Google Suite for Education, The New “Cloud Weapon” of SMP Negeri 10 Surabaya

Ini masih tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) di masa pembiasaan baru, dimana Indonesia belum sepenuhnya keluar dari cengkraman pandemi virus Covid-19. Segala macam cara telah dilakukan oleh SMP Negeri 10 Surabaya dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik, walaupun (sementara) harus melalui daring, virtual, online. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang PJJ dengan tatap muka virtual, dan SMP Negeri 10 Surabaya sebelumnya telah berhasil mendapatkan akun berbasis komputasi awan (cloud) yang terintegrasi dengan semua siswa, guru dan staff sekolah, yaitu Microsoft Office 365 for Education.

Baca juga:

“SMP Negeri 10 Surabaya Siap Menuju Teknologi “Atas Awan”

Kini ‘senjata’ baru SMP Negeri 10 Surabaya bertambah, untuk semakin terbang ke atas awan dalam menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh. Senjata baru itu adalah “Google Suite for Education” yang pengajuannya telah di approve pihak google pada Kamis (16/07/2020). Dikutip dari laman resminya, google.com, Google Suite for Education adalah rangkaian fitur yang didesain untuk memberdayakan pengajar dan siswa saat mereka belajar dan berinovasi bersama. Rangkaian aplikasi ini gratis, ketika suatu lembaga sekolah telah berhasil mendaftar ke google dengan melengkapi syarat-syarat tertentu.

Abah Masykur memberikan Sosialisasi G-Suite for Education. (Foto: Dian)

Wid Dwi Bowo ST., M.Pd., selaku koordinator operator IT SMPN 10 Surabaya mengatakan kepada tim redaksi bahwa pengajuan G-Suite ini menghabiskan waktu 3 bulan pengajuan karena ada beberapa kendala. Beberapa aplikasi pada google telah familiar di masyarakat dan para siswa atau guru bisa menikmati aplikasi-aplikasi tersebut secara premium namun gratis.

“Institusi sekolah bisa mendaftarkan lembaganya untuk mendapatkan akun G Suite ini dengan melengkapi persyaratan tertentu. Sebenarnya cepat, tapi karena ada beberapa kendala, kami kemarin 3 bulan baru approved. Fitur atau aplikasi dalam G-Suite ini pasti sudah terbiasa kita gunakan, seperti Google Drive, Google Meet, Classroom dan sebagainya karena gawai android sudah berbasis Google. Tetapi kalau login dengan G-Suite, akun tersebut sudah serasa premium dan gratis”, ucapnya.

Baca juga:

“Program Sinau Nang Omah Bersama JTV, Yuniarto, S.Pd Paparkan Kelas Virtual Microsoft 365”

Seperti yang telah dijelaskan Wid Dwi, Google Suite for Education memberikan layanan aplikasi yang telah jamak digunakan di gawai android, namun memiliki penyimpanan cloud foto, drive, dan gmail yang tak terbatas (unlimited). Semua data bisa ter-back up di penyimpanan Google tersebut tanpa khawatir hilang atau membuat gawai penuh. Memuat 10.000 lisensi akun pengguna yang siap digunakan berkolaborasi secara virtual.

Tidak berlama-lama, Jumat (18/07/2020) Kepala SMPN 10 Surabaya, Drs. M. Masykur HS., M.Si., bergegas menyampaikan kabar gembira tentang approval G-Suite for Education kepada seluruh guru dan karyawan. Bertempat di ruang guru, Abah Masykur memberikan pandangan awal tentang Google Suite ini. Beliau mengatakan bahwa kemungkinan saat ini hanya SMP Negeri 10, sekolah SMP Surabaya yang sudah berhasil mempunyai 2 akun virtual education.

Para guru mencoba aplikasi G-Suite for Education. (Foto: Dian)

Dalam pembelajaran kita akan mempunyai 2 kelas virtual, yang satu based on Office 365, kemudian satunya lagi kita berbasis Google Suite for Education. Apakah semakin menyulitkan? Tidak. Malah akan menjadi keleluasaan bagi kita. Dan Insya Allah kita (SMPN 10 Surabaya) mungkin the only sekolah SMP di Surabaya yang secara aktif kita punya dua website dan dua data cloud kelas virtual. Sak Suroboyo”, kata Abah Masykur yang disambut applause guru dan karyawan.

Akun untuk guru dan karyawan langsung dibuatkan oleh tim IT dan bisa langsung siap digunakan. Guru dan karyawan melakukan login dan membuat ruang penyimpanan bersama untuk file-file Work from Office dan file tunjangan kinerja. Selain itu, dalam drive bersama tersebut juga memungkinkan untuk sharing file yang bisa digunakan oleh seluruh guru, misalnya jadwal jam mengajar, SK-SK kegiatan, Kalender Pendidikan, berkas Kurikulum, Kesiswaan, dan lain sebagainya.

“Jadi kerja kita lebih sederhana, menghemat waktu, menghemat tenaga, kita harapkan pembelajaran mulai minggu depan sudah sesuai dengan jadwal. Setelah akun siswa selesai dibuat, Bapak Ibu guru silahkan bisa leluasa menggunakan yang mana, yang disukai yang mana. Apakah siswa akan menjadi bingung? Tidak juga, karena siswa nanti hanya menerima share link dan kemudian gabung pembelajaran tatap muka virtual”, tambah Abah Masykur.

Baca juga:

“Sambut New Norma(l) Pendidikan, SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Microsoft Teams Untuk Pembelajaran Jarak Jauh”

Jurnalis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

47+

49 thoughts on “Google Suite for Education, The New “Cloud Weapon” of SMP Negeri 10 Surabaya

  1. Saya sangat senang bisa bersekolah di smpn 10 SBY, karena sistem pembelajaran disini terstruktur, meskipun tidak bertemu atau bertatap muka langsung.

    10+
  2. Saya sangat senang bisa bersekolah di smpn 10 SBY, karena sistem pembelajaran disini terstruktur, meskipun tidak bertemu atau bertatap muka langsung. Terimakasih atas usaha para bapak ibu guru untuk PJJ kali ini.

    11+
  3. Saya senang sekali bersekolah di SMPN 10surabaya,karena saya bisa meraih impian saya di sekolah SMPN 10 surabaya

    8+
    1. Saya senang sekali bersekolah di SMPN 10surabaya,karena saya bisa meraih impian saya di sekolah SMPN 10 surabaya

      0
  4. Keren Spenlusa, dengan Guru-Guru superhebat dan Siswa-Siswanya yg hebat jg. Semoga kedepan Spenlusa tambah sukses dg kemajuan IT nya.aamiin

    3+
  5. NAMA:MOCHAMMAD RAMZY KASAN USMAN
    KOMENTAR:SAYASANGAT SENANG SEKALI BISA SEKOLAH DI SMPN 10 SURABAYA KARENA BANYAK TEMAN-TEMAN YANG BAIK DAN UNIK

    4+
  6. Saya suka sekali bisa sekolah di SMPN 10 Surabaya. Di samping Deket dari rumah, kualitas pembelajaranya pun sangat bagus dengan system terbarunya.

    0
  7. Walaupun saya tidak masuk di SMPN yang saya harapkan , namun saya sangat bersyukur karena bisa masuk di SMPN 10 SURABAYA.
    Komentar saya tentang SMPN 10 ,
    Keren dan luar biasa

    1+
  8. Saya bersyukur sekali bisa masuk di SMPN 10 surabaya dan saya sangat senang sekali bisa sekolah di SMPN 10 surabaya

    1+
  9. Saya senang bisa masuk SMPN10,karena bisa mendapatkan teman dan guru yang baik, sistem pembelajarannya bagus karena tertata dengan benar

    1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *