Diklatsar PMR Madya SPENLUSA

Jumat (20/12/2019), usai penerimaan rapor semester ganjil SMP Negeri 10 mengadakan Diklatsar PMR Madya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali keterampilan-keterampilan anggota baru ekstrakurikuler PMR (Palang Merah remaja).

Ketika matahari mulai tenggelam dan warna jingga telah memenuhi seluruh langit sore ini, tepat pukul 17.30 WIB, kegiatan secara resmi dibuka oleh Bapak Agung Adrianto, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Hadir pula tim dari PMI Cabang Kota Surabaya, yaitu Jaya Saputra M S.Kep yang akrab disapa Kak Jaya sebagai fasilitator diklat.

Bapak Agung Adriyanto, S.Pd Membuka Diklatsar PMR. (Foto: Panitia)

Kegiatan dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah, makan malam, Sholat Isya’ dan pemberian materi inti. Sebagai pemateri yaitu Bintan Faini Raihanah dan Aldelia Bunga yang juga tim fasilitator dari PMI Cabang Kota Surabaya.

Peserta yang mulai mengernyitkan dahi saat pemberian materi menandakan penat mulai menghinggapi. Setelah usai pemberian materi tiba saatnya malam keakraban, bergembira bersama. Berbagai games seru dan yel-yel kelompok menghangatkan suasana malam ini.

Malam telah larut tiba saatnya peserta diklatsar merebahkan diri untuk menghilangkan sedikit lelah. Tetapi, tidak berhenti disitu. Pukul 01.30 WIB dini hari peserta diklatsar harus sudah siap dan terjaga untuk prosesi pengambilan badge dan menjahitnya pada baju seragam. Kegiatan ini menunjukkan betapa mandiri, sigap dan serba bisa sebagai anggota PMR.

Kegiatan Pagi Diklatsar PMR. (Foto: Panitia)

Setelah sholat Shubuh, para peserta melakukan bersih diri, dan olahraga pagi. Keceriaan pagi ini tidak berhenti sampai disini, kegiatan dilanjutkan dengan tes tulis dan wawancara sebagai anggota baru PMR Madya Spenlusa. Disusul dengan tradisi siraman sebagai rangkaian prosesi pelantikan anggota baru yang merupakan simbol mereka yang akan bergabung ini dibersihkan jiwa dan raganya, sehingga nantinya mereka dapat mengabdi di kegiatan PMR dengan jiwa bersih, tulus dan ikhlas.

Siraman Sebagai Prosesi Pengesahan Anggota PMR. (Foto: Panitia)

Diklat ditutup oleh Bapak Drs. Sumantri sebagai pembina apel yang merupakan staff bidang Kesiswaan. Bapak Sumantri melakukan  penyematan syal PMR kepada anggota baru sebagai simbol keanggotaan PMR. Kemudian tak lupa Bapak Sumantri memberikan pesan untuk terus menimba ilmu, pengalaman dan keterampilan tentang Palang Merah supaya lebih menumbuhkan jiwa sosial.

“Kegiatan PMR adalah kegiatan sosial yang positif dan luar biasa. Kita juga sering memenangkan lomba dalam bidang Palang Merah Remaja. Ini menandakan kalian mempunyai potensi yang bisa dikembangkan. Semoga kalian semua bisa berkarya dan berbakti di masyarakat”, Tutur Bapak Sumantri mengakhiri sambutannya.

Bapak Sumantri Menyematkan Syal Secara Simbolik. (Foto: Dian)

Jurnalis: Rahayu/ @rahayupinter
Editor: Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

48+

2 thoughts on “Diklatsar PMR Madya SPENLUSA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *