BNN Kota Surabaya Sosialisasikan Bahaya Narkoba Melalui Skrining Intervensi Lapangan di SMP Negeri 10 Surabaya

Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyelahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya terus dilakukan. Salah satunya melalui Skrining Intervensi Lapangan (SIL) yang dilakukan BNN Kota Surabaya di SMP Negeri 10 Surabaya pada Senin (9/3/2020). Agenda SIL dari BNN Kota Surabaya ini dilakukan secara rutin dan berkala pada seluruh sekolah di wilayah Surabaya.

Baca juga: ”Review Video: Pacaran Boleh??

Mengambil tempat di Musholla, pelaksanaan SIL ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 s/d 11.30 WIB dengan peserta sebanyak 40 siswa dari kelas VII dan VIII. Dian Eko Restino, S.Pd, Gr. selaku guru Bimbingan dan Konseling (BK) menyampaikan orientasi awal kepada siswa bahwa acara ini bukan penghukuman atau penyelidikan dan penangkapan kepada siswa yang ditengarai melakukan penyalahgunaan narkoba. Melainkan sosialisasi tentang bahaya narkoba berikut cara pencegahannya.

“Apakah ada yang takut dipanggil disini? Kalian tidak perlu takut karena kalian bukan mau dihukum atau diinterogasi. Tetapi hari ini kalian akan mendapatkan ilmu mengenai bahaya dan cara pencegahan narkoba dari Bapak Ibu BNN Kota Surabaya’’, kata Pak Dian.

Agus Khirul Huda, BNNK Surabaya, Menyampaikan Sosialisasi. (Foto: Dian)

Kendati suasana sekolah sangat padat karena berbarengan dengan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) Paket C, tetapi tidak menyurutkan sosialisasi SIL dari BNN Kota Surabaya ini. Bertindak sebagai pemateri adalah Agus Khoirul Huda didampingi Lukman Hakim dan Anneke Devy R. Beliau bertiga adalah staff Rehabilitasi di BNN Kota Surabaya.

Baca juga: ”Cegah Kekerasan Pelajar, DP5A Kota Surabaya Sosialisasikan Dinamika Remaja di SMP Negeri 10 Surabaya

Pak Agus menyampaikan definisi awal mengenai narkoba. Kemudian beliau mengajak dialog peserta dengan metode sharing dan mengatakan bahwa para remaja dan pelajar surabaya harus memerangi narkoba karena sifat kerusakannya sangat berdampak besar bagi fisik dan psikis seseorang.

“Ada yang sudah tahu narkoba itu apa? Narkoba atau Napza adalah singkatan dari tiga unsur, yaitu Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif. Kita harus mengenali zat-zat ini, bukan untuk didekati, tetapi untuk dijauhi’’, kata Agus.

Tim dari BNNK Surabaya Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan Wakasek Kesiswaan. (Foto: Dian)

Lebih lanjut, Agus juga menyampaikan tentang efek narkoba berikut ciri-ciri fisik dari zat-zat yang termasuk dalam narkoba. Tampak siswa ada yang menjawab dengan benar, bukan karena pernah memakai tapi melihat di acara reality show polisi di televisi.

“Efek dari narkoba ada 3. Yang pertama adalah Stimulan, yaitu kerja otak dan jantung, merasa menjadi lebih berenergi dan bersemangat. Tetapi menimbulkan efek lain yaitu cemas, panik, dan ketakutan. Yang kedua yaitu efek Depresan, kebalikan dari Stimulan. Narkoba jenis ini akan mengendorkan kerja otak sehingga pemakainya merasa rileks dan tenang. Namun mengalami kesulitan berkonsentrasi dan respon yang lambat. Ketiga yaitu Halusinogen yang menimbulkan bayang-bayang semu pada panca indera’’, ungkapnya.

Aldy dan Rosi (VIII-B), Peserta Sosialisasi. (Foto: Dian)

Seusai acara, respon positif datang dari peserta. Aldyahda Perwira dan Achmad Rosicky misalnya. Mereka berdua merasa senang mendapatkan materi tentang narkoba dan menambah wawasan baru. Lebih-lebih, dua siswa dari kelas VIII-B ini tidak merasa takut di awal ketika dipanggil untuk mengikuti sosialisasi ini karena telah percaya kepada guru BK.

‘’Saya senang karena memperoleh ilmu dan pengetahuan mengenai narkoba. Kami terpacu untuk menjauhinya, bukan mendekatinya’’, ujar Aldy. ‘’Apalagi tadi didampingi guru BK yang sudah akrab, jadi saya tidak merasa takut dipanggil mengikuti sosialisasi ini’’, tambah Rosi.

Baca juga: ”Dampak Pornografi Pada Anak, Sepele? Anda Salah Besar!

Jurnalis: Rahayu/ @rahayupinter
Editor: Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

+7

21 thoughts on “BNN Kota Surabaya Sosialisasikan Bahaya Narkoba Melalui Skrining Intervensi Lapangan di SMP Negeri 10 Surabaya

  1. Anak-anak, jangan sekali kali kalian mencoba atau sekedar mencicipi Narkoba ya..
    Karena sekali kalian terjerumus, kalian tidak akan terus terjerat dan tidak bisa lepas dari cengkeraman Narkoba.

    Nah, bagaimana Cara kalian agar terhindar dari Narkoba?
    Tuliskan komentar dibawah yaa.

    +10
    1. Pergaulan yang salah bisa menyebabkan kita terprosok sehingga kita harus berhati hati dengan Teman teman kita sendiri

      +1
    2. Memilih pergaulan yang baik dan menghindari pergaulan bebas. Dengan kita menghindari pergaulan bebas pasti kita tidak akan terjerumus ke obat²an terlarang.

      +1
    3. Memilih pergaulan dan menghindari pergaulan bebas agar tidak terperosok kedalam obat obatan terlang,ingat masa depan,melakukan hal yang positif,dan memperkuat pertahanan spritual.

      0
  2. Andika Ngulandara / 7D / 5
    Cara agar kita terhindar dari narkoba adalah dengan melakukan hal – hal yang positif dan menghindari hal – hal yang negatif serta kita harus selektif dalam memilih teman.

    +1
  3. Andika Ngulandara / 7D / 5
    Cara agar kita terhindar dari narkoba adalah dengan melakukan hal – hal yang positif dan menghindari hal – hal yang negatif serta kita harus selektif dalam memilih teman.

    +1
  4. Saya akan menjauhi teman teman yang menawarkan barang tersebut maupun memakai nya, menghindari pergaulan yang negatif atau pergaulan bebas, tidak meminum sembarang obat obatan, selalu dekat dengan keluarga.

    0
  5. Dengan menghindari pergaulan yang salah, tidak berpikiran untuk mencoba, dan memikirkan nasib masa depan kita jika memakai narkoba pada masa remaja

    0
  6. Agar terhindar dari narkoba, dengan cara memiliki hobby, memiliki aktifitas positif dan harus ingat masa depan yg akan datang

    0
  7. Selalu bersikap patuh dan jujur pada kedua orang tua kita di lingkungan rumah.Saat disekolah patuh dan melaksanakan perutaran dan kegiatan disekolah,tidak mengikuti pergaulan dan kegiatan yang merugikan diluar lingkungan sekolah atau keluarga.Mengikuti kegiatan keagamaan di lingkungan rumah dan sekolah untuk memperkuat keimanan dan mendapat ilmu yang benar.

    0
  8. Selektif dalam memilih pergaulan, membentengi diri dengan agama, fokus pada hal-hal yang positif, lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, berusaha menjadi anak yang berbakti kepada ortu dan ingat masa depan

    +1
  9. Memilih pergaulan yang baik dan rama jika ada teman yang mau misalnya membolos sekolah jangan ikut ikuti pelajaran

    0
  10. Memilih pergaulan yang baik.Menghindari teman yang sudah terjerumus dalam narkoba.Menguatkan iman dengan cara meribadah dengan rajin.Jika kita di tawarkan narkoba lebih baik menolak dan menjauhi orang tersebut dengan perlahan.

    0
  11. menjauhi pergaulan bebas agar kita tidak melakukan hal² yang negatif, fokus pada masa depan yang bisa membanggakan kedua orang tua, keluarga dan orang orang terdekat.

    +2
  12. Memilih pergaulan yang baik dan menghindari pergaulan bebas,fokus pada masa depan yang bisa membanggakan kedua orang tua, dan Selalu dekat dengan keluarga.

    +1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *