Achmad Kusaeni, ‘Putu Warok’ yang 100% SPENLUSA

Satu lagi anggota keluarga besar SMPN 10 Surabaya menyelesaikan masa pengabdiannya. Posturnya yang tinggi menjulang menjadikannya mudah untuk dikenali. Beliau adalah Achmad Kusaeni. Pegawai Tata Usaha (TU) yang telah purna tugas per tanggal 31 Agustus 2021 lalu.

Pak Kus, sapaan akrabnya, termasuk ‘legenda’ di sejarah SPENLUSA. Bagaimana tidak, separuh lebih hidupnya hingga saat ini beliau habiskan di sekolah yang beralamat di Kupang Panjaan V/2 ini. Beliau menempuh SMP di SPENLUSA dan setelah lulus SMA, beliau menjadi pegawai TU di SPENLUSA selama 36 tahun hingga pensiun.
Berikut biografi singkat dari Achmad Kusaeni.

Pak Kus (jaket hitam), bersama karyawan TU SPENLUSA. (Foto: Rahayu)

Kelahiran
Achmad Kusaeni dilahirkan di “Kota Reog” Ponorogo, 25 Agustus 1963. Anak pertama dari 5 bersaudara ini merupakan putra dari pegawai kebersihan SMP Negeri 10 Surabaya. Usia 4 tahun, Pak Kus ikut orangtua hijrah ke Surabaya, yaitu pada tahun 1967. Lalu beliau pun masuk sekolah SD hingga SMK di Surabaya. Salah satunya di SMP Negeri 10 Surabaya.

Riwayat Pendidikan
Pak Kus menempuh semua sekolah formal , SD hingga SMK di Surabaya. SD Negeri Dr. Soetomo IV menjadi tempat mengenyam pendidikan di tingkat dasar. Lalu, beliau melanjutkan ke SMP Negeri 10 Surabaya yang kelak juga menjadi tempat beliau bekerja. SMK Negeri 1 Surabaya menjadi pilihan jenjang sekolah berikutnya. Sebenarnya, beliau ingin melanjutkan kuliah di jurusan matematika. Namun, pada saat itu lulusan SMK tidak bisa langsung mengambil jurusan matematika dan diharuskan menempuh program paket terlebih dahulu. Hal itu menjadikan beliau sedikit down karena gagal masuk kuliah. Pak Kus akhirnya mengambil kursus mengetik yang akhirnya menjadi beliau terampil mengoperasikan aplikasi Office dan diterima menjadi TU SPENLUSA.

Baca juga:

88% Siswa dan 93% Tendik SPENLUSA Sudah Selesai Vaksinasi, Kapan Pembelajaran Tatap Muka Dibuka? Ini Penjelasannya!

Pengabdian
Selepas lulus SMK dan kemudian kursus mengetik, Pak Kus ditawari oleh kepala SMPN 10 Surabaya kala itu, untuk membantu mengetik nilai DKN (Daftar Kumulatif Nilai) Ebtanas. Hal itu tuntas beliau kerjakan hanya dengan 2 hari. Lalu melihat kinerja Pak Kus yang sangat bagus, Kepala Sekolah menawari Pak Kus untuk menjadi pegawai TU SMP Negeri 10 Surabaya. Walaupun ayah Pak Kus adalah PNS tenaga kebersihan di SMPN 10 Surabaya, namun Pak Kus masuk menjadi karyawan di SPENLUSA bukan karena ‘disodorkan’ ayahnya. Melainkan karena kinerja yang bagus ketika membantu menuliskan DKN Ebtanas.

Awal karir hingga pensiun saat ini, Pak Kus bekerja di SPENLUSA. Terhitung tahun 1985 hingga 2021, beliau mengabdi di SPENLUSA, atau sekitar 36 tahun. Menurut penuturan beliau, tidak ada motivasi berlebihan untuk menjadi PNS. Pedoman yang beliau pegang adalah nasihat-nasihat ayahnya.

“Pokoknya saya memiliki kemauan kerja, dan diberitahu ayah saya. Kerja semaksimal mungkin dan sebaik mungkin. Jadi, nggak usah mikir uang. Kalau kerja, pasti ada imbalannya. Itu nasihat ayah saya”, tuturnya.

Pak Kus dan Kepala SMPN 10 Surabaya dalam sambutan perpisahan purna tugas. (Foto: Dian)

Walaupun beliau “Putu Warok”, sebutan orang yang berasal dari Ponorogo, sebutan yang bukan secara biologis tetapi secara ideologis. Namun Pak Kus bisa dibilang 100% SPENLUSA. Dari umur 4 tahun ikut ayahnya yang bekerja di SPENLUSA, melanjutkan SMP di SPENLUSA dan bekerja selama 36 tahun sampai pensiun di SPENLUSA.

Kesan dan Pesan
Pak Kus adalah pegawai yang terhitung hampir tidak pernah absen. Walaupun dalam keadaan kurang enak badan, beliau tetap masuk bekerja walaupun terlambat. Bapak 4 orang anak ini mengatakan, bahwa kerja di SPENLUSA itu sangat enjoy. Beliau berpesan, dalam bekerja tidak perlu mengharap pamrih dan sebaik mungkin.

“Kalau kerja itu utamanya tidak usah pamrih. Kalau mampu bisa bantu teman ya dibantu. Kalau nanti toh di keluarga kita ada yang butuh bantuan pasti juga dibantu orang lain. Lalu kerja itu kalau bisa sebaik mungkin. Semua pasti ada imbalannya. Kalau tidak dari manusia ya dari Tuhan. Kalau tidak kembali ke kita ya untuk keluarga kita”, ungkapnya.

Terimakasih atas pengabdianmu, Pak Kus. Selamat menikmati masa purna tugas. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Aaamin.

Baca juga:

Awrilutsania Hamidya Terpilih Menjadi Ketua OSIS SMPN 10 Surabaya 2021 Melalui Online Vote

(HUMAS SMPN 10 SBY)

78 thoughts on “Achmad Kusaeni, ‘Putu Warok’ yang 100% SPENLUSA

  1. Nama: Muhammad Farrel Fahrezzy Ghonnyyu
    Kelas: 8G
    Absen: 24
    Terima kasih kepada pak Kusaeni yang telah mangabdi untuk spenlusa. Selamat tinggal pak, semoga sehat selalu dan panjang umur.

  2. Nama: Mahardika putra wirnanda
    Kelas:9K
    Absen:23
    Terima kasih kepada pak Kusaeni yang telah mangabdi untuk spenlusa. Selamat tinggal pak, semoga sehat selalu dan panjang umur.

  3. Nama : Anisa Ramadhani Ersa
    Kelas : 9K
    No. absen : 3
    Terimakasih Pak Kus atas pengabdianmu kepada spenlusa. Semoga Pak Kus selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT.

  4. Nama: Ali Fani Ismawati
    Kelas: 7A
    No Absen: 5
    Terimakasih Pak Kus atas pengabdianmu kepada spenlusa. Semoga Pak Kus selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

  5. Nama : Aisyah Gendis Damayanti
    Kelas : 7h
    Absen : 9
    Terimakasih kepada Pak Kus atas pengabdiannya di spenlusa, semoga Allah selalu memberikan rezeki kepada bapak Aamiin

  6. Pak Kus terimakasih atas jasa dan pengabdian kapada spenlusa. Kami sangat menghargai dan menghormatinya, semoga Pak Kus diberi kesehatan selalu juga bahagia selalu. Panjang umur untuk bapak nggeh..

    1. Nama: Danisa Cahya Priyasi
      Kelas: 7I
      No absen: 24
      Terima kasih kepada pak kusaeni yang telah mengabdi untuk spenlusa.
      Kami doa kan agar bapak sehat² selalu dan bahagia selalu.
      Tetap semangat ya pak☺️✊✊

  7. Nama : Dea Febriani Rahayu
    Kelas : 7A – 15

    Pak Kus terimakasih atas jasa dan pengabdian kapada spenlusa. Kami sangat menghargai dan menghormatinya, semoga Pak Kus diberi kesehatan selalu juga bahagia selalu. Panjang umur untuk bapak nggeh..

  8. Nama: Achilles bintang Hutama Winarno
    Kelas:7A
    Absen:1
    Terima kasih pak Kusaeni yang telah mangabdi untuk spenlusa, sukses selalu dan panjang umur

  9. Nama : Erina Ika Ramadani
    Kelas : 9I
    Absen : 20
    Pak Kus terimakasih atas jasa dan pengabdian kepada SPENLUSA. Kami sangat menghargai dan menghormatinya, semoga Pak Kus diberi kesehatan selalu juga bahagia selalu. Panjang umur untuk bapak .

  10. Nama : WILDAN LAZUARDI DWI FAJAR
    Kelas: 7D
    No absen : 33
    Terimakasih kepada Pak Kus atas pengabdiannya di spenlusa, semoga Allah selalu memberikan rezeki kepada bapak. amin

  11. Nama: Athaiyah Rasendra Alfarizi Putra
    Kelas : 9i
    No absen: 07
    Terima kasih kepada pak Kusaeni yang telah mangabdi untuk spenlusa. Selamat tinggal pak, semoga sehat selalu dan panjang umur

  12. NAMA : ALIYA SETYA ARNI
    KELAS : 7A
    ABSEN : 8
    TERIMAKASIH ATAS 36 TAHUN INI PAK KUS, SEMOGA BERMANFAAT BAGI SPENLUSA, TERIMAKASIH DAN SEMOGA SEHAT SELALU AAMIIN.

  13. Nabila Salsa Aurellia
    Klas : 9I/29
    Pak Kus terimakasih atas jasa dan pengabdian kepada SPENLUSA. Kami sangat menghargai dan menghormatinya, semoga Pak Kus diberi kesehatan selalu juga bahagia selalu. Panjang umur untuk bapak .

  14. Nama: Saskia Nur Aprilia
    Kelas: 8G
    No absen: 34
    Terima kasih banyak Pak Kus, sudah mengabdi di SPENLUSA. Semoga kedepannya Pak Kus diberi kesehatan selalu.

  15. NAMA : ELSY CORNELIA
    KELAS : 9I
    ABSEN : 19
    Terimakasih kepada Pak Kusaeni yang telah mengabdi untuk Spenlusa. Sehat slalu pak dan sukses slalu.

  16. Nama: Nabilah Mu’alifah
    Kelas:9i_30

    Terimakasih kepada Pak Kus atas pengabdiannya pada Spenlusa. Saya sangat terkesan atas pengabdian Pak Kus. Semoga Pak Kus diberi kesehatan dan kebahagian oleh Allah SWT, Amiiin

  17. Nama:MUHAMMAD RIZQI SYAWALUDIN
    Kelas:9K
    Absen:28
    Terima kasih pak Kusaeni yang telah mangabdi untuk spenlusa, sukses selalu dan panjang umur.

  18. Nama: Septiafitri Angely Narnia
    Kelas: 7L
    Absen: 17
    Terimakasih Pak Kusaeni yang telah mengabdi kepada spenlusa dan yang telah menjaga kebersihan spenlusa. Sehat dan sukses selalu ya pak.

  19. Nama: Tisya Novalita
    Kelas:9K/39
    Terimakasih Pak Kus atas pengabdian bapak selama menjadi petugas TU di Spenlusa, semoga lelah bapak menjadi berkah dan semoga sehat selalu.

  20. Nama : Nailah Kurnia Ramadhani
    Kelas : 7A
    Absen : 25
    Terimakasih kepada Pak Kus yang telah purna tugas sebagai karyawan SPENLUSA
    Semoga Pak Kus sehat selalu.

  21. nama:febrianti
    kelas:7T
    absen:13
    Terima kasih kepada pak Kusaeni yang telah mangabdi untuk spenlusa,semoga sehat selalu,semakin sukses dan panjang umur.

  22. Trimakasih pak kus utk pengabdiannya selama ini..Bangga jd Wong ponorogo, krna kbetulan Ibu sy jg asli ponorogo, smg Allah senantiasa memberikan kesehatan, rezeki melimpah dan umur panjang yg barokah, slmt menikmati hari2 purna tugas..

  23. Lilo Gusti Wicaksono
    8G
    17

    Terima kasih untuk pak Kusaeni yang telah mengabdi di SMPN 10. Sehat selalu pak Kusaeni, terima kasih

  24. Nama : Bella Oktavia Putri Chahyono
    Kelas/No.absen : VII D/07
    Komentar : sebuah pengabdian sejati tidak akan pernah terlupakan, begitu juga dengan pak Achmad Kusaeni. Beliau adalah orang yang berperan penting di SMPN 10 SURABAYA dan sampai kapan pun kami warga Spenlusa tidak akan pernah melupakan jasa-jasa dari pak Achmad Kusaeni.

  25. Nama : Bella Oktavia Putri Chahyono
    Kelas/No.absen : VII D/07
    Komentar : sebuah pengabdian sejati tidak akan pernah terlupakan, begitu juga dengan pak Achmad Kusaeni. Beliau adalah orang yang berpegang teguh di SMPN 10 SURABAYA dan sampai kapan pun kami warga Spenlusa tidak akan pernah melupakan jasa-jasa dari pak Achmad Kusaeni.

  26. Nama : Deco Ristanto
    Kelas : 7T
    SELAMAT MENIKMATI MASA BERPURNA TUGAS PAK KUS… KAMI SELALU MENDOAKAN MU YANG TERBAIK

  27. Nama : Mochammad Reyndra Syamsuddin
    Kelas : 7-I
    No. Absen : 33
    Terima kasih Pak Kus semoga sehat selalu dan selalu diberi rahmat oleh Allah. Pak Kus mengajarkan kita untuk pantang menyerah dan harus selalu bekerja keras. Hasil tidak akan mengkhianati proses.

  28. Nama: Yudhistira Dasuba
    Kelas/No absen:7L/28
    Komentar: Terimakasih pak Achmad Kusaeni.Telah membuat anak² SMPN 10 NEGERI bahagia dengan pak Kusaeni

  29. Nama: Danisa Cahya Priyasi
    Kelas: 7I
    No absen: 24
    Terima kasih kepada pak kusaeni yang telah mengabdi untuk spenlusa.
    Kami doa kan agar bapak sehat² selalu dan bahagia selalu.
    Tetap semangat ya pak✊✊

  30. Nama: Moch. Rafly Ali Maulana
    Kelas: 7D
    No absen: 22
    Terimah kasih bapak Kusnaeni telah mengabdi penuh di SMPN negeri 10, semoga bapak diberikan kesehatan, umur panjang dan rejeki yang halal dan barokah… AAMIINN

  31. Nama: Moch. Rafly Ali Maulana
    Kelas: 7D
    No absen: 22
    Terimah kasih bapak Kusnaeni telah mengabdi penuh di SMPN negeri 10, semoga bapak diberikan kesehatan, umur panjang dan rejeki yang halal dan barokah.

  32. Terima kasih Pak Kus semoga sehat selalu dan selalu diberi rahmat oleh Allah. Pak Kus mengajarkan kita untuk pantang menyerah dan harus selalu bekerja keras. Hasil tidak akan mengkhianati proses.semoga bapak diberikan kesehatan, umur panjang dan rejeki yang halal dan barokah

  33. Nama: Jesica marcella putri
    Kelas: 9A
    No absen: 11
    Terimakasih pak Kusaeni telah mengabdikan spenlusa, semoga sehat selalu

  34. Nama : Diyana Kamil
    Kelas : 9I
    No. Absen : 17

    Terima kasih Pak Kus sudah mengabdi di SPENLUSA sekitar 36 tahun. Dari Pak Kus saya jadi mengerti, bahwa apa yang kita lakukan itu tidak akan pernah sia-sia. Pak Kus selamat menikmati masa purna kerja, semoga Pak Kus selalu di berikan kesehatan.

  35. Nama:Citra ayu wulan sari
    Kelas:7D/08
    Terimakasih pak Achmad Kusaeni telah mengabdi di SMPN 10 dengan rasa penuh cinta,semoga bapak di limpahkan rezeki dan umur yg panjangg,aminn….

  36. Nama : Fathimah Auzah Putri
    Kelas : 8G
    No. Absen : 11
    Komentar : Terima kasih ya pak Kus atas pengabdian bapak di SPENLUSA. Semoga bapak selalu diberi kesehatan, panjang umur, dan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin….

  37. Nama : Fatimah Nuril Izzah
    Kelas. : 8i
    Absen : 13

    terimakasih pak Kusaeni yang telah mengabdi di SMPN 10 Surabaya, semoga sehat selalu pak, dan diberikan umur yang Panjang

  38. Nama: Lutfian Hanif Ainur Rasyid
    Kelas : 7B
    No. Absen: 22
    Terima kasih atas pengabdian Bapak Kusaeni untuk SMP Negeri 10 Surabaya. Semoga Bapak dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan…..Aamiin

  39. Nama:cinta aurella nayzaldi
    Kelas:7G
    No.absen:07
    Terima kasih bapak kusaeni yng mengabdikan SMP negeri 10,semoga sehat selalu Aamiin…

  40. Nama : Ramadhani
    Kelas. : 7D
    Absen : 30

    Terimakasih pak Kusaeni yang telah mengabdi di SMPN 10 Surabaya, dan semoga sehat selalu pak, dan diberikan umur yang Panjang

  41. NAMA :HELSA ELIKA ARDELIA
    KELAS:9E
    NO. ABSEN: 19
    Terima kasih atas pengabdian Bapak Kusaeni untuk SMP Negeri 10 Surabaya. Semoga Bapak dan keluarga senantiasa diberikan kesehata.Aamiin… Aamiin… Aamiin…. Aamiin…

  42. Nama: Nada Kamilah Rasyidah
    Kelas: 7D/27

    Terimakasih pak Achmad Kusaeni telah mengabdi di Spenlusa selama 36 tahun, semoga bapak di limpahkan rezeki dan umur yg panjang, aminn

  43. Masyaallah, begitu luar biasa pengabdian Bapak Kusaeni untuk SMP Negeri 10 Surabaya, semoga kelak diluar sana bapak menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Terimakasih atas jasa-jasa dan pengorbananmu terhadap SMP Negeri 10 Surabaya.

  44. Nama : ARISTA SRI WULANDARI
    Kelas : 7I / 08

    Masyaallah, begitu luar biasa pengabdian Bapak Kusaeni untuk SMP Negeri 10 Surabaya, semoga kelak diluar sana bapak menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Terimakasih atas jasa-jasa dan pengorbananmu terhadap SMP Negeri 10 Surabaya.

  45. Nama: Wahyu Bagus Kurniawan
    Kelas:8i
    No:37
    Terimakasih Bpk Kus telah mengabdi untuk spenlusa,semoga diberi allah s.w.t kesehatan,panjang umur,dan lancar rejekinya.

  46. NAMA : REVA ADELIA
    KELAS :8I NO URUT :28
    Terimakasih atas pengabdianmu, Pak Kus. Selamat menikmati masa purna tugas. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Aaamin.

  47. Nama : Faradina Amalia Citra
    Kelas : 9K
    Absen : 15

    Terimakasih kepada Pak Kusaeni yang telah mengabdi di SMPN 10 Surabaya, sungguh luar biasa! Sehat terus pak & panjang umur.

  48. Absen : 14
    Kelas : 7B

    Terima kasih kepada pak Kusaeni yang telah mangabdi untuk spenlusa. Selamat tinggal pak, semoga sehat selalu dan panjang umur.

  49. Nama: Naylatun Ni’ma
    Kelas: 9K
    No absen: 31

    Terima kasih kepada pak Kusaeni yang telah mengabdi untuk spenlusa, semoga sehat selalu

  50. Nama : Naura Indra Shafa Putri
    Kelas : VII D
    No.absen : 28

    Terima kasih pak kusaeni yang telah mengabdi di SMPN 10 Surabaya. Semoga panjang umur dan juga sehat selalu yaa pak

  51. Nama: Evamarch Aura Disti
    Kelas: 7-D
    No. Absen: 13
    Terimakasih saya ucapkan kepada Pak Achmad Kusaeni yang telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk SPENLUSA. Terimakasih sudah memberi motivasi yang sangat bermanfaat untuk kami. Semoga semua jasa dan pengorbanannya dibalas oleh Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Allamin.

  52. pertama-tama saya ucapan banyak terimakasih buat pak kusaeni , atas jasa dan mengabdianmu selama ini . dan selalu saya ingat motivasi yang bermanfaat darimu . semoga jasa-jasamu selama ini di balaskan oleh allah swt…aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *