Kunjungan Beberapa Kepala Sekolah SMP Negeri Surabaya Dalam Rangka ‘Sinau Bareng’ Microsoft Office 365 di SMPN 10 Surabaya

Hari ini, Selasa (28/01/2020) SMP Negeri 10 Surabaya menerima kunjungan tamu dari beberapa SMP Negeri di Surabaya. Beliau adalah Ibu Dr. Triworo Parnoningrum, S.Pd., M.Pd dari SMP Negeri 28, Ibu Dra. Ni Ketut Rohani, M.Pd. dari SMP Negeri 35, dari SMP Negeri 46 yaitu Ibu Dra. Fadjarijah Nurulita, M.Pd dan Ibu Anik Anggriani, S.Pd dari SMP Negeri 52. Semakin spesial dan sebuah kehormatan karena beliau-beliau adalah para kepala sekolah di sekolahnya masisng-masing. Kedatangan para perempuan-perempuan hebat tersebut dalam rangka sharing, sinau bareng program pembelajaran menggunakan Microsoft Office 365 for Education di masing-masing sekolah yang beliau pimpin. Hal ini juga sebagai tindak lanjut pertemuan kepala sekolah di Solo tahun lalu.

Adalah Bapak Drs. M. Masykur Hasan, M.Si, Kepala Sekolah SMP Negeri 10 Surabaya yang menginisiasi pemanfaatan program Microsoft Office 365 untuk diterapkan pertama kali di SMP Negeri 10 Surabaya dalam kegiatan belajar-mengajar, dan mungkin juga menjadi yang pertama di SMP Surabaya. SMP Negeri 10 Surabaya telah mempunyai ketersediaan 500.000 akun Microsoft Office 365 for Education untuk pengajar dan 1.000.000 akun untuk siswa. (Baca: SMP Negeri 10 Surabaya Siap Menuju Teknologi “Atas Awan”). Sebelumnya, beberapa rekan dari sekolah lain juga sudah berkunjung ke SMP Negeri 10 Surabaya untuk mempelajari Microsoft Office 365 ini, diantaranya dari SMP Negeri 35, SMP Negeri 41, SMP Negeri 22. Dan esok hari SMP Negeri 6 berencana akan berkunjung .

Suasana ‘Sinau Bareng’ Cloud Computation Microsoft Office 365 di SMPN 10 Surabaya. (Foto: Ibu Woro – Facebook)

Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan kepala sekolah tersebut datang di SMP Negeri 10 Surabaya dan disambut dengan baik oleh Abah Masykur. Sharing, diskusi dan sinau bareng tentang Microsoft Office 365 for Education yang bertempat di ruang kepala sekolah ini berlangsung cair dan akrab. Ibu Dra. Fadjarijah Nurulita, M.Pd mengatakan bahwa pemanfaatan Microsoft Office 365 for Education ini akan disosialisasikan kepada semua kepala sekolah. Sementara itu di sekolah yang beliau pimpin, yaitu SMP Negeri 46 Surabaya dalam tahap proses untuk memperoleh akun Microsoft Office 365.

“Kedatangan kami dalam rangka sharing, tukar pendapat dan menindaklanjuti pertemuan kepala sekolah di Solo. Kemarin teman-teman di sekolah sudah belajar kepada Abah Masykur untuk mendapatkan dan mengaktifkan akun Microsoft Office 365 ini. Dan hal ini rencananya akan disosialisasikan kepada semua kepala sekolah”, Ungkap Ibu Ita, sapaan akrabnya.

Senada yang diucapkan Abah Masykur. Beliau mengungkapkan bahwa di jaman revolusi teknologi 4.0 ini, kita harus mengikuti dan memanfaatkan perkembangan tersebut. Ibarat naik kendaraan, kita harus naik jet, kalau tidak ingin ketinggalan teknologi. Dan SMP Negeri 10 Surabaya siap untuk itu, didukung oleh guru-guru super hebat yang ada di SPENLUSA.

Abah Masykur, Berfoto Bersama Ibu Woro, Ibu Ketut, Ibu Ita, dan Ibu Anik. (Foto: Dian)

“Kita harus memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pendidikan. Kita yang mengendalikan teknologi, bukan teknologi yang mengendalikan kita. Teknologi berkembang sangat cepat, kita juga harus mengikutinya. SMP Negeri 10 Surabaya saya harap jadi pelopor dalam pemanfaatan teknologi untuk pendidikan. Dengan didukung guru-guru hebat SPENLUSA, saya yakin kita bisa!”, Ujar Abah Masykur.

Semua fasilitas pendukung untuk pemanfaatan Microsoft Office 365 for Education di SMP Negeri 10 Surabaya telah tersedia dan siap digunakan. Diantaranya 10 unit akses poin unify berkecepatan 20 Mbps, router microtik, dan server berspesifikasi besar dengan Processor Xeon RAM 32 GB. Para orang tua juga siap memfasilitasi putra-putrinya dengan gawai untuk kegiatan pembelajaran “atas awan” ini. (baca juga: Penerimaan Rapor Semester Ganjil, Abah Masykur Sosialisasikan Pembelajaran Revolusi 4.0 Kepada Wali Murid).

Hal ini dibuktikan dengan edaran angket yang telah diisi oleh para orang tua. Gawai atau gadget diizinkan digunakan oleh siswa di sekolah, dengan catatan harus terkontrol. Artinya penggunaan gawai atau gadget tersebut hanya untuk kegiatan pembelajaran, apabila pada sebelum atau sesudah pelajaran sudah cukup dalam menggunakan gawai , maka gawai wajib dikumpulkan di tempat untuk menyimpan gawai tersebut.

Siap Menuju Pembelajaran “Atas Awan”. (Foto: Ibu Woro – Facebook)

Jurnalis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

12+

4 thoughts on “Kunjungan Beberapa Kepala Sekolah SMP Negeri Surabaya Dalam Rangka ‘Sinau Bareng’ Microsoft Office 365 di SMPN 10 Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *