelajaran dalam jaringan atau daring (online) di rumah masing-masing
    2. •.Melakukan phsyical distancing( Jaga jarak minimal 1 meter dengan mereka yang batuk atau bersih)
    •.Melakukan sosial distancing (Pembatasan sosial atau serangkaian tindakan pengendalian yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.)
    •.Berdiam diri di rumah dan juga taati aturan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus Corona
    3. Kesehatan sangat berarti, ditengah maraknya wabah corona baiknya semua tetap dirumah jaga semua dengan melakukan isolasi sendiri dirumah. Bantu pemerintah untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran corona dengan tetap diam dirumah.

    1+
  74. Dampak yang saya rasakan saat ada virus Corona:
    1.Saya lebih ada waktu bersama keluarga “family time”
    2.Saya bisa membantu ibu membersihkan rumah.
    3.Saya jadi lebih rajin ibadah.
    Untuk mencegah penyebaran Virus “Corona”bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    1.Hindari tempat yang ramai, dan dirumah aja ya guys .
    2.Cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, memakai handsantizer.
    3.Memakai masker jika keluar rumah(keluar hanya keperluan penting!).
    Dan kita harus jaga kebersihan diri kita.

    0
  75. Nama:Kike Tri Liani
    Kelas : 9A
    No.absen:21
    1)Dengan adanya wabah Corona membuat saya lebih menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
    2)-Berdiam diri dirumah
    -Menghindari tempat ramai
    -Menjaga jarak dengan orang lain saat berada diluar rumah
    3)Berdiam diri dan menjaga kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19

    0
    1. 1.Dengan adanya Covid seluruh masyarakat jadi resah dan takut beraktifitasi d luar rumah dan dengan ada virus itu pembelajaran sekolah beralih pembelajaran jaringan Online d rumah masing”.2.Yang kita lakukan untuk pemerintah dlm mengatasi merebah Covid-19 dengan cara meningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Meningkatkn Kebersihan lingkungan kita masing” dengan mengkampayekan Cuci tangan dengan menggunakan Hand Sanitizer dll.3.kata-kata bijak utk mencegah dan melawan Covid-19 adalah Janganlah pernah menyerah ketika kita masih mampu berusaha dan tidak ada kata berakhir sampai kita bisa melawan Covid-19 dan Tuhan Yang Maha Esa tidak akan menurunkan penyakit tanpa menurunkan penawarnya.

      0
  76. Nama lengkap:Naurah Alilatul B.
    Kelas:7-k

    1.selalu waspada dalam segala kegiatan apapun dan menjaga pola hidup yang teratur
    2.-mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apapun itu
    -melakukan upaya penyemprotan guna menceggah covid-19
    -membantu membuat tempat cuci tangan
    3.”Jajar Anyam” (jaga jarak antar jamaah)

    0
  77. Nama:Kike Tri Liani
    Kelas : 9A
    No.absen:21
    1)Dengan adanya wabah Corona membuat saya lebih menjaga kesehatan diri.
    2)-Berdiam diri dirumah
    -Menghindari tempat ramai
    -Menjaga jarak dengan orang lain saat berada diluar rumah
    3)Berdiam diri dan menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyebaran virus covid-19

    0
  78. Nama:Nindy Tasha Margareta
    Kelas:8F
    No absen:35

    1. Yg saya rasakan terhadap adanya covid-19 ini adalah saya jadi sering olahraga, makan-makanan yang bergizi dan mengatur pola hidup sehat
    2. – Mengikuti arahan untuk tetap dirumah
    – Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan diri sendiri (mencuci tangan,dsb)
    – Berolahraga dan makan-makanan yang sehat
    3. Slogan:”Ayo gotong royong lawan covid-19″

    0
    1. Nama: KORNELIUS NINDYO ASMORO
      Kelas : 9A

      1. Bagaimana yang kalian rasakan dengan adanya covid-19?? Jelaskan!
      ~khawatir, karena virus ini sudah menyebar ke beberapa negara di dunia termasuk indonesia.
      2. Apakah yang dapat kalian lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi merebaknya Covid-19? (Sebutkan minimal 3)
      ~1. Dirumah aja
      2. Lakukan sosial distancing
      3. Hidup sehat
      3. Buatlah kata bijak atau kalimat motivasi atau slogan untuk mencegah dan melawan Covid-19!!
      ~pulihkan dunia ini hanya dengan #DirumahAja.

      0
  79. Nama : Mochammad Danur Alfian
    Kelas : 7G
    No absen : 20

    1. Yang saya rasakan mengenai virus covid-19 saya merasa terancam dan tidak aman, bahkan merusak tali pertemanan, dan mungkin diantara mereka a yabg menggunakan kesempatan ini untuk lebih banyak bermain dengan gawainya sendiri-sendiri.

    2.
    – menjaga kebersihan dan kesehatan
    – berjemur di pagi hari selama 10-15 menit (waktu yang baik untuk berjemur adalah saat matahari terbit sampai jam 10)
    – dirumah saja/hindari keramaian

    0
  80. 1:Yang saya rasakan ketika ada virus Corona ini saya lebih mempunyai waktu banyak untuk di rumah,dan Corona mengajarkan saya betapa pentingnya menjaga kesehatan terutama dalam hal kebersihan itu sangatlah penting namun kita jarang memperhatikan hal tersebut.

    2:berdiam diri dirumah jangan keluar kemana mana kecuali ada urusan penting!ikuti anjuran pemerintah!
    -memakai masker ketika berkeliaran
    -jaga jarak minimal 1-2 m untuk menghindari virus tersebut.
    -mencuci tangan sebelum/sesudah melakukan sesuatu dengan sabun
    -dan pastinya jagalah selalu kebersihan.

    3:harus sabar dengan ujian ini,tetep jaga kebersihan dan waspada,dan yang terpenting selalu berdoa memohon kepada yang maha menciptakan segalanya agar virus ini cepet hilang agar kita kembali merasakan kenyamanan di luar rumah.

    0
  81. 1.tidak nyaman, karena dapat menyebabkan orang meninggal
    2.•dirumah aja
    •tetap waspada
    •jangan panik
    3.tetap belajar dirumah, sering cuci tangan, jangan berkerumun,

    1+
  82. Nama:Nabila Ramadhani
    Kelas/no.absen:8F/21
    1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi Covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga,makan makanan yang bergizi,dan mengatur pola hidup sehat
    2.a)Mengikuti arahan untuk tetap dirumah
    b)Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan diri sendiri (sering mencuci tangan,dsb)
    c)Berolahraga dan makan makanan sehat
    3.slogan:”Ayo Gotong Royong Lawan Covid-19″

    0
  83. Nama : OCTA PARAMITA
    Kelas : IX-E

    1. Saya merasa bosan, karena adanya wabah ini, saya hanya bisa mengisolasi diri saya, dirumah saja dan tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Saya juga merasa takut, tetapi saya juga harus tenang dan waspada terhadap virus ini, agar terjauhkan oleh virus yang mengancam orang diseluruh dunia (global).

    2. 1) Mencuci tangan atau bisa juga menggunakan hand sanitizer, berjemur sekiranya pukul 10.00-11.00, memakai masker jika kalian sakit flu dan sebagainya, agar orang tidak tertularkan.
    2) Memakan makanan yang bergizi, agar imun ditubuh tidak turun, dan sering meminum air putih agar tenggorokkan tidak kering.
    3) Yang terutama lakukanlah anjuran pemerintah yaitu Social Distancing, yang berarti menjaga jarak antar sesama sekitar 1-3 meter. Bukan berarti kita tidak boleh saling bersosialisasi, Namun cara itu dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut.

    3. “Virus Covid-19 adalah musuh kita bersama dan jajah Covid-19 dengan tetap tinggal dirumah, bukan dengan senjata ataupun bambu runcing.” #DiRumahAjaYa

    0
  84. 1.saya jadi lebih sering berolahraga Dirumah, Makan makanan yang Bergizi, menjaga pola hidup.
    2.-Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
    -Cuci Tangan Bila Tidak Berpergian atau Bila mau Berpergian Dengan Menggunakan Masker
    -Makan-Makanan Yang Sehat.
    3.”Jaga Jarak 1 Mater Jangan Berkumpul ditempat Keramaian Lebih Baik Dirumah saja enjoyyy”

    0
  85. 1. Saya merasa bahwa saya harus benar benar berhati hati saat ini, terkadang, saya merasa takut akan adanya virus corona ini dan terkadang pula saya merasa saya harus tenang menghadapi virus ini.

    2. Untuk membantu pemerintahan kita bisa melakukan beberapa cara yaitu :
    a. Tetap dirumah sampai virus corona ini mulai mereda.
    b. Tetap menjaga kesehatan dengan cara makan makanan yang bergizi, makan banyak buah dan sayur dan jika bisa, minum vitamin setiap hari.
    c. Tidak keluar rumah apabila tidak ada urusan yang sangat penting. Dan jika urusan itu penting maka saat keluar rumah hendaklah memakai masker.
    d. Menjaga jarak antara sesama minimal 1 sampai 2 meter.

    3. Mari bersama melawan virus corona dengan cara stay at home.

    0
  86. Catherine Adriana M.W.
    Kelas 7c/07

    1. Yang saya rasakan saat ini adalah kesedihan, wasapada, dan heran.
    Saya sedih karena wabah ini sudah menyebarluas dan membuat kita harus ada dirumah saja, pastinya ada rasa waspada untuk mencegah mata rantai penyebaran covid-19, dan saya heran mengapa tiba tiba virus ini datang begitu saja dan membuat dunia ini mengalami masalah?

    2. a. Social distancing atau bahkan sudah diterapkan physical distancing
    b. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun
    c. Makan makanan yang mengandung vitamin c dan teratur

    3. Semoga setelah pandemi ini bisa kita lawan bersama dan sudah kondusif, pola hidup kita akan berubah dari yang “jorok” menjadi lebih “bersih”, dari yang “tidak sehat” menjadi pola hidup yang “sehat”. Aamiin

    0
  87. Nama : Edgar Favian M
    Kelas : 8H
    No. Absen : 04

    1. Yang saya rasakan terhadap adanya COVID-19 Ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, mencuci tangan dan makan-makanan bergizi
    2. Tidak keluar rumah, sering cuci tangan dan berjemur
    3. Sering cuci tangan

    0
  88. 1.karena adanya covid-19
    Saya jadi lebih memperhatikan kebersihan,belajar dirumah

    2.tidak berkerumun
    Tidak keluar rumah jika tidak
    terlalu penting.
    Slalu menjaga kebersihan
    Jangan lupa berdoa setiap saat

    3. Mari saling menguatkan
    Asalkan jangan berjabat tangan

    Jaga jarak aman,
    Inget dah banyak berjatuhan
    korban

    0
  89. 1. masker yang dulunya jarang dibeli sekarang jadi salah satu kebutuhan yang sangat dicari dan harganya cukup mahal sehingga sangat menguntungkan penjual masker.

    2. semenjak musibah virus Corona tidak sedikit pula orang yang bertobat dan mulai memikirkan amal ibadahnya sebelum ia di jemput maut.

    3.karena musibah virus Corona siswa diliburkan sekolah dan bisa belajar dirumah dengan lebih fokus dan tanpa batasan waktu.

    0
  90. 1.karena covid-19
    Saya jadi belajar dirumah,jd lebih menjaga kebersihan

    2.tidak berkerumun
    Jng keluar rmh jika tidak penting
    Slalu menjaga kebersihan

    3.mari saling menguatkan
    Asalkan jaga jarak aman

    Jaga jarak aman,
    Ingat dah banyak korban berjatuhan

    0
  91. Nama:Panca Rizky B.P
    Kelas:IX-H

    1. Merasa takut terhadap penyebaran Covid-19.
    2. •Dirumah saja
    •Selalu menjaga kebersihan badan
    dan lingkungan sekitar
    •Berolahraga dan makan makanan
    sehat secukupnya
    3. Bersatu untuk melawan Covid-19. Berbagi untuk selamatkan nyawa sesama

    1+
  92. Dewi arum sari
    8C/29
    1) orang orang tidak dapat beraktifitas seperti biasa karena adanya covid -19 ini, jadi orang orang sering dirumah dan semakin jarang untuk keluar rumah.
    2) mengikuti arahan yang diberikan
    ~ menjaga pola makan( makan yang bergizi dan baik bagi tubuh)
    ~ diusahakan menjaga jarak dari orang lain
    ~ jika keluar menggunakan masker agar tetap terjaga kesehatannya, dan selalu cuci tangan untuk menghindari covid ini
    3) “jagalah pola makan kalian, jagalah kebersihan dengan mencuci tangan
    Mari bersama sama hilangkan virus ini!”

    0
  93. 1.yang saya rasakan sekarang saya harus berhati hati supaya tidak tertular dan membuat saya untuk hidup bersih

    2.- tidak boleh keluar rumah(#dirumahsaja)
    – mencuci tangan setiap hari
    -rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat
    -mejauhi kerumunan banyak orang
    -memakai masker kalau mau keluar rumah supaya tidak tertular

    3.tetap dirumah dan jagalah kebersihan.
    Kebersihan pangkal dari kesehatan
    #stay at home

    1+
  94. Nama : Randy Nugrahatama
    Kelas : 9H
    Absen : 32

    1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya selalu waspada & membersihkan rumah.

    2.~#DiRumahAja,
    ~Hindari tempat ramai,
    ~Selalu cuci tangan

    0
  95. Nama : Chatrina Early A
    Kelas : 9c
    No. Absen : 06

    1. Dengan adanya Covid-19 saya merasa takut juga sedih, sedih karena tidak bisa keluar rumah dengan bebas. Juga anak anak kelas 9 jadi kurang efektif untuk belajarnya karena kurang paham dengan apa yang diajarkan melalu internet kan lebih enak dijelaskan oleh gurunya langsung dan pasti siswanya menjadi lebih paham juga.

    2. • Menjaga kesehatan dan kebersihan diri kita
    Jangan lupa cuci tangan selalu setiap saat
    • Stay at home atau diam dirumah saja jangan kemana mana dulu agar COVID-19 tidak menyebar lebih banyak
    • Kalau ingin berpergian karena terpaksa atau sangat penting jangan lupa memakai masker juga selalu membawa hand sanitizer

    3. ” Tetap berdiam diri dirumah, jangan pergi atau keluar rumah untuk hal yang tidak perlu dengan begitu kita sudah bisa membantu meyelamatkan bumi ini dari COVID-19 ” #dirumahaja #physicaldistancing #ayoselamatkanbumiini

    0
  96. Nama : Randy Nugrahatama
    Kelas : 9H
    Absen : 32

    1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya selalu waspada & membersihkan rumah.

    2.~#DiRumahAja,
    ~Hindari tempat ramai,
    ~Selalu cuci tangan sehabis berpergian,
    ~makan-makanan yang sehat,
    ~pakai masker kalau keluar.

    3.#NangOmahAeRek

    0
  97. 1)bosan karena tidak boleh keluar rumah dan tidak dapat bertemu dengan teman
    2)Diam dirumah
    Rutin Olah raga
    Jaga kebersihan
    3)Virus corona bukan politik, bukan pula ajang mencitrakan diri sambil menebar ketakutan. Maka tebarkan energi positif. Agar Indonesia mampu melewati masa-masa sulit seperti sekarang.

    0
  98. Nama : Randy Nugrahatama
    Kelas : 9H
    Absen : 32

    1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya selalu waspada & membersihkan rumah.

    2.~#DiRumahAja,
    ~Hindari tempat ramai,
    ~Selalu cuci tangan,
    ~Social Distancing,
    ~Pakai masker saat keluar.

    3.#NangOmahAeRek
    #CoronaOut

    0
  99. 1.Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, pola hidup teratur.
    2.-sering berolahraga
    -menjaga keberhasihan
    -cuci tangan sebelum dan sesudah
    melakukan kegiatan apapun
    -makan makanan yang bergizi dan
    tidak memakan makanan yang
    tidak sehat
    -menjaga jarak 1-2 mater
    3.harus sabar dengan ujian ini,tetep jaga kebersihan dan waspada,dan yang terpenting selalu berdoa memohon kepada yang maha menciptakan segalanya agar virus ini cepet hilang agar kita kembali merasakan kenyamanan di luar rumah dan bisa sekolah

    1+
  100. 1.karena covid-19
    Saya jadi belajar dirumah,jd lebih menjaga kebersihan
    2.Jaga Jarak 1 Mater Jangan Berkumpul ditempat Keramaian Lebih Baik Dirumah saja

    0
  101. 1. Yang saya rasakan ketika ada virus covid 19 adalah, gelisah karena saya tidak ada pekerjaan yang bisa membuat saya senang, sedih karena saya rindu teman teman bercanda dengan teman teman

    2. #dirumahaja, menghimbau teman teman agar #dirumahaja, selalu jaga kebersihan

    3. “DENGAN DIRUMAH AJA, KITA BISA MENJADI PAHLAWAN!”

    0
  102. Afriza Lutfia Inayatullah
    8i
    1. Saya menjadi takut dan resah untuk berpergian atau keluar rumah. Karena virus ini dengan cepat bisa menularkan ke banyak orang, dan sudah banyak korban yang meninggal akibat virus ini.

    2. (1.) Dirumah saja
    (2.) Cuci tangan sebelum dan
    sesudah melakukan kegiatan.
    (3.) Memakai masker jika
    terpaksa harus keluar, dan
    jaga jarak (1 meter) dengan
    orang lain atau bisa disebut
    sosial distancing.

    3. Tetap tenang, tetap produktif,
    #Dirumaaja. Kapan lagi kita
    membantu negara dengan cara
    kita tetap #Dirumahaja.

    0
  103. 1. yang saya rasakan adalah menganggu kehidupan masyarakat karna covid-19 ini virus yang sangat berbahaya ,walaupun ada peluang bisa disembuhkan tetapi kita harus waspada.
    2. mengikuti aturan pemerintah untuk tetap tinggal dirumah, belajar dirumah
    selalu mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik dengan air mengalir, menjaga metabolisme tubuh dan menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter
    berolahraga minimal 15-20 menit da sangat dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari pada pgi hari
    3. jaga jarak agar kita semua selamat
    #savehealthy

    0
  104. 1.tidak dapat keluar rumah dan
    sangat jenuh karena tidak dapat
    bertemu teman teman
    2.tetap dirumah aja,mencuci tangan
    menggunakan antiseptik,ketika
    bersin ditutupi dengan siku tangan
    dalam
    3.tetap dirumah aja agar virus
    corona tidak menyebar luas

    0
  105. 1.yang saya rasakan adalah panik dan waspada,karena adanya covid-19 aktivitas kita terbatasi dan kita harus menjaga kebersihan rumah agar tidak terkena covid-19

    2.tidak keluar rumah,sering mencuci tangan menjauhi keramaian,rajin berolahraga,dan makan makanan yang bergizi

    3.Bersama Kita Melawan Covid-19

    0
  106. 1.tidak dapat keluar rumah dan
    sangat jenuh karena tidak dapat
    bertemu teman teman
    2.tetap dirumah aja,mencuci tangan
    menggunakan antiseptik,ketika
    bersin ditutupi dengan siku tangan
    dalam
    3.tetap dirumah aja agar virus
    corona tidak menyebar luas

    0
  107. Nama:Asillah zalfanur syifa
    Kelas:7B
    1.Sedih karena semua terbatasi
    2.》Tetap dirumah
    》Tidak berkerumun
    》Menjaga kebersihan
    3.”Jangan keluar rumah,jangan tertular,dan jangan menulari

    0
    1. Nama : KORNELIUS NINDYO ASMORO
      Kelas : 9A

      1. Bagaimana yang kalian rasakan dengan adanya covid-19?? Jelaskan!
      ~Khawatir, karena virus ini sudah menyebar di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia.
      2. Apakah yang dapat kalian lakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi merebaknya Covid-19? (Sebutkan minimal 3)
      ~1. Dirumah aja
      2. Lakukan sosial distancing
      3. Hidup sehat
      3. Buatlah kata bijak atau kalimat motivasi atau slogan untuk mencegah dan melawan Covid-19!!
      ~ Pulihkan dunia ini hanya dengan #DirumahAja

      0
  108. 1.karena virus covid ini semuanya harus di lakukan di rumah itu membuat saya sedikit bosan,tetapi di balikan lagi dari artikel di atas harus mengambil hikmah nya di balik kebosanan itu saya juga merasa bersyukur karena bisa berkumpul dengan semua keluarga,sedikit panik juga tetapi saya dan keluarga mencoba meyakinkan satu sama lain

    2,usaha yang dapat saya lakukan adalah menaati semua aturan pemerintah yaitu tetap #dirumahaja,menjaga kebersihan diri sendiri dengan cuci tangan se sering mungkin,menjauhi kerumbunan orang

    3. “Tidaklah Allah menunrunkan penyakit, kecuali Dia juga menurunkan Penawarnya.”. tetap tenang dan jangan lupa berdoa semoga virus ini segera berakhir aminn

    0
  109. 1. Rasanya sangat sedih, karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dengan bebas dan mudah lagi
    2. a. menjaga kebersihan rumah
    b. menjaga kebersihan badan
    c. menaati perintah yang dikerahkan oleh pemerintah
    3. ” bersatu kita mati, bercerai kita selamat” >_<

    0
  110. Nama Lengkap:Hamidah
    Rahmadhani A.S
    Kelas :8J

    1.Dengan adanya covid-19 saya jadi
    lebih mejaga kebersihan,belajar
    dirumah,sering cuci
    tangan,dan makan-makanan
    yang bergizi.

    2.Berdiam diri dirumah,tidak di
    tempat keramaian,tidak keluar
    rumah jika tidak penting
    sekali,dan menjaga kebersihan.

    3.Mari kita semua melawan covid-19
    dengan cara berdiam diri dirumah.

    0
  111. 1.saya jadi lebih sering olahraga,makan-makanan yg bergizi,ya pokoknya itu pola hidup teratur

    2.-Berdiam diri dirumah
    -Menjaga jarak dengan orang lain sekitar 1meter
    -Membantu pemerintah yg menyuruh kita dirumah aja

    3.Ayo kita membasmi covid-19 dengan cara berdiam diri dirumah

    1+
  112. Annisa nur fadillah
    8b

    1. Bosan, karena tidak bisa keluar dari rumah
    2. – Tidak keluar rumah
    – Rajin menjaga kebersihan badan
    – Rajin berolahraga
    3. Untuk memutuskan rantai COVID-19, sebaiknya kita diam di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Saat keluar dari rumah setidaknya kita menjaga jarak aman sekitar 1Meter dari orang lain.

    0
  113. 1. Dengan adanya virus covid-19 ini saya merasa bosan dan ingin bersekolah

    2.
    >menjaga pola makan
    >Tidak keluar rumah
    >Menjaga kebersihan

    3. Jangan keluar rumah sekarang!

    1+
  114. 1.yang saya rasakan adalah bosan karena tidak bisa keluar rumah,tetapi tetap harus mengikuti saran pemerintah.

    2.•mengikuti saran pemerintah, dengan tidak keluar rumah
    •sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan
    •makan makanan bergizi dan berolahraga

    3.jagalah kebersihan agar tak mudah terkena penyakit dan bersabarlah untuk melewatinya… Tetap berdoa supaya indonesia bebas dari virus COVID-19

    0
  115. 1.dengan adanya wabah virus covid 19 ini sebenarnya ada hal positif dan negatif yg saya rasakan.positifnya menjadikan saya lebih belajar hidup sehat,menjaga kebersihan,lebih rajin beribadah dan lebih sering bersama mama dan papa. Sisi negatifnya saya tidak bisa sekolah,bertemu teman-teman dan tidak bisa pergi kemana-mana.

    2.tetap tinggal dirumah,menjaga kebersihan lingkungan dan mendukung program pemerintah yaitu menjaga jarak

    3.Lawan Covid 19 dengan budayakan hidup bersih,jaga kesehatan,jaga jarak dan giat beribadah

    0
  116. Nama : Inayatul Sya’baniyah
    Kelas : 9D
    Absen : 18
    Jawaban :
    1. Yang saya rasakan dengan adanya virus Covid-19 :
    • Berusaha tenang, dan yakin bahwa takdir Allah itu Insyaallah terbaik untuk kita.
    • Lebih cenderung menjaga kesehatan dan kesucian (karena suci pasti bersih).
    • Mengambil hikmah dari adanya virus Covid-19 dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah dan bersyukur atas semua nikmat yang diberinya.
    • Waktu bersama keluarga tak terbatas.
    2. Cukup menaati aturan pemerintah dengan :
    • Tidak keluar rumah, melakukan segala aktivitas dirumah.
    • Menjaga Kebersihan dengan Mencuci tangan dan kaki setelah dan sebelum melakukan aktivitas.
    • Berjemur ketika siang hari, karena virus takut dengan panas.
    • Memakan makanan dan minuman sehat.
    • Mengambil hikmah dari adanya virus Covid-19 dengan tidak berjabat tangan terutama dengan yang bukan mahrom.
    3. “Jaga diri, Jaga kesehatan, dan Kuatkan iman”

    2+
  117. 1. Sebenarnya saya merasa panik tetapi saya, mengikut himbauan dari pemerintah agar tetap dirumah dan selalu menjaga kebersihan.
    2. •selalu tetap di rumah bersama keluarga
    •menjaga kebersihan
    •tidak keluar rumah kalau tidak ada urusan yang penting.
    3. Selalu menjaga kebersihan dan#dirumah aja agar tidak terkena covid-19

    0
  118. 1. Waktu kabar corona pertama kali muncul smpai klimaks nya, emang kaget + takut, tapi sekarang udah mendingan setelah tau cara pencegahannya, meskipun vaksinya blm di temukan, kalo masalah pendidikan emang lebih ga enak, dapet pembelajarannya sedikit, ga ada yg bisa kerjasama saling menjelaskan satu sama lain dan harus online terus untuk melihat pemberitahuan, itu ga enaknya daring. Tp klo masalah di rumah sih g pernah bosan + bisa lebih dekat dengan ortu.

    2. Ya, kalau merasa sakit lebih baik pakai masker kalau mau keluar, biar ga menyebar, bukan yg sehat yg pakai masker, itu salah, dan bisa juga dengan karantina mandiri, sadar keadaan diri sendiri lah, sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit , kalau semua sadar menjaga kebersihan dan tetap ikuti aturan pemerintah, maka bisa aja penyebaran corona menurun, dan juga jangan terlalu panik hingga membeli bahan pokok instan secara berlebihan, kan harus berbagi, kalau ada yg diuntungkan pasti ada yg dirugikan seperti masyarakat bawah yg blm bisa membeli.

    3. Yg sakit yg pakai masker, bukan yg sehat, jaga kebersihan and stay at home#

    0
  119. Nama : Bintang Restu Maulana
    Kls/no absen : 9H/06

    1. Dengan adanya virus Covid-19 ini saya merasa sedikit bosan karena tidak bisa kemana mana, saya juga merasa harus lebih giat berolahraga dan selalu menjaga kebersihan.
    2. ● Melakukan social distancing, dengan menjaga untuk tidak melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain.
    ● Selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan (lebih baik menggunakkan sabun).
    ● Berolahraga dan memakan makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat.
    3. Jaga diri dan keluarga dengan melakukan gaya hidup yang sehat, bersih dan tetap di rumah. Dengan tidak keluar dari rumah dan menjaga kebersihan kita sudah berpartisipasi dalam mencegah merebaknya virus Covid-19, dengan melakukannya kita dapat menyelamatkan orang di sekitar kita agar tidak tertular virus Covid-19 ini.

    1+
  120. 1) Bosan karena tidak bisa keluar rumah
    2) -Tidak keluar rumah
    -Sering mencuci tangan atau kaki
    ketika selesai melakukan aktivitas
    diluar
    -Sering berjemur disiang hari
    3) “Jagalah kebersihan agar kita
    terhindar dari viru virus yang
    membahayakan”

    0
  121. 1. Membosankan, karena tidak dapat keluar rumah dan bertemu teman-teman

    2. Tidak keluar rumah, rajin mencuci tangan, makan makanan bergizi

    3.Isolasi diri bukan hukuman, tetapi cara agar orang sakit COVID-19 dapat sembuh dan tidak menulari orang lain. Lindungi diri, lindungi sesama

    0
  122. 1.sedih karena adanya covid-19 semua terbatasi,dan terkadang jenuh berada didalam rumah.
    2.-tidak keluar rumah jika tidam penting” amat
    -menjauhi tempat yang ramai orang
    -harus sering” mencuci tangan dengan sabun
    3.stop penyebaran virus
    dengan cara berdiam diri dirumah

    0
  123. Nama:intan narita putrie cahyadi
    Kls/no absen:7b/28

    1.saya bosan karena tidak bisa keluar rumah

    2.-tetap diam di rumah
    -mencuci tangan
    –berolah raga dan makan makanan begizi

    3.mari kita melawan covid-19 dengan cara tidak keluar rumah dan berolah raga

    0
  124. Nama:intan narita putrie cahyadi
    Kls/no absen:7b/28

    1.saya bosan karena tidak bisa keluar rumah

    2.-tetap diam di rumah
    -mencuci tangan
    –berolah raga dan makan makanan begizi

    3.mari kita melawan covid-19 dengan cara tidak keluar rumah

    0
  125. Nama:Melody salman billaahi
    Kelas:8H
    No:06

    1.Adanya rasa waspada yang dapat membuat pribadi diri sendiri untuk mulai melaksanakan hidup bersih dan sehat
    2. -mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu
    – menjaga jarak atau social distancing antara satu sama lain
    3.stop penyebaran virus
    dengan cara berdiam diri dirumah

    1+
  126. Nama: Neneng Sendhi Rahmawati
    Kls : 8K
    No.Ab: 36
    1. Dengan adanya virus Covid-19 ini saya merasa sedikit bosan karena tidak bisa kemana mana, saya juga merasa harus lebih giat berolahraga dan selalu menjaga kebersihan.
    2.selalu tetap di rumah bersama keluarga
    •menjaga kebersihan
    •tidak keluar rumah kalau tidak ada urusan yang penting.
    3. “Jaga diri, Jaga kesehatan, dan Kuatkan iman”

    1+
  127. Nama:melody salman billaahi
    Kelas:8h
    No:06

    1.agak sedih karena adanya covid 19,semua orang tidak dapat keluar untuk mencegahnya virus covid 19 menular.

    2.-tidak keluar rumah
    -harus sering mencuci tangan
    -menjauhi dengan keramaian

    3.stop penyebaran virus dengan berdiam dirumah.

    0
  128. NAMA : RIZQI PUTRA PRATAMA W.
    KELAS : 7J
    1. Dengan adanya virus covid-19 ini saya menjadi lebih rajin mencuci tangan dan terkadang saya bosan di rumah terus ,saya ingin secepatnya kembali bersekolah
    2. -mecuci tangan secara benar, -mengkonsumsi vitamin, -makan makanan yang bergisi, -menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
    3. MARI KITA LAWAN VIRUS COVID-19 BERSAMA KITA BISA

    0
  129. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah Resah, jenuh, dan tidak bisa beraktivitas diluar seperti biasanya tapi di sisi lain manfaatnya saya lebih sering berkumpul dengan keluarga makan-makannan yang bergizi dan pola hidup saya teratur, kita jadi mengenal teknologi karna sekarang harus dilakukan dengan online.
    2.-Tetap dirumah saja dan keluar rumah jika diperlukan.
    -Jaga kesehatan, contoh: sering berolahraga, makan-makanan yang sehat dan minum vitamin.
    -Jaga kebersihan seperti sering cuci tangan kaki.
    3.-Ayo jaga jarak demi menghindari virus covid-19.
    -Cuci tangan dengan benar, jangan keluar rumah, fidak ketempat yang ramai.

    0
  130. 1. Sedih, karena covid-19 sudah menyebar ke Indonesia
    2. – tidak keluar rumah
    – selalu mencuci tangan
    – berolahraga
    – tidak datang di tempat keramaian
    3. Dengan adanya covid-19, menjaga kebersihan itu penting

    0
  131. 1.bosan karena tidak bisa keluar rumah

    2.Tidak keluar rumah, rajin mencuci tangan, makan makanan bergizi, berolahraga

    3.Tidak perlu terlalu khawatir karena wabah corona, tetap jaga kebersihan dan jaga tahan tubuh agar tetap sehat.

    0
  132. Rasyad abdullah mulyanur lukman/7C/37

    1.sedih karena adanya covid-19 semua terbatasi,dan terkadang jenuh berada didalam rumah.
    2.mengikuti saran pemerintah, dengan tidak keluar rumah
    •sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan
    •makan makanan bergizi dan berolahraga
    3.mari kita melawan covid-19 dengan cara tidak keluar rumah dan berolah raga

    0
  133. 1.sangat amat resah karena dengan adanya COVID-19 saya dan yang lain tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya
    2.
    -TETAP DIRUMAH.
    -membiasakan cuci tangan dan pola hidup bersih kpd diri sendiri Dan orang lain.
    -menjauhi kerumunan dan membubarkan kerumunan dengan cara tertentu.
    3.”TERIMA KASIH COVID-19 DENGAN
    ADANYA ANDA KAMI PAHAM AKAN PENTINGNYA PERSATUAN”

    0
  134. 1. Saya menjadi was-was jika ingin keluar rumah
    2.
    -Memakai masker jika keluar rumah
    – mencuci tangan sebelum makan
    – makan makanan yg bergizi
    – jika tak berkepentingan, diimbau untuk tidak keluar rumah
    3. Dengan adanya covid-19, kita Sekarang lebih mengutamakan kebersihan dan kesehatan

    1+
  135. 1.saya merasa takut karena adanya virus covid-19 yang tersebar luas dibelahan dunia dan telah mengambil nyawa banyak orang yang terkena virua tersebut
    2.dengan mengikuti struktur yang telah diberikan agar tidak terjangkit virus tersebut dengan berdiam diri dirumah dan membiasakan hidup bersih dengan rajin cuci tangan
    3.”mari kita putus rantai jangkitan virus covid-19 dengan mengikuti struktur yang telah diberikan”

    0
  136. Dengan adanya Virus Corona yang di sebut dengan COVID -19. Saya merasa bosan dan kesepian tidak ada teman dirumah. Dan saya sekarang mengunci diri, karena saya bosan.

    Dan kegiantan saya dirumah semenjak ada COVID -19:

    1. Merasa gabut pengen sekolah gituu…
    2. Saya selama 14 hari lebih. Saya bangun tidur, terus tidur lagi.
    3. Lalu saya membuat video tentang COVID -19, membuat video keluhan di akun instagram saya.
    4. Saya merasa bosan di karantina dirumah.

    Video tentang keluhan COVID -19 saya ada di web

    Komen saya cuman itu aja. Kalau misalnya ada salah kata saya minta maaf.

    1+
  137. Nama:Dewi Anastasya
    No. Absen: 09
    Kelas:9C
    1. Sedih dan menjadi waspada untuk keluar rumah, kadang juga merasa bosan di rumah.
    2. 1. hindari kontak kulit secara langsung (bersentuhan)
    2. menggunakan masker
    3. memberi jarak 1-2meter
    4. hindari kerumunan,berkumpul/berdesak-desakan
    5. perbanyak minum air setiap 15 menit.
    6. perbanyak minum/makan makanan yg mengandung vitamin c. agar menguatkan stamina tubuh.
    3. Ayo bantu basmi virus corona dengan berdiam diri di rumah #dirumahaja

    0
  138. Nama : fitriana kusumaningrum
    Kelas : 7A/30

    1.Sangat bosan tidak boleh keluar rumah ,bersekolah,dan tidak bisa bertemu teman teman
    2.-tidak melakukan aktivitas di luar rumah
    -menjaga kebersihan diri ,rumah,dan
    lingkungan sekitar
    -makan makanan bergizi dan teratur
    serta olahraga
    3.semakin kita berdoa dan patuh aturan pemerintah ,maka semakin baik keadaannya.

    0
  139. 1. Adanya covid19 dapat merisaukan banyak orang dan para pelajar harus melanjutkan sklhny dgn mngrjakan tugas online dirumah hal itu dpt mmpersulit bbrp pljr:). Dan ktika bljr dirumah tdk bsa mlakukan intraksi ttg plajaran brsma tmn scara langsng dan mmbuat saya bosan:)

    2. Berada dalam rumah, menjauhi tempat yg brkerumunan banyak orang, dan selalu mnjaga kbrsihan

    3. kita harus membantu pemerintah melawan covid19 dngn brada drumah sja, mnjaga kbrsihan

    0
  140. 1.sedih karena adanya covid-19 semua terbatasi,dan terkadang jenuh berada didalam rumah.
    2.-tidak keluar rumah jika tidam penting” amat
    -menjauhi tempat yang ramai orang
    -harus sering” mencuci tangan dengan sabun
    3.stop penyebaran virus
    dengan cara berdiam diri dirumah

    0
  141. Nama : fitriana kusumaningrum
    Kelas : 7A/30

    1.Sangat bosan tidak boleh keluar rumah ,bersekolah,dan tidak bisa bertemu teman teman
    2.-stay at home yang terpenting
    -menjaga kebersihan diri ,rumah,dan
    lingkungan sekitar.
    -sering mencuci tangan .
    -makan makanan bergizi dan teratur
    serta olahraga
    3.semakin kita berdoa dan patuh aturan pemerintah ,maka semakin baik keadaannya.

    0
  142. 1. Ya gabut gitu dirumah, dan saya bingung gatau mau ngapa-ngapain, akhirnya saya gak ngapa-ngapain biar gak bingung
    2. – Stay at home pasti
    – Tetap dirumah aja pasi
    – Stay with me harus
    3. Tetap jaga kebersihan biar gak kotor dan juga biar bersih

    1+
  143. Nama:Vania salsabila
    Kls:9H
    No abs:37

    1.Daring adalah pembelajaran secara online. Medianya menggunakan handphone atau laptop.
    2.Pembelajaran jadi mudah dan efektif.
    3. -Lebih menarik
    – Tidak memerlukan tempat
    tertentu .
    – Bisa sambil santai & tidak
    tegang.
    4.Kelebihan : lebih mudah dalam
    mengerjakann soal dan
    menjawabnya
    Kelemahan : membutuhkan paket data,
    membutuhkan jaringan yang
    kuat dan sering eror

    0
  144. 1.karena COVID-19 saya menyadari bahwa kebersihan itu sangat penting
    2.1.dirumah saja
    2.menjaga kebersihan
    3.menjaga jarak
    3.Dirumah saja yuk,kapan lagi kita bisa menyelamatkan dunia hanya dengan rebahan

    1+
  145. 1.Saya merasa cemas karena virus corona semakin meluas di indonesia
    2.A.tetap di rumah
    B.Cuci Tangan Dengan Sabun
    C.Jaga Kebersihan rumah
    3.”Mari Kita Tetap Dirumah Untuk Membantu Pemerintah Agar Tidak Menambah Korban Covid-19″

    0
  146. 1. Sedih, risau, mau keluar rumah saja tidak boleh sama ortu
    2.caranya cukup simpel saja yg pertama kita harus mematuhi peraturan yang pemerintah berikan yang kedua kita ikut serta membantu mendonasikan masker,cairan disenfektan dll yang ketiga kita harus rajin cuci tangan dan mendukung program yang diberikan pemerintah
    3.dengan adanya covid-19 kita jadi tahu bahwa kita hidup ini tidak hanya mengurusi hidup kita sendiri saja tapi kita hidup di dunia ini secara bersama², pedagang kaki lima kehilangan pekerjaannya , pengusaha omsetnya turun drastis, ojol pelanggannya sepi, dan umkm lain turut rugi jadi untuk slogan yang cocok dengan situasi ini adalah “bantu 1 ajak 2” jadi maknanya adalah kita membantu usaha² kecil lainnya yg kehilangan pekerjaan dan tidak bisa menafkahi keluarga nya dengan cara membeli barang dan juga mempromosikan barang tersebut supaya laku meskipun usaha kecil² ini tidak keluar rmh dengan cara online , jadi bantu 1 ajak 2

    1+
  147. 1.Sangat bosan tidak boleh keluar rumah ,bersekolah,dan tidak bisa bertemu teman teman
    2.-stay at home yang terpenting
    -menjaga kebersihan diri ,rumah,dan
    lingkungan sekitar.
    -sering mencuci tangan .
    -makan makanan bergizi dan teratur
    serta olahraga
    3.semakin kita berdoa dan patuh aturan pemerintah ,maka semakin baik keadaannya.

    0
  148. Nabila rasty rahayu -7h
    1. Prihatin, was-was, khawatir, bosen dirumah teros pengen keluar rumah
    2. Menjaga kebersihan badan dan kawasan rumah, tetap stay dirumah dan dimohon jangan keluar agar tidak membebani tim medis dan pemerintah serta dapat mencegah penyebaran dan penularan covid-19, selalu cuci tangan sebelum/setelah menyentuh barang yang sering dipegang orang lain (gagang pintu swalayan,motor dll)serta untuk sementara hindari berjabat tangan, berdoa.
    3. Ayoooo tetep semangat belajarrnyaaa walau dirumah jangan maless kan dirumah juga kita bisa melakukan banyak hal (maen gadget, menyanyi, baca buku, nonton film, dan kita juga bisa jadi chef dadakan :D) jangan rebahan teros tp otak ga diasah :v

    1+
  149. Nama: Aisyah Rohman
    Kelas: 8A
    No.absen: 11

    1). Cukup tidak enak karena tidak bisa bebas keluar rumah ataupun saat sekolah juga diliburkan, tidak dapat pemasukan uang jajan, rebahan membosankan, mengerjakan tugas daring yang sangat banyak:)

    2). Tetep mematuhi pemerintah tidak keluar rumah #Dirumah Aja
    Tetep cuci tangan setiap hari dan tidak pas adanya corona saja
    Tetep rajin membantu orang tua membersihkan kebersihan dirumah

    3). Stay at home aja tidak apa apa waspada tetapi jangan panik nanti imun kalian cepet turun jaga kesehatan selalu ya temen-temen

    0
  150. 1. Gabut dirumah terus ditambah banyak tugas
    2. -Tidak keluar rumah
    -Rebahan aja
    -Mabar ama temen
    3. Jagalah kebersihan dan jangan lupa rebahan biar ga kena corona:)

    0
  151. 1. Ada senangnya ada tidak senangnya senangnya bisa libur tidak senangnya bosan dirumah dan tidak boleh keluar
    2. 1. Tidak keluar rumah
    2. Menjaga kebersihan
    3. Rajin cuci tangan
    3. Ayo kita rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan agar terhindar dari virus corona

    0
  152. 1. Saat adanya covid-19 sangat
    bosan, tidak boleh keluar kalau
    tidak ada kepentingan.
    2. -Stay at home
    -jaga kebersihan
    3. Marilah kita tetap dirumah agar
    terhindar dari virus yang ada
    diluar supaya pemerintah dapat
    menyelesaikan virus ini dengan
    cepat dan kita bisa kembali ke
    aktivitas normal

    0
  153. 1.Daring adalah pembelajaran online
    2.mengurangi penyebaran covid-19
    3.belajar lebih mudah,pemanfaatan penggunaan handphone,dan lebih seru
    4.kelebihan:belajar lebih praktis
    Kelemahan:Sering error

    1+
  154. 1. Yang saya rasakan saat ini cemas , takut akan ganasnya virus covid -19 yang sedang tersebar di penjuru dunia .

    2.Yang perlu dilakuakan sederhana hanya jauhi tempat keramaian , jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting , taati arahan dari pemerintah, rajin mencuci tangan , tetap jaga kesehatan dan yang paling penting perbanyak berdoa dan beribadah kepada tuhan agar virus ini segera berakhir dan kita semua bisa menghirup bulan ramadhan yang penuh berkah

    3. ” Ayo bantu meringankan beban para medis dan pemerintah , taati peraturan yang ada , Bersenantiasalah menetap dirumah ,”

    1+
  155. 1. Saat adanya covid-19 sangat
    bosan, tidak boleh keluar kalau
    tidak ada kepentingan
    2. tetap dirumah, jaga kesehatan, makan makanan yang sehat, jangan keluar rumah jika tidak berekepentingan, dan juga jagalah kesehatan
    3. Marilah kita tetap dirumah agar terhindar dari virus yang ada diluar supaya pemerintah dapat menyelesaikan virus ini dengan cepat dan kita bisa kembali ke aktivitas normal

    0
  156. Menjawab pertanyaan
    1. Menurut saya begini jujur sebenarnya saya takut , panik , bingung karena coronavirus. Yang saya takutkan tidak bisa menjalankan ramadhan seperti tahun kemarin tetapi apalah daya kita sebagai manusia harus menerima , selalu berdoa agar dijaga kesehatan. Semua ditangan Allah SWT. Kita pasrah saja pada yang kuasa.
    2. Seperti kata presiden Joko widodo “stay home” karena itu salah satu bentuk pencegahan coronavirus , selalu menjaga kebersihan seperti sering sering mandi[jangan males] , setiap selesai memegang barang atau makan cuci tangan menggunakan sabun yang bersih , yang ketiga selalu memohon perlindungan dari Allah swt seperti , rajin beribadah , berdoa ,perbanyak zikir , dan membaca al qur an
    3. Kata motivasi : untuk kita yang sekolah online semangat aja anggap aja ini istirahat walau banyak tugas hmmm 🙁 , semangat guys semoga ini berakhir gesss
    Kata slogan : Ayo sering sering menjaga kebersihan seperti , mencuci tangan seseringnya

    1+
  157. Nama:Nabilah Mu’alifah
    Kelas:7H

    1. Dengan adanya covid-19 mengganggu kegiatan sehari-hari seperti belajar, bekerja, dll. Dan mengganggu perekonomian masyarakat.
    2. Stay Home
    -sering mencuci tangan
    – menjaga kebersihan dan memakai masker jika bepergian keluar rumah
    3. “Dengan adanya Covid-19 menyadarkan kita bahwa kebersihan dan kesehatan itu sangat penting, Ayoo Kita Lawan Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan kesehatan,dan mengikuti peraturan pemerintah!!!”

    2+
  158. 1 . Adanya virus ini saya menjadi takut untuk berpergian keluar rumah karena virus ini sangat cepat menular ke orang banyak dan sudah banyak korban yang meninggal
    2. -Dirumah saja
    – Cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
    – berjaga jarak 1 meter atau 2 meter
    dengan orang lain .
    – memakai masker jika kita terpaksa harus keluar rumah
    3 . Kita tetap #dirumah aja
    Agar tidak banyak yang terkena covid 19

    0
  159. 1. Selama ada covid-19 ini saya tidak bisa keluar rumah karena kebijakan social distancing. ekonomi keluarga yang mulai pasif, juga sedih melihat tempat beribadah yang biasanya ramai dengan para jamaah menjadi sepi.

    2. •) Dengan diam dirumah tapi tetap berolahraga didalam rumah
    •) Menerapkan hidup sehat, contoh makan makanan yang bergizi, mencuci tangan sesudah atau sebelum melakukan aktivitas, jika keluar rumah memakai masker
    •) Menghindari kontak fisik dengan tetangga.
    •) Senantiasa berdoa menurut kepercayaan masing masing memohon agar bumi kita segera sembuh dari wabah covid-19 ini.

    3. SAATNYA KITA BELAJAR DIRUMAH, BEKERJA DIRUMAH, BERIBADAH DIRUMAH. AYO BANTU PAHLAWAN TENAGA MEDIS DENGAN BERDIAM DIRI DIRUMAH!

    0
  160. 1. Yang saya rasakan dari covid-19 adalah menjadikan hidup saya jadi lebih sehat.
    2. Mencuci tangan dengan sabun secara rutin, makan makanan yang bergizi, memasak makanan dengan matang.
    3. Waspada harus
    Khawatir jangan
    Mari kita lawan covid-19 bersama sama!

    0
  161. 1. Yang saya rasakan terhadap adanya pandemi covid-19 ini adalah saya jadi lebih sering olahraga, makan-makanan yang bergizi, dan mengatur pola hidup sehat
    2. -Mengikuti arahan untuk tetap di rumah
    -Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan diri sendiri (mencuci tangan, dsb)
    -Berolahraga dan makan-makanan sehat
    3. Slogan: “ayo bersama-sama tetap diam di dalam rumah, jangan lupa cuci tangan dengan sabun antiseptik”

    0
  162. 1. Kami akan selalu waspada terhadap covid19 dengan cara membersihkan tangan menggunakan sabun minimal 20detik, menutupi hidung dan mulut dengan masker ketika keluar, dan selalu menjaga kesehatan tubuh agar senantiasa sehat dan terhindar dari covid19 ,& yang paling penting senantiasa kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT.
    2.1) Mematuhi anjuran” pemerintah agar tidak keluar rumah selagi tidak penting.
    2) Tidak berkerumun dengan orang” dan jika melihat orang” berkerumun segera membubarkan nya dan menasehati nya.
    3) Selalu mencuci tangan / memakai hand sanitizer sebelum melakukan kegiatan dan sesudah melakukan kegiatan.
    3. “Mari lah kita menjaga kesehatan dan kebersihan mulai dari diri kita sendiri untuk bersama kita melawan covid19”

    1+
  163. Nama Lengkap: Rio Nicky Tirta
    No.Abs./KLS : 19/9T

    1. Saya merasa khawatir krn covid-19 sudah menyebar luas di indonesian

    2. – tidak keluar rumah
    – selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan
    – berolahraga dan makan makanan yg sehat

    3. “Dengan adanya covid-19 kita perlu belajar bahwa kebersihan itu sangat penting”

    1+
  164. Nama lengkap:Moch.Haydar Aviv
    No.Abs./Kls :11/9T

    1.Yg sya rasakan ketika maraknya
    virus covid-19 ialah takut utk
    keluar rumah karena virus ini
    sudah menyebar luas di indonesia.

    2.-Stay dirumah
    -Sering mencuci tangan
    menggunakan sabun
    -Selalu menjaga kebersihan

    3.Mari bersama menjaga kebersihan
    lingkungan agar virus tidak
    menyebar!!

    0
  165. allah selalu melindungi yang pertolongan karna allah maha pelindung bagi kita yang sering sholat jadi kita harus sholat dan berdoa ke pada allah mintak pertolongan pasti allah akan melindungi orang yang mintak pertolongan terima kasih ..

    1+
  166. Nama: Intan Aulia N.F
    Kelas: 7E
    No: 26

    1. bosan dan Lebih waspada terhadap virus covid-19 dan dari virus itu saya belajar bahwa menjaga kebersihan sangatlah penting bagi kesehatan karena hampir semua penyakit itu terjadi karena kita tidak bisa menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan

    2. – tetap melakukan aktivitas di dalam rumah
    – menjaga kebersihan terutama mencuci tangan
    – mengatur pola makan yang sehat

    3. Tetap waspada jangan kwartir, tetap dirumah jaga kebersihan, virus covid-19 akan cepat teratasi

    0
  167. Nama: Intan Aulia N.F
    Kelas: 7E
    No: 26

    1. bosan dan Lebih waspada terhadap virus covid-19 dan dari virus itu saya belajar bahwa menjaga kebersihan sangatlah penting bagi kesehatan karena hampir semua penyakit itu terjadi karena kita tidak bisa menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan

    2. – tetap melakukan aktivitas di dalam rumah
    – menjaga kebersihan terutama mencuci tangan
    – mengatur pola makan yang sehat

    3. Tetap waspada jangan kwartir, tetap dirumah jaga kebersihan, virus covid-19 akan cepat teratasi

    0
  168. Nama: Intan Aulia N.F
    Kelas: 7E
    No: 26

    1. Lebih waspada terhadap virus covid-19 dan dari virus itu saya belajar bahwa menjaga kebersihan sangatlah penting bagi kesehatan karena hampir semua penyakit itu terjadi karena kita tidak bisa menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan

    2. – tetap melakukan aktivitas di dalam rumah
    – menjaga kebersihan terutama mencuci tangan
    – mengatur pola makan yang sehat

    3. Tetap waspada jangan kwartir, tetap dirumah jaga kebersihan, virus covid-19 akan cepat teratasi

    0