SMP Negeri 10 Surabaya Siap Menuju Teknologi “Atas Awan”

Menghadapi era revolusi teknologi informasi 4.0 bahkan menuju 5.0, SMP Negeri 10 Surabaya bersiap memanfaatkan Microsoft Office 365 A1 for education dalam sistem pembelajarannya. Dikutip dari wikipedia.org, Microsoft Office 365 adalah produk layanan gratis yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Secara umum, fasilitas Office 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft Office serta perangkat lunak berbasis komputasi awan . Semua paket Office 365 diperbarui otomatis tanpa biaya tambahan.

Peserta didik dan pendidik berhak menggunakan Office 365 Education dengan gratis, termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan sekarang Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya. Yang kita perlukan hanyalah alamat email dan website sekolah yang sah ber-domain pendidikan, misalnya .sch.id atau .edu, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, SMP Negeri 10 Surabaya sudah mempunyai website resmi yaitu www.smpn10surabaya.sch.id.

Ilustrasi Office 365 bisa diakses dimanapun. (Foto: wincamp.org)

Microsoft pada website resminya, microsoft.com, menyebutkan bahwa Office 365 bisa diakses di mana pun. Aplikasi-aplikasi dan file dapat selalu diakses dan diperbarui secara real time di Windows, Android, atau iOS, atau perangkat lain untuk memudahkan penyusunan kurikulum, bahan ajar, perangkat pembelajaran dan lain-lain. Ketika kita menggunakan Office 365 for Education di ruang kelas, peserta didik dapat mempelajari seperangkat keterampilan dan aplikasi yang tersedia. Baik dengan Outlook, Word, PowerPoint, Access, ataupun OneNote.

Guru juga dapat menciptakan ruang kelas yang sarat kolaborasi, terhubung dengan komunitas pembelajaran profesional, dan berkomunikasi dengan staf sekolah melalui OneDrive, Teams, Skype, dan lainnya, semua melalui sebuah langkah sederhana dengan Office 365 for Education. Pendidik dan peserta didik bisa mengakses Office 365 Education di perangkat mereka, termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, dan berbagai alat ruang kelas secara gratis.

Aplikasi Microsoft Office 365 berbasis sistem Cloud. (Foto: ultimateinfosys.com)

Selasa, 10/12/2019 bertempat di ruang guru, seluruh tenaga pendidik SMP Negeri 10 Surabaya mengikuti pelatihan persiapan pengaplikasian Microsoft Office 365 A1 for education untuk menyongsong pembelajaran di Era 5.0. Acara yang berlangsung mulai pukul 07.30 s/d 11.00 WIB ini langsung dipimpin oleh Bapak Kepala Sekolah, Drs. M. Masykur Hasan, M.Si dan dibantu oleh tim IT yang digawangi oleh Wid Dwi Bowo, S.T, M.Pd dan Farhan Eka Febriyanto, S.Pd.

Pelatihan dipimpin langsung oleh Abah Masykur. (Foto: Maria)

“Kita akan mencoba terbang ke atas awan sebagai guru super hebat SMP Negeri 10 Surabaya yang siap hidup di era revolusi teknologi 5.0”

Drs. M. Masykur Hasan, M.Si – Kepala Sekolah SMPN 10 Surabaya

Tampak seluruh Bapak Ibu guru sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Seluruh “alat tempur” sudah dipersiapkan oleh peserta, mulai dari laptop, ponsel android, kabel olor hingga akses point unify ruang guru yang mampu menampung lebih dari 50 pengguna dengan kecepatan akses 20 Mbps.

SMP Negeri 10 Surabaya telah mempunyai ketersediaan 500.000 akun untuk pengajar dan 1.000.000 akun untuk siswa dari Microsoft Office 365 A1 for Education ini. Setelah semua guru diberikan akun dan password Microsoft Office 365 ini, para peserta pelatihan dapat langsung mengakses dan berlatih aplikasi yang tersedia. Satu akun akan mendapatkan disk space OneDrive Cloud sebesar 1 TeraByte.

Peserta Antusias Mengikuti Pelatihan. (Foto: Maria)

Bapak Kepala Sekolah, Drs. M. Masykur HS, M.Si mengatakan bahwa kemajuan teknologi yang sangat pesat ini akan memudahkan kerja guru dan siswa, dimana tugas-tugas siswa dan perangkat mengajar guru tidak perlu lagi menggunakan kertas dan pulpen, semua bisa dikerjakan dalam genggaman tangan.

“Era teknologi industri ini merupakan suatu keniscayaan bagi kita, semua akan terasa mudah jika kita mau belajar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Rasa sulit itu ada jika kita tidak mau berubah. Maka dari itu, kita akan mempelopori penggunaan Microsoft Office 365 A1 for Education ini sebagai alat pembelajaran diatas awan dan menjadi sebuah keunggulan khas SMP Negeri 10 Surabaya yang mempunyai guru-guru hebat”, Kata Abah Masykur dengan semangat.

Abah Masykur Menyampaikan Materi Dengan Semangat. (Foto: Dian)

Senada dengan yang disampaikan oleh Wid Dwi Bowo, S.T, M.Pd. Guru yang dipercaya sebagai ujung tombak tim IT SMPN 10 Surabaya ini berpendapat, aplikasi Microsoft Office 365 for Education ini harus bisa dimanfaatkan guru dan siswa dengan baik.

“Kedepannya siswa akan menjadi lebih mudah upload tugas dan guru bisa mensetting pembelajaran digital secara online, karena mau tidak mau semua hal akan berbasis internet. Guru dan Siswa SMP Negeri 10 Surabaya harus menjadi pribadi yang futuristik, akrab teknologi dan efektif memanfaatkannya dalam proses pembelajran”, Ungkap pria yang juga keybordist Decima Band ini.

Mari siapkan peserta didik berlatih untuk tidak bersaing dengan mesin dan teknologi, tetapi mengendalikan teknologi itu dengan cerdas dan bijaksana, guna menyongsong dan mewarnai masa depan yang tak terduga. SMP Negeri 10 Surabaya, Siap, Hebat, Luar Biasa! Yes Yes Yes!

SMP Negeri 10 Surabaya Siap Menuju Teknologi “Atas Awan”. (Foto: Dian)

Jurnalis: Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

Editor: Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

Publisher: Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

5+