Belajar Matematika Lebih Mudah Bersama Bu Iness di Acara “Sinau Nang Omah”

Guru Matematika SMP Negeri 10 Surabaya, Inessa Amelia Nova, S.Pd menjadi narasumber dalam “Sinau Nang Omah”. Acara ini berlangsung secara live , Selasa, (24/ 11/2020) pukul 10.30 WIB di JTV.

Mengangkat tema “Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL)”, acara yang dipandu oleh Kak Pinky Darya ini menemani sahabat JTV belajar di rumah dengan memberi semangat  kepada anak-anak.

Di awal sesi ini Bu Inessa memulai dengan manfaat belajar matematika di kehidupan sehari-hari salah satunya belajar matematika  dapat memacahkan suatu permasalahan.

Bu Iness berfoto bersama di akhir acara Sinau Nang Omah. (Foto: Dian)

”Jadi kita terbiasa memecahkan permasalahan  dengan rajin untuk belajarnya. Jika ada permasalahan kita tidak putus asa mencari jawabannya. Mungkin bisa dibawa ke kehidupan sehari-hari dengan belajar matematika kita juga bisa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari”, jelasnya.

Inessa Amelia Nova menjelaskan materi bangun ruang sisi lengkung dengan  sangat detail, jelas dan mudah dimengerti. Mulai dari macam-macam ruang sisi lengkung dengan mencontohkan gambar kerucut, tabung, dan bola. Kemudian unsur tabung, volume tabung, kerucut, hingga membongkar asal-usul rumus yang bisa memudahkan kita untuk mengingatnya. Bahwa rumus yang digunakan oleh bangun ruang sisi lengkung mempunyai asal-usul agar ketika belajar lebih mengena.

Baca juga:

“Persiapan Sekolah Tatap Muka, Siswa Kelas IX Jalani Tes Swab”

Antusias Sahabat JTV di rumah begitu luar biasa. Hal ini terlihat dari banyaknya pesan masuk,  baik pertanyaan maupun pantun salam untuk bu Inessa. Salah satunya pertanyaan dari Zhen dari Bengkulu yang menanyakan bagaimana cara agar mudah mengingat rumus bangun ruang. Ada juga salam datang dari Pasuruan  dan siswa SMPN 10 Surabaya. Karena keterbatasan waktu pertanyaan dan salam untuk bu Inessa tidak bisa terbaca semua.

Di segmen terakhir, Bu Inees memberi latihan soal dan challenge kepada pemirsa tentang volume kerucut. Selain itu, Kak Pinky bertanya kesulitan apa yang biasanya dialami anak-anak belajar bangun ruang ini? Bu Iness pun menjawab pertanyaan dengan lugas.

Bu Iness di acara Sinau Nang Omah JTV. (Foto: Dian)

“Mengingat rumusnya. Biasanya anak-anak ini tahu yang dihitung apa tapi tanpa tahu rumusnya. Ketika ulangan banyak sekali nilainya yang kurang karena tidak tahu rumusnya. Kunci sukses adalah belajar, kalau kita mau tahu suatu hal kita harus belajar. Jangan takut belajar, makin gak tau makin harus semangat”, paparnya.

Berikut video selengkapnya:

Bu Iness dalam acara Sinau Nang Omah, JTV. (Video: Youtube – JTV)

Baca juga:

“Giliran Pak Alfian dan Bu Koes, “Sinau Nang Omah” JTV Semakin Berwarna”

Jurnalis : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Editor : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

+16

10 thoughts on “Belajar Matematika Lebih Mudah Bersama Bu Iness di Acara “Sinau Nang Omah”

    1. Selamat kepada bu Iness yang bisa mengisi acara ” Sinau Nang Omah “. Semoga semakin banyak guru – guru SMPN 10 yang mengisi acara. Jaya Spenlusa.

      0
  1. Selamat kepada bu Iness yang bisa mengisi acara ” Sinau Nang Omah “. Semoga semakin banyak guru – guru SMPN 10 yang mengisi acara. Jaya Spenlusa.

    0
  2. Saya sangat bangga selaku siswa spenlusa , karena mempunyai guru kreatif dan mempunyai segudang inovasi

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *