Penerimaan Rapor Semester Ganjil, Abah Masykur Sosialisasikan Pembelajaran Revolusi 4.0 Kepada Wali Murid

Momen pembagian Rapor memang selalu ditunggu oleh para orang tua , agenda pembagian rapor ini merupakan saat yang tepat untuk mempertemukan antara wali murid dan wali kelas karena untuk saling mengenal dan mengkomunikasikan bagaimana perkembangan  dan permasalahan yang dialami anak –anaknya selama di sekolah. Momen pengambilan rapor mungkin hal yang menyenangkan bagi sebagian anak karena mereka ingin memperlihatkan hasil belajar selama satu semester kepada orang tua, namun mungkin sebagian anak juga menganggap saat yang menegangkan karena  akan menghadapi “Pengajian Akbar” dari Ayah/Ibunya.

Pada momentum pembagian rapor inilah orang tua perlu menggali bagaimana kelebihan dan kekurangan yang dimiliki anak-anaknya, bagaimana perkembangan karakterya selama satu semester, bagaimana perkembangan pengetahuan dan keterampilannya.

Para Guru dan Siswa Menyambut Kedatangan Wali Murid

Tepat pada hari Jum’at (20/12/2019) semua wali murid berkumpul di SMP Negeri 10 Surabaya , untuk menerima rapor dan mendengarkan sosialisasi pembelajaran revolusi teknologi 4.0 dari Kepala Sekolah, Drs. M. Masykur HS, M.Si bertajuk “Pembagian Rapor dan Sosialisasi Program Sekolah Menghadapi Era Kekinian”. Rangkain pembagian rapor dimulai sejak pagi pukul 07.00- 14.30 yang dibagi menjadi 3 sesi. Kelas IX  dari pukul 07.00- 08.30 WIB, kelas VIII pukul 09.00-10.30 WIB , dan kelas VII pukul 13.00-14.30 WIB .

Pertemuan ini juga dihadiri oleh ketua komite sekolah SMP Negeri 10 Surabaya, Drs. Illyas, M.Pd. Serangkaian acara dibingkai  terstruktur, dimulai dari pembukaan, sambutan oleh kepala sekolah, sambutan dari  komite sekolah, pembacaan doa oleh Mursidi, S.Pd, dan kemudian para orang tua menuju kelas yang tersedia untuk menerima rapor sesuai kelas masing-masing.

Sosialisasi Program Sekolah di Era Kekinian. (Foto: Dian)

Acara berlangsung gayeng dan hangat,  dalam sambutannya Abah Masykur memulai dengan memperkenalkan dirinya kepada tamu undangan, dimulai dari history singkat riwayat hidup beliau serta perjalanan karirnya mulai dari mengajar di Sampang, menjadi pengajar di Arab Saudi, bidang Kurikulum Dinas Pendidikan Surabaya, hingga menjadi Kepala Sekolah.

Mengutip apa yang disampaikan oleh kepala sekolah dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa teknologi akan terus berkembang pesat dan tak terbayangkan. SMP Negeri 10 Surabaya juga akan mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi 4.0 dengan memanfaatkan Microsoft Office 365 for Education. Sekolah akan mendata kesiapan wali murid untuk membekali anaknya dengan gawai, tapi bukan suatu paksaan atau kewajiban.

Drs. M. Masykur HS, M.Si Menyampaikan Sambutan (Foto: Dian)

“Selama ini siswa tidak boleh membawa HP kan, untuk itu kita harus mempunyai kebijakan, siswa boleh membawa gawai di sekolah  tetapi terkontrol. Pada jam pertama, HP dikumpulkan ke Wali Kelas,  baru kalau ada pelajaran yang membutuhkan, HP bisa diambil dan digunakan untuk pembelajaran, karena mulai Januari depan, pembelajaran kita akan berbasis internet. Maka dari itu nanti kami akan mendata seberapa banyak orang tua yang siap membekali anaknya dengan HP atau Laptop. Walaupun sekolah kita kecil, nyelempit di gang perkampungan, tetapi Insya Allah SMP Negeri 10 Surabaya akan mengawali sebagai yang terdepan dalam teknologi pembelajaran”, Ucap Abah Masykur disambut tepuk tangan hadirin.

Kepala Sekolah juga meminta dukungan dan hubungan yang harmonis antara orang tua dan guru-guru, dan juga berpesan kepada orang tua agar mengingatkan anak-anaknya untuk menanamkan akhlak yang baik dan menjalankan kewajiban shalat. Selain itu, juga disampaikan prestasi-prestasi terbaru yang sudah dicapai SMP Negeri 10 Surabaya yang kemarin menghadiri acara Apresiasi Siswa Surabaya Berprestasi 2019. Mulai dari Juara Wushu DuiLian Porprov, Juara Nasional Pencak Silat SMP, Juara II Vlog Tingkat Surabaya hingga Juara Favorit Nasional Video Kreatif UGM. Tampak para orang tua tersenyum bangga dengan prestasi-prestasi yang diukir siswa SMPN 10 Surabaya.

Sambutan dari Bapak Drs. Illyas, M.Pd. (Foto: Dian)

Usai Abah Masykur memberikan sambutannya, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua komite sekolah Drs. Illyas, M.Pd. Bapak Illyas menghimbau untuk selalu menjaga silaturrahmi, bisa memantau perkembangan anaknya, memberi motivasi untuk belajar dengan baik serta mohon dukungan kepada wali murid untuk mensukseskan program-program sekolah.

“Bapak Ibu, sekolah mempunyai program yang luar biasa. Untuk itu kami mohon dukungan dari Bapak Ibu semua untuk turut mensukseskan program-program sekolah dibawah pimpinan Bapak Masykur ini. Semoga anak-anak kita sukses dan bisa membahagiakan para orang tua”, Ucap Bapak Illyas menutup sambutannya.

Acara ditutup do’a yang disampaikan oleh Bapak Mursidi. Acara berlangsung lancar dan kondusif, kemudian para orang tua menuju kelas untuk menerima rapor putra-putrinya dan bertemu wali kelas masing-masing.

Para Hadirin/ Tamu Undangan . (Foto: Dian)

Jurnalis: Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Editor: Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Publisher : Rahayu/ @rahayupinter

15+

4 thoughts on “Penerimaan Rapor Semester Ganjil, Abah Masykur Sosialisasikan Pembelajaran Revolusi 4.0 Kepada Wali Murid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *